√12+ Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Penjelasan, dan Gambar Lengkap

gurupendidikan.com – Anatomi tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. Dalam bahasa ilmiah ilmu ini disebut juga dengan antropotomi. Anatomi tubuh manusia tersusun atas sel, jaringan, organ, dan sistem organ.

Sistem organ terdiri dari berbagai jenis organ yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Organ-organ tersebut memiliki fungsi masing-masing namun saling tergantung satu sama lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut ini sistem organ yang menyusun tubuh manusia.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia dan Fungsinya

1. Sistem rangka

Anatomi Tubuh Manusia

Sistem rangka manusia tersusun dari 206 tulang yang dihubungkan oleh tendon, ligamen, dan tulang rawan.

Tulang-tulang yang menyusun kerangka manusia adalah:

  • Tulang kepala: 8 buah
  • Tulang kerangka dada: 25 buah
  • Tulang wajah: 14 buah
  • Tulang belakang dan pinggul: 26 buah
  • Tulang telinga dalam: 6 buah
  • Tulang lengan: 64 buah
  • Tulang lidah: 1 buah Tulang kaki: 62 buah

Kerangka manusia memiliki peran penting seperti:

  • Menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh
  • Melindungi alat tubuh yang halus seperti otak, jantung, dan paru-paru
  • Tempat melekatnya otot-otot
  • Untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot
  • Tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah
  • Memberikan bentuk pada bangunan tubuh buah

 

2. Sistem Otot

Anatomi Tubuh Manusia

Sistem otot manusia terdiri dari sekitar 600 otot. Sistem otot memiliki fungsi membantu pergerakan tubuh, aliran darah, dan fungsi tubuh lainnya.

Terdapat tiga jenis otot pada tubuh manusia:

  • Otot rangka yang terhubung dengan tulang
  • Otot polos yang berada di dalam organ pencernaan
  • Otot jantung yang berada di jantung dan berperan membantu memompa darah.
Baca Juga :  Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut ( Bryophyta ) Beserta Penjelasannya

3. Sistem Peredaran Darah

Sistem Peredaran Darah Anatomi Tubuh Manusia

Sistem peredaran darah manusia adalah jantung. Sistem peredaran darah atau sirkulasi memiliki tiga fungsi utama yaitu:

  • Mengedarkan darah ke seluruh tubuh
  • Melindungi tubuh melalui sel darah putih dengan melawan patogen (kuman) yang telah masuk ke dalam tubuh.
  • Mempertahankan homeostasis (keseimbangan kondisi tubuh) pada beberapa kondisi internal.

4. Sistem Pencernaan

 

Sistem Pencernaan Anatomi Tubuh Manusia

Sistem pencernaan merupakan kumpulan beberapa organ yang bekerja menerima makanan, memproses makanan menjadi energi, menyerap zat gizi dari makanan ke aliran darah, serta membuang sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Sistem pencernaan terdiri dari rongga mulut, faring (tenggorokan), laring (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Selain organ utama di atas, dalam sistem pencernaan juga terdapat organ pelengkap dalam tubuh manusia yang bekerja membantu mencerna makanan. Organ tersebut adalah gigi, lidah, kelenjar ludah, hati, kantong empedu, dan pankreas.


5. Sistem Endokrin

Sistem Endokrin Anatomi Tubuh Manusia

Sistem endokrin merupakan sistem yang bekerja mengeluarkan hormon ke dalam tubuh. Sistem endokrin terdiri dari berbagai kelenjar seperti hipotalamus, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, dan kelenjar kelamin (gonad).

Kelenjar-kelenjar itu akan bekerja sesuai rangsangan yang diterima dari sistem saraf pusat dan juga oleh reseptor kimiawi dalam darah dan hormon yang diproduksi oleh kelenjar lain.

Kelenjar memiliki peran penting dalam mengatur organ dalam tubuh seperti membantu menjaga homeostasis tubuh, melakukan metabolisme seluler, reproduksi, perkembangan seksual, homeostasis gula dan mineral, denyut jantung, dan pencernaan merupakan salah satu dari banyak proses yang diatur oleh hormon.


6. Sistem Saraf

Sistem Saraf Anatomi Tubuh Manusia

Sistem saraf memiliki fungsi mengumpulkan, mengirimkan, serta memproses informasi dalam otak dan saraf. Sistem saraf manusia terdiri atas saraf pusat dan saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari saraf otonom dan somatis. Sistem saraf bertanggung jawab menyampaikan rangsangan atau pesan dari reseptor untuk direspon oleh tubuh manusia.

Baca Juga :  101 Sistem Kekebalan Tubuh Pada Manusia Dan Mahluk Lain Terlengkap

7. Sistem pernapasan

Sistem pernapasan Anatomi Tubuh Manusia

Sistem pernapasan pada tubuh manusia berfungsi menyediakan oksigen ke seluruh tubuh, mengeluarkan karbon dioksida serta produk limbah lain yang dapat mematikan jika dibiarkan menumpuk.

Sistem pernapasan terdiri dari tiga bagian utama yaitu saluran napas, paru-paru, dan otot-otot respirasi.

Saluran napas merupakan saluran yang membawa udara melewati hidung menuju paru-paru. Saluran napas terdiri dari hidung, mulut,faring, laring, trakea, bronkus, dan bronkiolus.

Paru-paru merupakan organ pernapasan utama yang berfungsi melakukan pertukaran oksigen ke dalam tubuh dan karbon dioksida keluar dari tubuh.

Otot respirasi, termasuk diafragma dan otot interkostal, bekerja sama untuk memompa, mendorong udara masuk dan keluar dari paru-paru saat bernapas.


8. Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Anatomi Kekebalan Tubuh Manusia

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun merupakan sistem yang berfungsi mempertahankan tubuh dari serangan bakteri, virus, dan patogen lainnya yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Sistem imun terdapat diseluruh tubuh terutama dilimpa.

Sistem imun terdiri dari kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, limfosit (termasuk sel B dan sel T), timus, dan leukosit (sel darah putih).


 

9. Sistem limfatik

Sistem limfatik Anatomi Tubuh Manusia

Sistem limfatik merupakan sistem yang juga berperan dalam pertahanan tubuh. Sistem limfatik terdiri dari kelenjar getah bening, saluran getah bening, dan pembuluh getah bening. Tugas utama sistem limfatik adalah membuat dan memindahkan getah bening, cairan bening yang mengandung sel darah putih

Dalam anatomi tubuh mansia, sistem limfatik mencakup kelenjar getah bening, saluran getah bening, dan pembuluh getah bening, dan juga berperan dalam pertahanan tubuh.

Tugas utamanya adalah membuat dan menyalurkan getah bening yang membantu tubuh melawan infeksi.

Sistem limfatik juga menghilangkan kelebihan cairan getah bening dari jaringan tubuh, dan mengembalikannya ke darah.


10. Sistem Ekskresi

Sistem Ekskresi Anatomi Tubuh Manusia

Sistem ekskresi merupakan sistem yang bertugas mengeluarkan zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Organ ekskresi terdiri dari ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.

Baca Juga :  Cara Mengamati Sel Beserta 11 Ciri-Cirinya

Ginjal berfungsi menyaring darah untuk membuang limbah dan urine. Hati berfungsi mengeluarkan empedu. Kulit berfungsi mengeluarkan keringat. sedangkan paru-paru berfungsi mengeluarkan uap air dan CO2


11. Sistem Reproduksi

Reproduksi Anatomi Tubuh Manusia

Sistem reproduksi merupakan sistem yang berperan dalam proses perkembang biakan. Sistem reproduksi pria terdiri dari penis dan testis yang menghasilkan sperma dan hormon testoteron. Sedangkan sistem reproduksi wanita terdiri dari vagina, rahim dan ovarium, yang menghasilkan ovum (sel telur).


12. Sistem Indera

Sistem Anatomi Tubuh Manusia Dan Fungsinya

Sistem indra merupakan sistem yang berfungsi sebagai penerima rangsang dari lingkungan sekitar. Sistem indera pada manusia terdiri dari 5 macam organ yang disebut dengan panca indera. Panca indera terdiri dari mta, telinga, hidung, kulit dan lidah.

Demikian uraian singkat tentang 12 Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Penjelasan, dan Gambar Lengkap semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.


Baca Juga

√ 12+ Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Penjelasan, Dan Gambar
Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Article Title: √ 12+ Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Penjelasan, Dan Gambar

Short Description: √12+ Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Penjelasan, dan Gambar LENGKAP - Anatomi tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia.

Author: GuruPendidikan

Publisher - Orgnization: GuruPendidikan

Publisher Logo: gurupendidikan

  • Rating Top Content On Google :
5