Pemodelan Proses Bisnis – Pengertian, Manfaat, Tujuan, Diagram, jenis, Profil, Analisa

Diposting pada

Pemodelan Proses Bisnis – Pengertian, Manfaat, Tujuan, Diagram, jenis, Profil, Analisa : Pemodelan Proses Bisnis adalah lintas fungsional, biasanya penggabungan pekerjaan dan dokumentasi lebih dari satu departemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan.


pemodelan proses bisnis

Pengertian Pemodelan Proses Bisnis

Business Process Modelling (BPM) atau Pemodelan Proses Bisnis(PPB) merupakan diagram yang umum mewakili urutan kegiatan. PPB secara implisit berfokus pada sebuah proses, tindakan dan kegiatan(job). Sumber Daya(Resource) yang digambarkan dalam PPB menunjukkan bagaimana mereka akan diproses.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya Terlengkap


Pemodelan Proses Bisnis adalah lintas fungsional, biasanya penggabungan pekerjaan dan dokumentasi lebih dari satu departemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam situasi lebih rumit, Pemodelan Proses juga dimasukan pada aktivitas proses eksternal pada organisasi dan sistem yang dimasukkan ke dalam sebuah proses primer / utama.


Dalam organisasi besar Pemodelan Proses Bisnis cenderung dianalisis dan direpresentasikan secara lebih rinci dari pada di organisasi kecil, karena skala dan kompleksitasnya lebih besar.


merupakan istilah modern dan metodologi yang telah berkembang melalui berbagai tahapan, dimulai dari era ‘pembagian kerja’ pada tahun 1700-an, ketika manufaktur pertama pindah dari industri rumahan ke Pabrik. Proses Bisnis merupakan suatu kumpulan aktivitas(job) terstruktur yang saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu, atau yang menghasilkan output(keluaran) produk atau jasa untuk meraih suatu tujuan tertentu.


Pengertian Pemodelan Proses Bisnis Menurut Para Ahli

Di Bawah ini adalah beberapa Proses Bisnis dari para Ahli yaitu;

  • Hammer dan Champy (tahun 1994, p35)

Proses bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang memerlukan satu atau lebih masukan / input dan membentuk suatu keluaran / output yang memiliki nilai yang diinginkan pelanggan.


  • Indrajit (tahun 2002, p3)

Proses bisnis adalah sejumlah aktivitas yang mengubah sejumlah input menjadi output untuk orang lain.


  • Paul Harmon (tahun 2003)

Proses Bisnis adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh suatu bisnis dimana mencakup inisiasi input, transformasi dari suatu informasi, dan menghasilkan output.


Manfaat Dan Tujuan Proses Bisnis

Ini merupakan manfaat dan tujuan dari proses bisnis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


  • Manfaat Proses Bisnis

adalah untuk memudahkan pemahaman alur proses secara terintegrasi

  • Tujuan Proses Bisnis

adalah untuk mendefiniskan langkah langkah yang harus diambil untuk mencapai suatu tujuan.


Diagram Model Proses Bisnis

Diagram Model Proses Bisnis adalah alat untuk mencapai sebuauh tujuan, dan bukan hasil kinerja dari suatu proses. Hasil akhir diagram proses bisnis ini adalah melakukan perbaikan pada cara proses bisnis itu bekerja.


Fokus perbaikan Diagram Proses Bisnis adalah pada ‘nilai plus(+)’ yang membuat layanan pelanggan dan pengalaman yang lebih baik ke customer, serta mengurangi waktu atau usaha yang terbuang.


jenis Model Proses Bisnis

Terdapat 2 jenis utama dari Model Proses Bisnis Yaitu:

  1. Model awal (situasi saat ini)
  2. Situasi baru yang memiliki tujuan dan harapan kedepan yang difungsikan untuk menganalisis, menguji, menerapkan dan meningkatkan proses.

Tujuan dari pemodelan ini adalah untuk menggambarkan proses yang lengkap, memungkinkan manajer, konsultan beserta staf untuk meningkatkan aliran dan merampingkan sebuah proses.


Hasil proyek pemodelan proses bisnis

Hasil dari proyek pemodelan proses bisnis pada dasarnya iyalah:

  1. nilai tambah pelanggan
  2. mengurangi biaya perusahaan,
  3. menyebabkan peningkatan pada keuntungan.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Strategi Pemasaran Serta Hal Penting Dari Sudut Pandang Penjual Dan Konsumen


Jenis Proses Bisnis

Terdapat 3 jenis proses bisnis:

  1. Proses manajemen, iyalah proses yang mengendalikan operasional dari sistem.
  2. Proses operasional, iyalah proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran tujuan utama.
  3. Proses pendukung, iyalah mendukung proses inti, namun harus ada sebuah proses pendukung.

Proses Pemodelan Proses Bisnis

Proses bisnis melingkupi hal-hal sebagai berikut, yaitu:

  1. Proses bisnis mempunyai Tujuan atau sasaran.
  2. Proses bisnis Membutuhkan input.
  3. Proses bisnis Menghasilkan output.
  4. Proses bisnis Membutuhkan sumber daya untuk memproses masukan.
  5. Proses bisnis harus melakukan Aktifitasnya secara berurutan.
  6. Proses bisnis harus dapat melibatkan lebih dari satu bagian.
  7. Proses bisnis dapat Memberi keuntungan dan kemudahan untuk semua pelanggan

Profil Proses Bisnis

Berikut ini Profil proses bisnis:

  • Nama Proses Bisnis

Penjualan buku.

  • Goal Proses Bisnis

Customer mendapatkan buku yang diinginkan.


  • Trigger

Permintaan customer tentang buku pada pihak Toko Buku.

  • Input

permintaan buku.

  • Output

penerimaan buku.


  • Pelaku Proses Bisnis

    1. Customer
    2. Pramuniaga
    3. Bag. Gudang,
    4. Kasir

  • Deskripsi aktifitas

Pihak toko buku menyediakan sample untuk dilihat oleh customer. Selanjutnya customer melakukan permintaan buku berdasarkan sample yang disediakan oleh toko buku. kemudian pramuniaga membuatkan permintaan buku berupa nota rangkap dan diberikan ke bagian gudang dan customer. Bagian gudang melakukan pengecekan stok buku yang ada di gudang berdasarkan kode buku dari nota yang diberikan oleh pramuniaga.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas Beserta Faktornya


Selanjutnya apabila stok ada , buku dikemas dan diantar bagian gudang ke pramuniaga untuk dibuatkan nota pembayaran. Kemudian nota diberikan ke customer untuk dibayar ke kasir. Selanjutnya customer membayar berdasarkan harga dari nota yang diberikan oleh pramuniaga. Kemudian customer mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran dan buku yang telah di bayar.


Proses Bisnis Imrovement

Berikut ini proses bisnis imrovement.

  • Ukuran Kinerja

Dari hasil proses bisnis yang terjadi, pada aktifitas melakukan permintaan buku sampai melakukan transaksi prosedur yang ada terlihat kurang efisien. ketika banyak customer yang melakukan permintaan buku. Karena apabila terjadi banyak permintaan buku akan banyak mengeluarkan nota sehingga menambah pengeluaran toko buku.


Prosedur diatas juga memerlukan banyak pramuniaga. Apabila menumpuknya customer yang akan membeli buku di toko buku Cakrawala maka menyebabkan customer merasa tidak nyaman dalam berbelanja.


  • Usulan Perbaikan Proses Bisnis

Penyediaan buku yang akan dijual pada rak buku yang tersedia, sehingga customer dapat mengambil langsung buku pada rak buku yang tersedia dan dapat langsung membayar dikasir. Dengan prosedur seperti ini maka tidak memerlukan nota. Untuk mengupdate stok di rak buku dilakukan oleh pramuniaga.


Pengertian Analisa Proses Bisnis

Analisa proses bisnis adalah kajian dan evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan proses bisnis Perusahaan untuk mengidentifikasikan dampak dari kegiatan tersebut dalam menciptakan nilai atau menambah nilai terhadap bisnis Perusahaan.


Analisa proses bisnis merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan perusahaan pada saat perusahaan akan melakukan rekayasa proses bisnis. Untuk lebih menjelaskan hubungan antara analisa proses bisnis dengan rekayasa ulang proses bisnis, terlebih dahulu kita lihat tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam rangka melakukan rekayasa ulang proses bisnis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya Terlengkap


Rekayasa Ulang Proses Bisnis

dalam melakukan rekayasa ulang proses bisnis ada 3 tahap besar yaitu:

  • Identifikasi Value Chain

Pada tahap ini dilakukan identifikasi kegiatan-kegiatan pada setiap fungsi perusahaan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Kegiatan-kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang secara bersama akan membentuk suatu kombinasi proses yang dapat memberikan nilai tambah bagi proses bisnis perusahaan.


Besar kecilnya nilai tambah yang diberikan oleh suatu kegiatan pada proses bisnis Perusahaan sangatlah bersifat tergantung faktor internal perusahaan antara lain strategi bisnis, sumberdaya dan fasilitas produksi yang dimiliki dan visi dari pemimpinnya, serta faktor eksternal antara lain kondisi kompetisi, kondisi industri, peraturan pemerintah, dan faktor sosio ekonominya.


  • Tahap Analisa Setiap Kegiatan Dalam Proses Bisnis

Analisa terhadap setiap kegiatan dalam proses bisnis perusahaan dari segi waktu, bottlenecks, biaya untuk mengidentifikasikan dampak setiap kegiatan dalam menciptakan atau menambah nilai bisnis Perusahaan. Dalam tahap analisa proses bisnis ini juga dilakukan identifikasi peluang-peluang untuk melakukan perbaikan dan perancangan ulang proses bisnis agar proses bisnis lebih efisien.


  • Tahap Perancangan Proses Bisnis Yang Baru

Perancangan Proses bisnis yang baru dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam menambah nilai proses bisnis perusahaan. Hasil rancangan baru proses bisnis kemudian diimplementasikan dan dilakukan review.


Dari tahapan-tahapan rekayasa ulang proses bisnis yang diberikan oleh Whitten, dapat terlihat dengan jelas bahwa kegiatan analisa proses bisnis merupakan bagian dari kegiatan rekayasa ulang proses bisnis. Dalam melakukan analisa proses bisnis, kegiatan dilakukan hingga tahap kedua sedangkan dalam melakukan rekayasa ulang proses bisnis, kegiatan diteruskan hingga tahap ketiga.


Pengertian analisa proses bisnis tidaklah dapat dilepaskan dari pengertian rekayasa uang proses bisnis karena analisa proses bisnis merupakan bagian dari rekayasa ulang proses bisnis. Untuk mempunyai gambaran dan pengertian yang lebih baik dan lebih menyeluruh mengenai analisa proses bisnis maka dalam pembahasan berikut ini akan dibahas beberapa pengertian rekayasa ulang proses bisnis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli