Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Pemasaran

Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli- Pemasaran adalah proses mempersiapkan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia memuaskan dan keinginan.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia. Sebagai contoh, seorang manusia membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan haus. Jika ada segelas air kebutuhan haus akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan mereka, tetapi juga ingin memenuhi keinginannya adalah misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Pria itu kemudian memilih sebotol Aqua dibutuhkan oleh rasa haus dan keinginan yang juga mudah dibawa.

Proses pemenuhan kebutuhan manusia dan keinginan yang konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dalam pemasaran disebut pemasar. Pemasar harus memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia, terutama konsumen dimaksudkan.

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Pengertian pemasaran menurut para ahli

  • Kotler & Amstrong

Pemasaran adalah proses manajerial orang dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk yang ditawarkan dan nilai produk mereka kepada orang lain.

  • Philp Kotler

Sebuah aktivitas manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

  • Philip & Duncan

Pemasaran adalah sesuatu yang terdiri dari semua langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibeli dan dijual kepada pembeli atau konsumen.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008

Pemasaran adalah proses; cara; bekerja di pemasaran barang dagangan; subyek tenganh tersebar di masyarakat luas.

  • Menurut W. Y. Stanton

Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktual dan potensial.

  • Menurut Wikipedia

Pemasaran adalah proses mempersiapkan komunikasi terpadu dan bertujuan untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang dibeli dan dijual terkait untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya memiliki tujuan pemasaran, yaitu:

  1. Potensi konsumen untuk mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk kami.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari deskripsi produk, desain produk, promosi produk, iklan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk untuk mencapai tangan konsumen dengan cepat.
  3. Mengenal dan memahami pelanggan sehingga produk ini cocok dan dapat dijual dengan sendirinya.

Secara umum, kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti berikut:

  1. Faktor mikro, yaitu pemasaran perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi / ekonomi, politik / hukum, teknologi / fisik dan sosial / budaya.

Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan untuk pemasaran: Dari perspektif penjual:

  1. Sebuah tempat yang strategis
  2. Kualitas produk
  3. Harga yang kompetitif
  4. Sebuah promosi yang gencar

Dari sudut pandang konsumen:

  1. Kebutuhan konsumen dan keinginan
  2. Biaya konsumen
  3. Kenyamanan
  4. Komunikasi

Dari apa yang telah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus operasi dan perencanaan perusahaan. Pemasaran yang berkelanjutan harus koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi dalam upaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan cara untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian desain besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Jadi dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan untuk pembangunan melalui strategi pemasaran. Karena kondisi kritis dari kecillah bisnis mampu memberikan pertumbuhan pendapatan. https://id.wikipedia.org/

Tujuan Pemasaran

Tujuan dari pemasaran adalah untuk menarik perhatian dan membuat bunga. Pemasaran dapat menciptakan citra merek, untuk mengubah citra itu dan membuat orang tertarik pada apa yang Anda jual. Pemasaran produk atau jasa belum pernah dilakukan terutama dengan billboard dan iklan cetak dan sekarang umumnya dilakukan secara online dan melalui media sosial. Upaya pemasaran, pendekatan dan pesan terus tumbuh. Sebaliknya mengubah produk Anda untuk bersaing dengan perubahan zaman dan selera, Anda dapat mengubah pemasaran Anda untuk membuat produk tampak seolah-olah tidak ada. http://www.al-ihsan.com/

Demikian Penjelasan TentangĀ Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€