Pengertian Newsgroup – Ketegori, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, Kelemahan, Cara Kerja

Diposting pada

Pengertian Newsgroup – Ketegori, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, Kelemahan, Cara Kerja : Newsgroup ialah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet “sistem diskusi internet yang tersebar” untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan.


Newsgroup

Pengertian Newsgroup

Newsgroup ialah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet “sistem diskusi internet yang tersebar” untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Jaringan Komputer Beserta Fungsi Dan Macamnya


Atau definisi dari Newsgroup yang lain ialah suatu aplikasi di internet yang dipakai untuk saling berkomunikasi satu sama lain didalam sebuah forum. Biasanya anggota newsgroup memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama untuk membahas tema atau topik tertentu.


Newsgroup dapat dianggap juga sebagai bulletin board yang dimana setiap orang bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung didalam kelompok tersebut.


Ketegori Pengelompokan Pada Newsgroup

Kategori yang paling dikenal pada news group ialah:

  • comp.* = diskusi dengan topik yang ada berhubungan dengan komputer.
  • news.* = diskusi yang digunakan speutar usenet.
  • sc i.* = diskusi yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec.* = diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi “misalnya seperti game dan hobi”.

  • soc.* = diskusi tentang topik sosial.
  • talk.* = diskusi mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan misalnya seperti polotik.
  • misc.* = diskusi untuk topik yang beragam yang tidak termasuk kedalam kategori diatas.
  • humanities.* = digunakan untuk diskusi dengan topik yang berkaitan dengan filsafat, literatur dan sebagainya.

Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Tujuan dari pengaturan pengelompokan ini yakni untuk mempermudah pengaturan serta untuk mempermudah penyimpanan berita. Terdapat banyak kategori yang ada. Tapi yang paling umumnya ada 8 kategori atau yang dikenal dengan sebutan sebagai The Big 8.


Selain The Big 8 masih terdapat banyak kategori di newsgroup yang mulai bermuculan. Tapi penggunaan kategori lain memang tak sebesar the big 8. Kategori yang lain tersebut diantaranya seperti de.* ( Newsgroup Jerman ), uk.* ( Newsgroup United Kingdom ), fr.* ( Newsgroup Perancis ), cn.* ( Newsgroup China ) dan sebagainya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer, Aplikasi, Pengolah Angka Dan Data


Fungsi Newsgroup

Yaitu untuk membantu mengelompokkan berita-berita yang sangat berguna bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi pesan maupun berita dalam newsgroup. Sehingga berita maupun pesan ini dapat diakses oleh anggota ataupun pengguna newsgroup dalam satu server tersebut dengan sangat mudah.

Sejarah Newsgroup

Sejarah newsgroup khususnya mengenai pengelompokan atau kategori bermula saat awal penggunaan newsgroup ini seluruh berita masuk ke dalam sebuah kategori yang dinaman “net.*” yang isinya berbagai macam jenis berita.


Lalu kemudian sekitar pada tahun 1986-1987 terjadilah sebuah penamaan/pengelompokan secara detail untuk memudahkan dalam memilih jenis berita. Dalam pengelompokan ini menciptakan 7 “tujuh” kategori yang diberinama “The Big 7” ( diantaranya: comp.* news.*, sci.*, soc.*, rec.*, talk.* dan misc.* ).


The Big 7 ini dijalankan oleh sebuah kelompok ataupun komunitas yang diberi bernama “Usenet”. Lalu dalam perkembangannya ada berbagai topik semacam resep, obat-obatan dan juga seks yang ternyata tidak diperbolehkan masukkan kedalam kelompok The Big 7, maka sebagai jalan pemecahan masalahnya dibuatlah sebuah kategori baru yang diberi nama “alt.*”.


Dan pada tahun 1995 dibuatlah sebuah pengelompokan baru yang diberi nama “humanities.*” yang berisi berita ataupun bahasan mengenai literatur, humaniora, filsafat dan lain-lain. Dan seiring perkembangnya “humanities.*” semakin populer serta banyak digunakan. Lalu pada akhirnya “humanities.*” masuk dalam kategori The Big 7 lalu disebut dengan “The Big 8”.


Cara Kerja Newsgroup

Memang agak mirip dengan forum diskusi, tetapi pemakaiannya ditujukan khusus untuk para anggotannya saja atau para pelanggannya. Sebuah instansi ataupun perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server tersendiri yang dikhususkan untuk menampung newsgroup mereka.


Dapat juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan lain, lalu ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada pengguna yang lain.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 13 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Beserta Komponennya Lengkap


Cara Menggunakan Newsgroup

Cara Akses ke Newsgroup

  1. Pilih Options – Mail and News Preference – Server
  2. Pastikan di News (NNTP) server adalah news.indo.net.id
  3. Pilih Windows – Netscape News.
  4. Pada waktu pertama kali anda akses ke Newsgroups, anda akan masuk ke news.indo.net.id. Bila anda ingin melihat semua news group yang tersedia, klik Options – Show All Newsgroups

  5. Anda bisa mendaftar pada news yang anda sukai dengan cara memberi tanda check di dalam kotak Subscribe Check yang ada di samping nama newsgroup.
  6. bila anda tahu alamat News group yang diinginkan, anda dapat mengetiknya di kolom location, lalu masuk ke File – Add Newsgroup.

  7. Bila anda ingin melihat hanya newsgroups dimana anda terdaftar, maka pilih Options – pilih Shows Subscribe Newsgroups dan Show Active Newsgroups.
  8. Active Newsgroup mengandung artikel-artikel baru dimana anda terdaftar.
  9. kemudian pilih artikel yang ingin anda baca.

Cara Daftar Newsgroup

Untuk membaca dan mengirim pesan ke grup Berita, Anda harus mengatur account berita. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Pada Tools menu, klik account.
  2. Klik Tambah, dan kemudian klik Berita.
  3. Ketik informasi yang diperlukan dari penyedia layanan Internet.

Berlangganan ke newsgroup Internet di Outlook Express, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada Microsoft Outlook Express, klik menu buka Berita . Jika Anda belum sudah berlangganan ke newsgroup apa pun, Anda diminta untuk melihat daftar newsgroup.Jika Berita tidak muncul di menu buka di Outlook Express, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Pada menu tampilan , klik Toolbar, dan kemudian klik Ubah.
    2. Klik tab perintah .
    3. Dalam daftar kategori , klik Lanjutkan.
    4. Dalam daftar perintah , klik Berita, dan kemudian seret Berita buka menu.
    5. Apabila Daftar perintah pada menu buka ditampilkan, seret Berita ke mana Anda ingin perintah ditampilkan.

  1. Pada menu alat , klik grup Berita.
  2. Dalam daftar Grup Berita, klik grup Berita, dan kemudian klik berlangganan. Untuk mencari grup berita tertentu, ketik kata atau bagian dari nama newsgroup Tampilan newsgroup yang berisi kotak.

Di Outlook Express 4, grup berita yang Anda sudah memiliki berlangganan ditunjukkan oleh Surat Kabar ikon di sebelah kiri dari nama newsgroup.
Di Outlook Express 5, grup berita yang Anda sudah memiliki berlangganan ditunjukkan oleh ikon di sebelah kiri newsgroup nama berkas, kertas dan pushpin.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Catatan Kaki” Pengertian & ( Fungsi – Cara Menulis – Contoh )


Berlangganan dari grup Berita Internet di Outlook Express, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada tab langganan , klik grup berita yang ingin tidak lagi berlangganan, dan kemudian klik berhenti berlangganan.
  2. Klik ok

Kelebihan Dan Kelemahan Newsgroup

Newsgroup memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  • Berita tidak dikirimkan ke komputer anda, tetapi berada dalam server sehingga ketika anda membaca berita-berita newsgroup, kotak e-mail anda tidak dipenuhi berita bila diskusi menghangat.
  • Anda tidak harus menghentikan kiriman berita bila anda akan keluar kota atau tidak dapat memantau e-mail anda selama seminggu atau bahkan lebih.

Kelemahan dari newsgroup, yaitu :

  • Sebagian besar sistem usenet tidak menyimpan arsip berita masuk sehingga anda hanya dapat mengikuti diskusi yang sedang berjalan.
  • Tidak semua orang yang punya hubungan dengan internet dapat dengan mudah mengunjungi newsgroup.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 45 Istilah Internet Beserta Pengertian Internet