21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran Singkat

Diposting pada

Paragraf merupakan salah satu perangkat pertukaran pesan lewat teks yang paling diandalkan dalam berbagai pola komunikasi tulisan. Secara umum, ia terdiri dari pikiran, ide pokok atau gagasan yang didukung oleh rangkaian beberapa kalimat pendukung. Paragraf juga terdiri dari beberapa jenis dan bisa diuraikan dengan contoh-contoh yang spesifik. Pada artikel kali ini, pembahasan akan berfokus pada Contoh Paragraf induktif, deduktif dan campuran serta penjelasan lengkap dari masing-masing paragraf.

deduktif-induktif-campuran

Lebih lanjut, paragraf merupakan bagian dari pembangun teks jenis apa saja. Maka dari itu, pengetahuan dasar tentang paragraf dan segala yang berkaitan dengannya mesti dikuasai oleh semua orang yang mendukung budaya literatur. Sebab dari teks lah semua orang bisa mendapatkan pengetahuan, wawasan dan informasi apa saja yang pastinya berpengaruh pada kualitas peradaban suatu bangsa.

Kerangka pembahasan mengenai paragraf sebenarnya sangat luas, dari mulai aspek etimologis, filosofis, klasifikasi dan yang lainnya. Tapi pada artikel ini, materi akan lebih mengerucut pada Contoh Paragraf induktif, deduktif dan campuran, didahului dengan penjelasan terkait pengertian, ciri-ciri informasi penting lainnya dari masing-masing paragraf.

Pembagian paragraf sebagaimana yang telah disebutkan di atas didasarkan pada letak atau posisi gagasannya. Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian masing-masing paragraf beserta contoh-contohnya, mari sejenak mengulas sekilas tentang pengertian paragraf secara umum.

 

Pengertian Paragraf

Pengertian-Paragraf

Paragraf secara umum diartikan sebagai sekumpulan kalimat yang memiliki satu ide pokok dan beberapa kalimat pendukung. Setidaknya terdapat dua kalimat dalam satu paragraf, di mana kalimat-kalimat tersebut saling mendukung untuk menyajikan suatu informasi secara jelas.

Adapun cara penulisannya menggunakan garis baru, di mana baris pertama menjorok ke dalam. Paragraf juga bisa disebut alinea, di mana ia mendukung terbangunnya suatu teks atau karangan. Antara paragraf satu dan yang lainnya saling berkaitan sehingga membentuk kesatuan yang padu.

Untuk lebih memahami tentang pengertian paragraf, mari sejenak menyimak pengertian paragraf dari para ahli bahasa berikut ini:

  1. Paragraf merupakan suatu kesatuan pikiran di mana terbentuk suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari rangkaian kalimat. Ini merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian sehingga membentuk sebuah gagasan.” – Gorys Keraf –
  2. Paragraf atau alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.” – Lamuddin Finoza –
  3. Paragraf adalah inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan”. – Akhaidah dkk –
  4. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.” – Arifin dan S. Amran Tasai –
  5. Paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.” – Ramlan –

Jadi, pada intinya paragraf bisa diartikan sebagai sekumpulan kalimat yang memiliki satu ide pokok, di mana antara kalimat yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Semoga penjelasan tentang pengertian paragraf dapat dipahami dengan jelas, agar nantinya bisa lebih mudah memahami pengertian dan contoh-contoh dari paragraf deduktif, induktif dan campuran.

 

Fungsi Paragraf

Fungsi-Paragraf

Dalam proses pertukaran informasi melalui teks, paragraf memiliki sejumlah fungsi strategis sebagai berikut:

1. Alat Mengekspresikan Gagasan.

Untuk fungsi yang satu ini, penulis merangkai kalimat yang memiliki misi agar ide dan gagasannya tersampaikan secara gamblang dan terarah.

2. Menjadi Penanda dari Peralihan Gagasan Baru

Seperti diketahui, suatu teks terdiri dari beberapa paragraf. Masing-masing paragraf memiliki satu ide pokok yang berbeda, tetapi saling berkaitan dan membentuk suatu kesatuan. Paragraf akan menjadi pembeda antara ide pokok yang satu dengan yang lainnya sehingga memudahkan pembaca untuk mengumpulkan informasi yang utuh dari suatu teks.

3. Menjadi Pondasi dari Suatu Kerangka Berpikir yang Teratur

Sebagaimana ketika bicara, dibutuhkan suatu keteraturan sehingga pendengar bisa menangkap dengan mudah inti pesan serta sejumlah informasi penting yang ada di dalamnya. Sama juga dengan teks yang terdiri dari sejumlah paragraf.

Penulis yang bijak akan berusaha membuat pembacanya mengerti, maka ia tidak akan secara tiba-tiba membahas tentang suatu kasus tanpa dimulai dengan pendahuluan atau orientasi. Karenanya, disusunlah rangkaian paragraf yang menjelaskan suatu ide atau gagasan secara runut, terarah dan dapat dimengerti.

4. Membantu Pengembangan Topik

Ide pokok atau gagasan utama mencakup pembahasan yang lumayan luas dan harus segera diarahkan dengan mengandalkan paragraf. Contohnya, ketika penulis ingin membahas tentang “Smartphone”, maka paragraf akan membantu mencegah terjadinya campur aduk pembahasan.

Dengan adanya paragraf, penulis akan bisa menguraikan secara runut tentang pengertian, sejarah, contoh, harga dan uraian lainnya yang berkaitan dengan smartphone. Teks yang terdiri dari sejumlah paragraf juga pastinya akan memudahkan pembaca dalam menangkap pesan dari suatu teks.

 

Ciri-Ciri Paragraf

Ciri-Ciri-Paragraf

Paragraf memiliki sejumlah ciri yang bisa dengan mudah diidentifikasi dan dipelajari. Adapun ciri-ciri paragraf di antaranya:

  1. Memiliki satu gagasan utama yang biasanya terdapat dalam satu kalimat, lalu diperkuat dengan serangkaian kalimat lainnya yang mendukung gagasan utama tersebut.
  2. Terdapat kalimat topik yang berisi gagasan utama, serta kalimat penjelas yang berisi rincian dari kalimat topik. Dengan kata lain, di dalam satu paragraf hanya terdapat satu kalimat topik dan sejumlah kalimat penjelas.
  3. Secara fisik, paragraf yang satu bisa dibedakan dengan paragraf yang lainnya dengan garis baru, di mana setiap baris pertama paragraf dibuat menjorok ke dalam sebanyak beberapa spasi.
  4. Dalam satu paragraf setidaknya terdiri dari minimal dua kalimat.

 

Jenis-Jenis Paragraf

Paragraf secara umum dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Ada paragraf yang dibedakan berdasarkan fungsinya, letak gagasan utamanya, serta berdasarkan isi kontennya. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari membahasnya satu per satu. Dalam penjelasan ini juga akan ditemukan posisi paragraf deduktif, induktif dan campuran yang contoh-contohnya akan dieksplorasi lebih lanjut.

 

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

Jenis-Jenis-Paragraf-Berdasarkan-Fungsi

1. Paragraf Pembuka

Posisi paragraf pembuka ada di bagian awal teks atau karangan, di mana fungsinya sebagai orientasi, pengenalan, pengantar, sehingga pembaca siap untuk menyambut penjelasan yang lebih detil dan teknis di paragraf selanjutnya. Biasanya paragraf pembuka dibuat menarik dan mengundang rasa penasaran pembaca sehingga punya selera untuk membaca teks lebih lanjut.

2. Paragraf Isi

Paragraf ini tampil setelah paragraf pembuka, di mana di dalamnya terdapat serangkaian ide pokok yang menjelaskan teks secara keseluruhan. Pada paragraf ini biasanya terdapat sejumlah penjelasan teknis, uraian, contoh kasus serta materi lainnya yang bertujuan memahamkan pembaca terhadap pesan yang ingin disampaikan.

3. Paragraf Penghubung

Sebagaimana namanya, paragraf ini berada di antara paragraf isi yang mungkin terdiri dari beberapa paragraf. Adapun fungsi dari paragraf penghubung yakni menghubungkan setiap paragraf sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Ia semacam tali yang membantu pembaca agar tidak buyar konsentrasinya ketika membaca rangkaian paragraf isi yang terpapar panjang lebar.

4. Paragraf Penutup

Selayaknya pembicaraan yang beretika, penulis dalam menyampaikan pesan tidak boleh pergi begitu saja setelah membiarkan pembaca pusing membaca bagian isi teks. Setelah sebelumnya dibuka dengan paragraf pembuka, teks akan terasa lengkap ketika memiliki paragraf penutup. Paragraf penutup biasanya berisi ringkasan, kesimpulan, penegasan, hingga saran, sehingga membantu pembaca memahami teks secara keseluruhan.

 

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isi Kontennya

Jenis-Jenis-Paragraf-Berdasarkan-Isi

 

  1. Paragraf eksposisi (memaparkan), yakni paragraf yang berisi pemaparan atas ide pokok yang ditampilkan. Tujuan paragraf yakni menjelaskan suatu informasi yang singkat dan padat kepada pembaca.
  2. Paragraf deskripsi (melukiskan), merupakan paragraf yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa secara rinci dari segi fisiknya. Paragraf deskripsi yang sukses seharusnya mampu menggambarkan situasi atau keadaan, sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat, mendengar dan merasakan peristiwa yang dipaparkan.
  3. Paragraf narasi (menceritakan), merupakan paragraf yang isinya bercerita. Maksudnya, pembaca bisa larut dalam teks sehingga emosinya terbawa untuk merasa senang, sedih, terharu, akibat cerita yang disampaikan dalam paragraf.
  4. Paragraf Persuasi (mempengaruhi atau mengajak), yakni paragraf yang isinya mengandung misi untuk membujuk pembaca agar tertarik serta terpengaruh akan pesan dan gagasan yang disampaikan penulis.
  5. Paragraf argumentasi (berpendapat), yaitu paragraf yang isinya berupa kalimat-kalimat pendapat penulis terhadap suatu wacana. Argumen yang dipaparkan penulis bertujuan meyakinkan pembaca terhadap suatu ide yang dipaparkan, berdasarkan pendapat atau sudut pandang penulis.

 

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utamanya

Jenis-Jenis-Paragraf-Berdasarkan-Letak-Gagasan-Utamanya

Inilah bagian yang ditunggu-tunggu, sebab di sinilah awal pembahasan yang terperinci seputar deduktif, induktif dan campuran, lengkap dengan contoh-contohnya. Dengan mendeteksi letak gagasan utama dalam suatu paragraf, pembaca akan bisa segera menemukan pesan inti maupun data-data yang penting secara akurat dari suatu teks panjang dalam waktu relatif singkat.

Adapun pengertian dari masing-masing paragraf tersebut dijelaskan dalam uraian berikut ini:

  • Paragraf Deduktif (Umum ke Khusus)

Yakni paragraf yang letak gagasan utamanya berada di bagian awal paragraf. Paragraf ini biasanya diawali dengan pernyataan umum yang merupakan gagasan utama, lalu diikuti dengan kalimat penjelas yang sifatnya khusus atau spesifik. Kalimat penjelas juga bisa berupa pemaparan, fakta atau bukti, contoh-contoh, rincian yang merupakan penjelas dari kalimat di awal paragraf.

Adapun pola dari paragraf deduktif adalah:

Kalimat Umum –> Kalimat Khusus –> Kalimat Khusus–> Kalimat Khusus

 

  • Paragraf induktif (Khusus ke Umum)

Merupakan kebalikan dari paragraf deduktif, di mana letak gagasan utamanya berada di bagian akhir paragraf. Pada tipe paragraf ini, penulis akan terlebih dahulu memaparkan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat spesifik, kemudian diakhiri dengan kalimat umum yang memuat ide utama paragraf. Dengan kata lain, letak ide utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf.

Paragraf induktif bisa diproduksi dengan beragam gaya, di antaranya memuat analogi, sebab-akibat, atau akibat-sebab. Untuk analogi, mula-mula dipaparkan secara khusus ragam perbandingan yang digeneralisasi dalam kalimat terakhir.

Sementara model sebab-akibat menjadikan sejumlah faktor penyebab suatu kasus sebagai kalimat penjelas, diakhiri dengan kalimat utama yang berupa sebab, begitu pun sebaliknya untuk gaya pembuatan paragraf induktif dengan piola akibat-sebab.

Adapun ciri-ciri paragraf induktif di antaranya:

  1. Diawali dengan kalimat-kalimat yang memuat penjelasan khusus berupa fakta, contoh-contoh, argumentasi, bukti dan yang lainnya.
  2. Kalimat-kalimat yang disimpan di awal digeneralisasi menjadi sebuah kesimpulan umum yang disimpan di akhir paragraf.
  3. Kalimat yang terletak di akhir paragraf merupakan kesimpulan yang memuat ide pokok dari suatu paragraf.

 

Adapun pola dari paragraf induktif adalah:

Kalimat Khusus –> Kalimat Khusus–> Kalimat Khusus –> Kalimat Umum

 

  • Paragraf Campuran (Umum ke Khusus ke Umum)

Ini merupakan paragraf gabungan antara paragraf deduktif dan induktif. Pada paragraf ini, letak gagasan utama ditempatkan di awal dan akhir kalimat dalam suatu paragraf. Dengan begitu, paragraf jenis ini memiliki dua kalimat utama. Ciri lain dari paragraf campuran yakni terdapat variasi atau pengulangan di beberapa kata kunci yang terdapat di bagian akhir maupun awal paragraf.

Adapun pola dari paragraf campuran adalah:

Kalimat Umum –> Kalimat Khusus–> Kalimat Khusus –> Kalimat Umum

REHAT

Pada intinya, setiap penulis bebas menempatkan ide utama dari suatu paragraf di mana pun ia mau. Hal ini tidak perlu terlalu dipermasalahkan, sehingga kegiatan mengeksplorasi ide dan menulis kreatif berjalan tanpa hambatan. Tetapi kejelasan letak gagasan utama jangan sampai diabaikan guna memudahkan pembaca menangkap isi pesan dari teks yang diproduksi.

Terutama jika penulis sedang memproduksi artikel atau karya ilmiah. Hal-hal teknis semacam ini mesti jadi panduan penting sehingga pembaca memiliki minat yang tinggi untuk membaca tanpa terbebani rangkaian kalimat yang berantakan. Sebaiknya, tulisan akan jadi terarah, runut dan tidak membosankan ketika dibaca.

 

Untuk mempertegas pemahaman tentang paragraf deduktif, induktif dan campuran, mari simak ragam contoh masing-masing paragraf yang akan diuraikan di bawah ini. Adapun penyajian contoh-contoh akan diuraikan secara runut, dimulai dari 21 contoh paragraf deduktif, berlanjut ke 21 contoh paragraf induktif dan campuran.

 

 

21 Contoh Paragraf Deduktif Singkat

1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Wisata

Sejumlah kelompok masyarakat meminta pemerintah serius memperbaiki sektor pariwisata daerah. Terutama dari segi akses jalan, pelaksanaan perbaikan jalan rusak menuju kawasan wisata harus segera dimulai. Sebab hingga kini, masih ditemukan jalan yang tak layak pakai sehingga wisatawan pun takut menjangkau lokasi wisata karena jalannya yang memprihatinkan. Selain jalan, fasilitas dan manajemen di lokasi wisata juga tak boleh luput dari perhatian. 

2. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Agama

Islam merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Rasulullah yang memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan.

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Para ibu rumah tangga dianjurkan untuk cerdas dan telaten dalam memilah dan mengolah sampah. Mereka harus dapat memisahkan sampah basah dan sampah kering, lalu melakukan daur ulang sampah secara mandiri. Sampah kering seperti plastik dan bekas kemasan minuman bisa diolah kembali menjadi ragam kerajinan yang bernilai. Sementara itu, sampah basah bisa dijadikan pupuk organik yang bagus untuk tanaman.

4. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan (2)

Area banjir di ibu kota semakin meluas dan sulit untuk surut. Berdasarkan pantauan, banjir di DKI Jakarta sudah menjangkau wilayah Jakarta Timur, Barat, Utara serta Pusat. Banjir tak kunjung surut sebab hujan terus mengguyur deras selama dua hari berturut-turut. Di sisi lain, saluran air banyak yang tersumbat oleh sampah dan endapan lumpur. Alhasil, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke kawasan sekitar Jakarta yang tak terdampak banjir seperti ke Depok, Bogor dan Tangerang.

 

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Ekonomi

Produksi beras organik di sejumlah wilayah mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat, produksi beras organik mengalami kenaikan sekitar 15 persen atau 2500 ton per tahun. Peningkatan produksi ini terutama dipelopori oleh kawasan Bandung Barat. Para petani di wilayah tersebut kompak menolak penggunaan pupuk kimia seperti pestisida dan urea, lantas diganti dengan pupuk organik. Harga jual yang tinggi serta peluang ekspor merupakan penyemangat utama para petani untuk menggunakan cara-cara organik.

6. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Spiritual

Ragam penyakit fisik yang menyerang tubuh rupanya berawal dari sifat dan perilaku buruk yang dilakukan secara terus-menerus. Misalnya, ketika kita kerap memendam rasa jengkel terhadap salah seorang keluarga dekat, maka peluang mengidap penyakit jantung dan TBC akan semakin tinggi. Begitu pula ketika orang sangat gampang untuk menghardik orang tua kandungnya. Maka orang semacam ini rentan bermasalah di bidang perut dan kulit.

7. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Rumah Tangga

paragraf deduktif, induktif, campuran

Suami istri harus selalu kompak dalam mendidik anak. Wujud kekompakan bisa tampak dari terjaganya kerukunan dan rasa saling menghormati di antara keduanya. Dengan begitu, anak secara tidak langsung akan mencontoh perilaku orang tuanya yang serba positif. Kekompakan juga bisa tampak dari minimnya pertengkaran apalagi saling menyalahkan.

8. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Karier

Perintisan karier di bidang akademik makin sepi peminat. Ini disebabkan orang-orang muda lebih memilih untuk berbisnis digital dan segera mendapatkan penghasilan yang lumayan. Sebaliknya, karier akademik cenderung dihindari karena prosedurnya yang bertele-tele dan dinilai ribet. Alhasil, saat ini banyak kampus yang kekurangan tenaga dosen tetap maupun pekerja yang mau mengurusi administrasi akademik.

9. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Fauna

Baru-baru ini ditemukan spesies langka mirip naga di kawasan Gua Pawon. Belum jelas bagaimana bentuk dan karakteristiknya, tetapi hewan tersebut kerap berkeliaran dan membunyikan suara gaduh di sekitar gua. Para peneliti masih mengidentifikasi hewan tersebut dan mempertimbangkan untuk dimasukkan ke penangkaran. Sebab jika dibiarkan hidup di alam bebas, spesies ini akan membahayakan warga setempat.

10. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Flora

Raflessia Arnoldi merupakan bunga bangkai langka yang terus dijaga kelestariannya. Di antara upaya penjagaan eksistensi bunga yakni dengan membuat penangkaran khusus di suatu taman nasional. Selain itu, direkrut pula tenaga ahli di bidang tumbuhan yang pekerjaannya memantau dan meneliti pola kehidupan bunga agar bisa terus terjaga keberadaannya.

11. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Minat membaca buku secara konvensional di kalangan generasi muda mengalami penurunan drastis. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Literatur Mahasiswa (BLM), terjadi penurunan minat baca sekitar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam survei tersebut, para remaja cenderung lebih suka membaca teks-teks singkat melalui layar gawai. Teks tersebut biasanya berupa caption di Instagram, maupun status facebook.

12. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, setidaknya setiap tiga bulan sekali. Adapun jadwalnya yakni memeriksakan diri satu kali di trimester 1 (usia kandungan antara 1-3 bulan), sekali di trimester kedua (usia kandungan antara 4-6 bulan) dan sekali lagi di usia kandungan menjelang kelahiran. Akan lebih baik lagi jika ibu hamil memeriksakan kondisinya setiap bulan. Dengan begitu, asupan gizi dan perkembangan janin bisa terpantau baik.

13. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Politik

Para demonstran meminta Presiden Jokowi untuk tegas menindak para pelaku korupsi. Ketegasan tersebut terutama ditujukan pada para koruptor daei golongan pejabat, yang proses hukumnya cenderung lambat. Pemerintah juga harus menguatkan posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memang telah lama berkonsentrasi dalam penindakan kasus korupsi tanpa pandang bulu. Jangan sampai undang-undang yang melemahkan KPK malah lolos dan disetujui begitu saja.

14. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pariwisata

Terdapat sejumlah obyek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat. Di antara tempat wisata yang paling populer yakni Curug Malela Rongga, kebun teh Lembang, Paralayang Cililin, serta Gunung Putri. Selain ketiga tempat tadi, masih banyak lagi wisata alam lainnya yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri.

15. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Dunia Hiburan

Pongki Barata merupakan musisi multitalenta milik Indonesia. Selain menciptakan beragam lagu hits, Pongki juga mahir bermain gitar serta bernyanyi. Dalam perjalanan kariernya, Pongki pernah tergabung dalam grup band Jikustik, serta menjadi member di grup band lain bertajuk “The Dance Company”.

16. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sains dan Teknologi

Pameran robot pintar terus digencarkan seiring teknologi kecerdasan buatan yang terus dikembangkan. Untuk kawasan Asia, pameran mula-mula diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, menampilkan Robot Marry yang piawai bercengkrama dengan manusia. Pameran rencananya juga akan digelar di Jakarta, Indonesia, di mana Marry akan menunjukkan kebolehannya bercakap ria sembari menggunakan kebaya.

17. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Bisnis

Para pebisnis kasur lantai kompak mengalami kerugian jelang momen lebaran 2019. Kerugian yang mencapai miliaran rupiah ini disulut oleh tingginya persaingan bisnis, di mana dalam satu area terdapat banyak produsen kasur. Akibatnya, produksi menumpuk, sementara penjualan lesu. Situasi diperparah dengan kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital, sehingga agenda marketing menjadi tak optimal.

18. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Hukum

paragraf deduktif, induktif, campuran

Gasus Tambunam kembali menarik perhatian publik karena melakukan sejumlah pelanggaran hukum. Terdakwa kasus korupsi ini berkali-kali tampil di ruang bebas, padaha seharusnya ia mendekam di penjara. Masih hangat berita pelanggaran tersebut, ia kembali berulah karena kedapatan terlibat praktik suap dan pelecehan seksual di salah satu diskotik di Pulau Bali.

19. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Properti

Kredit Perumahan Rakyat (KPR) terus didorong agar memiliki bunga yang rendah dan pembayaran uang muka yang terjangkau. Di antara upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan subsidi serta penambahan jangka waktu kredit. Di sisi lain, para kontraktor diminta untuk cerdas membangun dengan prinsip efektif dan efisien. Dengan begitu, biaya pembangunan perumahan bisa tertekan dan harganya pun bisa jauh lebih murah.

20. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Infrastruktur

Pembangunan jalan dan jembatan di kawasan Subang mangkrak sejak 10 tahun diagendakan. Terdapat sejumlah faktor penyebabnya, di antaranya urusan pembebasan lahan yang sulit. Dalam hal ini, sejumlah warga keberatan tanahnya dibeli dengan harga murah. Selain masalah pembebasan lahan, pembangunan juga terkendala oleh isu lingkungan. Sebab, keberadaan jalan dan jembatan dikhawatirkan merusak ekosisitem hutan lindung.

21. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Fashion

Desainer kondang Iwan Gunawan kembali merilis sejumlah produk fashion bertajuk “Mandjhah” jelang Ramadhan 2020. Di antara produk yang akan segera launching yakni jilbab segi empat lukis, gamis sutra serta baju koko. Semua produk menggunakan bahan berkualitas tinggi serta dijahit rapi sehingga kesan eksklusif jadi begitu terasa.

NB:

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup merupakan contoh lainnya dari paragraf atau teks deduktif. Sebab ia memuat informasi dari yang umum ke khusus. CV biasanya memuat identitas diri seseorang dengan bahasa yang singkat, adat dan jelas, dari yang tingkat general seperti nama, alamat, tanggal lahir, hingga pengalaman pendidikan, riwayat pekerjaan dan skill. Daftar riwayat hidup kerap digunakan untuk melamar kerja atau keperluan lainnya seperti pengajuan beasiswa.

 

21 Contoh Paragraf Induktif Singkat

1. Contoh Paragraf Induktif Tentang Wisata

 

Pelaksanaan perbaikan jalan rusak menuju kawasan wisata harus segera dimulai. Sebab hingga kini, masih ditemukan jalan yang tak layak pakai sehingga wisatawan pun takut menjangkau lokasi wisata karena jalannya yang memprihatinkan. Selain jalan, fasilitas dan manajemen di lokasi wisata juga tak boleh luput dari perhatian. Inilah yang menyebabkan sejumlah kelompok masyarakat meminta pemerintah agar serius memperbaiki sektor pariwisata daerah.

2. Contoh Paragraf Induktif Tentang Agama

 

Rasulullah Muhammad SAW memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan. Ini disebabkan Islam yang memang merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi.

3. Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

 

Ibu rumah tangga diminta untuk dapat memisahkan sampah basah dan sampah kering, lalu melakukan daur ulang sampah secara mandiri. Sampah kering seperti plastik dan bekas kemasan minuman bisa diolah kembali menjadi ragam kerajinan yang bernilai. Sementara itu, sampah basah bisa dijadikan pupuk organik yang bagus untuk tanaman. Pada intinya, para ibu rumah tangga dianjurkan untuk cerdas dan telaten dalam memilah dan mengolah sampah.

4. Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan (2)

 

Berdasarkan pantauan, banjir di DKI Jakarta sudah menjangkau wilayah Jakarta Timur, Barat, Utara serta Pusat. Banjir tak kunjung surut sebab hujan terus mengguyur deras selama dua hari berturut-turut. Di sisi lain, saluran air banyak yang tersumbat oleh sampah dan endapan lumpur.Akibatnya, area banjir di ibu kota semakin meluas dan sulit untuk surut.

5. Contoh Paragraf Induktif Tentang Ekonomi

 

Tercatat, produksi beras organik mengalami kenaikan sekitar 15 persen atau 2500 ton per tahun. Peningkatan produksi ini terutama dipelopori oleh kawasan Bandung Barat. Para petani di wilayah tersebut kompak menolak penggunaan pupuk kimia seperti pestisida dan urea, lantas diganti dengan pupuk organik. Harga jual yang tinggi serta peluang ekspor merupakan penyemangat utama para petani untuk menggunakan cara-cara organik. Kesimpulannya, Produksi beras organik di sejumlah wilayah mengalami peningkatan yang signifikan.

6. Contoh Paragraf Induktif Tentang Spiritual

 

Ketika kita kerap memendam rasa jengkel terhadap salah seorang keluarga dekat, maka peluang mengidap penyakit jantung dan TBC akan semakin tinggi. Begitu pula ketika orang sangat gampang untuk menghardik orang tua kandungnya. Maka orang semacam ini rentan bermasalah di bidang perut dan kulit. Kejadian ini sungguh beralasan, sebab berdasarkan penelitian, ragam penyakit fisik yang menyerang tubuh rupanya berawal dari sifat dan perilaku buruk yang dilakukan secara terus-menerus.

7. Contoh Paragraf Induktif Tentang Rumah Tangga

 

Wujud kekompakan orang tua dalam mendidik anak bisa tampak dari terjaganya kerukunan dan rasa saling menghormati di antara keduanya. Dengan begitu, anak secara tidak langsung akan mencontoh perilaku orang tuanya yang serba positif. Kekompakan juga bisa tampak dari minimnya pertengkaran apalagi saling menyalahkan. Pada intinya, suami istri harus selalu kompak dalam mendidik anak.

8. Contoh Paragraf Induktif Tentang Karier

 

Faktanya, orang-orang muda lebih memilih untuk berbisnis digital dan segera mendapatkan penghasilan yang lumayan. Sebaliknya, karier akademik cenderung dihindari karena prosedurnya yang bertele-tele dan dinilai ribet. Alhasil, saat ini banyak kampus yang kekurangan tenaga dosen tetap maupun pekerja yang mau mengurusi administrasi akademik. Itulah beberapa faktor yang membuat perintisan karier di bidang akademik makin sepi peminat.

9. Contoh Paragraf Induktif Tentang Fauna

paragraf deduktif, induktif, campuran

 

 

Ditemukan makhluk langka mirip naga yang belum jelas bagaimana bentuk dan karakteristiknya di area Gua Pawon. Meski begitu, ia kerap berkeliaran dan membunyikan suara gaduh di sekitar gua. Para peneliti masih mengidentifikasi hewan tersebut dan mempertimbangkan untuk dimasukkan ke penangkaran. Sebab jika dibiarkan hidup di alam bebas, spesies ini akan membahayakan warga setempat. Itulah informasi terkini terkait identifikasi makhluk langka yang ditemukan di kawasan Gua Pawon baru-baru ini.

10. Contoh Paragraf Induktif Tentang Flora

Di antara upaya penjagaan eksistensi bunga Raflessia Arnoldi yakni dengan membuat penangkaran khusus di suatu taman nasional. Selain itu, direkrut pula tenaga ahli di bidang tumbuhan yang pekerjaannya memantau dan meneliti pola kehidupan bunga agar bisa terus terjaga keberadaannya. Itulah beberapa langkah yang dilakukan untuk menjaga kelestarian bunga Raflesaia Arnoldi.

11. Contoh Paragraf Induktif Tentang Pendidikan

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Literatur Mahasiswa (BLM), terjadi penurunan minat baca sekitar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam survei tersebut, para remaja cenderung lebih suka membaca teks-teks singkat melalui layar gawai. Teks tersebut biasanya berupa caption di Instagram, maupun status facebook. Itulah yang menyebabkan terjadi penurunan minat membaca buku secara konvensional di kalangan generasi muda secara drastis.

12. Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Jadwal pemeriksaan ibu hamil ke bidan atau tenaga medis lainnya setidaknya dilakukan satu kali setiap tiga bulan. Jadwal tersebut yakni sekali di trimester 1 (usia kandungan antara 1-3 bulan), sekali di trimester kedua (usia kandungan antara 4-6 bulan) dan sekali lagi di usia kandungan menjelang kelahiran. Akan lebih baik lagi jika ibu hamil memeriksakan kondisinya setiap bulan. Pada intinya, ibu hamil harus memeriksakan kondisi kehamilannya secara rutin.

13. Contoh Paragraf Induktif Tentang Politik

Pemerintah harus menguatkan posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memang telah lama berkonsentrasi dalam penindakan kasus korupsi tanpa pandang bulu. Selain itu, ketegasan pemerintah masih ditunggu, terutama dalam menindak para koruptor dari golongan pejabat, yang proses hukumnya cenderung lambat. Jangan sampai undang-undang yang melemahkan KPK malah lolos dan disetujui begitu saja. Itulah sejumlah agenda tuntutan yang disampaikan oleh para demonstran pada hari ini di depan gedung DPR.

14. Contoh Paragraf Induktif Tentang Pariwisata

Di antara tempat wisata yang paling populer di kawasan Bandung Barat yakni Curug Malela Rongga, kebun teh Lembang, Paralayang Cililin, serta Gunung Putri. Selain ketiga tempat tadi, masih banyak lagi wisata alam lainnya yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri. Inilah beberapa bukti yang menunjukkan keberadaan sejumlah obyek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat.

15. Contoh Paragraf Induktif Tentang Dunia Hiburan

Selain menciptakan beragam lagu hits, Pongki Barata juga mahir bermain gitar serta bernyanyi. Dalam perjalanan kariernya, Pongki pernah tergabung dalam grup band Jikustik, serta menjadi member di grup band lain bertajuk “The Dance Company”. Tak heran jika banyak orang sepakat bahwa Pongki Barata merupakan musisi multitalenta milik Indonesia.

16. Contoh Paragraf Induktif Tentang Sains dan Teknologi

Di kawasan Asia, pameran robot pintar mula-mula diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, menampilkan Robot Marry yang piawai bercengkrama dengan manusia. Pameran rencananya juga akan digelar di Jakarta, Indonesia, di mana Marry akan menunjukkan kebolehannya bercakap ria sembari menggunakan kebaya. Inilah bukti bahwa pameran robot pintar terus digencarkan seiring teknologi kecerdasan buatan yang terus dikembangkan.

17. Contoh Paragraf Induktif Tentang Bisnis

Tingginya persaingan bisnis sangat tinggi di bisnis kasur lantai, di mana dalam satu area terdapat banyak produsen kasur. Akibatnya, produksi menumpuk, sementara penjualan lesu. Situasi diperparah dengan kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital, sehingga agenda marketing menjadi tak optimal. Alhasil, para pebisnis kasur lantai kompak mengalami kerugian jelang momen lebaran 2019.

18. Contoh Paragraf Induktif Tentang Hukum

Terdakwa kasus korupsi Gasus Tambunam berkali-kali tampil di ruang bebas, padahal seharusnya ia mendekam di penjara. Masih hangat berita pelanggaran tersebut, ia kembali berulah karena kedapatan terlibat praktik suap dan pelecehan seksual di salah satu diskotik di Pulau Bali. Itulah alasannya, mengapa Gasus Tambunam selalu menarik perhatian publik akibat melakukan sejumlah pelanggaran hukum.

19. Contoh Paragraf Induktif Tentang Properti

Program subsidi dan penambahan jangka waktu kredit terus digulirkan pemerintah untuk menyukseskan Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Di sisi lain, para kontraktor diminta untuk cerdas membangun dengan prinsip efektif dan efisien. Dengan begitu, biaya pembangunan perumahan bisa tertekan dan harganya pun bisa jauh lebih murah. Itulah beragam upaya yang dilakukan agar KPR terus didorong agar memiliki bunga yang rendah dan pembayaran uang muka yang terjangkau.

20. Contoh Paragraf Induktif Tentang Infrastruktur

Terdapat sejumlah faktor yang membuat pembangunan jalan di Subang mangkrak. Di antaranya urusan pembebasan lahan yang sulit. Dalam hal ini, sejumlah warga keberatan tanahnya dibeli dengan harga murah. Selain masalah pembebasan lahan, pembangunan juga terkendala oleh isu lingkungan. Sebab, keberadaan jalan dan jembatan dikhawatirkan merusak ekosisitem hutan lindung. Alhasil, pembangunan jalan dan jembatan di kawasan Subang menghadapi berbagai kendala sehingga mangkrak sejak 10 tahun diagendakan.

21. Contoh Paragraf Induktif Tentang Fashion

Iwan Gunawan merintis karier keartisan sejak dua puluh tahun yang lalu, dan masih eksis hingga kini. Dalam kesehariannya, ia sering tampil di sejumlah stasiun TV sebagai pembawa acara, penyanyi, pelawak dan juga pemain peran. Di sisi lain, ia juga memiliki job profesional di bidang fashion dengan meluncurkan sejumlah desain baju. Sebagai desainer kondang, karyanya kerap dipakai oleh para artis lokal maupun mancanegara. Maka dari itu, jelaslah bahwa Iwan Gunawan bukan hanya sekadar desainer kondang, tetapi juga entertrainer sejati.

21+ Contoh Paragraf Campuran Singkat

1. Contoh Paragraf Campuran Tentang Pendidikan

Para orang tua dan tenaga pengajar dianjurkan untuk memprioritaskan pendidikan karakter sejak dini kepada anak-anak. Dengan cukup memiliki karakter yang kuat, anak akan memiliki dasar yang kuat untuk berperilaku positif di kesehariannya. Dibutuhkan kerja sama antara orang tua dan guru agar penerapan pendidikan akrakter kepada anak bisa berlangsung efektif. Dengan begitu, peluang keberhasilan dalam membentuk karakter anak yang tangguh akan tercapai. Jadi, penting bagi orang tua dan guru untuk mengutamakan pendidikan karakter dalam agenda pendidikan.

2. Contoh Paragraf Campuran Tentang Wisata

Sejumlah kelompok masyarakat meminta pemerintah serius memperbaiki sektor pariwisata daerah. Terutama dari segi akses jalan, pelaksanaan perbaikan jalan rusak menuju kawasan wisata harus segera dimulai. Sebab hingga kini, masih ditemukan jalan yang tak layak pakai sehingga wisatawan pun takut menjangkau lokasi wisata karena jalannya yang memprihatinkan. Selain jalan, fasilitas dan manajemen di lokasi wisata juga tak boleh luput dari perhatian. Itulah yang menyebabkan sejumlah kelompok masyarakat mendesak pemerintah melakukan percepatan dalam perbaikan sektor pariwisata.

2. Contoh Paragraf Campuran Tentang Agama

Islam merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Rasulullah yang memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan. Maka tegaslah bahwa Islam merupakan agama yang sangat toleran dan mencintai perdamaian.

3. Contoh Paragraf Campuran Tentang Lingkungan

Para ibu rumah tangga dianjurkan untuk cerdas dan telaten dalam memilah dan mengolah sampah. Mereka harus dapat memisahkan sampah basah dan sampah kering, lalu melakukan daur ulang sampah secara mandiri. Sampah kering seperti plastik dan bekas kemasan minuman bisa diolah kembali menjadi ragam kerajinan yang bernilai. Sementara itu, sampah basah bisa dijadikan pupuk organik yang bagus untuk tanaman. Pada intinya, ibu rumah tangga benar-benar harus mau memilah sampah untuk kesehatan lingkungan.

4. Contoh Paragraf Campuran Tentang Lingkungan (2)

Area banjir di ibu kota semakin meluas dan sulit untuk surut. Berdasarkan pantauan, banjir di DKI Jakarta sudah menjangkau wilayah Jakarta Timur, Barat, Utara serta Pusat. Banjir tak kunjung surut sebab hujan terus mengguyur deras selama dua hari berturut-turut. Di sisi lain, saluran air banyak yang tersumbat oleh sampah dan endapan lumpur. Itulah yang menyebabkan area banjir di Jakarta bertahan lama dan meluas.

5. Contoh Paragraf Campuran Tentang Ekonomi

paragraf deduktif, induktif, campuran

Produksi beras organik di sejumlah wilayah mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan produksi ini terutama dipelopori oleh kawasan Bandung Barat. Para petani di wilayah tersebut kompak menolak penggunaan pupuk kimia seperti pestisida dan urea, lantas diganti dengan pupuk organik. Harga jual yang tinggi serta peluang ekspor merupakan penyemangat utama para petani untuk menggunakan cara-cara organik. Maka jelaslah alasannya mengapa produksi beras organic mengalami peningkatan signifikan.

6. Contoh Paragraf Campuran Tentang Spiritual

Ragam penyakit fisik yang menyerang tubuh rupanya berawal dari sifat dan perilaku buruk yang dilakukan secara terus-menerus. Misalnya, ketika kita kerap memendam rasa jengkel terhadap salah seorang keluarga dekat, maka peluang mengidap penyakit jantung dan TBC akan semakin tinggi. Begitu pula ketika orang sangat gampang untuk menghardik orang tua kandungnya. Maka orang semacam ini rentan bermasalah di bidang perut dan kulit. Itulah mengapa penyakit fisik kerap dikait-kaitkan dengan perilaku kita di keseharian.

7. Contoh Paragraf Campuran Tentang Rumah Tangga

Suami istri harus selalu kompak dalam mendidik anak. Wujud kekompakan bisa tampak dari terjaganya kerukunan dan rasa saling menghormati di antara keduanya. Dengan begitu, anak secara tidak langsung akan mencontoh perilaku orang tuanya yang serba positif. Kekompakan juga bisa tampak dari minimnya pertengkaran apalagi saling menyalahkan. Ini merupakan hal mutlak bahwa orang tua harus kompak dalam mendidik anak.

8. Contoh Paragraf Campuran Tentang Karier

Perintisan karier di bidang akademik makin sepi peminat. Ini disebabkan orang-orang muda lebih memilih untuk berbisnis digital dan segera mendapatkan penghasilan yang lumayan. Sebaliknya, karier akademik cenderung dihindari karena prosedurnya yang bertele-tele dan dinilai ribet. Alhasil, saat ini banyak kampus yang kekurangan tenaga dosen tetap maupun pekerja yang mau mengurusi administrasi akademik. Itulah mengapa perintisan karier di bidang akademik jadi sepi peminat.

9. Contoh Paragraf Campuran Tentang Fauna

Baru-baru ini ditemukan spesies langka mirip naga di kawasan Gua Pawon. Belum jelas bagaimana bentuk dan karakteristiknya, tetapi hewan tersebut kerap berkeliaran dan membunyikan suara gaduh di sekitar gua. Para peneliti masih mengidentifikasi hewan tersebut dan mempertimbangkan untuk dimasukkan ke penangkaran. Sebab jika dibiarkan hidup di alam bebas, spesies ini akan membahayakan warga setempat. Itulah informasi terbaru seputar spesies langka yang baru ditemukan di Gua Pawon.

10. Contoh Paragraf Campuran Tentang Flora

Raflesaia Arnoldi merupakan bunga bangkai langka yang terus dijaga kelestariannya. Di antara upaya penjagaan eksistensi bunga yakni dengan membuat penangkaran khusus di suatu taman nasional. Selain itu, direkrut pula tenaga ahli di bidang tumbuhan yang pekerjaannya memantau dan meneliti pola kehidupan bunga agar bisa terus terjaga keberadaannya. Itulah sejumlah upaya menjaga kelestarian bunga langka Raflesia Arnoldi.

11. Contoh Paragraf Campuran Tentang Pendidikan

Minat membaca buku secara konvensional di kalangan generasi muda mengalami penurunan drastis. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Literatur Mahasiswa (BLM), terjadi penurunan minat baca sekitar 46 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam survei tersebut, para remaja cenderung lebih suka membaca teks-teks singkat melalui layar gawai. Teks tersebut biasanya berupa caption di Instagram, maupun status facebook. Jadi, jelaslah alasannya mengapa minat membaca buku pada generasi muda semakin anjlok.

12. Contoh Paragraf Campuran Tentang Kesehatan

Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, setidaknya setiap tiga bulan sekali. Adapun jadwalnya yakni memeriksakan diri satu kali di trimester 1 (usia kandungan antara 1-3 bulan), sekali di trimester kedua (usia kandungan antara 4-6 bulan) dan sekali lagi di usia kandungan menjelang kelahiran. Akan lebih baik lagi jika ibu hamil memeriksakan kondisinya setiap bulan. Dengan begitu, asupan gizi dan perkembangan janin bisa terpantau baik. Jadi, rutin memeriksakan kondisi kehamilan merupakan hal wajib yang dilakukan ibu hamil.

13. Contoh Paragraf Campuran Tentang Politik

Para demonstran meminta Presiden Jokowi untuk tegas menindak para pelaku korupsi. Ketegasan tersebut terutama ditujukan pada para koruptor daei golongan pejabat, yang proses hukumnya cenderung lambat. Pemerintah juga harus menguatkan posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memang telah lama berkonsentrasi dalam penindakan kasus korupsi tanpa pandang bulu. Jangan sampai undang-undang yang melemahkan KPK malah lolos dan disetujui begitu saja. Tindak tegas untuk pelaku korupsi benar-benar harus dilakukan Presiden Jokowi sesegera mungkin.

14. Contoh Paragraf Campuran Tentang Pariwisata

Terdapat sejumlah obyek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat. Di antara tempat wisata yang paling populer yakni Curug Malela Rongga, kebun teh Lembang, Paralayang Cililin, serta Gunung Putri. Selain ketiga tempat tadi, masih banyak lagi wisata alam lainnya yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri. Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika pergi ke kawasan Bandung Barat.

15. Contoh Paragraf Campuran Tentang Dunia Hiburan

Pongki Barata merupakan musisi multitalenta milik Indonesia. Selain menciptakan beragam lagu hits, Pongki juga mahir bermain gitar serta bernyanyi. Dalam perjalanan kariernya, Pongki pernah tergabung dalam grup band Jikustik, serta menjadi member di grup band lain bertajuk “The Dance Company”. Maka tak heran jika banyak orang sepakat bahwa Pongki Barata merupakan musisi serba bisa.

16. Contoh Paragraf Campuran Tentang Sains dan Teknologi

Pameran robot pintar terus digencarkan seiring teknologi kecerdasan buatan yang terus dikembangkan. Untuk kawasan Asia, pameran mula-mula diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, menampilkan Robot Marry yang piawai bercengkrama dengan manusia. Pameran rencananya juga akan digelar di Jakarta, Indonesia, di mana Marry akan menunjukkan kebolehannya bercakap ria sembari menggunakan kebaya. Itulah sejumlah bukti gencarnya agenda pameran robot pintar yang saat ini terus dikembangkan.

17. Contoh Paragraf Campuran Tentang Bisnis

Para pebisnis kasur lantai kompak mengalami kerugian jelang momen lebaran 2019. Kerugian yang mencapai miliaran rupiah ini disulut oleh tingginya persaingan bisnis, di mana dalam satu area terdapat banyak produsen kasur. Akibatnya, produksi menumpuk, sementara penjualan lesu. Situasi diperparah dengan kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital, sehingga agenda marketing menjadi tak optimal. Jelaslah bahwa kerugian besar tengah menimpa para pengusaha kasur lantai.

18. Contoh Paragraf Campuran Tentang Hukum

Gasus Tambunam kembali menarik perhatian publik karena melakukan sejumlah pelanggaran hukum. Terdakwa kasus korupsi ini berkali-kali tampil di ruang bebas, padaha seharusnya ia mendekam di penjara. Masih hangat berita pelanggaran tersebut, ia kembali berulah karena kedapatan terlibat praktik suap dan pelecehan seksual di salah satu diskotik di Pulau Bali. Alhasil, Gasus lagi-lagi menjadi pusat perhatian karena tindakannya melawan hukum dan keadilan secara pengecut.

19. Contoh Paragraf Campuran Tentang Properti

Kredit Perumahan Rakyat (KPR) terus didorong agar memiliki bunga yang rendah dan pembayaran uang muka yang terjangkau. Di antara upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan subsidi serta penambahan jangka waktu kredit. Di sisi lain, para kontraktor diminta untuk cerdas membangun dengan prinsip efektif dan efisien. Dengan begitu, biaya pembangunan perumahan bisa tertekan dan harganya pun bisa jauh lebih murah. Inilah strategi mendorong KPR agar memiliki bunga super rendah.

20. Contoh Paragraf Campuran Tentang Infrastruktur

Pembangunan jalan dan jembatan di kawasan Subang mangkrak sejak 10 tahun diagendakan. Terdapat sejumlah faktor penyebabnya, di antaranya urusan pembebasan lahan yang sulit. Dalam hal ini, sejumlah warga keberatan tanahnya dibeli dengan harga murah. Selain masalah pembebasan lahan, pembangunan juga terkendala oleh isu lingkungan. Sebab, keberadaan jalan dan jembatan dikhawatirkan merusak ekosisitem hutan lindung. Itulah beberapa penyebab dari mangkraknya pembangunan jalan di kawasan Subang.

21. Contoh Paragraf Campuran Tentang Fashion

 

paragraf deduktif, induktif, campuran

Desainer kondang Iwan Gunawan kembali merilis sejumlah produk fashion bertajuk “Mandjhah” jelang Ramadhan 2020. Di antara produk yang akan segera launching yakni jilbab segi empat lukis, gamis sutra serta baju koko. Semua produk menggunakan bahan berkualitas tinggi serta dijahit rapi sehingga kesan eksklusif jadi begitu terasa. Itulah yang menjadi ciri produk “Mandjhah” yang baru saja dirilis Iwan Gunawan untuk mempersiapkan fashion Ramadhan.

22. Contoh Paragraf Campuran Tentang Kesehatan

Ada beragam manfaat dari jeruk nipis. Selain kerap digunakan untuk untuk obat batuk tradisional, buah ini juga kerap dibuat minuman yang menyegarkan. Di sisi lain, ia juga kerap menjadi andalan para ibu sebagai bumbu masak. Ternyata banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk manusia.

Demikianlah pembahasan rinci seputar paragraf deduktif, induktif dan campuran, lengkap dengan deretan contoh yang relevan. Jika ada hal yang masih kurang jelas atau ingin ditanyakan, silakan membuka forum diskusi di kolom komentar.

Akhir kata, jangan pernah merasa puas dengan wawasan dan pengetahuan yang telah didapat. Teruslah belajar dan mengasah rasa penasaran sehingga akan lebih banyak lagi pengetahuan diiringi kebijaksanaan yang didapatkan. Terkhusus materi tentang paragraf Contoh Paragraf induktif, deduktif dan campuran, jangan ragu untuk berlatih dan membuat contoh paragraf atau karangan buatan sendiri.

Selamat belajar!

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari