Pengertian Pengantar Manajemen – Struktur, Fungsi, Konsep, Prinsip, Bidang, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Pengantar Manajemen – Struktur, Fungsi, Konsep, Prinsip, Bidang, Para Ahli : Merupakan bagaimana cara mengatur , membingbing serta memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang dikerjakan dapat mencapai suatu tujuan.


Pengantar-Manajemen

Pengertian Pengantar Manajemen

Manajemen berasal dari kata dalam bahasa Inggris “management” yang berasal dari kata ” to manage” yang berarti “Mengurus atau tata laksana”. Sehingga Manajemen merupakan bagaimana cara mengatur , membingbing serta memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang dikerjakan dapat mencapai suatu tujuan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 7 Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli


Pengertian Pengantar Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian menejemen menurut para ahli:

  • Oxford.

Manjemen iyalah proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda.

  • William H Newman.

Manajemen merupakan fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu.


  • Drs. Oey.

manajemen merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengatahan, pengkoordinasan serta pengontrolan.

  • Harold Koontz & O’ Donnel

Manajemen pada bukunya yang berjudul “Principles of Management” , “Manajemen merupakan berhubungan dengan pencapaian tujuan yang dilakukan melalui orang lain”(Dayat, n.d,p.6).


  • George R. Terry (1994).

manajemen Pada buku dengan judul “Principles of Management” memberikan definisi bahwa: “Manajemen merupakan suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan serta pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).

  • Ensiclopedia of The Social Sciences.

Manajemen diartikan bahwa sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan serta diarvasi.


  • Mary Parker Follet.

Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

  • Davis.

Manajemen merupakan fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimana pun.


  • Chaster I Bernard.

Manajemen merupakan Ilmu dan Seni.

  • Thomas H. Nelson.

Manajemen perusahaan iyalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan serta orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang dapat bermanfaat dan menjualnya untuk mendapat menguntungkan.


  • G.R. Terri.

Manajemen Iyalah sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai untuk sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

  • James A. F. Stoner.

Manajemen diartikan bahwa sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi serta menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


  • Oei Liang Lie.

Manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya(Resource) manusia dan alam, terutama pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang ditentukan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli Dunia


Struktur Pengantar Manajemen

Prinsip manajemen merupakan dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok dan tidak boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan.

  • Pembagian kerja yang berimbang

Dalam membagi-bagikan tugas serta jenisnya kepada semua karyawan, seorang manajer hendak bersifat dengan adil.


  • Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab

Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas serta jelas pada Setiap karyawan hendaknya diberikan wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik serta dapat mempertanggung jawabkan kepada atasan secara langsung.


  • Disiplin

Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha(kegiatan nyata)

  • Kesatuan perintah

Setiap karyawan hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung.


  • Kesatuan arah

proses yang dilakukan harus mempunyai tujuan yang sama serta dipimpin oleh seorang atasan langsung yang didasarkan pada rencana kerja yang sama


Fungsi dan Tujuan Pengantar Manajemen

manajemen itu sendiri merupakan serangkaian tahap kegiatan mulai awal melakukan kegiatan sampai akhir tercapainya tujuan kegiatan. Pembagian fungsi pada manajemen menurut beberapa ahli manajemen, di antaranya iyalah :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli


1. Menurut Dalton E.M.C. Farland (1990) dalam “Management Principles and Management”, fungsi manajemen terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. (Planning) Perencanaan.
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.

2. Menurut George R. Ferry (1990) dalam “Principles of Management”, proses manajemen terbagi menjadi 4 yaitu :

  1. (Planning)  Perencanaan.
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.
  4. (Activating) Pelaksanaan .

3. Menurut H. Koontz dan O’Donnel (1991) dalam “The Principles of Management”, proses dan fungsi manajemen terbagi menjadi 4 yaitu :

  1. (Planning) Perencanaan .
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.
  4. (Directing) Pengarahan.

Fungsi – Fungsi Pengantar Manajemen

Berikut ini fungsi – fungsi dari menejemen.

  • Fungsi perencanaan

Pada hakekatya perencanaan adalah proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan ekonomis serta efektif pada waktu yang akan datang.


  • Fungsi pengorganisasian

Fungsi Pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi, personalisasi serta faktor fisik agar kegiatan harus dilaksanakan,disatukan serta diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.


  • Fungsi pengarahan

Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang menstimulir tindakan-tindakan agar benar-benar dilaksanakan.


  • Fungsi pengkoordinasi

Suatu usaha yang terkoordinir iyalah di mana kegiatan karyawan itu harmonis , terarah serta diintergrasikan untuk mencapai tujuan bersama.


  • Fungsi pengawasan

Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah kegiatan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan dalam rencana untuk mencapai tujuan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Definisi Hukuman Mati Menurut Para Ahli Didunia


Konsep Pengantar Manajemen Masa Depan

  1. Manajemen  bertujuan meningkatkan produktivitas,ROI serta kualitas hidup manusia.
  2. Manajemen  mendasarkan tindakannya pada aspek kuantitatif serta perilaku manusia.
  3. Manajemen masa depan akan menghadapi isu inflasi, sumber daya(resource) yang makin langka, nilai sosial budaya masyarakat, teknologi, hubungan karyawan dan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, konflik-konflik serta globalisasi.
  4. Manajemen masa depan akan menghadapi masalah yang datang dari sektor industri dengan jasa dan untuk itu perlu informasi yang dicari dengan sistem informasi manajemen yang baik.

Prinsip – Prinsip Pengantar Manajemen

 Prinsip manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Dalam prakteknya harus diusahakan agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan harus luwes, yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen terdiri atas :


  • Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja, seorang manajer hendaknya bersifat adil, yaitu harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang berimbang.

  • Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaknya diberi wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung.

  • Kesatuan perintah Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.

  • Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, peraturan dan waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan.

  • Kesatuan arah Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).Jika prinsip ini tidak dilaksanakan maka akan timbul perpecahan diantara para kerabat kerja/karyawan. Karena ada yang diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit, padahal mereka memiliki kemampuan yang sama (Dayat,n.d,pp.7-9).

Bidang – Bidang Pengantar Manajemen

Berikut ini Bidang dalam Manajemen.

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia.
  2. Manajemen Operasi atau Produksi
  3. Manajemen Strategi.
  4. Manajemen Pemasaran.
  5. Manajemen Keuangan.
  6. Manajemen Informasi Teknologi.
    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Istilah Hukum (Advokat) Di Indonesia Secara Lengkap
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari