√ Pengertian Energi Alternatif Serta Bentuk, Konsep Dan Contohnya

Diposting pada

√ Pengertian Energi Alternatif Serta Bentuk, Konsep Dan Contohnya

 

Energi alternatif merupakan sebuah istilah yang mengarah kepada semua energi yang bisa dipakai untuk tujuan menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Biasanya, istilah ini dipakai untuk mengurangi pemakaian bahan bakar hidrokarbon yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan emisi karbon dioksida yang tunggi, yang memiliki peran sangat besar dalam pemanasan global dengan berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change. Apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif sudah berubah dikarenakan banyaknya pilihan energi yang dapat dipilih yang tujuannya berbeda dengan penggunanya.

Alternatif menurut istilah mengarah kepada suatu teknologi selain teknologi yang dipakai pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang dipakai untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah serta tidak menghasilkan masalah seperti pemakaian bahan bakar fosil.

Apa yang disebut sumber energi alternatif?

 

Bentuk Energi Alternatif Masa Modern

 

  • Energi alternatif yang bersahabat dengan lingkungan

Sumbe energi terbarukan seperti biomassa terkadang disebut sebagai alternatif untuk bahan bakar fosil yang sangat membahayakan untuk ekologi, sebab bila biomassa dikomersilkan akan dikhawatirkan membahayakan hutan sebagai penghasil biomassa terbesar (kayu juga terbasuk biomassa). Energi terbarukan belum tentu energi alternatif dengan tujuan tersebut. Contohnya, di Belanda, yang pernah dipakai minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar bio, saat ini dihentikan akibat bukti ilmiah bahawa pemakaiannya diciptakan kerusakan lebih parah dibandingkan bahan bakar fosil, seperti kemungkinan ekspansi lahan kelapa sawit yang bisa menghabiskan hutan lami.

 

Menggunakan bahan bakar bio dari bahan pangan, realisasi mengkonversi semua hasil panen di Amerika Serikat hanya bisa menggantikan 16% bahan bakar mobil yang dibutuhkan, serta pemusnahan hutan tropis, yang selama ini sebagai penyerap CO2, agar menjadi ladang penghasil bahan bakar bio, begitu jelasnya efek negatif yang begitu signifikan untuk ekologi serta menghasilkan peningkatan harga bahan pangan akibat kompetisi pasar. Sekarang, alternatif terhadap bahan bakar bio berlanjutan sedang diusahakan dalam sebuah bentuk etanol selulosit.

  • Alternatif “zero carbon”

Dilihat dari sisilain, misalnya perubahan iklim. Bahan bakar ekonomis rendah karbon ialah sumber alternatif untuk menghilangkan emisi karbon serta matena. Demi tujuan tersebut, sumber energi terbarukan serta berkelanjutan seperti biomassa, serta hidrogen yang menghasilkan dari gas alam, tidak ada secara langsung untuk melawan peningkatan karbon secara global. Energi nuklir serta teknik penangkapan dan juga penyimpanan karbon seperti teknologi batu bara bersih merupakan teknologi energi alternatif rendah terhadap emisi karbon, tetapi tidak sesuai dengan tujuan bahwa energi alternatif harus tidak merusak lingkungan.

 

  • Alternatif kemandirian energi

Di Eropa, ada harapan utnuk lebih mandiri serta tidak bergantung terhadap suplai energi (gas dan minyak) dari rusia, begitu juga dengan di Amerika Serikat yang berhadap terbatas dari impor miyak yang diproduksi oleh negara lain. Di lihat dari sudut pandang tersebut, gas alam domestik, bahan bakar fosil merupakan energi alternatif pada bahan bakar yang diimpor dari luar. Ini merupakan sudut pandang T.Boone Pickens yang menjelaskan Pickens Plan untuk kemandirian suatu energi, serta merefleksikan UU di Negara Bagian Florida, Amerika Serikat. Walaupun gas alam tidak bisa diperbaharui, tetapi dalam sudut pandang ini, hal itu merupakan energi alternatif.

 

Energi alternatif dalam transportasi

Di sebabkan oleh peningkatan harga gas pada tahun 2008 dengan peningkatan harga bahan bakar hingga 4 US dollar per galon saat itu, sudah ada gerakan untuk bisa mengembagkan kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi serta kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Adanya hal tersebut, banyak perusahaan kecil meningkatkan penelitian serta pengembangan untuk secara radikal mengubah cara mengerakkan kedaraan pribadi. Dan sekarang, kendaraan Hybrid dan bertenaga bartai sudah ada secara komersial serta bisa diterima masyarakat secara luas diseluruh dunia.

 

Konsep baru energi alternatif

  • Area penangkapan energi angin mengapung

Lokasi pencarian energi angin mengapung sama dengan lokasi pencarian energi angin biasa tetapi mengapung ditengah-tengah lautan. Area penangkapan energi angin lepas pantai bisa ditempatkan di perairan sedalam 40 meter. Keuntungan area penangkapan energi angin menampung ialah kemampuannya menangkap energi angin ditengah lautan tanpa halangan bukit, bangunan, pepohonan, serta bangunnan; angin di tengah lautan bisa mencapai kecepatan dua kali kecepatan angin daratan. Perusahaan energi Norwegia, StatoilHydro, akan menjalankan percobaan pertama area penangkapan energi angin mengapung di musim gugur 2009.

  • Biogas hasil pencernaan

Biogas hasil dari perencanaan yang berhubungan dengan pemanfaatan gas metana yang dilepaskan saat kotoran hewan membusuk. Gas tersebut bisa didapat dari sampah dan sistem saluran limbah. Sistem penghasil biogas dipakai untuk menghasilkan serta memproses gas metana lewat bakteri atau dekomposer yang memecah biomassa dalam kondisi anaerobik. Gas metana yang dikumpulkan serta dimurnikan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

  • Heliokultur

Heliokultur merupakan proses menanen enerti mtahari menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon dioksida di atmosfer dengan memanfaatkan pertanian.

 

Baca Juga :  √ Pengertian Energi Potensial (Elastisitas Dan Listrik) Serta Contohnya
Baca Juga :  323 Pengertian Energi Menurut Para Ahli Dan Macam Bentuk Energinya

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Energi Alternatif Serta Bentuk, Konsep Dan Cotohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com