Contoh Iklan

Diposting pada

Contoh Iklan Layanan Masyarakat, Baris, Minuman & Minuman – Iklan adalah sarana komunikasi penting yang tidak bisa dihindarkan dalam negara yang menganut sistem ekonomi yang berorientasi pasar. Tugas iklan menyampaikan informasi tentang produk atau jasa sekaligus menawarkan kepadakonsumen.


Melalui iklan, produsen dapat menyampaikan manfaat tentang produk yang ditawarkannya, melalui iklan pula konsumen dapat mengetahui manfaat barang atau jasa yang ditawarkan sekaligus tahu kapan dan dimana mereka bisa memperolehnya.

Contoh-Iklan

Lihat Daftar Inti Pelajaran :

Contoh Iklan

Berikut ini adalah kumpulan iklan-iklan yang dibuat baik oleh anak bangsa untuk mempromosikan barang lokal maupun iklan-iklan unik dan kreatif dari penjuru dunia, diantaranya adalah:


  • 1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh-Iklan-Layanan-Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat ini lahir dari keprihatinan adanya bisnis jual beli manusia untuk kepentingan komersial.


Permasalahan sosial yang timbul akibat masalah ekonomi di kalangan masyarakat sub urban dengan menjadikan bayi atau anak sebagai objek bisnis sangatlah mengenaskan.


Diperlukan sosialisasi yang memicu kepedulian seluruh lapisan untuk mencegah terus berkembangnya praktek sesat ini.

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Konjungsi : 20 Contohnya, Pengertian, Dan Macamnya [ LENGKAP ]


  • 2. Contoh Iklan Baris

Iklan baris umumnya dapat berupa iklan penawaran barang dan jasa, iklan pencarian, iklan penjualan, dan iklan lowongan pekerjaan.


  • Iklan Penawaran (Jasa/Barang)

Iklan penawaran adalah iklan yang menawarkan jasa atau barang.


Contoh:

Disewakan sbuahRmh Br Jl Tajem Br Full Furnished AC Grs 2Mbl 2KT H26jt/th Hub Iwan 081227289761.


  • Iklan Pencarian

Iklan Pencarian merupakan iklan yang memberikan sebuah informasi pencaharian


Contoh:

Cari calon guru B.Indonesia Llsn SMU/D3/S1 syrt: ikut Test & training dulu; Arman-5864974 Gatot Subroto 56


  • Iklan Baris Penjualan

Iklan penjualan merupakan sebuah informasi penjualan barang


Contoh :

Djl sgr. Hp sega-cell.kndisi bgs & grnsi, 1,8 jt nego. Tlp. 08567438975


  • Iklan Baris Lowongan Kerja

Iklan lowongan merupakan sebuah informasi lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkan pekerjaan


Contoh:

Dbut Penjaga tk fFamboyan Florist min 18th brpnampiln mnrik niat kerja, jujur. Hub: Indah 085712357132


  • 3. Contoh Iklan Minuman

Contoh-Iklan-Minuman

Anda mengetahu Bandrek, bukan? Tapi, kami mempunyai Bandrek paling berbeda di bandrek yang pernah Anda rasakan! Bandrek Susu adalah salah satu minuman hangat tradisional yang paling laris di cafe kami! Rasanya manis, pedas, dan berasa susu yang dibuat dari sari jahe dan susu. Kami adalah ahlinya! Datanglah ke ‘Waroeng Nongkrong’ di depan PizzaNut kota Kediri! Silahkan hubungi kami di layanan pelanggan di nomor 0896123456.


4. Contoh Iklan Makanan

  • Contoh Iklan Produk Makanan Olahan Jamur

Contoh-Iklan-Makanan

Contoh iklan produk makanan yang pertama adalah sebuah banner iklan sederhana yang menawarkan olahan jamur sebagai menu andalannya. Dalam iklan tersebut dijelaskan beragam alasan mengapa para pembaca iklan harus mampir dan berkunjung ke saung jamur.


Dalam iklan tersebut dijelaskan pula alamat lengkap yang bisa dituju beserta gambar makanan yang dipromosikan. Contoh iklan ini merupakan contoh standar yang dapat Anda tiru saat mendesain iklan untuk produk makanan Anda.

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Semantik Menurut Para Ahli


  • Contoh Iklan Produk Catering

Contoh-Iklan-Produk-Catering

Berbeda dari contoh iklan produk makanan yang pertama, contoh selanjutnya ini terlihat lebih lengkap. Dalam iklan tersebut dijelaskan bahwa sebuah usaha katering menerima pesanan beragam jenis makanan.


Daftar makanan yang bisa dipesan disertai dengan harga sehingga informasi yang diterima orang yang melihat iklan tersebut jauh lebih lengkap. Dalam iklan juga disertakan sebuah nomor kontak yang dapat dihubungi oleh calon pelanggan sehingga tujuan promosi yang dilakukan pengiklan akan jauh lebih tertarget.


  • Contoh Iklan Aneka Masakan Sehat

Contoh-Iklan-Masakan-Sehat

Contoh iklan produk makanan yang ketiga ini disertai dengan denah lokasi tempat usaha. Denah tersebut memang akan semakin memudahkan orang yang tertarik dengan iklan tersebut untuk berkunjung dan membeli produk yang ditawarkan.


Akan tetapi, iklan yang berjudul “Mantepe” ini tampat tidak terlalu menarik untuk dilihat. Selain karena desainnya yang terlalu sederhana, informasi yang dapat diperoleh pembaca juga tampaknya sangat sedikit.


  • Contoh Iklan Bakso

Contoh-Iklan-Bakso

Bakso adalah makanan favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Tak heran jika kemudian kedai bakso akan dapat dengan mudah kita temukan di seluruh pelosok negeri. Untuk memenangkan persaingan, pengusaha bakso harus dapat berinovasi, baik dalam hal produksi maupun dalam masalah promosi. Teknik promosi melalui iklan sederhana dari bakso kota “Cak Man” sangat menarik. Selain desainnya unik, contoh iklan produk makanan ini juga menawarkan suatu keunggulan, yaitu gratis 5 minuman jika kita memesan 5 porsi bakso.


  • Contoh Iklan Produk Burger

Contoh-Iklan-Produk-Burger

Sebuah iklan harus benar-benar dibuat dengan ketelitian penuh. Ejaan yang tidak tepat seperti pada contoh iklan produk makanan burger satu ini mungkin akan mempengaruhi daya tangkap pembacanya terhadap pesan yang ingin disampaikan si pembuat iklan. Meski secara umum desain iklan tersebut sudah menarik, akan tetapi sebisa mungkin setiap kesalahan dalam ejaan kalimat iklan juga harus diperhatikan.


  • Contoh Iklan Ayam Bakar

Contoh-Iklan-Ayam-Bakar

Contoh iklan produk makanan yang terakhir ini sebetulnya sudah cukup lengkap. Akan tetapi, ada satu hal yang kurang. Ya, dalam membuat sebuah iklan, usahakanlah untuk selalu menyertakan sebuah promosi penjualan, baik itu berupa diskon, ada kupon gratis tertentu, dan lain sebagainya seperti halnya iklan bakso “Cak Man” pada contoh nomor 4.


  • 5. Contoh Iklan Pendidikan

Contoh-Iklan-Pendidikan

Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat akan menimbulkan beragam masalah bagi suatu negara. Untuk menekannya, diperlukan kesadaran masyarakat untuk membatasi jumlah anak dalam keluarganya. Program KB atau keluarga berencana disosialisasikan misalnya dengan contoh iklan layanan masyarakat yang berbunyi “Ayo Ikut KB, 2 Anak Lebih Baik”.

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Makalah Teks Debat


Contoh-Iklan-Pendidikan-Sekolah

Iklan pendidikan termasuk juga kedalam iklan jenis layanan masyarakat. Iklan pendidikan adalah iklan yang isinya berhubungan dengan dunia pendidikan. Baik itu dalam hal ajakan ataupun pemberitahuan.


6. Contoh Iklan Makanan Sehat

Contoh-Iklan-Makanan-Sehat


7. Contoh Iklan HP

Contoh-Iklan-HP

Contoh iklan hp diatas adalah iklan hp Samsung Galaxy S8+, dibuat oleh Toko Raja Murah. Iklan tersebut memuat gambar dan informasi nomer hp yang bisa dihubungi. Terdapat juga keterangan “Pusat HP Murah Seken & Baru”, artinya ada banyak pilihan HP selain yang ditawarkan pada gambar, baik yang masih baru maupun bekas.


8. Contoh Iklan Produk Sabun

Contoh-Iklan-Produk-Sabun

Konsumen lebih memilih menggunakan sabun Lifeboy, dibandingkan sabun lainnya, karena mereka percaya dengan menggunakan Lifeboy hidup mereka dapat lebih sehat. Disini Lifeboy telah masuk kedalam mindset konsumen dan telah menempatkan produk mereka sebagai produk sabun pilihan dalam pikiran konsumen.


9. Contoh Iklan Jasa Menjahit

Contoh-Iklan-Jasa-Menjahit

Kami dari manajemen Bumbee Collection produsen bedding set Sidoarjo, membuka lowongan pekerjaan untuk 100 penjahit yang sudah berpengalaman untuk bergabung dengan perusahaan kami,


10. Contoh Iklan Bahasa Jawa

Contoh-Iklan-Bahasa-Jawa


11. Contoh Iklan Elektronik

Contoh-Iklan-Elektronik


12. Contoh Iklan Poster Kegiatan

Contoh-Iklan-Poster-Kegiatan

Contoh iklan poster lingkungan adalah poster yang isi dan tujuannya berupa ajakan kepada masyarakat luas untuk menjaga kelestarian lingkungan baik itu hutan, laut, maupun lingkungan sekolah dan salah satu tema poster lingkungan yang paling populer adalah global warming terkait dengan perubahan cuaca yang terjadi di seluruh dunia. berikut beberapa contoh slogan pada poster lingkungan

  • Jaga Kelestarian Hutan Demi Anak Cucu Kita
  • Bebaskan Bumi Dari Sampah & Pencemaran
  • Satu Tunas Pohon Untuk Esok Eang Lebih Baik
  • Selamatkan Bumi Hari Ini, Esok Dan Seterusnya
  • Stop Global Warming

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan


13. Contoh Iklan Shampo

Contoh-Iklan-Shampo


14. Contoh Iklan Komersial

Contoh-Iklan-Komersial

Jenis ikan ini digunakan untuk mendukung sebuah kampanye pemasaran barang atau jasa. Iklan komersial terdiri dari dua jenis, yakni iklan strategis (membangun brand atau merek) dan iklan taktis (mempunyai tujuan mendesak). Jenis iklan ini paling sering digeluti oleh agensi digital.


15. Contoh Iklan Hemat Energi

Contoh-Iklan-Hemat-Energi

Penggunaan energi fosil secara boros dan terus menerus telah memperparah kondisi lingkungan di tahun-tahun terakhir ini. Diperlukan kesadaran masyarakat untuk dapat menghemat penggunaan energi dalam segala aktivitasnya supaya dampak kerusakan ekosistem yang ditimbulkan dapat diminimalkan. Atas dasar itulah contoh iklan layanan masyarakat ini muncul.


16. Contoh Iklan Lingkungan Hidup

Contoh-Iklan-Lingkungan-Hidup

Iklan layanan masyarakat ini merupakan iklan yang sederhana tapi sangat menarik. Iklan ini menggambarkan seekor burung yang hidup diperkotaan kemudian mati dan dari dalam tubuhnya ditemukan beragam jenis sampah. Sampah-sampah yang dibuang penduduk kota secara sembarangan ditelan oleh burung dan menyebabkan masalah kesehatan padanya.


17. Contoh Iklan Berhenti Merokok

Contoh-Iklan-Berhenti-Merokok

Kebiasaan merokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan adalah masalah besar bagi sebuah negara. Di Indonesia sendiri, pertambahan jumlah perokok usia remaja yang terus meningkat telah menimbulkan keprihatinan tersendiri. Kampanye berhenti merokok terus digalakan.


18. Contoh Iklan Hemat Air

Contoh-Iklan-Hemat-Air


19. Contoh Iklan Tradisional

Contoh-Iklan-Tradisional

Konsep iklan ini sangat menarik karna mengunakan permainan tradisonal indonesia di kombinasikan dg produk big babol. Namun, penyampaian pesannya sangat unik dan mengena bahwa permen karen big babol mampu membuat balon yang besar dan menutupi odong-odong.

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Berpikir Kritis


20. Contoh Iklan Sindiran

Contoh-Iklan-Sindiran

Iklan unik, lucu, sederhana dan menyindir pihak PLN. Kosep yang baik karna menggunakan isu-isu terbaru sebagai penarik perhatian- publik, apalagi kabel yg kusut langsung menjadi lurus seketika.


21. Menggabungkan Ilustrasi yang Menarik

Menggabungkan Ilustrasi yang Menarik

Kampanye Black Swan Life tahun 2014 untuk pakaian dalam Crusoe menampilkan foto-foto pria yang tertidur dengan layer ilustrasi elemen gaya hidup.


22. Membandingkan Emosi Konsumen

Membandingkan Emosi Konsumen

Lowe China menciptakan kampanye pemenang Golden Lion Award ini untuk Shanghai General Motors / Buick yang menampilkan orang-orang sungguhan yang menjadi korban dari pengemudi yang ceroboh. Mereka berdiri di jalan sambil memegang rambu-rambu yang diabaikan oleh pengemudi. Slogan untuk kampanye keamanan ini adalah, “Rambu-rambu ada karena suatu alasan.”


23. Memanusiakan Suatu Objek

Memanusiakan Suatu Objek

Iklan cetak yang menarik perhatian dari M&C Saatchi, Melbourne untuk Australia Post ini mengingatkan orang bagaimana rasanya menerima surat dari orang yang dicintai.


24. Menjadi Kreatif Secara Literal

Menjadi Kreatif Secara Literal

Kampanye “Beri bantuan untuk Margasatwa” untuk World Wildlife Federation ini memiliki citra yang mencolok dan tegas, yang dicat pada sebuah tangan yang sebenarnya.


25. Ubah Foto untuk Menciptakan Makna dengan Detil

Ubah Foto untuk Menciptakan Makna dengan Detil

Direktur Kreatif Eksekutif Julian Watt dan timnya mengembangkan kampanye kesadaran publik yang sangat rinci untuk Asosiasi Perlindungan Api Australia.


26. Menarik Perhatian dengan Ikon Terkenal

Menarik Perhatian dengan Ikon Terkenal

Pemerintah Bahia bekerja sama dengan agen iklan Brasil, Leiaute Propaganda, untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan kematian terkait penggunaan smartphone. Setiap iklan menampilkan simbol jaringan media sosial sebagai pengganti rambu-rambu penting mengemudi.

Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ 29+ Contoh Surat Kuasa Berbagai Keperluan Yang Benar


27. Bergantung Pada Satu Visual yang Kuat untuk Mengkomunikasikan Konsep Kunci

Bergantung pada satu visual yang kua

Nicolas Baillargeon bertugas membuat gambar yang mengkomunikasikan esensi utama dari saus Tabasco panas dan pedas, rasa pedasnya membakar dengan sendiri. Gambar gunung berapi yang dibuat dari wajah manusia telah menipu saya.


28. Menggunakan Produk untuk Membuat Suatu Gambar

Menggunakan Produk

Salah satu contoh lain dari penggunaan minimalisme, kali ini dengan pasta. Spageti dalam bentuk kembang api merupakan cara sempurna bagi pembuat pasta Barilla untuk merayakan tahun baru.


29. Memasukkan Unsur Fantasi

Memasukkan Unsur Fantasi

Farenheit DDB Peru membawa pulang 2 Bronze Lions untuk kampanye “Biarkan Mereka Berlari Bebas” untuk Dukto Drain Opener. Konsep iklan tersebut menggabungkan apa yang dilakukan produknya dengan gambar binatang yang rambutnya terjebak.


30. Menggunakan Teks untuk Menyampaikan Pesan

Menggunakan Teks untuk Menyampaikan Pesan

Miami Ad School Europe menggunakan naskah lucu yang ditulis oleh Daniel Blomberg untuk iklan cetak Ricola yang berwarna cerah ini yang mengingatkan kita pada, “Pastikan kabar baik terdengar seperti kabar baik.”


31. Menjadikan Karya Seni yang Terkenal Mengilhami Konsep Anda

Menjadikan Karya Seni yang Terkenal

Jung von Matt Hamburg menampilkan kampanye “Create” untuk Lego yang terinspirasi oleh lukisan “The Creation of Adam” karya Michelangelo.


32. Buat Jadi Minimal

Buat Jadi Minimal

Kampanye minimalis Adolfo Murillos untuk Bayer Asprin menyampaikan pesan secara sederhana dan indah.


33. Mempertimbangkan Dimana Iklan Anda akan Ditampilkan

Mempertimbangkan Dimana Iklan Anda akan Ditampilkan

Iklan luar ruangan untuk Lego dari Ogilvy Malaysia ini tidak hanya menggunakan papan iklan sebagai medianya, tapi dia menggunakan lingkungan sekitar sebagai bagian dari kampanye itu sendiri.


34. Merekrut Seorang Superhero

Merekrut Seorang Superhero

Direktur Kreatif Marco Gpe mengembangkan konsep bercanda untuk BMW yang mengisyaratkan bahwa superhero Komik DC “The Flash” tahu tentang kecepatan.


35. Menggabungkan Ikon Terkenal

Menggabungkan Ikon Terkenal

Spider Bond, Homerine, dan Iron Bat adalah bagian dari seri yang menyenangkan dan cerdas untuk konsep “Fiction Meets Fiction” dari seri karakter penggabungan Lego karya Alexandre Tissier. Meskipun Lego tidak menampilkan karakter segar ini, namun saya pikir mereka harus menggunakannya!


36. Menggunakan Produk Anda untuk Menciptakan Sesuatu yang Mudah Dikenali

Menggunakan Produk Anda

Direktur Kreatif Kenny Blumenschein dan Direktur Seni Marco Sodano dari Geometri Global di Hong Kong menciptakan kembali karya seni artistik dengan menggunakan produk klien mereka – Legos.


37. Menggunakan Metafora Bisual

Menggunakan Metafora Bisual

Ketika Red Cell Milan menciptakan iklan untuk menarik siswa skenario baru ke Akademi Film New York, mereka menciptakan “popcorn” yang terbuat dari sampah yang penuh dengan draf kertas. Sesuatu hal yang terkait dengan para penulis naskah.


38. Menggunakan Konsep Desain Sederhana untuk Menggambarkan Perbedaan Besar

Menggunakan Konsep Desain Sederhana

Rangkaian poster dari Manifest Utilità ini menciptakan gambar sederhana simbolis dengan desain garis yang bersih untuk mewakili kesetaraan jender.


39. Menunjukkan Bagaimana Produk Anda Membuat Masalah Hilang

Menunjukkan Bagaimana Produk Anda Membuat Masalah Hilang

Penggabungan cerdik copy kata dan gambar dalam iklan yang diciptakan untuk STIHL ini menunjukkan dan memberitahu bagaimana blower dan shredder secara harfiah membuat berita buruk hilang.


40. Membuat Pernyataan yang Berani

Membuat Pernyataan yang Berani

“Hormati Planet Ini” adalah seri iklan dengan pernyataan fantastis lainnya untuk World Wildlife Fund. Chris Garbutt dari Ogilvy & Mather Paris adalah Direktur Kreatif Eksekutif pada kampanye ini yang menggunakan hewan yang ditandai dengan grafiti untuk menyampaikannya.


41. Menggandakan Kekuatan Produk Anda dalam Sesi Desain Konsep Tukar Pendapat

Menggandakan Kekuatan Produk Anda

Kekuatan penyerap super dari Poly-Brite ini seperti memiliki saluran pembuangan portabel Anda sendiri untuk setiap tumpahan air. Konsep produk karya Ogilvy & Mather, Bangkok ini menawarkan gambaran yang menyegarkan untuk kategori produk yang telah ada selama beberapa waktu.


42. Membuat Gambar yang Berlawanan untuk Menyampaikan Pesan yang Besar

Membuat Gambar yang Berlawanan

Desain poster untuk Festival Anti-Racisme 2010 ini ditugaskan oleh Asosiasi Desainer Grafis Yunani (GGDA) dan dirancang oleh Unusual. Mereka melontarkan komentar sosial mereka dengan menampilkan gambar yang melukiskan jabat tangan dan pistol.


43. Menemui Klien Anda di Tempat Kerja Mereka

Menemui Klien Anda di Tempat Kerja

Ketika Vodafone mempekerjakan Y & R, İstanbul/Team Red, Turki untuk mempublikasikan layanan khusus yang mereka berikan untuk para petani, mereka menggunakan citra mereka untuk menyampaikan pesannya.


44. Menggunakan Konsep Anda dalam Gerak

Menggunakan Konsep Anda dalam Gerak

Versi interaktif dari kampanye poster NHS ini menggunakan audio dan visual untuk menunjukkan suara “berbisik” ke telinga wanita tersebut.


45. Menggunakan Lingkungan Anda Memberikan Visual “WoW”

Menggunakan Lingkungan Anda Memberikan Visual

Iklan dari Perwanal Saatchi & Saatchi di Jakarta untuk emporium hewan kesayangan Indonesia JAKPETZ mempromosikan Frontline Flea & Tick Spray dengan iklan stiker lantai yang besar di sebuah pusat perbelanjaan. Bila dilihat dari tingkat yang lebih tinggi, sepertinya pengunjung adalah “kutu” yang muncul dan mematikan anjing


46. ​​ Menggunakan Ilusi Optik

Menggunakan Ilusi Optik

Iklan billboard dari JWT Mumbai untuk Berger ini sepertinya membaurkan warna cat perusahaan dengan warna langit… asalkan hari itu cerah.


47. Memikirkan Dampak Emosional Visual Anda

Memikirkan Dampak Emosional Visual Anda

Gambar Wild Wildlife World yang sangat luar biasa, “Desertifikasi” menggambarkan hewan menakjubkan yang berubah menjadi debu, menampilkan pesan emosional “apa yang terjadi jika mereka semua pergi” tepat di depan wajah Anda.


48. Mempertimbangkan Media Anda

Mempertimbangkan Media Anda

Tidak ada yang bilang iklan luar ruangan tidak bisa tiga dimensi. Iklan fantastis untuk Science World ini menarik penonton dengan memvisualisasikan iklannya dalam format 3-D.


49. Menggunakan Simbol Emosional yang Berani

Menggunakan Simbol Emosional yang Berani

Poster anti-rasisme dari Swiss Chapter untuk S.O.S. Rasisme menggunakan simbolisme emosional yang kuat untuk mengkomunikasikan pesannya.


50. Memikirkan Tentang “Dimana”

Memikirkan Tentang Dimana

JWT Hong Kong menciptakan kampanye kesadaran pencemaran udara ini di atas tutup minuman yang digunakan oleh gerobak makanan pinggir jalan. Ini untuk membuat para pelanggan berpikir saat mereka terlibat dalam masalah ini.


51. Bermain dengan Hal Mengerikan untuk Efek Dramatis

Bermain dengan Hal Mengerikan untuk Efek Dramatis

Hal yang menyeramkan bisa bekerja dengan audien yang tepat.


Itulah Ulasan lengkapnya Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terima Kasih.