Contoh Kata Pengantar

Diposting pada

32 Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan & Proposal – Kata pengantar sering ditemukan dalam halaman depan pada sebuah karya tulis, baik karya ilmiah ataupun non ilmiah. Terdapatnya suatu kata pengantar merupakan suatu hal yang penting, sehingga kedudukan kata pengantar sama pentingnya dengan daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, dan faktor pendukung lainnya.

Contoh Kata Pengantar

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah tulisan ungkapan sepatah dua patah kata oleh penulis mengenai karangan atau karya ilmiah (makalah) yang dia buat. Kata pengantar makalah yang baik harus mencakup isi dari keseluruhan makalah.


Pada umumnya kata pengantar berisi tuturan rasa terimakasih kepada tuhan yang maha kuasa, terhadap orang tua dan orang-orang terdekat yang telah mendukung dalam membantu menyelesaikan makalah yang dibuat. Kata pengantar biasanya diletakan di bagian depan.


Hal ini dikarenakan karya ilmiah dianggap lebih baik dan lengkap jika disertai dengan rangkaian ucapan yang disusun dalam bentuk kata pengantar didalamnya.


Kata pengantar adalah salah satu halaman yang terdapat di dalam karya ilmiah dan berisi ucapan-ucapan dari penulis karena telah menyelesaikan karya tersebut. Kata ucapan dapat berupa, rasa syukur, ucapan rasa terimakasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang bersifat membangun karya ilmiah.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Iklan


Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. Dengan demikian, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang membantu penulisan makalah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis.


Kata pengantar juga berisi gambaran umum tentang bahasan tersebut. Bahkan, kata pengantar juga dilengkapi dengan uraian yang mendorong membangkitkan minat orang lain untuk membaca karya ilmiah kita. Kata pengantar ditulis pada halaman tersendiri, artinya tidak bersatu dengan bagian lain. Pada akhir kata pengantar, di sebelah kanan bawah, dicantumkan tempat dan tanggal serta nama penyusun.


Struktur Kata Pengantar

Berikut dibawah ini terdapat tiga struktur kata pengantar, antara lain:


  1. Pembukaan

Pada bagiam pembukaan adalah pada paragraf pertama samapi paragraf kedua, berisikan mengenao ucapan syukur penulis ataupun tim penyusun atas menyelesaian karya tulis yang dibuat. Di Indonesia sendiri umumnya ucapan terima kasih yang ada pada bagian pembukaan tersebut ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pastinya ditentukan dengan agama masing-masing. Seperti pada agama Islam, ucapan rasa terima kasih ataupun rasa syukur ditujukan kepada Allah SWT.


Kemudian, sesudah ucapan rasa syukur, umumnya diteruskan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu dalam proses menyelesaikan penulisan karya tulis tersebut. Sementara urutan untuk bagian-bagian yang bersangkutan pada biasanya ditentukan dengan seberapa besar dampak dari pihak tersebut dalam menyelesaikan penulisan karya tulis tersebut.


Seperti dalam pembuatan kliping tugas, maka nama pertama yang disebutkan dalam kata pengantar umumnya pada ucapan terima kasih adalah guru kelas yang sudah memberikan tugas. Barulah sesudahnya bagian-bagian yang mempunyai andil dalam menyelesaikan penulisan kliping tersebut.


  1. Isi

Pada bagian isi berisi tentang gambaran dari isi karya tulis yang Anda buat. Umumnya, dimulai dengan mengatakan judul karya tulis. Barulah kemudian diuraikan sedikit tentang ulasan dan bagaimana penulis tersebut menuliskan isi tersebut dalam karya tulis yang akan dibuat.


Sebisa mungkin, jangan terlalu spesifikasi dalam menuliskan bagian isi tersebut, karena kondisi tersebut hanya akan membuat kata pengantar Anda menjadi terlalu panjang dan membuat orang yang membaca malas. Cukup menguraikan sedikit saja tentang isi dari karya tulis Anda agar pembaca memperoleh sedikit pandangan tentang karya tulis yang Anda buat.


  1. Penutup

Pada bagian penutup berisi mengenai permohonan maaf dan kehendak penulis dari karya tulis yang sudah Anda buat.


Permohonan maaf tersebut bentuknya lebih tertuju kepada pembaca, jika di kemudian hari mendapatkan beberapa kesalahan dari karya tulis Anda. Karena pastinya karya tulis seseorang tidak akan luput dari kesalahan dan pasti memiliki kekurangan.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Wacana Adalah


Kemudian untuk kehendak penulis, dapat Anda tulis mengenai beberapa pemikiran lebih lanjut dari topik yang Anda angkat dalam karya tulis Anda, yang nantinya topik tersebut bisa Anda angkat lagi, tetapi dalam bentuk karya tulis baru dan dalam perspektif yang berbeda.


Unsur-Unsur Kata Pengantar

Penulisan kata pengantar harus memuat beberapa unsur diantaranya yaitu :

  1. Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Penjelasan terkait adanya tugas penulisan karya ilmiah
  3. Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah
  4. Ucapan terimakasih atas bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang telah membantu dalam proses penulisan. Misal, kepada dosen, guru, organisasi, atau lembaga yang terkait
  5. Tambahkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis tanpa adanya tanda tangan
  6. Harapan penulis dari karya ilmiah yang telah selesai dalam penulisannya
  7. Penjelasan manfaat untuk pembaca dan ketersediaan menerima kritik serta saran yang dapat membangun karya ilmiah

Cara Penulisan Kata Pengantar

Terdapat beberapa bagian penting yang disajikan dalam penulisan kata pengantar makalah yang baik, antara lain :
  • Ucapan Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah.
  • Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah.
  • Penjelasan adanya bantuan bimbingan dan arahan dari seorang, sekelompok orang, atau organisasi lembaga.
  • Ucapan terimakasih kepada orang-orang yang telah membantu.
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis, tanpa tanda tangan.
  • Harapan penulis atas karangan tersebut.
  • Manfaat bagi pembaca serta ketersediaan menerima kritik dan saran.

Kesalahan dalam Penulisan Kata Pengantar

Berikut ini terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata pengantar, antara lain:

  1. Pengungkapan perasaan terlalu berlebihan
  2. Terlalu bertele – tele
  3. Kurang meyakinkan
  4. Terlalu panjang dalam penulisan
  5. Menguraikan isi dari karya ilmiah tersebut

Dalam kata pengantar, ejaan, tulisan, kalimat, tanda baca dan paragraph harus lah berkesinambungan jangan seperti kalimat yang terasa mengeja. Seperti contoh di bawah ini.


Contoh kesalahan dalam pengetikan kata pengantar:

  • Penggunaan kalimat yang lazim digunakan dalam pergaulan, bahasa lisan. Seperti “memanjatkan puji dan syukur kepada…”. “dengan rahmat dan hidayah-Nya” Seharusnya seperti berikut: Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga paper “Global Warming,” dapat diselesaikan dengan baik.
  • Salah ejaan, dengan puji dan syukur tugas selesai. Seolah-olah tanpa usaha serta seperti semacam sulapan. Seharusnya: Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga berhasil menyelesaikan makalah”Efek Global Warming”.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


Contoh Kata Pengantar

Berikut ini terdapat beberapa contoh kata pengantar, antara lain:


  1. Contoh Kata Pengantar Singkat


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengenalan Internet Secara Efektif Kepada Masyarakat Desa” dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.

Makalah ini telah saya selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Diluar itu, penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati , saya selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.

Dengan karya ini saya berharap dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pengembangan internet di desa-desa.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.

Malang, 18 Agustus 2016

Penulis


#Contoh Ke-2

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini berjudul “TANAMAN KACANG PANJANG”.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun, selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

 

Bulukumba, 12 September 2017

 

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Singkat untuk Tugas


KATA PENGANTAR

Segala puja hanya bagi Allah yang Maha Pengasi lagi Maha Penyayang. Berkat limpahan karunia nikmatNya saya dapat menyelesaikan makalah yang bertajuk “Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar” dengan lancar. Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Ibu Suprapti S.Pd.

Dalam proses penyusunannya tak lepas dari bantuan, arahan dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.

Meski demikian, penulis menyadari masih banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tanda baca, tata bahasa maupun isi. Sehingga penulis secara terbuka menerima segala kritik dan saran positif dari pembaca.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk masyarakat umumnya, dan untuk saya sendiri khususnya.

MAGETAN, 14 Agustus 2017

 

Penulis

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kalimat Persuasif – Pengertian, Ciri, Paragraf, Syarat, Langkah, Contoh


  1. Contoh Kata Pengantar Makalah


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “Mengamankan e-mail dari Spam”, suatu permasalahan yang selalu dialami bagi masyarakat yang menggunakan e-mail utuk mengakses suatu informasi dengan menggunakan internet, terlebih yang secara pribadi e-mailnya bergabung dengan mailing list group.

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah security yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Jaringan Keamanan informasi”

Dalam proses pendalaman materi security ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan” : Dr. Ir. Budi Rahardjo, selaku dosen mata kuliah “Keamanan Jaringan informasi” ,Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.

Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

Pekanbaru, 17 Oktober 2012

Penyusun


#Contoh Ke-2

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah “KIMIA DASAR”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Riau. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra.Khairat,Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Pekanbaru, Juni 2012

Penulis


#Contoh Ke-3

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas rahmat yang Allah SWT anugerahkan kepada kita sehingga kesehatan badan, iman dan pikiran tercurahkan kepada kita melalui rahmat-Nya. Kesehatan merupakan sesuatu yang paling berharga, dimana menjaga kesehatan pribadi harus dimulai dari menjaga kesehatan lingkungan baik itu tempat kerja maupun tempat pemukiman kita. Dalam hal ini sistem Plumbing memberikan andil yang cukup penting untuk menjaga kesehatan lingkungan gedung atau rumah tempat bekerja maupun tempat bermukim.

Makalah ini disusun dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami sebuah bangunan gedung hotel yang memeng sangat rumit untuk mengetahuinya secara otodidak dan diperlukan keahlian khusus dalam mengonsep sebuah bangunan hotel ini.

Akhirnya kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung  penyusunan makalah ini. Selanjutnya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga akan menumbuhkan rasa syukur kami kepada rahmat Allah SWT dan dalam hal perbaikan makalah ini ke depannya.

Pekanbaru, April 2012

Penulis


#Contoh Ke-4

KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “Fitoremediasi Tanah Terkontaminasi Logam Cu Limbah Padat Proses Deinking Industri Kertas oleh Tanaman Bunga Matahari (Helianthus annuus  L.) dengan Penambahan Mikoriza.”

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam  pemahaman akan perlindungan dan penyelamatan lingkungan dan pengetahuan tentang fitoremediasi  yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan lingkungan yang sehat dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas  mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah “Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan. ”

Dalam  proses pendalaman materi fitoremediasi ini,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, dan pengetahuan, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan kepada:

  • Bapak Said Zul Amraini, ST.MT,  selaku dosen mata kuliah “Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan”
  • Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak  memberikan masukan untuk  makalah ini.

Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat,

Pekanbaru,  29 Maret 2012

Penyusun

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Argumentasi – Pengertian, Isi, Struktur, Ciri, Pola, Langkah, Perbedaan, Contoh, Para Ahli


#Contoh Ke-5

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang telah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah- NYA sehingga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Penyusun juga panjatkan kehadiran ALLAH SWT, karena hanya dengan kerido’an-NYA Makalah dengan judul “GELOMBANG ELEKTRO MAGNETIK” ini dapat terselesaikan.

Penulis menyadari betul sepenuhnya bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan masih jauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis berharap saran dan kritik demi perbaikan-perbaikan lebih lanjut.

Akhirnya penulis berharap, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Pekanbaru,1 Juni 2012

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Laporan


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Kerja Praktek ini.

Kerja Praktek ini merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh di Departemen Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laporan Kerja Praktek ini disusun sebagai pelengkap kerja praktek yang telah dilaksanakan lebih kurang 1 bulan di PT Jaya Teknik Indonesia khususnya di divisi Telekomunikasi.

Dengan selesainya laporan kerja praktek ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :

  • Dosen
  • Pimpinan PT Jaya Teknik Indonesia
  • Karyawan PT Jaya Teknik Indonesia

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

 

Pekanbaru, Februari 20012

Penulis


#Contoh Ke-2

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan krhadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatNyalah sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan lengkap praktikum fitokimia II sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Tujuan dari penyusunan laporan lengkap praktikum fitokimia II ini adalah sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian praktikum fitokimia II.

Pada kesempatan ini, penyususn mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing atas bimbingan dan arahannya. Tidak lupa juga penyusun mengucapkan terima kasih kepada para asisten dan teman-teman yang telah banyak membantu penyusunan selama praktikum sampai penyusunan laporan ini selesai.

Penyusun menyadari bahwa penyusunan laporan lengkap ini masih jauh dari sempurna. Mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan penyusun laporan ini. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, demi kesempurnaan laporan lengkap ini. Akan tetapi, penyusun berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penyusun.

 

Palu, 08 Juli 2013

Penyusun


  1. Contoh Kata Pengantar Buku


KATA PENGANTAR

Profil Kesehatan Kabupaten Merangin tahun 2007 merupakan sarana untuk melaporkan pemantauan terhadap pencapaian kegiatan pembanunan kesehatan di Kabupaten Merangin pada tahun 2006, yang berisi data dan informasi pencapaian Indonesia Sehat 2010 ( IS 2010 ), Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) dan Merangin Sehat 2008.

Pada kesempatan ini kami menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan buku ini, yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan dan jerih payah saudara-saudara sekalian.

Dalam penyusunan buku ini, kami akui masih jauh dari sempurna. Untuk itu saran dan kritik yang membangun kearah penyempurnaan buku ini kami terima dengan tangan terbuka.

Akhirnya, mudah-mudahan buku ini dapat berguna dan membahtu siapa saja yang membaca dan membutuhkan data-data hasil evaluasi cakupan program pembangunan kesehatan di Kabupaten Merangin pada tahun 2006.


  1. Contoh Kata Pengantar Skripsi


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan dapat menyelesaikan Buku Pedoman Umum Penyusunan Skripsi yang meliputi peraturan umum penyusunan skripsi, panduan penulisan skripsi, teknik pengetikan skripsi dan teknik bimbingan skripsi.

Buku ini berisi tuntunan bagi mahasiswa terutama bagi mereka yang menginjak tahapan penulisan skripsi. Disamping itu buku ini juga sebagai pegangan Dosen pembimbing untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang dibimbing.

Buku panduan ini dibuat sesuai dengan ruang lingkup Fakultas Ekonomi dengan tetap mengacu pada kaidah-kaidah penulisan skripsi. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan masih adanya beberapa kekurangan. Oleh karena itu, segala saran dan masukan dari semua pihak selalu diharapkan untuk perbaikan dan penyempurnaannya.

Kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi demi terwujudnya Buku Pedoman ini kami ucapkan terima kasih.

 

Pekanbaru, 12 Nopember 2012

Fakulatas Ekonomi

Universitas Riau

Dekan

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kritik – Pengertian, Fungsi, Seni, Tahapan, Jenis, Contoh


#Contoh Ke-2

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr Wb.

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul

“ANALISIS DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DI OPTIK KRIDA BANDUNG”.

Adapun tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi jenjang strata satu (S1) di Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia.

Dengan keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis, maka  penulis membutuhkan peran serta dari pihak lain dalam proses penyelesaian skripsi ini. Oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Eddy Suryanto Soegoto, M.Sc., Selaku Rektor UNIKOM
  2. Bapak Dr. Arri Akhmad Arman Selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM.
  3. Bapak Dadang Munandar, S.E., M.Si. Selaku Ketua Jurusan Program Studi Manjemen Informatika UNIKOM.
  4. Ibu Imelda, ST., MT., Selaku dosen pembimbing. Terima kasih atas semua waktu, bimbingan, saran dan nasehatnya selama penyusunan skripsi ini.
  5. Ibu Wartika, S.Kom., MT., selaku dosen wali kelas MI-10 Angkatan 200
  6. Ayah, Ibu, kakak dan adik-adik ku tercinta yang telah memberikan kasih sayang, doa dan semangat yang tiada henti. Semoga suatu saat aku dapat membanggakan kalian.
  7. Bapak Samsu, Selaku Branch Manager OPTIK KRIDA BANDUNG dan seluruh karyawan OPTIK KRIDA BANDUNG terima kasih atas semua bantuan yang diberikan.
  8. Teman-teman di Jurusan Manajemen Informatika angkatan 2007 khususnya kelas MI-10 terima kasih atas bantuan dan dukungan kalian semua kawan-kawan ku tercinta.

Didalam penulisan skripsi ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin, walaupun demikian penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna. Untuk itu penulis akan selalu menerima segala masukkan yang ditujukan untuk menyempurnakan skripsi ini. Akhir kata, penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

 

Bandung, 8 Juli 2011

Penulis


#Contoh Ke-3

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Puja dan puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Shalawat serta salam tercurahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya.

Selanjutnya, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang membantu kelancaran penulisan skripsi ini, baik berupa dorongan moril maupun materil. Karena penulis yakin tanpa bantuan dan dukungan tersebut, sulit rasanya bagi penulis untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini.

Disamping itu, izinkan penulis untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  1. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Bapak Prof. Dr. H. Dede Rosyada, M.A, serta para pembantu dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  2. Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam Bapak Bahrissalim, M.Ag, dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam Bapak Sapiudin Shidiq, M.Ag, beserta seluruh staffnya.
  3. Bapak Dr. H. Abd. Madjid Khon, M.Ag, yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
  4. Bapak dan Ibu dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang telah memberikan ilmunya kepada penulis, semoga Bapak dan Ibu dosen selalu dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. Sehingga ilmu yang telah diajarkan dapat bermanfaat dikemudian hari.
  5. Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang sangat spesial penulis haturkan dengan rendah hati dan rasa hormat kepada kedua orang tua penulis yang tercinta, Ayahanda H. Mursan Ubab dan Ibunda Hj. Ani Hasan serta kakak dan adik penulis yang dengan segala pengorbanannya tak akan pernah penulis lupakan atas jasa-jasa mereka. Doa restu, nasihat dan petunjuk dari mereka kiranya merupakan dorongan moril yang paling efektif bagi kelanjutan studi penulis hingga saat ini.
  6. Keluarga Besar KH. A. Wahid Hasyim, terkhusus Bapak KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang telah memberikan bantuan kepada penulis untuk mendapatkan informasi mengenai biografi dan pemikiran dari KH. A. Wahid Hasyim yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
  7. Bapak pimpinan beserta para staff Perpustakaan Utama, Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, atas segala kemudahan yang diberikan kepada penulis untuk mendapatkan referensi yang mendukung penyelesaian skripsi ini.
  8. Kawan-kawanku Mahasiswa UIN khususnya kawan-kawan seperjuangan Jurusan Pendidikan Agama Islam 2006 Kelas C dan peminatan Sejarah, Jaka Lelana, Ephee, Fuzie, Hasmidar, Yunie, Lesti, Ida Afandi, beserta kawan- kawan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Yahoo), yang selalu memberikan support kepada penulis.
  9. Seseorang terdekat dan terkasih, suami dari penulis: Muhammad Arif, yang selalu mendukung penyelesaian skripsi ini.

Akhirnya penulis berharap semoga amal baik dari semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini mendapatkan balasan pahala dari rahmat Allah SWT. Semoga apa yang telah ditulis dalam skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin ya Rabbal a’lamin.

 

Jakarta, 03 Maret 2011

Mulyanti


  1. Contoh Kata Pengantar Skripsi Bahasa Inggris


ACKNOWLEDGEMENTS

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Praise be to Allah SWT, the Almighty for the mercy and strength so that I could finally finish this thesis. Invocation and peace go to Muhammad SAW, the Prophet, his family and his disciples. May Allah bless them and give them peace.

The writer would like to express her special gratitude and appreciation to her first consultant, Mrs. Jamilah, M.Pd for her patience in supervising the writer during the process of writing as well as to Mr. Sudiyono, S.Pd M.A as the second consultant for his advices and suggestions in completing this thesis. Special thanks go to Mrs. Yuli Rusmiyati, S,Pd for her guidance in carrying out the research in SMA N 1 PRAMBANAN.

The writer would also express her special gratitude to her beloved parents, brother, sister and grandparents for their guidance and supports so that she can finish her study well. May Allah give them the best of all.

The writer hopes that this writing will give contributions to the improvement of the English teaching and learning process. However, the writer also realizes that this writing is still far from being perfect. Therefore, all criticisms and suggestions will be appreciated.

 

Yogyakarta, Mei 2012

Siti Nurjanah

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


  1. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahu robbil alamin, segala puji bagi Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang yang telah memberikan kenikmatan yang tiada terkira sehingga kami dapat menyusun laporan PKL yang berjudul “Analisis Turbiditas dan Alkalinitas Pada Proses Pengolahan Air Bahan Baku Produk Minuman Di PT. COCA-COLA BOTTLING INDONESIA JAWA TIMUR” dengan tepat waktu dan semaksimal mungkin. Laporan ini disusun pasca program PKL Fakultas Sains dan Tehnologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di SD Miftahul Jannah Malang.

Tidak lupa sholawat serta salam selalu kami haturkan kepada junjungan terbaik baginda Rosul Muhammad Shallallahu ‘Alaihu Wasasallam selaku tauladan terbaik hingga akhir zaman. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada beliau, serta kepada keluarga, sahabat, tabi’in dan orang-orang yang selalu mengikuti sunnahnya.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan (1) Untuk mendapatkan pengalaman dan peluang untuk berlatih menangani permasalahan dalam lingkungan kerja, melaksanakan studi perbandingan antara teori yang didapat di kuliah dengan penerapannya di lingkungan kerja serta menambah wawasan aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri. (2) Untuk lebih mendekatkan hubungan antara dunia perguruan tinggi dengan dunia industri. (3) Untuk mengetahui dan memahami metode yang digunakan untuk menganalisis kadar alkalinitas dan turbiditas dalam air yang digunakan di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur selama bulan Juli 2014. Laporan ini disusun berdasarkan data-data yang kami peroleh di Laboratorium PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur selama bulan Juli 2014.

Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu, dan memfasilitasi penyusunan laporan ini sehingga berjalan dengan lancar. Diantaranya kepada:

  1. Bapak dan Ibu tercinta. Terimakasih atas segala do’a, kepercayaan, cinta kasih yang tiada henti diberikan kepada penulis, dan senantiasa memberikan motivasi yang luar biasa sehingga mampu memberikan pencerahan dan penguatan yang sangat berarti bagi penulis.
  2. Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo,M.Si, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Ibu Dr. Hj.Bayyinatul M, drh, M.Si selaku dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Ibu Elok Kamilah Hayati,M,Si selaku ketua jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah memberikan bimbingan, motivasi serta arahan kepada penulis dalam penyelesaian penulisan laporan PKL.
  5. Bapak Ahmad Hanapi, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, motivasi serta arahan kepada penulis dalam penyelesaian penulisan laporan PKL.
  6. Bapak Arif Rahman selaku pembimbing lapangan di Laboratorium PT. CCBI Jawa Timur, dengan arahan serta bimbingan beliau sehingga kami dapat melaksanakan penelitian PKL ini dan memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang sangat berharga.
  7. Seluruh dosen jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah mengalirkan ilmu, pengetahuan, pengalaman, wacana dan wawasannya, sebagai pedoman dan bekal bagi penulis.
  8. Semua pegawai Labolatorium PT. CCBI Jawa Timur ( Mbk Sintia, dan kawan-kawan ) yang telah membantu dan membimbing dengan kesabaran serta keikhlasan dalam melaksanaan praktik kerja lapangan.

Penulis sadar bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan karena kedangkalan ilmu penulis. Oleh karena itu kami siap menerima kritik dan saran yang membangun sebagai bahan evaluasi.

Akhirnya atas segala kekurangan dari laporan penelitian PKL ini, sangat diharapkan kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari semua pembaca demi sempurnanya laporan penelitian PKL ini. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan kontribusi positif serta bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

 

Malang,  27 Agustus 2015

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Laporan KKN/KKM


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Kasih dan sayang-Nya sehingga kami dapat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Malang Tahun 2014 di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang sesuai rencana dan semua program dapat terlaksana dengan lancar.

Laporan ini menyajikan gambaran secara umum mengenai kondisi yang ada di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang. Selain dari pada itu, dalam laporan ini penyusun menguraikan program-program kerja yang diadakan di berbagai bidang selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kami menyadari bahwa kelancaran program KKN yang kami capai bukanlah semata-mata karna kemampuan kami sendiri tetapi karna karunia Ilahi dan bantuan dari bebagai pihak, khususnya masyarakat Kelurahan Dampit . Oleh sebab itu melalui laporan ini, kami sebagai Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Malang Tahun 2014 di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang menyampaikan terima kasih kepada :

  1. Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo selaku rektor UIN Maliki Malang.
  2. Panitia Pengelola KKN dan Supervisi yang telah membantu kami dalam pelaksanaan Program Kerja.
  3. Bapak Rajiman S. Parman,M. Ag. selaku dosen pembimbing yang dengan tabah dan setia mengarahkan dan menuntun kami selama pelaksanaan KKN di Kelurahan Dampit.
  4. Bapak Bupati Malang yang telah memperkenankan kami untuk terjun ke dalam masyarakat Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit.
  5. Bapak Drs. Benyamin Belosomba selaku Kepala Kelurahan Dampit yang telah berkenan menerima kami di Kelurahan Dampit untuk melaksanakan KKN.
  6. Para Kepala Kampung yang telah mendukung kami dalam pelaksanaan UIN Maliki Malang
  7. Para tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Dampit yang selalu proaktif membantu kami dalam pelaksanaan Program Kerja.

Penulis menyadari masih banyak kesalahan kami dalam menyusun dan melaksanakan KKN ini sehingga kami mengharapkan ketulusan ppembaca yang budiman untuk menyampaikan kritik dan saran yang baik.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat menjadi inspirasi adik-adik tingkat dan diterima sebagai amal sholeh.

 

Malang, 15 Maret 2017

 

Penulis

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bentuk Kata – Pengertian, Kelas, Makna, Relasi, Contohnya


  1. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian


KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala karunia nikmat serta hidayahnya sehingga saya dapat menyusun proposal penelitian yang berjudul “Sintesis dan Karakterisasi Zeolit Y dari Lumpur Lapindo dengan Variasi Suhu Hidrotermal Menggunakan Metode Sol-Gel” dengan lancar dan tepat waktu.

Tujuan dari penyusunan proposal penelitian ini adalah dalam rangka menyediakan aternatif solusi bagi bencana lumpur lapindo yang sedang dialami bangsa Indonesia. Dari kacamata penulis, lumpur Lapindo dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Namun hingga saat ini belum ada solusi kongkrit untuk menangani limbah lumpur Lapindo.

Selesainya penyusunan proposal penelitian ini tidak lepas dari bantuan, support, arahan dan bimbingan banyak pihak. Oleh sebab itu penyusun ingin sampaikan terima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua serta saudara-saudaraku tercinta yang telah memberikan nasihat, do’a, dan dukungan moril maupun materil untuk penulis dalam menuntut ilmu, sehingga penyusunan proposal penelitian ini dapat terselesaikan.
  2. Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo, M.Si, selaku rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Ibu Dr. Hj. Bayyinatul Muchtaromah, drh., M.Si, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Ibu Elok Kamilah Hayati, M.Si, selaku ketua Jurusan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  5. Ibu Suci Amalia, M.Sc, Ibu Susi Nurul Khalifah, M.Si, dan Bapak Hanapi, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan banyak arahan, masukan, serta motivasi dalam membimbing penulis untuk dapat menyelesaikan proposal penelitian ini dengan baik.
  6. Segenap dosen Jurusan Kimia atas segala ilmu dan bimbingannya.
  7. Teman-teman angkatan 2011 yang telah saling memotivasi dan membantu terselesainya proposal penelitian ini.
  8. Seluruh pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Meski demikian, penyusun merasa masih banyak kesalahan dalam penyusunan proposal penelitian ini. Oleh sebab ini penyusun sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Akhir kata, semoga proposal penelitian ini dapat diterima sebagai gagasan anak bangsa yang layak didukung untuk menjadi solusi atas permasalahan ibu pertiwi.

Madiun, 12 Agustus 2017

 

Penyusun


  1. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Puji syukur terpanjatkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam yang mengatur kehidupan dengan bijaksana. Atas karunia nikmat-Nya penulis dapat menyusun karya tulis ilmiah yang berjudul “Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Bagi Bayi” dengan maksimal.

Sholawat dan salam kami sampaikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah menerangi dunia dengan ilmu dan keteladanannya. Salam dan doa juga tak lupa kami sampaikan kepada keluarga, sahabat dan seluruh umatnya yang setia hingga akhir zaman.

Semangat menulis karya tulis ini didasari oleh rendahnya kualitas kesehatan bayi di Indonesia ini. Penulis mengangap, salah satu penyebab rendahnya kesehatan bayi Indonesia adalah buruknya pola makan si bayi. Karya ini menyajikan data yang akurat dari hasil berbagai pihak yang menangani permasalahan ini, seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dinas ketahanan pangan dan yang lainnya. Tanpa support dan bantuan dari berbagai pihak maka karya ini tidak bisa terbit. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

Meski telah disusun dengan sebaik mungkin, penyusun menyadari masih banyak kesalahan dalam karya ini. Sehingga kami mengharapkan keridhoan pembaca sekalian untuk memberikan kritik dan saran yang bisa kami jadikan sebagai bahan evaluasi.

Akhir kata, semoga karya ini dapat diterima oleh masyarakat dan pemerinta sebagai literasi bacaan dalam memperbaiki gizi anak.

Bogor, 19 Agustus 2017

 

Penulis


#Contoh Ke-2

KATA PENGANTAR

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi WaҪa karena dengan kemurahanNya akhirnya kami dapat menciptakan sebuah karya tulis yang kami beri judul Imunologi ; Sindrom Stevens-Johnson.

Kami sangat menyadari bahwa apa yang telah tersaji dalam karya tulis ini, tidak lepas dari kekurangan. Tentu saja hal ini disebabkan karena kurangnya, ilmu pengetahuan serta wawasan kami yang masih sangat terbatas. Namun demikian, kami merasa bangga pada diri sendiri, mengingat bahwa pengetahuan serta wawasan kami yang masih sangat terbatas, kami mampu mencetuskan apa yang menjadi bayangan kami dalam bentuk karya tulis ini.

Dalam penyelesaian karya tulis ini, tidak sedikit hambatan serta rintangan yang penulis hadapi, namun karena adanya dukungan serta bimbingan, penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini. Maka, melalui kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya serta sebesar-besarnya kepada:

  1. Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kekuatan kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
  2. Orang tua, yang telah memberikan semangat dan dorongan, sehingga memacu semangat penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini dengan sebaik mungkin.
  3. Teman-teman serta kerabat, yang membantu menyelesaikan karya tulis ini.
  4. Semua pihak yang mendukung terciptanya karya tulis ini.

Terlepas dari itu semua, kembali lagi penulis sangat menyadari bahwa tidak sedikit kekurangan yang terdapat pada karya tulis ini. Maka dari itu, penulis sangat membutuhkan kritik serta saran yang bersifat relevan, sehingga pada kesempatan berikutnya, penulis dapat mempersembahkan yang lebih baik tentunya.

Jika terdapat kata-kata yang salah, baik disengaja maupun tidak, penulis mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga materi yang kami sajikan dalam karya tulis ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, sehingga tujuan dari penulisan karya tulis ini dapat tercapai, dan manfaat yang tersirat dalam karya tulis ini dapat dirasakan secara maksimal.

 

Denpasar, 25 Agustus 2016

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris


PREFACE

Initially in any way, give thanks for God’s love and grace for us.

Thanks to God for assisting me and also provide me opportunity to finish this assighment timely. And I want to thank to Mr. Syamsul. S, S.Pd as the speaker that constantly educates us as well as give much expertise regarding the best ways to practice English well.

This assighment is the among English task that made up of Practical English Use English As Second Language I realized this assighment is not ideal. However I wish it could be beneficial for us. Critics and also recommendation is required here to make this assighment be better.

Ideally we as a student in “Nursing Academy of Singkawang” could work extra specialist by using English as the second language whatever we done. Thank you.

Compiler Dana Restawan


  1. Contoh Kata Pengantar Pedoman


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala barkat dan anugrahnya yang telah diberikan kepada penyusun, sehingga Buku Pedoman Pelayanan  Unit Radiologi dapat selesai di susun .

Buku Pedoman  Pelayanan Unit Radiologi merupakan panduan kerja bagi semua pihak yang terkait dengan unit Radiologi dalam tata cara pelaksanaan.

Dalam pedoman pelayanan Unit Radiologi ini diuraikan tentang standart ketenagaan, standar fasilitas, tata laksana logistik, keselamatan kerja, keselamatan keraja dan pengendalian mutu.

Tidak lupa penyusun menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas bantuan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian pedoman Unit Radiologi.

Jakarta, Mei 2012

Penyusun


  1. Contoh Kata Pengantar Infrastruktur


Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang insfrastruktur fisik, komite sekolah, dan pelibatan orang tua.

Adapun hasil makalah ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan tulisan ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan tugas ini.

Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki hasil makalahini.

Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari pembahasan makalah tentang isfrastruktur fisik, komite dan orang tua ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.

 

Jakarta,  Mei  2017

 

Penyusun


  1. Contoh Kata Pengantar Kliping


#Contoh Ke-1

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan kliping ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan kliping ini.

Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan kliping ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga sengan selesainya kliping ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.

Penulis

Jojo


#Contoh Ke-2

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kliping Bahasa Indonesia ini. Tidak lupa pula sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Nabi yang telah membawa kita dari alam jahiliyah ke alam yang terang benderang penuh dengan ilmu pengetahuan. Semoga kita termasuk umatnya yang akan mendapatkan syafaatnya besok di hari kiamat. Amin.
Kliping Bahasa Indonesia ini kami buat untuk memenuhi tugas ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia yang di ampu oleh ibu Yuli Fatimah, S.S. Kliping ini berisi tentang contoh-contoh silogisme, paragraf induktif analogi, generalisasi dan sebab akibat, esai serta kritik sastra.
Semoga kliping ini bisa memberikan manfaat kita semua, terutama bagi kami. Kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihakyang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan kliping ini.
Akhir kata, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kata atau kalimat, kami mohon maaf yang sebesar besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Cimanggu, 5 Januari 2017
Penyusun

#Contoh Ke-3

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga kelompok saya dapat menyelesaikan penyusunan kliping berjudul ” Pelanggaran HAM ” ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga kliping ini dapat dipergunakan sebagai salah satu media pembelajaran.
Harapan saya semoga kliping ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi kliping ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Kliping ini saya akui masih banyak kekurangan karena . Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan kliping ini.

#Contoh Ke-4

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat,taufik dan hidayahNya sehingga Tugas Kliping Bahasa Indonesia ini dapat tersusun.
Kliping Bahasa Indonesia ini kami buat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kliping ini berisi tentang Seni dan Budaya Indonesia.
Semoga kliping ini bisa memberikan manfaat kita semua, terutama bagi kami. Kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat  membangun selalu kami  harapkan  demi kesempurnaan kliping ini.
Akhir kata, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kata atau kalimat, kami mohon maaf yang sebesar besarnya.
Purworejo, 5 Januari 2017
Penyusun

#Contoh Ke-5

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmatnya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas keliping “Olahraga”, Adapun penyusunan keliping ini ditujukan untuk memenuhi kewajiban kami sebagai siswa dalam melengkapi salah satu tugas mata pelajaran Penjaskes.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan meskipun kami telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan bagi kami pada khususnya dan bagi pambaca pada umumnya.
Ketapang, 5 Januari 2017
Penyusun

  1. Contoh Kata Pengantar Matematika


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat illahi rabbi yang telah memberikan hidayah-Nya karena atas izin dan kuasa-Nyalah kami dapat menyelesaikan tugas “bilangan dan lambang bilangan” meskipun dalam bentuk sederhana .

Tidak sedikit kendala dan kesulitan yang kami hadapi dalam penyusunan makalah ini, namun berkat kerja keras dan motivasi maka segala permasalahan tersebut dapat teratasi.

Dalam penyusunan makalah ini kami menyadari masih banyak kekurangan dan kekhilafan yang tidak  disengajakan, sehingga saran dan kritikkan dari semua pihak sangat di butuhkan

Akhirnya semoga Allah SWT meridhoi semua usaha kita selama dalam  kebijakan.

 Amiin ….!

Gorontalo , 08 Oktober 2010

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Tugas Akhir


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini tepat pada waktunya. Tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul tugas akhir, yang penulis ambil sebagai berikut, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Aksesoris Kamera Berbasis Web”.

Tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan program Diploma Tiga (D.III) AMIK BSI. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (eksperimen), observasi dan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas akhir ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

  1. Direktur Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
  2. Ketua Jurusan Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
  3. Bapak Muhammad Hilman Fakhriza, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhiryang senantiasa memberikan bimbingan, arahan dan dukungannya sehingga penulis mendapatkan pengetahuan yang lebih serta dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
  4. Bapak dan Ibu dosen Program Studi Manajemen Informatika Diploma Tiga (D.III)AMIK BSI.
  5. Orang tuaku, kakak, adik, dan sanak saudara yang selalu memberikan dukungan dan doa dalam bentuk moral dan materil.
  6. Sahabat terbaikku, dan teman-teman Manajemen Informatika angkatan 2012 yang selalu bisa diandalkan dalam suka dan duka.
  7. Semua pihak yang telah  membantu hingga terselesaikannya tugas akhir ini yang penulis tidak dapat sebutkan satu per satu. Semoga Allah membalas semua kebaikan kalian yang telah membantu penulis selama ini.

Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.

Akhir kata semoga tugas akhir ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.

 

Bali, 05 November 2015

 

BOY


  1. Contoh Kata Pengantar Hasil Observasi


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan hasil observasi ini sebagai salah satu tugas dari mata kuliah PPL 1. Salawat dan salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah mengantarkan kita kepada dinul Islam, Beliaulah sangrevolusioner sejati.

Laporan ini dibuat dari hasil observasi di SD Impres Kampus Ikip dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan suatu laporan yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Hj. Sujirah, S.Pd, M.M, selaku kepala sekolah SD Impres Kampus Ikip yang telah memperkenankan penulis melakukan observasi.

tak lupa pula penulis ucapkan terima kasih kepada semua guru SD Impres Kampus Ikip atas kerja samanya dalam kegiatan observasi yag penulis lakukan terkhusus kepada Ibu Drd. Hj. Masyita selaku guru kelas II SD Impres Kampus Ikip dan Ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd selaku guru kelas I SD Impres Kampus Ikip. Dan terakhir penulis ucapkan terima kasih kepada adik-adik siswa SD Impres Kampus Ikip atas keramahan dan kerja samanya.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan hasil observasi ini masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan penyusunan laporan-laporan selanjutanya. Besar harapan kami kiranya laporan hasil observasi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

 

Makassar, 21 April 2015

 

Penulis


  1. Contoh Kata Pengantar Referat


KATA PENGANTAR

Puji Syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas KehendakNya penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Diagnosa dan Tatalaksana Perdarahan Saluran Cerna bagian Atas.

Makalah ini dibuat sebagai salah satu tugas dalam Kepaniteraan Ilmu Penyakit Dalam. Mengingat pengetahuan dan pengalaman penulis serta waktu yang tersedia untuk menyusun makalah ini sangat terbatas, penulis sadar masih banyak kekurangan baik dari segi isi, susunan bahasa maupun sistematika penulisannya. Untuk itu kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun sangat penulis harapkan.

Pada kesempatan yang baik ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada dr. Bambang , Sp. PD selaku pembimbing Kepaniteraan Ilmu Penyakit Dalam di RS Mardi Rahayu Kudus, yang telah memberikan masukan yang berguna dalam proses penyusunan makalah ini. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang juga turut membantu dalam upaya penyelesaian makalah ini.

Akhir kata penulis berharap kiranya makalah ini dapat menjadi masukan yang berguna dan bisa menjadi informasi bagi tenaga medis dan profesi lain yang terkait dengan masalah kesehatan pada umumnya, dan khususnya tentang masalah dyspepsia.

 

Kudus, 21 Oktober 2012

Penulis


Itulah ulasan tentang 32 Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan & ProposalSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca setia GuruPendidikan. Sekian dan Terima kasih.