Kritik – Pengertian, Fungsi, Seni, Tahapan, Jenis, Contoh

Diposting pada

Kritik – Pengertian, Fungsi, Seni, Tahapan, Jenis, Contoh : Kritik merupakan celaan atau kecaman atau suatu keadaan perilaku atau yang kita anggap menyimpang dan tidak benar. Misalnya kondisi jalan yang selalu macet.


Cara Menyampaikan Kritik Yang Berkualitas

Pengertian Kritik

Pada sasarnya kritik seni merupakan kegiatan menanggapi karya seni. Perbedaanya hanya fokus dari kritik seni yang lebih bertujuan untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu seni (lebih dalam) untuk menunjukkan kualitas dari sebuah karya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri, Dan Jenis Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Bryophyta) Beserta Contohnya Lengkap


  • Meningkatkan kualitas pemahaman dan apresiasi
  • Meningkatkan kuallitas proses dan hasil karya
  • Mempengaruhi ekonomis atau nilai harga dari karya seni

Fungsi Utama Kritik

  • Menjembatani presepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya antara pencipta dan perupa serta penikmat seni.
  • Bagi perupa : Mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman serta memperbaiki kekurangan pada karya
  • Bagi apresiator dan penikmat : membantu memahami dan menigkatkan pengetahuan dan wawasan tentang seni.

Jenis Kritik

Kritik popular Atau Seni

Hanya pengenalan atau publikasi karya sebagai konsumsi massa atau umum sehingga tidak menekan unsur dan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam.


Kritik Keilmuwan atau Akademik

Untuk menilai atau menaggapi karya. Umumnya disampaikan oleh kritikus yang teruji, mengikuti kaidah atau metodologi kritik secara akademis dan dijadikan sebagai referensi bagi para kolektor atau kurator institusi seperti museum dan galeri yang melelang karya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tumbuhan Paku


Kritik Pendidikan

 untuk mengangkat atau meningkatkan kepekaan artistik serta estetika subjek belajar seni. Umum digunakan di lembaga pendidikan teruta untuk meningkatkan kualitas karya seni yang dihasilkan peserta didiknya di sekolah dalam penyelenggaraan mata pelajaran senibudaya.


Kritik Jurnalistik

Hasil tanggapan dipublikasikan secara terbuka di media massa khususnya surat kabar dan sangat cepat mempengaruhi presepsi masyarakat.

Berdasarkan titik tolok atau landasan yaitu : Kritik formalistik (berdasarkan unsur fisi rupa), ekspresivistik (kualitas gagasan, perasaan, kesesuaian antara judul, tema, isi dan visualisasi objek rupa) dan instrumentalistik (berdarkan tujuan moral, religius, politik atau psikologi dan disesuiakan dengan jenis dan tujuan pembuatan karya).


Tahapan Kritik

  • Mendeksripsikan

menemukan, mencatat atau mendeskripsi segala sesuatu yang dilihat apa adanya dan tidak berusaha mengambil kesimpulan sehingga harus mengetahui istilah teknis yang umum digunakan.


  • Menganalisis atau analisis formal

menganalisis berdasarkan struktur seni

  • Menafsirkan atau interpretasi

menafsirkan makna meliputi tema, simbol dan masalah yang dikedepankan, sangat dipengaruhi oleh sudut pandang dan wawasan.

  • Menilai


Kritik merupakan celaan atau kecaman atau suatu keadaan perilaku atau yang kita anggap menyimpang dan tidak benar. Misalnya kondisi jalan yang selalu macet. Oleh karena itu kita mengkritiknya sebagai kecaman atas ketidak disiplinan para pengguna jalan. Kritik dapat pula bermakna tanggapan atau pertimbangan atas baik atau buruknya suatu karya.


Cotohnya seperti puisi, cerpen atau pementasan drama. Kritik jenis ini biasanya disertai dengan analisis dan kesimpulan. Dalam mengkritik sesuatu perlunya mengetahui cara-caranya agar kritik tersebut berkualitas tidak semata-mata karna kebencian dan tidak melenceng dari pembahasan, untuk mengetahui cara-cara mengkritik yang berkualitas baik dan sopan mari kita lihat ulasan seperti berikut ini.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Tumbuhan Berkembangbiak Dengan Spora


Cara Mengkritik Yang Berkualiatas

  • Kritik disampaikan untuk memperbaiki pendapat atau perilaku seseorang dan bukan didasarkan atas kebencian terhadap orangnya.
  • Sertakan alasan dan bukti-bukti yang kuat serta menyakinkan sehingga orang itu menyadari kesalahannya.

  • Berbicaralah dengan efektif, inti permasalahan harus bisa ditangkap dengan mudah oleh orang yang kita kritik.
  • Pilihlah kata-kata yang tidak menyinggung perasaan, jadi carilah kata-kata yang sopan dan bijaksana tetapi tetap tidak mengurangi ensensi kritiknya.

Contoh Tanggapan Kritik

Contoh tanggapan kritik dengan menggunakan cara-cara yang benar. Masalah kemacetan di kota Jakarta memang sudah berlangsung lama, akan tetapi upaya pemerintah untuk mengatasinya kiranya tidak ada. Buktinya dari hari ke hari tetap saja keadaannya demikian.


Padahal kalau pemerintah benar-benar mempunyai kepedulian, masalah tersebut dapat diatasi dengan bercermin pada pengalaman di negara lain yang telah berhasil mengatasi masalah yang serupa.


Bukti Dari Contoh Tanggapan Kritik

Untuk bukti dari contoh tanggapan kritik dapat menggunakan cara-cara yang benar yaitu :

  • Masalah Yang Dikritik
    Ketidak pedulian pemerintah ialah mengatasi kemacetan lalu lintas.
  • Alasan
    Masalah kemacetan sudah berlangsung lama, tetapi tidak ada upaya pemerintah untuk mengatasinya.
  • Solusi
    Pemerintah harus mempunyai kepedulian dengan bercermin pada pengalaman di negara lain.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Dan Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Beserta Contohnya Secara Lengkap