Pengertian Cagar Alam Dan Suaka Margasatwa Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Cagar Alam Dan Suaka Margasatwa Beserta Contohnya– Sebagai bagian dari kawasan konservasi (Cagar Alam), kegiatan wisata atau kegiatan lainnya yang bersifat komersial, tidak harus dilakukan di daerah cagar alam. Serta kawasan lindung lainnya, cagar alam yang diperlukan untuk masuk SIMAKSI (Ijin Masuk Kawasan Konservasi). SIMAKSI dapat diperoleh di kantor Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Pengertian Cagar Alam

Cagar alam adalah cagar alam karena keadaan alamnya memiliki tanaman tertentu, hewan, dan ekosistem atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya terjadi secara alami. Contoh daerah yang digunakan sebagai cagar alam di Indonesia adalah Cagar Alam Pananjung Pangandaran di Jawa Barat, Barat dan reklamasi Cagar Alam Cagar Alam Nusakambangan Timur di Jawa Tengah.

Suaka Margasatwa

Suaka Margasatwa (suaka: perlindungan; Marga: turunannya; hewan: hewan) adalah cagar alam hutan yang ditunjuk sebagai habitat satwa liar yang memiliki nilai khas untuk ilmu pengetahuan dan budaya serta kekayaan dan kebanggaan nasional.

Pelestarian dapat dilakukan dengan sengaja atau secara alami untuk mempertahankan kelangsungan hidup tanaman. Keberadaan taman nasional dan cagar alam untuk media dan sarana untuk pelestarian dan perlindungan flora dan fauna di Indonesia. Melalui upaya konservasi diharapkan keberadaan flora dan fauna yang disimpan di ambang kepunahan sehingga pelestarian keanekaragaman hayati flora dan fauna Indonesia dipertahankan di masa depan.

Pengertian cagar alam beserta contohnya
Pengertian cagar alam beserta contohnya

Daftar cagar alam di Indonesia

Di Indonesia, secara garis besar cagar alam dibagi di Daratan Nature Reserve, baik di darat dan perairan pedalaman (sering disebut sebagai “cagar alam itu sendiri”), Cagar Alam Laut, dan Cagar Biosfer. Di pulau Jawa, hanya untuk menemukan Cagar Alam dan Cagar Alam Laut

loading...

Hingga tahun 2008, di Indonesia setidaknya 237 lokasi telah ditunjuk cagar alam, baik tanah dan air, dengan luas total mencapai 4,730,704.04 hektar. Cagar alam yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Contoh Cagar Alam

  • Lampung

Cagar Alam Laut PULAU ANAK KRAKATAU; Lampung Selatan, Lampung, 13.735,10 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 85/Kpts-II/1990, 7 November 1990.

  • Sumatera Selatan

Cagar Alam BUNGAN MASKIKIM; Lahat, Sumatera Selatan, 1,00 ha, GB No. 83/1919 Staatsblad 392, 19 Juli 1919.

  • Yogyakarta

CA TELUK BARON; Gunung Kidul, 2,00 ha, GB 379/321/16, 24 Maret 1933.

  • Jakarta

CA PULAU BOKOR; Jakarta Utara, 18,00 ha, GB No. 60/1921 Staatsblad 683, 16 November 1921.

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Cagar Alam Dan Suaka Margasatwa Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€


No ratings yet.

Please rate this