Pengertian Mekanisme Pasar Dalam Ekonomi

Posted on

Pengertian Mekanisme Pasar.

Pengertian Mekanisme Pasar Dalam Ekonomi – Mekanisme pasar iyalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya sebuah perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta).

mekanisme pasar
mekanisme pasar

Beberapa Kebaikan atau keuntungan Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi dengan cukup efisien dan dapat mendorong perkembangan Ekonomi yang disebabkan karena adanya Kebaikan dalam Mekanisme Pasar, kebaikan pada Mekanisme pasar tersebut adalah:

  1. Pasar Dapat Memberi Imformasi Yang lebih Tepat.
    Pasar dapat memberi imformasi yang sangat berguna yaitu, dengan memberikan keterangan tentang harga barang dan samapai dimana besarnya permintaan kepada barang produksinya.
  2. Mengembangkan Kegiatan Usaha.
    Keadaan pasar yang selalu berubah, mengalami pertambahan pendapatan , kemajuan teknologi serta pertambangan penduduk akan mengembangkan permintaan produksi , hal ini akan menambah produksi serta meningkatkan kegiatan ekonomi.
  3. Memperoleh Keahlian Modern.
    Untuk memperoleh hasil yang maksimal  teknologi modern haruslah digunakan,  kemahiran teknik serta manajemen yang modern diperlukan.
  4. Produksi Secara efisien serta efisien.
    Dengan ditentukannya permintaan barang serta kelangkaannya akan besar juga harganya , ditambah lagi dengan kelangkaan pada barang .
    artinya harga faktor-faktor produksi yang berbeda , yang akan menentukan dasarnya permintaan dan ketersedianya akan menyebabkan pengusaha berusaha untuk menggunakannya secara efisien.
  5. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi.
    mempunyai kebebasan yang penuh untuk memilih jenis barang-barang yang akan diproduksinya serta jenis-jenis faktor produksi yang akan digunakan untuk menghasilkan barang-barang produksinya tersebut untuk mendapatkan pembayaran yang lebih mengguntungkan.

Kelemahan Dalam Mekanisme Pasar.

www.gurupendidikan.com/ Sistem mekanisme pasar juga mendopat kritik, kritik yang sering dikemukakan adalah:

  1. Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu:
    Persaingan yang sangat bebas menyebabkan golongan yang kuat akan menjadi lebih kuat lagi, artinya golongan mayoritas menidas golongan minoritas.
  2. Kegiatan Ekonomi Sangat Tidak Stabil Keadannya.
    Mekanisme pasar yang bebas menyebabkan perekonomian selalu mengalami kegiatan naik dan turun yang sangat tidak teratur.
  3. Sistem Pasar Dapat Menimbulkan Monopoli.
    Tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan suatu sistem pasar persaingan sempurna dimana harga dan jumlah barang yang diperjual belikan ditentukan oleh permintaan pembeli serta penawaran penjual yang banyak jumlahnya.
  4. Mekanisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
    Jasa-jasa seperti jalan raya untuk mempertinggi efisiensi lalu lintas , angakatan bersenjata dan polisi untuk keamanan serta ketertiban , serta rumah sakit untuk penyedian jasa kesehatan yang murah itu tidak dapat dilakukan oleh mekanisme pasar secara efisien , untuk dapat menyediakan jasa di atas diperlukan campur tangan pemerintahan.
  5. Kegiatan konsumen dan produsen mungkin menimbulkan “eksternalitas” yang Merugikan.
    eksternalitas adalah efek samping(buruk atau baik).
    eksternalitas yang buruk itu seperti merugikan lingkungan atau sekitarnya untuk mendapat keuntungan yang lebih untuk dirinya sendiri.
    Eksternalitas yang baik itu menguntungkan lingkungannya namun masih mendapat keuntungan.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Mekanisme Pasar Dalam Ekonomi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

loading...

No ratings yet.

Please rate this