“Perilaku Konsumen” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri – Macam )

Posted on

“Perilaku Konsumen” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri – Macam )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai perilaku konsumen yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, ciri dan macam, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Perilaku Konsumen Secara Umum

Perilaku konsumen ialah proses yang dilalui oleh seorang atau organisasi dalam mencari, membeli, memakai, mengevaluasi dan membuang produk ataupun jasa setelah dikunsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.

Atau definisi perilaku konsumen yang lainnya yakni proses dan aktifitas saat seseorang atau organisasi berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pemakaian dan pengevalusian produk atau jasa demi memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Perilaku konsumen merupakan berbagai hal-hal yang mendasari konsuemn untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa.

Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahp diantaranya tahap sebelum pembelian, dan tahap setelah pembelian barang atau jasa. Pada tahap sebelum pembelian konsumen biasanya melakukan pencarian informasi mengenai produk dan jasa tersebut.

Lalu pada tahap pembelian, konsumen melakukan pembelian produk ata jasa, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen akan melakukan konsumsi atau penggunaan produk, evaluasi kinerja produk atau jasa tersebut dan pada akhirnya akan membuang produk atau jasa tersebut setelah digunakannya.

Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Adapun pengertian perilaku konsumen menurut para ahlu diantaranya yaitu:

  • Menurut Schiffman Dan Kanuk “2000”
    Ialah proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
  • Menurut Schiffman & Kanuk
    Ialah studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia & dimiliki “waktu, uang & usaha” untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
  • Menurut John C. Mowen & Michael Minor
    Perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian “buying unit” & proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk, jasa dan pengalaman serta ide-ide.

Konsumen dapat merupakan seorang individu maupun suatu organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer. payer atau user.

loading...

Ciri-Ciri Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi dua yakni perilaku konsumen yang bersifat rasional dan bersifat irasional, berikut ini ciri-cirinya:

Ciri-Ciri Perilaku Konsumen Yang Bersifat Rasional

  • Konsumen memilih barang yang berdasarkan dengan kebutuhannya.
  • Barang yang dipilih oleh konsumen memberikan manfaat atau kegunaan yang optimal bagi konsumen.
  • Konsumen memilih barang yang kualitasnnya terjamin.
  • Konsumen memilih barang yang harganya sesuai kemampuan atau daya belinya.

Ciri-Ciri Perilaku Konsumen Yang Bersifat Irasional

  • Konsumen cepat tertarik dengan iklan ataupun promosi dimedia cetak maupun media elektronik.
  • Konsumen memiliki barang-barang bermerek yang sudah terkenal atau dikenal luas.
  • Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhannya melainkan karena gengsi atau prestise.

Pendekatan Perilaku Konsumen, Diantaranya Ada Dua Macam

Adapun pendekatan perilaku konsumen, diantaranya ada dua macam yaitu:

Perilaku Kardinal

Yang merupakan kepuasan individu atau seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan. Setiap menambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu.

Semakin banyak atau semakin besar jumlah barang yang dapat dikonsumsi maka semakin tinggi pula tingkat kepuasannya, konsumen ini akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada tingkat pendapatan yang dia dimiliki. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada konsumen yang bersangkutan. Konsumen ini dapat mencapai kepuasan yang maksimum jika dalam membelanjakan pendapatannya mencapai kepuasan yang sama pada berbagai barang.

Perilaku Ordinal

Dalam pendekatan ini daya guna suatu produk atau jasa tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui saja dan konsumen mampu membuat urutan tinggi-rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok produk atau jasa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Perilaku Konsumen” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri – Macam ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: