11 Contoh Makalah Penelitian

Diposting pada

Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu karya tulis yang sangat sering digunakan dan dibuat dalam berbagai jenjang pendidikan. Setiap pelajar hingga mahasiswa sudah sepatutnya mengetahui dan mengerti bagaimana cara penulisan suatu karya tulis ilmiah terutama makalah. Dengan melihat berbagai contoh makalah penelitian akan sangat membantu terutama jika Anda masih bingung menulis karya tulis yang satu ini.

contoh-makalah-penelitian

Karya tulis makalah sama halnya dengan karya tulis lainnya yang memiliki struktur dan kaidah penulisannya tersendiri. Dengan begitu jika Anda diberikan tugas untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah makalah maka Anda tidak boleh sembarangan dalam menulisnya. Jika Anda baru pertama kali diberikan tugas ini tentunya akan bingung dalam hal penulisannya.

Karya tulis makalah ini menjadi karya tulis yang sangat sering dibuat di bangku sekolah. Walaupun begitu, ternyata masih banyak mahasiswa maupun pelajar yang masih tidak paham dalam cara penulisannya. Dengan begitu, artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai makalah untuk membantu Anda lebih paham dengan karya tulis makalah.

Pengertian Makalah

pengertian-makalah

Makalah adalah salah satu bentuk karya tulis yang bersifat ilmiah dan digunakan untuk kepentingan pendidikan. Pendidikan memiliki sifat yang formal maka dalam pelaksanaan tugas-tugasnya pun harus ilmiah. Tidak hanya dari segi penulisannya saja yang harus mengikuti kaidah tetapi sumbernya pun juga harus terpercaya dan ilmiah.

Fungsi Makalah

Berbicara mengenai makalah, penulisan suatu makalah memiliki beberapa fungsi di bidang pendidikan. Adapun beberapa fungsi dari makalah akan dijabarkan di bawah ini.

  • Sebagai Media Pelatihan dan Edukasi Bagi Penulis

Di jenjang sekolah, seorang pelajar maupun mahasiswa di tuntut untuk dapat membuat sebuah karya tulis yang dinamakan makalah. Fungsi pembuatan makalah ini sendiri sebenarnya untuk melatih atau mendidik para penulisnya untuk dapat menulis sebuah karya tulis yang sesuai dengan kaidah. Dengan adanya tugas ini, maka pelajar dapat teredukasi dalam hal menulis karya tulis yang baik dan benar.

  • Sebagai Sumber Referensi Bagi Pembaca 

Fungsi makalah berikutnya juga dapat memperluas pengetahuan kepada pembacanya. Pembaca pun dapat pula menjadikan makalah sebagai sumber referensi dalam pembuatan karya tulis ilmiah lainnya. Dengan begitu, pembaca bisa mendapatkan berbagai sumber referensi tidak hanya terbatas melalui buku.

  • Memberikan Sumbangsi Terhadap Pendidikan dan Penelitian

Makalah dalam dunia pendidikan memiliki fungsi untuk memberikan sumbangsi terhadap kemajuan pendidikan. Dengan banyaknya karya tulis ilmiah ini maka dapat menjadi bukti konkrit bahwa pendidikan semakin maju.

 

Ciri-Ciri Makalah yang Baik dan Benar

Ciri-Ciri-Makalah

Suatu karya tulis ilmiah tentunya masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri. Begitupula dengan karya tulis makalah, suatu makalah dikatakan baik dan benar jika sesuai dengan ciri-ciri makalah berikut ini.

 

  • Penulisannya Terstruktur

Karya tulis ilmiah yang baik dan benar tentunya jika di tulis sesuai dengan kaidah dan strukturnya. Jika suatu makalah tidak mengikuti struktur atau penulisannya berantakan maka makalah tersebut tidak termasuk makalah yang baik dan benar. Oleh sebab itu, sebagai penulis ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu struktur penulisan sebelum menulis sebuah makalah.

Ciri pertama yang dimaksud di sini ialah jika makalah telah mengikuti susunan yang telah ditetapkan. Selain itu, suatu makalah dikatakan terstruktur apabila penulisannya telah rapi dan konsisten hingga akhir. Konsistensi yang dimaksud jika ukuran font, margin dan lain-lain sama dari awal hingga akhir.

  • Relevan 

Makalah yang baik dan benar jika dari awal hingga akhir memiliki relevansi atau terkait satu sama lain. Hal ini terutama berlaku untuk makalah jenis penelitian. Di mana makalah untuk penelitian membahas kerangka teori kemudian membahas kerangka konsep. Oleh karena itu, Teori yang diambil harus relevan dengan konsep yang akan Anda bahas nantinya.

  • Menggunakan Sumber Ilmiah

Untuk menyusun suatu karya tulis ilmiah maka tentunya tidak akan terlepas dari penggunaan berbagai sumber referensi. Namun, yang perlu diingat di sini penggunaan sumber referensi ini tidak boleh sembarangan atau sumber tidak jelas. Berhubung makalah merupakan karya tulis ilmiah maka sumbernya pun harus ilmiah seperti jurnal, buku maupun karya tulis ilmiah lainnya.

 

Struktur Makalah Sesuai Kaidah yang Baik dan Benar

Struktur-Makalah

Setelah membahas mengenai penjelasan umum mengenai makalah, selanjutnya masuk ke penjelasan inti mengenai struktur makalah. Penjelasan mengenai struktur dari makalah ini sangat penting untuk diperhatikan bagi kalian pelajar maupun mahasiswa. Struktur ini seringkali diabaikan, padahal suatu makalah dikatakan baik dan benar apabila memenuhi ciri terstruktur ini.

  • Sampul Makalah

Susunan makalah yang paling pertama tentunya ialah sampul makalah itu sendiri. Suatu karya tulis ilmiah sudah pasti dilengkapi oleh sebuah sampul, jika tidak, maka makalah tersebut merupakan contoh yang buruk. Dalam sampul makalah di sini pun ada kaidah dalam penulisannya.

Jika Anda masih belum paham dengan cara penulisan sampul yang baik maka akan dijelaskan berikut. Sampul suatu makalah diawali dengan tulisan judul dari makalah itu sendiri. Setelah judul, maka struktur sampul berikutnya ialah logo dari instansi Anda menuntut ilmu. Kemudian diikuti dengan nama penulis disertai dengan nomor induk siswa maupun mahasiswa. Dan ditutup dengan nama instansi, tahun dan nama kota instansi.

  • Kata Pengantar

Struktur berikutnya ialah kata pengantar makalah di mana hal ini sama halnya dengan ucapan terima kasih dari penulis. Kata pengantar di sini biasanya di mulai dengan ucapan syukur kepada Tuhan karena dapat menyelesaikan karya tulis ini. Selain ucapan syukur kepada Tuhan, penulis juga dapat menyebutkan beberapa pihak yang memberikan kontribusi baik moral dan moril dalam penyelesaian makalah.

  • Daftar Isi

Daftar isi ini menjadi daftar penunjuk apa saja isi atau konten dari makalah yang Anda buat. Daftar isi ini memuat pokok-pokok mulai dari sampul hingga penutup dari makalah. Tidak ada penjelasan pada daftar isi ini tetapi hanya sebagai penunjuk nomor halaman dari semua konten. Dengan begitu pembaca dapat mengetahui apa saja yang akan Anda bahas dengan melihat sekilas daftar isi makalah ini.

  • Bab I Pendahuluan

Pada makalah, Penulisan bab I ini ditulis dengan huruf kapital yang ditebalkan dan diikuti dengan angka romawi. Kemudian pada bagian bawahnya ditulis pendahuluan dengan penulisan sama dengan bab I. Pada bab ini akan dijelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian.

  • Bab II Pembahasan

Pada bab II ini penulisannya sama dengan bab I di mana hurufnya ditulis dengan huruf kapital dan ditebalkan. Bab ini menjelaskan mengenai teori-teori ilmiah berdasarkan dari rumusan masalah yang dibuat pada bab I. Jika makalah yang dibuat untuk  jenis penelitian maka setelah teori dibahas mengenai hasil penelitian Anda yang berkaitan dengan rumusan masalah.

  • Bab III Penutup

Bagian bab III ini hanya dibahas mengenai kesimpulan dan saran. Kesimpulan di sini mencakup simpulan dari semua teori maupun hasil penelitian yang Anda kemukakan di Bab II. Kesimpulan dapat ditulis dalam bentuk poin-poin ataupun paragraf yang penting menjelaskan gambaran secara menyeluruh dari teori dan hasil penelitian. Selain kesimpulan, saran ditulis untuk instansi maupun pembaca dari makalah.

  • Daftar Pustaka

Bagian Bab III Penutup bukanlah penutup dari suatu makalah tetapi struktur terakhir ialah daftar pustaka. Beberapa penulis seringkali melupakan penulisan daftar pustaka ini dalam karya tulis yang dibuatnya padahal bagian ini juga penting. Daftar pustaka ini mencakup daftar-daftar referensi yang digunakan dalam makalah yang mana penulisan daftar pustaka ini memiliki style seperti harvard, vancouver dan lain-lain.

 

Contoh Makalah Penelitian

Contoh-Makalah

Di bawah ini akan dibahas beberapa contoh dari makalah yang dapat membantu Anda membuat makalah. Dengan memperhatikan contoh di bawah ini maka Anda tidak perlu bingung lagi dengan contoh makalah yang baik dan benar.

Contoh Makalah Tentang Nark*ba

Di bawah ini akan diberikan contoh makalah sederhana tentang nark*ba. Contoh di bawah ini dapat membantu Anda membuat makalah dengan tema yang sama yaitu nark*ba.


DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARK*BA BAGI REMAJA

SUSI SUSANTI TRIWICAKSONO

N123456789

KELAS VIII A

SMP NEGERI 7 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak Penyalahgunaan Nark*ba Bagi Remaja”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Sudirman, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Susi Susanti Triwicaksono


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang……………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah………………………………………………………………
  • Tujuan ………………………………………………………………………………
  • Manfaat……………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Nark*ba……………………………………………………………
  • Jenis-Jenis Nark*ba…….
  • Dampak dan Bahaya Penyalahgunaan Nark*ba Bagi Remaja…

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini perkembangan teknologi dan globalisasi mempermudah akses masyarakat. Namun, kemajuan teknologi dan dengan adanya globalisasi ini tidak semata-mata memberikan dampak positif saja. Masyarakat pun juga dapat merasakan dampak negatif seperti kemudahan akses nark*ba. Nark*ba ini tidak hanya dapat diakses oleh orang dewasa tetapi anak remaja pun dapat mengakses benda terlarang ini.

Pergaulan bebas dan tidak sehat antar remaja dapat mempermudah akses nark*ba di lingkungan remaja. Oleh karena itu, peran orang tua hingga teman sangat penting agar nark*ba ini tidak menerobos ke dalam kehidupan remaja. Nark*ba ini jika disalahgunakan akan memberikan dampak buruk dan dapat merusak masa depan generasi muda mendatang. Tidak hanya berdampak buruk terhadap individu tetapi juga dapat berpengaruh terhadap negara.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud nark*ba?
  2. Apa sajakah jenis-jenis dari nark*ba itu?
  3. Bagaimanakah dampak dan bahaya dari penyalahgunaan nark*ba bagi remaja?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dari nark*ba
  2. Untuk mengetahui jenis-jenis dari nark*ba
  3. Untuk mengetahui dampak dan bahaya dari penyalahgunaan nark*ba bagi remaja

Manfaat

Memberikan edukasi atau informasi kepada pembaca khususnya remaja mengenai nark*ba dan dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan nark*ba bagi remaja


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Nark*ba

Seperti dikutip dari pernyataan Badan Nark*tika Nasional bahwa nark*ba ialah obat atau zat yang bersifat alami, sintesis dan semi-sintesis yang memiliki pengaruh dalam penurunan daya sadar dan mengakibatkan halusinasi serta daya rangsang. Selain itu, BNN juga menyatakan jika nark*ba ini dapat memberikan efek kecanduan apabila konsumsinya berlebihan.

Dari pengertian diatas, BNN juga menyatakan bahwa nark*ba ini hanya digunakan untuk keperluan medis seperti penghilang rasa nyeri dan penenang. Penggunaan nark*ba diluar kepentingan tersebut dianggap sebagai larangan dan dapat diberikan sanksi bagi penyalahgunanya.

Jenis-Jenis Nark*ba

Jenis-jenis dari nark*ba dibedakan atas 3 jenis. Adapun jenis-jenisnya ialah sebagai berikut ini.

  1. Nark*tika

Nark*tika ialah suatu zat atau obat yang berasal dari tumbuhan baik itu alamiah maupun sintesis. Penggunaan nark*tika ini untuk pengurangan rasa nyeri dan dapat menyebabkan penggunanya kehilangan kesadaran.

  1. Psik*tr*pika

Psik*tr*pika ialah zat atau obat yang tidak tergolong nark*tika baik sintesis maupun alamiah. Penggunaan obat ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan berdampak pada perubahan perilaku maupun aktivitas normal.

  1. Bahan aditif lainnya

Yang dimaksud bahan aditif lainnya di sini tentunya selain nark*tika dan psik*tripika. Di mana zat tersebut dapat menimbulkan ketergantungan seperti : r*kok, alk*hol, bensin, lem dan lain-lain.

Dampak Penyalahgunaan Nark*ba Bagi Remaja

Penyalahgunaan nark*ba di luar lingkup medis tentunya dapat berpengaruh negatif terutama bagi remaja. Dampak buruknya tidak hanya pada kesehatan fisik maupun mental tetapi juga pada perubahan perilaku.

Penggunaan yang salah nark*ba akan membuat penggunanya cenderung lebih kurus dan merusak sistem saraf pusat. Tidak hanya itu, remaja akan mudah marah, stres bahkan menyakiti diri sendiri apabila tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Remaja pun cenderung melakukan tindakan kriminal dan terisolasi dari lingkungan sosial.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa nark*ba ialah obat atau zat yang bersifat alami, sintesis dan semi-sintesis yang memiliki pengaruh dalam penurunan daya sadar dan mengakibatkan halusinasi serta daya rangsang. Adapun jenis-jenis nark*ba terdiri atas 3 yaitu: nark*tika, psik*tr*pika dan bahan adit*f lainnya. Dan dampak dari penyalahgunaan nark*ba ialah berdampak pada kesehatan fisik maupun mental hingga perubahan perilaku.

Saran

Adapun saran yang dapat diberikan penulis ialah agar makalah yang dibuat ini dapat menjadi salah satu bahan referensi yang berkaitan dengan dampak dari penyalahgunaan nark*ba bagi remaja.


DAFTAR PUSTAKA

Humas BNN. 2019. Pengertian Nark*ba dan Bahaya Nark*ba Bagi Kesehatan (https://bnn.go.id/pengertian-nark*ba-dan-bahaya-nark*ba-bagi-kesehatan/). Diakses pada 16 November 2019.

Partodiharjo, Subagyo. 2008. Kenali Nark*ba dan Musuhi Penyalahgunaannya. Jakarta: Penerbit Esensi


Contoh Makalah Tentang Sosial Media

Berikut ini akan diberikan contoh makalah penelitian sosial singkat. Bagi Anda yang sedang bingung menulis makalah sosial dapat melihat contoh berikut ini.

Contoh makalah yang akan dibahas di bawah ialah makalah pengaruh sosial media terhadap prestasi belajar siswa.


PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

BAMBANG TRIADMOJO

K123456789

KELAS XA

SMA NEGERI 1 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Sosial Media Terhada Prestasi Belajar Siswa”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Trisusilo, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Sosiologi yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Bambang Triadmojo


DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang…………………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………………
  • Tujuan …………………………………………………………………………………………
  • Manfaat…………………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Sosial Media……………………………………………………………
  • Pengertian Prestasi Belajar…….
  • Pengaruh Sosial Media Terhadap Prestasi Belajar Siswa…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sosial media menjadi media yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat saat ini dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa menggunakan media sosial. Namun, penggunaannya tentu dapat memberikan dampak positif maupun negatif.

Kemenkominfo Indonesia menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang dan jumlahnya ini cukup besar. Di mana sebesar 95% orang Indonesia mengakses sosial media untuk penggunaan internet.

Saat ini penggunaan sosial media yang berlebihan banyak menimbulkan kecanduan pada penggunanya. Kasus kecanduan sosial media ini banyak terjadi pada kalangan remaja dan anak-anak. Hal ini tentunya dapat berdampak pada kehidupan anak-anak dan remaja terutama dari segi prestasi di sekolah.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud sosial media?
  2. Apakah yang dimaksud prestasi belajar?
  3. Bagaimanakah pengaruh sosial media terhadap prestasi belajar pada siswa?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dari sosial media
  2. Untuk mengetahui pengertian prestasi belajar
  3. Untuk mengetahui pengaruh sosial media terhadap prestasi belajar pada siswa?

Manfaat

Pembaca dapat memahami pengaruh sosial media terhadap prestasi belajar pada siswa dan sebagai sumber referensi untuk topik yang berhubungan dengan sosial media terhadap prestasi belajar pada siswa.


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Sosial Media

Media sosial diartikan sebagai media yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna untuk menciptakan sebuah konten, berbagi konten atau file dan berpartisipasi. Fitur sosial media tidak hanya dapat berkirim pesan berupa audio atau visual saja. Sosial media memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan gabungan visual dan audio yang dinamakan video call.

Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar ialah hasil pembelajaran dari peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotrik. Prestasi belajar dari peserta didik dapat diukur dengan menggunakan instrumen yang relevan

Pengaruh Sosial Media Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa

Sosial media memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap siswa. Pernyataan ini sejalan dengan beberapa penelitian yang menyatakan jika sosial media berhubungan dengan prestasi akademik siswa.

Pengaruh sosial media dapat berdampak positif maupun negatif tergantung dari informasi apa yang diakses siswa. Informasi yang berfaedah seperti tentang pelajaran tentunya dapat berpengaruh positif terhadap prestasi. Begitupun sebaliknya jika akses yang buruk di sosial media dapat berdampak buruk terhadap prestasi siswa.

Selain dari segi informasi, waktu penggunaan sosial media juga berpengaruh terhadap prestasi siswa. Penggunaan sosial media yang berlebihan tentunya akan berpengaruh terhadap prestasi karena mengganggu waktu untuk belajar.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari makalah pengaruh sosial media terhadap prestasi siswa adalah:

  1. Sosial media adalah media online yang memungkinkan penggunanya menciptakan isi, berbagi dan berpartisipasi
  2. Prestasi belajar adalah hasil pembelajaran peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
  3. Pengaruh dari sosial media terhadap prestasi siswa dapat berdampak positif maupun negatif tergantung informasi yang diakses dan waktu penggunaannya.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca dapat membandingkan berbagai hasil penelitian yang serupa dan tidak hanya menggunakan makalah ini sebagai sumber referensi.


DAFTAR PUSTAKA

Nurhalimah, Sitti. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta: Depublish

Rosyid, Zaiful. 2019. Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara


Contoh Makalah Tentang Global Warming

Masalah lingkungan menjadi salah satu topik yang hangat untuk dibahas. Global warming menjadi tema yang sering dijadikan topik dalam karya tulis ilmiah. Mari simak contoh karya ilmiah makalah tentang global warming berikut ini.


DAMPAK GLOBAL WARMING TERHADAP LINGKUNGAN 

LALA MARIANA

G123456789

KELAS VIIA

SMP NEGERI 5 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Dahlia, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Lala Mariana


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang…………………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………………
  • Tujuan ……………………………………………………………………………………
  • Manfaat…………………………………………………………………………….

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Global Warming………………………………………………………
  • Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan………………………………………………………………………………
  • Saran………………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Global warming menjadi isu yang hangat diperbincangkan saat ini terutama jika melihat keadaaan iklim Indonesia saat ini. Cuaca di Indonesia yang tidak menentu dan berbagai kejadian alam lain memperkuat isu global warming terjadi di Indonesia.

Kejadian asap kabut yang terjadi di Riau 2 bulan silam menjadi bukti konkrit global warming. Isu global warming ini tentunya membawa dampak buruk terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia. Dampak global warming tidak hanya sebatas kabut asap tetapi masih banyak dampak buruk lainnya.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud global warming?
  2. Bagaimanakah dampak global warming terhadap lingkungan?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dari global warming
  2. Untuk mengetahui dampak dari global warming terhadap lingkungan

Manfaat

Sebagai sumber referensi dan bahan bacaan mengenai global warming khususnya dampak global warming terhadap lingkungan.


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Global Warming

Global warming sering juga dikenal dengan nama lain yaitu pemanasan global. Global warming ialah peningkatan suhu rata-rata baik itu di atmosfer, daratan maupun di laut bumi. Penyebab utama dari global warming ini adalah berasal dari perbuatan manusia atau dikenal dengan efek runah kaca.

Efek rumah kaca ini berasal dari sisa pembakaran industri yang menyebabkan timbulnya gas karbondioksida dan gas lainnya. Gas yang ditimbulkan dari pembakaran ini dapat berdampak terhadap atmosfer sehingga bumi menjadi semakin panas.

Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan

Global warming berdampak buruk terhadap lingkungan yang mana dampak utamanya tentu suhu bumi yang meningkat atau panas dari biasanya. Dampak dari pemanasan global lainnya ialah melelehnya gunung-gunung es sehingga daratan akan menjadi semakin kecil. Tidak hanya itu, air pasang laut pun akan meningkat dengan kejadian global warming ini.

Kehilangan beberapa pulau kecil menjadi salah satu dampak yang diakibatkan dari global warming selain dampak yang telah disebutkan di atas. Seperti yang telah dikatakan daratan akan semakin kecil sehingga di masa mendatang pulau-pulau akan tenggelam dan hilang.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Global warming atau pemanasan global adalah peningkatan dari suhu rata-rata baik itu atmofer, daratan maupun lautan. Adapun dampak dari global warming seperti: suhu akan semakin panas, tenggelam dan hilangnya pulau-pulau dan lain-lain.

Saran

Disarankan para pembaca membandingkan teori yang di bahas di makalah ini dengan teori dari berbagai sumber. Anda dapat menjadikan karya tulis ini sebagai sumber referensi untuk topik global warming.


DAFTAR PUSTAKA

Ruasbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner. Yogyakarta : O2


Contoh Makalah Tentang Korupsi

Topik berikutnya yang akan dijadikan sebagai topik contoh makalah ialah korupsi. Bagi Anda yang sedang ingin menulis makalah dapat melihat contoh makalah sma tentang korupsi berikut ini.


PRAKTIK KORUPSI DI INDONESIA

RAYHAN SYAH

F123456789

KELAS XIA

SMA NEGERI 1 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Praktik Korupsi di Indonesia”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Santoso, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Rayhan Syah


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang…………………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………………
  • Tujuan……………………………………………………………………………………
  • Manfaat…………………………………………………………………………….

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Korupsi………………………………………………………………
  • Landasan Hukum Korupsi…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan……………………………………………………………………………
  • Saran……………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Korupsi merupakan salah satu pelanggaran hukum yang sering terjadi tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain. Praktik korupsi ini sudah pasti sangat merugikan negara dan masyarakat. Korupsi sangat sering terjadi di kalangan para pejabat negara.

Di Indonesia, praktik korupsi ini bukanlah hal yang lumrah lagi. Agar orang yang melakukan korupsi dapat jera, maka pemerintah menerapkan peraturan atau sanksi bagi pelanggarnya.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dengan korupsi?
  2. Apa sajakah landasan hukum mengenai korupsi di Indonesia?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian korupsi
  2. Untuk mengetahui landasan hukum mengenai korupsi di Indonesia

Manfaat

Manfaat dari makalah ini ialah sebagai sumber referensi mengenai praktik korupsi di Indonesia khususnya landasan hukum mengenai korupsi


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Korupsi

Korupsi adalah perbuatan curang yang dinyatakan menyimpang dari ketetapan atau aturan yang berlaku baik untuk keuntungan pribadi, kelompok bahkan golongan.

Korupsi merupakan perbuatan tercela yang menyimpang dari norma, nilai untuk tujuan memperkaya diri sendiri. Korupsi di sini bukan hanya dalam bentuk materi saja tetapi non materi pun dapat termasuk ke dalam bentuk korupsi.

Landasan Hukum Tentang Korupsi di Indonesia

Berbicara mengenai landasan hukum tentabg korupsi, maka UU No. 20 Tahun 2001 menjadi landasannya. Praktik korupsi sudah di atur di dalam undang-undang ini.

Pada pasal 2 ayat 1 di undang-undang ini menjelaskan siapa yang dikatakan sebagai pelaku tindak korupsi. Selain itu, pada pasal 3 di UU No. 20 tahun 2001 dijelaskan mengenai perilaku korupsi berdasarkan penyalahgunaan wewenang.

Pada UU No. 30 Tahun 2002 juga dijelaskan mengenai badan yang mengurusi tindak pidana korupsi. Badan yang dimaksud pada undang-undang ini tentunya ialah KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah tentang praktik korupsi di Indonesia ini adalah:

  1. Korupsi adalah perbuatan curang yang dianggap menyimpang dari aturan yang berlaku baik untuk kepentingan pribadi, kelompok dan golongan
  2. Landasan hukum mengenai korupsi di Indonesia diatur dalam UU No. 20 Tahun 2001 dan UU No. 30 Tahun 2002

Saran

Disarankan bagi para pembaca membandingkan makalah ini dengan berbagai referensi lain.


DAFTAR PUSTAKA 

Syahroni, dkk. 2018. Korupsi Bukan Budaya Tetapi Penyakit. Yogyakarta : Depublish


Contoh Makalah Tentang Kenakalan Remaja

Berikut ini akan diberikan contoh makalah penelitian kenakalan remaja. Jika Anda sedang ingin membuat makalah berdasarkan topik ini dapat menyimak contohnya di bawah ini.


KENAKALAN REMAJA

KURNIAWAN MAHENDRA

J123456789

KELAS XIIA

SMA NEGERI 1 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Kenakalan Remaja”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Sarjono, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Sosiologi yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 16 November 2019

Kurniawan Mahendra


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah…………………………………………………………
  • Tujuan…………………………………………………………………………
  • Manfaat………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Kenakalan Remaja…………………………………………
  • Faktor Penyebab Kenakalan Remaja…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan……………………………………………………………………
  • Saran……………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Remaja merupakan salah satu fase perkembangan dalam daur kehidupan manusia dan merupakan fase yang krusial. Masa remaja membuat seseorang mengalami perubahan fisik maupun lingkungan sekitarnya. Remaja selalu dikaitkan dengan masa transisi karena seseorang yang berada di fase ini masih tergolong labil dan beradaptasi dari masa anak-anak.

Perilaku remaja yang cenderung labil dan cenderung membentuk kelompok-kelompok. Maka tidak mengherankan timbulnya fenomena kenakalan ini pada remaja. Lingkungan pertemanan menjadi alasan timbulnya peristiwa ini di masyarakat.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dengan kenakalan remaja?
  2. Apakah yang menjadi faktor penyebab kenakalan remaja?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dari kenakalan remaja
  2. Untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan remaja

Manfaat

Makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi pelajar maupun umum mengenai kenakalan remaja


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja ialah suatu bentuk perbuatan yang menyimpang dari norma-norma atau nilai di masyarakat maupun melanggar hukum. Kenakalan yang terjadi pada remaja ini seperti: bolos sekolah, balapan liar, mer*kok dan lain-lain.

Bentuk kenakalan pada remaja tidak hanya sebatas yang menyimpang dari masyarakat tetapi juga dari hukum. Contohnya: nark*ba, tindak pecurian atau begal, tawuran dan lain-lain.

Faktor Penyebab Kenakalan Pada Remaja

Penyebab dari kenakalan remaja dapat dilihat dari 3 aspek. Ketiga aspek tersebut ialah sosiologis, psikologis dan biologis.

Faktor sosiologis di sini ialah faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi terjadinya kenakalan remaja. Seorang remaja bisa melakukan kenakalan dikarenakan lingkungan pertemanan yang buruk maupun keluarga yang tidak harmonis.

Adapun untuk faktor psikologis ialah faktor yang mempengaruhi psikis sehingga mendorong melakukan tindakan kenakalan remaja. Kurangnya kasih sayang dari orang tua dapat berpengaruh pada psikis sang anak. Hal ini tentunya mendorong sang anak untuk melakukan kenakalan.

Faktor terakhir ialah faktor biologis atau faktor yang sudah ada sejak lahir. Seseorang yang memiliki orang tua tempramental bisa saja membuat sang anak melakukan kenakalan saat remaja.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini ialah kenakalan remaja adalah suatu perilaku yang menyimpang dari norma-norma di masyarakat ataupun melanggar hukum. Ada 3 faktor penyebab yang dapat mempengaruhi remaja melakukan kenakalan remaja ialah sosiologis, psikologis dan biologis.

Saran

Diharapkan pembaca dapat memberikan kritikan untuk makalah ini berdasarkan berbagai referensi yang telah di baca sebelumnya.


DAFTAR PUSTAKA

Gunarsa, Singgih. 2004. Dari Anak hingga Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia


Contoh Makalah Tentang Renang

Mata pelajaran pendidikan jasmani tidak hanya bergelut dengan tugas secara fisik tetapi juga tertulis. Makalah menjadi tugas karya tulis yang paling sering diberikan pada mata pelajaran ini. Berikut contoh makalah doc mengenai renang.


OLAHRAGA RENANG

PUTRI SALSABILA

A123456789

KELAS VB

SD NEGERI 12 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Olahraga Renang”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Ridwan Karim, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Putri Salasabila


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang…………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………
  • Tujuan……………………………………………………………………………
  • Manfaat…………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Jenis Olahraga Renang……………………………………………………
  • Manfaat Olahraga Renang…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Olahraga renang adalah salah satu olahraga perlombaan kecepatan dalam berenang untuk para atlet renang. Seperti yang diketahui olahraga ini dilakukan di dalam kolam renang karena termasuk jenis olahraga akuatik. Dalam perlombaan olahraga renang, pemenang ditentukan berdasarkan atlet yang tercepat mencapai lintasan.

Olahraga renang ini sama halnya dengan jenis olahraga lainnya memiliki badan yang menaunginya. Badan internasional yang menaungi olahraga renang bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Sedangkan badan nasional renang di Indonesia bernama Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Rumusan Masalah

  1. Apa sajakah jenis-jenis olahraga renang?
  2. Apakah manfaat dari olahraga renang?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui jenis-jenis olahraga renang
  2. Untuk mengetahui manfaat dari olahraga renang

Manfaat

Pembaca dapat mengetahui jenis-jenis dari olahraga renang dan manfaat olahraga renang


BAB II

PEMBAHASAN

Jenis-Jenis Olahraga Renang

Dalam olahraga renang dikenal 4 jenis atau gaya. Adapun jenis gaya dalam olahraga renang sebagai berikut ini:

  1. Renang dengan Gaya Bebas
  2. Renang dengan Gaya Dada
  3. Renang dengan Gaya Punggung
  4. Renang dengan Gaya Kupu-Kupu

Manfaat Olahraga Renang

Berbicara mengenai olahraga renang, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan di antaranya:

  1. Dapat menambah tinggi badan
  2. Dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan
  3. Dapat melatih pernapasan
  4. Dapat membentuk otot tubuh
  5. Dapat meredakan rasa stress

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa ada 4 jenis gaya dari olahraga renang yaitu: gaya bebas, dada, punggung dan kupu-kupu. Renang juga memiliki beberapa manfaat seperti dapat menambah tinggi badan, menurunkan berat badan, meredakan stress, membentuk otot dan melatih pernapasan.

Saran

Disarankan para pembaca untuk memperoleh dan membandingkan dengan berbagai referensi mengenai olahraga renang.


DAFTAR PUSTAKA

Husein, Aisya. 2012. Mengenal Olahraga Renang. Jakarta: Balai Pustaka


Contoh Makalah Tentang Olahraga Sepak Bola

Di bawah ini akan diberikan contoh makalah yang baik dan benar mengenai olahraga sepak bola.


OLAHRAGA SEPAK BOLA

SHIREEN RASYID

B123456789

KELAS VA

SD NEGERI 5 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Olahraga Sepak Bola”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Alimuddin, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

 

 

Shireen Rasyid


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR………………………………………………………………

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah…………………………………………………………
  • Tujuan…………………………………………………………………………
  • Manfaat………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Olahraga Sepak Bola……………………………………
  • Manfaat Olahraga Sepak Bola…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Olahraga sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan dan dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim sepak bola terdiri atas 11 orang atau sering dikatakan kesebelasan. Setiap tim masing-masing memiliki keeper yang menjaga gawang.

Permainan sepak bola dinaungi oleh badan internasional bernama FIFA (International Federation of Football Association). Sedangkan permainan sepak bola di Indonesia dinaungi oleh badan yang bernama PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia).

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dengan olahraga sepak bola?
  2. Apakah manfaat olahraga sepak bola?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian olahraga sepak bola
  2. Untuk mengetahui manfaat olahraga sepak bola

Manfaat

Dengan makalah ini, penulis dapat mengetahui pengertian maupun manfaat dari olahraga sepak bola.


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Olahraga Sepak Bola

Olahraga sepak bola ialah permainan yang dilakukan oleh dua tim masing-masing berjumlah 11 orang pemain inti. Permainan sepak bola menggunakan bola berbahan kulit dan masing-masing tim berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Manfaat Olahraga Sepak Bola

Dalam olahraga bola sepak ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan berolahraga sepak bola dapat di simak berikut ini:

  1. Dapat melatih otot kaki dan pergelangan tangan
  2. Dapat membakar kalori dan lemak sehingga menurunkan berat badan
  3. Dapat meningkatkan stamina tubuh

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa olahraga sepak bola ialah olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 orang. Adapun olahraga sepak bola memiliki beberapa manfaat seperti: melatih kaki dan pergelangan tangan, menurunkan berat badan dan menjaga stamina tubuh.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca dapat membandingkan beberapa referensi yang relevan dengan topik makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

Faruq, Muhyi. 2008. Meningkatkan Kebugaran Tubuh Melalui Olahraga Sepak Bola. Jakarta: Grasindo


Contoh Makalah Tentang Globalisasi

Di bawah ini akan dijelaskan tentang contoh makalah tentang globalisasi. Bagi Anda yang sedang ingin membuat makalah dengan tema globalisasi dapat mengintip contoh berikut ini.


GLOBALISASI

MILA KARTIKA

B123456789

KELAS VIB

SD NEGERI 12 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Globalisasi”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Sukirman, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

 

Mila Kartika


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR………………………………………………………………

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah…………………………………………………………
  • Tujuan…………………………………………………………………………
  • Manfaat………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Globalisasi……………………………………………………
  • Dampak dari Globalisasi…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini budaya luar sudah memasuki Indonesia maka tidak mengherankan jika budaya luar menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Keberadaan budaya dari luar ini ini tentunya dapat memberikan dampak positif tetapi dapat memberikan dampak negatif pula. Oleh karena itu, arus globalisasi ini jangan sampai mendominasi suatu Negara karena tentunya akan berdampak buruk terhadap Negara tersebut.

Maraknya tren dari luar yang memasuki Indonesia membuat masyarakat lebih memilih mengikuti tren dari luar disbanding tren dalam negeri. Tren dari luar seperti restoran makanan fast food, pakaian, elektronik dan lain-lain ini sudah mendominasi dalam negeri tanpa kita sadari.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dengan globalisasi?
  2. Apakah dampak atau bahaya yang diakibatkan dari globalisasi?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian globalisasi
  2. Untuk mengetahui dampak atau bahaya yang diakibatkan dari globalisasi

Manfaat

Pembaca dapat mengetahui pengertian globalisasi dan dampak atau bahaya yang diakibatkan dari globalisasi


BAB II

PEMBAHASAN  

Pengertian Globalisasi

Pengertian dari globalisasi secara sederhana dapat diartikan sebagai pertukaran secara internasional. Pertukaran yang terjadi di sini baik itu pemikiran, barang atau produk, budaya dan lain-lain.

Pertukaran yang terjadi secara global ini bisa saja tidak diterima oleh suatu negara. Oleh karena itu, sebagai masyarakat kita harus pintar-pintar memilih mana budaya yang harus diterima atau tidak.

Dampak atau Bahaya yang Diakibatkan dari Globalisasi

Globalisasi tidak selalu memberikan dampak yang buruk namun dapat pula berdampak positif. Adapun dampak positif dari globalisasi seperti: kehidupan masyarakat semakin cepat, mempererat hubungan bilateral antar negara, membuat suatu negara semakin maju.

Selain dampak positif yang telah disebutkan, globalisasi juga berdampak negatif. Adapun dampak negatifnya yaitu: masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan norma dan adat, budaya luar mendominasi suatu negara, produk dalam negeri kalah saing dengan produk luar.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa globalisasi ialah pertukaran yang terjadi secara global baik pemikiran hingga budaya. Selain itu, globalisasi dapat berdampak buruk maupun positif terhadap suatu negara.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca tidak hanya menjadikan makalah sini sebagai sumber referensi satu-satunya. Ada baiknya pembaca membandingkan makalah ini dengan bernagai sumber referensi


DAFTAR PUSTAKA

Karim, Abdul. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Grasindo


Contoh Makalah Hak Asasi Manusia

Berikut akna dijelaskan mengenai contoh makalh dengan topik Hak Asasi Manusia. Silahkan simak contohnya di bawah ini.


HAK ASASI MANUSIA 

TATA MARIANA

B123456789

KELAS VIIIB

SMP NEGERI 1 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Hak Asasi Manusia”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Mahmud, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

Tata Mariana

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang……………………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah………………………………………………………………………
  • Tujuan………………………………………………………………………………………
  • Manfaat…………………………………………………………………………….

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Hak Asasi Manusia…………………………………………………
  • Landasan Hukum Hak Asasi Manusia…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan……………………………………………………………………………
  • Saran……………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap manusia sejak lahir telah memiliki hak maupun kewajiban yang harus dipenuhi. Manusia memiliki hak dan kewajiban yang sama dan hal tersebut harus kita hargai satu sama lain sebagai makhluk hidup di dunia ini. Dengan saling menghargai dan menjalankan hak dan kewajiban maka kehidupan manusia akan berjalan rukun dan damai.

Di satu sisi lain manusia juga bukanlah makhluk yang sempurna dan tidak luput dari kesalahan. Maka tidak mengherankan jika seringkali hak dan kewajiban diabaikan dan tidak dihargai. Oleh karena itu, adanya Hak Asasi Manusia memberikan rasa keadilan bagi individu yang merasa haknya tidak dihargai atau diabaikan.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dengan Hak Asasi Manusia?
  2. Apa sajakah landasan atau dasar hukum Hak Asasi Manusia di Indonesia?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian Hak Asasi Manusia
  2. Untuk mengetahui landasan atau dasar hukum Hak Asasi Manusia

Manfaat

Pembaca dapat memahami mengenai pengertian Hak Asasi Manusia dan landasan hukum Hak Asasi Manusia di Indonesia.


BAB II 

PEMBAHASAN

Pengertian Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia dapat diartikan sebagai hak seorang manusia yang melekat di dalam diri manusia itu sendiri. Hak ini tidak dapat diganggu  gugat oleh manusia lain baik itu individu, kelompok maupun golongan.

Hak Asasi Manusia sudah ada sejak lagir dan merupakan pemberian dari Tuhan. Setiap manusia sebagai warga negara berhak untuk mendapatkan perlindungan maupun dihormati negara atas hak yang dimilikinya.

Landasan Hukum Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia di Indonesia sudah banyak di lindungi oleh negara. Hal ini terbukti dengan banyaknya dasar hukum yang berisi tentang Hak Asasi Manusia. Namun, pengaplikasiannya masih terbilang cukup rendah karena saat ini masih banyak kasus HAM yang terjadi di Indonesia.

Adapun landasan hukumnya ialah Pancasila, UUD 1945, Batang tubuh UUD 1945, UU No.39 Tahun 1999 Tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini ialah Hak Asasi Manusia merupakan hak yang melekat dalam diri seseorang dan tidak dapat diganggu gugat oleh orang lain. Adaun landasan hukum HAM adalah pancasila, UUD 1945, batang tubuh UUD 1945, UU No. 39 Tahun 1999 dan UU No. 26 Tahun 2000.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca membandingkan dengan referensi lainnya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


DAFTAR PUSTAKA

Jasin, Johan. 2019. Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Depublish


Contoh Makalah Tentang Bahaya Mer*k*k

Berikut ini akan diberikan contoh karya ilmiah tentang kesehatan mengenai bahaya mer*k*k.


BAHAYA MEROK*K

BUDI HERMAWAN

A123456789

KELAS XB

SMA NEGERI 1 SUKAMAJU

TAHUN AJARAN 2019/2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahaya Mer*k*k”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Dodi, S.Pd. selaku guru Mata Pelajaran Pendidikan Olahraga, Jasma yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

 

Budi Hermawan


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang…………………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………………
  • Tujuan…………………………………………………………………………………….
  • Manfaat…………………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Perbedaan Per*k*k Pasif dan Per*kok Aktif…………………………………
  • Bahaya Mer*kok Untuk Kesehatan…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan ………………………………………………………………………………
  • Saran ………………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Salah satu permasalahan kesehatan yang cukup meresahkan di Indonesia ialah meningkatnya jumlah per*kok. Seperti yang kita ketahui bahwa mer*kok memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Tidak hanya memberikan dampak negatif bagi kesehatan tetapi dari aspek ekonomi pun berpengaruh.

Menurut data riskesdas 2013 menunjukkan bahwa prevalensi masyarakat Indonesia terpapar asap r*kok sebesar 93 juta. Selain itu, peningkatan prevalensi mer*kok untuk usia 18 tahun di tahun 2018 yaitu dari 7,2% meningkat menjadi 9,1%. Hal ini tentunya menjadi isu kesehatan yang perlu diperhatikan.

Rumusan Masalah

  1. Apakah perbedaan antara per*kok pasif dan per*kok aktif?
  2. Apa sajakh dampak atau bahaya dari mer*kok?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui perbedaan antara per*kok paaif dan per*kok aktif
  2. Untuk mengetahui dampak atau bahaya dari mer*kok?

Manfaat

Pembaca dapat membedakan antara per*kok pasif dan per*kok aktif serta mengetahui dampak atau bahaya dari mer*kok.


BAB II

PEMBAHASAN

Perbedaan Per*kok Pasif dan Per*kok Aktif

Per*kok pasif sering juga dikenal dengan istilah involuntary smoking. Per*kok jenis ini bukanlah seseorang yang menghisap asap r*kok langsung dari batang r*koknya. Namun, bisa dikatakan sebagai orang yang terpapar dengan asap r*kok karena orang yang mer*kok di sekelilingnya.

Adapun per*kok aktif ialah orang yang secara langsung dan sengaja menghisap asap r*kok dengan menggunakan media batang r*kok. Jadi, timbulnya per*kok pasif ini dikarenakan adanya per*kok aktif ini.

Bahaya Mer*kok Bagi Kesehatan

Mer*kok memiliki sumbangsi besar terhadap bahaya kesehatan. Hal ini dikarenakan zat-zat yang terkandung dalam r*kok tidak baik atau dapat menjadi toksik untuk tubuh. Adapaun bahaya mer*kok seperti: kanker paru-paru, serangan jantung, hipertensi, dapat membahayakan janin bagi ibu hamil dan berbagai masalah kesehatan lainnya.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan per*kok pasif dan aktif bisa dilihat dari aspek aktivitasnya. Dimana per*kok pasif terpapar karena asap di sekitarnya tetapi per*kok aktif terpapar karena mer*kok secara langsung dari batang r*kok. Bahaya dari mer*kok seperti serangan jantung, kanker paru-paru dan lain-lain.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca membandingkan referensi lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas.


DAFTAR PUSTAKA

Aiman, Husaini. 2006. Tobat Mer*kok. Depok: Pustaka Aiiman


Contoh Makalah Tentang Pencemaran Udara

Berikut ini akan diberikan contoh makalah mahasiswa lengkap tentang pencemaran udara.


PENCEMARAN UDARA

BUDI SANTOSO

N123456789

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS GADJAH MADA

2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pencemaran Udara”. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Jauhari, S.KM, M.Kes. selaku dosen Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan yang telah mencurahkan waktu dan arahannya dalam pembuatan makalah ini.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan secara moral dan moril dalam pembuatan makalah ini. Kemudian teman-teman dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, saya haturkan terima kasih.

Sukamaju, 3 Desember 2019

 

Budi Santoso


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang……………………………………………………………………
  • Rumusan Masalah………………………………………………………………
  • Tujuan ………………………………………………………………………………
  • Manfaat………………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN

  • Pengertian Pencemaran Udara……………………………………………
  • Faktor Penyebab Pencemaran Udara…….

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan…………………………………………………………………………
  • Saran…………………………………………………………………………………

        DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Udara merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan dan merupakan sumber keberlangsungan hidup manusia. Namun, apabila terjadi ketidakseimbangan seperti udara menjadi tercemar maka tentunya akan terjadi masalah kesehatan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga lingkungan agar tetap seimbang.

Saat ini Indonesia di hadapi dengan permasalahan lingkungan yang dinamakan pencemaran udara. Hal ini dikarenakan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan udara menjadi tercemar.

Rumusan Masalah

  1. Apakah yang dimaksud dari pencemaran udara?
  2. Mengapa pencemaran udara dapat terjadi?

Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian pencemaran udara
  2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya pencemaran udara

Manfaat

Pembaca dapat mengetahui pengertian maupun penyebab terjadinya pencemaran udara.


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara ialah munculnya substansi fisik, kimiawi maupun biologis di udara yang berpotensi membahayakan kesehatan makhluk hidup baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Kehadirannya ini dapat disrbabkan karena proses alamiah maupun kimiawi.

Penyebab Terjadinya Pencemaran Udara

Seperti yang dijelaskan bahwa ada 2 penyebab pencemaran udara secara umum. Adapun penyebabnya secara alamiah seperti: kebakaran hutan yang terjadi secara alamiah, asap gunung meletus, debu yang beterbangan karena angin kencang. Kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran udara seperti: asap pabrik, gas kendaraan bermotor dan mobil, pembangkit listrik.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa pencemaran udara ialah substansi fisik, kimiawi dan biologis yang bercampur dengan udara dan membahayakan kesehatan. Adapun penyebab pencemaran lingkungan ialah alamiah dan kegiatan manusia.

Saran

Penulis menyarankan agar pembaca dapat membandingkan berbagai sumber yang relevan dengan topik yang dibahas di makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

Machdar, Izarul. 2018. Pengantar Pengendalian Pencemaran. Yogyakarta: Depublish.


Kesimpulan

Dari artikel ini telah dijelaskan mulai dari pengertian makalah, ciri-ciri, fungsi, strujtur maupun contoh makalah. Membuat makalah bukanlah sesuatu yang sulit apabila Anda telah mengerti tujuan dan struktur makalah yang baik dan benar.

Membuat karya tulis ilmiah makalah penelitian tidak memiliki perbedaan struktur walaupun topik yang dibahas berbeda. Penulisan makalah pun tidak berbeda walaupun untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA maupun mahasiswa. Jadi, membuat karya tulis ilmiah bukanlah menjadi hal yang sulit ataupun harus ditakuti lagi.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai makalah semoga informasi ini dapat membantu Anda membuat makalah yang baik dan benar. Contoh-contoh makalah yang dipaparkan sebelumnya hanya sebagai gambaran contoh struktur makalah yang benar.


 

Lihat Juga Artikel Menarik Lainnya Dari GuruPendidikan Dibawah Ini :

  1. Contoh Soal Psikotes
  2. Contoh CV Lamaran Kerja
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari