Pengertian Valuta Asing – Latar Belakang, Mekanisme, Karakteristik, Transaksi, Pemain Pasar, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Valuta Asing – Latar Belakang, Mekanisme, Karakteristik, Transaksi, Pemain Pasar, Para Ahli : Pasar valuta asing atau valas adalah jenis perdagangan (transaksi) yang memperdagangkan mata uang sebuah negara terhadap mata uang negara lainnya.


Pengertian Valuta Asing

Pasar valuta asing atau valas adalah jenis perdagangan (transaksi) yang memperdagangkan mata uang sebuah negara terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang) yang mengikutkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Syarat, Fungsi, Dan Jenis Uang Beserta Sejarahnya Secara Lengkap


Pergerakan pasar vakulta asing berputar mulai dari pasar Selandia Baru dan Australia yang berlangsung pukul 05.00-14.00 WIB, terus ke pasar asing ialah Jepang, Hongkong, serta Singapura yang berlangsung pukul 07.00-16.00 WIB, ke pasar Eropa yaitu Jerman serta Inggris yang berlangsung pukul 13.00-22.00 WIB, sampai ke pasar Amerika Serikat yang berlangsung pukul 20.30-10.30 WIB.


Dalam perkembangan sejarahnya, bank sentral pemilik negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang terbesar sekalipun dapat dikalahkan oleh kekuatan pasar valuta asing yang bebas.


Latar Belakang dan Perkembangan

Setelah perang dunia I dan setelah depresi ekonomi dunia pada tahun 1930-an, dunia menginginkan tercpainya suatu stabilitas ekonomi yang lebih baik. Pada tahun 1944 lahirlah suatu sistem moneter Internasional yang dikenal dengan nilai tukar tetap (fixed ekchange rate) hasil persetujuan Bretton woods.


Setiap Negara memberlakukan kurs yang tetap darimata uangnya terhadap US. Sejak saat itui ekonomi  negara-negara Eropa serta Amerika mulai tumbuh pesat. Lebih dari itu lahirnya pasar Euro Dollar dan Asia Currency Unit adalah untuk mengimbangi peredaran US Dollar yang semakin banyak jumlahnya.


Pentingnya aktivitas dalam foreign exchange timbul sehubungan dengan berkembangnya perdagangan internasional serta semakin meningkatnya perpindahan uang dan capital international. Dari sini bisa dilihat bahwa foreign exchange bukan sebatas money change tetapi lebih luas dari itu. Oleh karena itu,dapat dikatakan bahwa pasar  valuta asing adalah suatu pasar di mana surat-surat berharga jangka pendek diperdagangkan.


Dan dalam perkembangannya uang berkembang menjadi komoditas yang bisa di perdagangkan. Pasar valuta asing sendiri mengalami pertumbuhan yang pesat pada awal dekade 70’an. Adapun yang menyebabkan pasar valuta asing bertumbuh dengan pesat antara lain adalah:


  1. Pergerakan nilai valuta asing yang mengalami pergerakan cukup signifikan sehingga menarik bagi beberapa kalangan tertentu untuk berkecimpung di dalam pasar valuta asing.
  2. Bisnis yang semakin mengglobal. Dengan semakin sengitnya persaingan bisnis membuat perusahaan harus mencari sumber daya baru yang lebih murah, dan tersebar di seluruh dunia sehingga menimbulkan permintaan akan mata uang suatu negara tertentu.

  3. Perkembangan telekomunikasi yang begitu cepat dengan adanya sarana telepon, telex, faaximile,  internet maka memudahkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi sehingga transaksi lebih mudah di lakukan.
  4. Keuntungan yang di peroleh di pasar valuta yang cenderung besar meningkatakan keinginan berbagai pihak berusaha memperoleh gain dari pergerakan valuta asing.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kebijakan Moneter Bank Sentral Untuk Mengatasi Inflasi Beserta Tujuannya


Pengertian Pasar Valuta Asing Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi pasar valuta asing dari sudut pandang para ahli :

  • Menurut hamdy Hadi (1997 : 15),

valuta asing merupakan sebuah mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran untuk membuayai transaksi ekonomi keuangan internasioal serta memiliki catatan kurs remi pada bank sentral.


  • Menurut survei BIS

(Bank International for Settlement, bank sentral dunia), yang telah dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi pasar valuta asing mencapai lebih dari USD$1,4 triliun per harinya.

Dengan tingkat likuiditas serta percepatan pergerakan harga yang sangat tinggi itu, valuta asing juga sudah menjadi alternatif yang populer sebab ROI (return on investmen atau tingkat pembelian investasi) dan laba yang akan diperoleh dapat melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya. Akibat pergerakan yang cepat tersebut, meka pasar valuta asing juga mempunyai resiko yang tinggi.


Definisi Valuta Asing

Mekanisme Kerja Pasar Valuta Asing

Di bursa valas ini orang dapat membeli ataupun menjual mata uang yang diperdagangkan. Secara obyektif adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan dari posisi transaksi yang dilakukan.

Di Bursa valas dikenal istilah Lot dan Pip. 1 Lot nilainya adalah $1000 dan 1 pip nilainya adalah $10. Sedangkan nilai dolar di bursa valas berbeda dengan nilai dolar yang kita kenal di bank-bank. Nilai dolar di bursa valas sangat bervariasi, yaitu 6000/8000 dan 10.000 rupiah.


Transaksi di valuta asing dapat dilakukan dengan cara dua arah dalam mengambil keuntungannya. Seseorang dapat membeli dahulu (open buy), lalu ditutup dengan menjual (sell) ataupun sebaliknya, melakukan penjualan dahulu, lalu ditutup dengan membeli.


Pergerakan pasar valuta asing berputar mulai dari pasar Selandia Baru dan Australia yang berlangsung pukul 05.00–14.00 WIB, terus ke pasar Asia yaitu Jepang, Singapura, dan Hongkong yang berlangsung pukul 07.00–16.00 WIB, ke pasar Eropa yaitu Jerman dan Inggris yang berlangsung pukul 13.00–22.00 WIB, sampai ke pasar Amerika Serikat yang berlangsung pukul 20.30–10.30 WIB. Dalam perkembangan sejarahnya, bank sentral milik negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang terbesar sekalipun dapat dikalahkan oleh kekuatan pasar valuta asing yang bebas.


Menurut survei BIS (Bank International for Settlement, bank sentral dunia), yang dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi pasar valuta asing mencapai lebih dari USD$1,4 triliun per harinya. Mengingat tingkat likuiditas dan percepatan pergerakan harga yang tinggi tersebut, valuta asing juga telah menjadi alternatif yang paling populer karena ROI (return on investmentatau tingkat pengembalian investasi) serta laba yang akan didapat bisa melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya. Akibat pergerakan yang cepat tersebut, maka pasar valuta asing juga memiliki risiko yang tinggi. Karena hal inilah wajar ketika tahun 1997 terjadikrisis keungan di Negara di Asia begitpuntahun 1991 diAmerika


Dalam pasar valas, tidak ada keseragaman. Dengan adanya transaksi diluar bursa perdagangan (over the counter) sebagai pasar tradisional dari perdagangan valuta asing, banyak sekali pasar valuta asing yang saling berhubungan satu sama lainnya dimana mata uang yang berbeda diperdagangkan, sehingga secara tidak langsung artinya bahwa “tidak ada kurs tunggal mata uang dollar melainkan kurs yang berbeda-beda tergantung pada bank mana atau pelaku pasar mana yang bertransaksi”. Namun dalam prakteknya perbedaan tersebut seringkali sangat tipis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Bank Menurut Para Ahli


Karakteristik Perdagangan Valuta Asing

Tidak ada sebuah keseragaman dalam pasar valuta asing. Dengan adanya sebuah transaksi di luar bursa perdagangan (over the counter) sebagai pasar yang tradisional dari perdagangan valuta asing, banyak pasar valuta asing yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dimana mata uang yang bebeda diperdagangkan, maka secara tidak langsung “tidak ada kurs tunggal mata uang dollar melainkan kurs yang berbeda-beda tergantung bank mana atau perlu pasar mana yang bertransaksi”. Tetapi dalam praktiknya perbedaan itu seringkali sangat tipis.


Pusat pardagangan utama ialah New York, London, Singapura serta Tokyo tetapi bank-bank diseluruh dunia menjadi pesertanya. Perdagangan valuta asing terjadi dengan sepanjang hari. Jika pasar Asia berakhir maka pasar Eropa mulai dibka serta pada saat pasar Eropa berakhir maka pasar Amerika dimulai serta kembali lagi ke pasar Asia, terkecuali di akhir pekan.


Hampir tidak ada “perdagangan orang dalam” atau informasi “orang dalam” (Insider tranding) yang terjadi dalam pasar valuta asing. Fluktuasi kurs nilai tukar mata uang umumnya disebabkan oelh gejolak aktual moneter sebagaimana juga halnya dengan ekspektasi pasar terhadap gejolak moneter yang diakibatkan perubahan dalam pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB?GDP), suku bunga, inflasi, defisit perdagangan dan rancangan anggaran atau surplus perdagangan, akuisisi, kondisi makro ekonomi serta penggabungan ekonomi lainnya.


Berita utama sering dimunculkan kepada umum, sehingga banyak orang bisa mengakses berita itu pada saat bersamaan. tetapi bank yang besar mempunyai nilai lebih yang penting yaitu mereka bisa melihat arus pergerakan “pesanan” mara uang dari nasabahnya.


Mata uang yang diperdagangkan satu dengan yang lainnya serta setiap pasangan mata uang adalah produk terdiri seperti contohnya EUR?USD, GBP/USD, USD/JPY serta lainnya. Faktor pada salah satu mata uang misalnya USD akan mempengaruhi nilai pasar pada USD/JPY serta GBP/USD, hal ini merupakan koreksi antara USD/JPY serta GBP/USD.


Pada pasar spot, menurut penelitian yang telah dilakukan tehadap bank for Internasional Settlement (BIS), produk yang sering diperdagangkan ialah:

  1. EUR/USD – 28 %
  2. USD/JPY – 18 %
  3. GBP/USD (also called sterling or cable) – 14 %

Dan mata uang US dollar “terlibat” dalam 89% dari transaksi yang dilakukan, kemudian diikuti oleh mata uang Euro (37%), Yen (20%) dan Pound Sterling (17%).


Meskipun perdagangan dalam ata uang Euro meningkat dengan cepat sejak mata uang tersebut diterbitkan pada january 1999, US dollar masih masih mendominasi pasar valuta asing. Contohnya dalam perdagangan antara Euro dan mata uang non Eropa (XXX), biasanya tetap melibatkan pasangan mata uang yang secara tetap diperdagangkan di pasar spot antar bank.


Pemain pasar valuta asing

  1. Bank
  2. Dunia usaha
  3. Bank sentral
  4. Perusahaan manajemen investasi
  5. Hedge funds
  6. Pialang valuta asing

Proses transaksi

Pada burssa valas (valuta asing) ini orang bisa membeli ataupun menjual mata uang yang diperdagangkan. Dengan objektif ialah sebagai pendapatan profit atau keuntungan dari posisi transaksi yang telah dilakukan. Pada bursa valas dikenal dengan istilah Lot Pip. 1 Lot nilainya ialah $100.000 dan 1 pip nilainya ialah $10.


Sedangkan nilai dollar dari bursa valas berbeda dengan nilai dollar yang kita kenal pada bank-bank. Nilai dollar di bursa valas begitu bervariasi, 6000/8000 serta 10.000 rupiah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Fungsi Dan Syarat Uang Dalam Ilmu Ekonomi