“Transportasi” Pengertian & ( Fungsi – Manfaat – Ruang Lingkup – Contoh – Prasarana )

Posted on

“Transportasi” Pengertian & ( Fungsi – Manfaat – Ruang Lingkup – Contoh – Prasarana )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai transportasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, manfaat, ruang lingkup dan prasarana, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Transportasi

Transportasi merupakan alat yang digunakan untuk mengangkut manusia, hewan dan barang ketempat tujuan, atau definisi transportasi yang lainnya yakni memindahkan manusia, hewan ataupun barang dari tempat asal ketempat tujuannya dengan memakai suatu alat yang dapat digerakan oleh makhluk hidup atau mesin.

Fungsi Transportasi

Beberapa fungsi transportasi yang diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
  • Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
  • Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.

Manfaat Daro Transportasi

Manfaat transportasi dibagi menjadi 3 bagian yang diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Bagi Ekonomi

Kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia, saat ini transportasi merupakan salah satu kegiatan yang menyangkut kebutuhan manusia yakni dengan memindahkan manusia, hewan atau barang dari tempat asal ketempat tujuan sehingga dapat terjadi transaksi “menyediakan jasa angkutan”.

loading...

Manfaat Untuk Sosial

Sedangkan manfaatnya bagi sosial yang diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat menjadi pelayanan untuk masyarakat baik itu perorangan ataupun kelompok.
  • Memendekan jarak antara tempat atau daerah.
  • Menyediakan jasa bagi perjalanan.
  • Pertukaran informasi dan lain-lain.

Manfaat Untuk Kewilayahan

Dapat memudahkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan bagi daerah-daerah khususnya daerah yang sedang mengalami pembangunan.

Manfaat Untuk Politis

Manfaat untuk politis yang diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat menciptakan persatuan.
  • Dapat meningkatkan keamanan negara.
  • Pelayanan untuk masyarakat dapat diperluas.
  • Mempermudah dalam mengatasi permsalahan misalnya seperti menuju lokasi bencana.

Ruang Lingkup Transportasi Dan Contoh

Alat transportasi dibagi kedalam tiga bagian yang diantaranya sebagai berikut:

Transportasi Darat

Adapun transportasi darat diantaranya yaitu:

Transportasi Jalan Raya

Merupakan jenis kendaraan yang beroperasi memakai jalan yang diantaranya seperti:

  • Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki roda dua dan digerakan oleh motor, saat ini sepeda motor ialah jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat RI.
  • Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakan oleh manusia yakni dengan cara mengayuh pedal.
  • Mobil penumpang merupakan alat transportasi yang digerakan oleh motor dan biasanya dilengkapi dengan delapan tempat duduk “maksimal” tidak termasuk tempat duduk sopir.
  • Mobil angkutan barang merupakan alat transportasi bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang.
  • Bus merupakan kendaraan yang sama seperti mobil penumpang akan tetapi muatan penumpang atau tempat duduknya lebih banyak.

Dan masih banyak lagi alat transportasi darat yang digunakan di jalan raya, misalnya seperti : becak, bemo dan lain-lain.

Kereta Api

Kereta api merupakan alat transportasi yang bergerak di rel, kereta api dapat berjalan sendiri ataupu dirangaikan dengan kendaraan lain. Kereta api merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini karena alat transportasi ini bebas dari macet dan dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah banyak, kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkaian gerbong.

Transportasi Laut

Alat transportasi laut merupakan kendaraan yang dapat beroprasi di laut atau air, yang diantaranya seperti:

  • Sampan merupakan alat transportasi yang berukuran 3-5 meter, umumnya digunakan di sungai maupun di danau sebagai alat transportasi dan untuk menangkap ikan.
  • Kapal merupakan alat transportasi pengangkut manusia, hewan dan barang di laut atau air perahu yang kecil.
  • Feri merupakan alat transportasi laut jarak dekat, feri memiliki peranan yang sangat penting dalam pengangkutan bagi banyak kota di pesisir pantai, feri dapat membuat transit langsung antara dua tujuan dengan biaya yang relatif murah atau lebih kecil.

Transportasi Udara

Alat transportasi udara merupakan kendaraan yang beroperasi di udara seperti pesawat terbang. Pesawat terbang mampu terbang di udara atau di atmosfir dan umumnya digunakan untuk mengangkut manusia maupun barang.

Prasarana Transportasi

Adapun prasarana transportasi diantaranya yaitu:

Prasarana Transportasi Di Darat

Prasarana transportasi darat diantaranya seperti jalan raya, jembatan termasuk bagian perlengkapannya misalnya seperti halte bus, khusus untuk kereta api menggunakan jalur khusus yang disebut dengan rel, rel akan mengarahkan kereta pai ketempat atau stasiun tujuan.

Prasarana Transportasi Di Laut

Prasarana untuk transportasi laut yakni pelabuhan, pelabuhan merupakan suatu fasilitas yang berada di ujung sungai, danau ataupun samudra yang berguna untuk tempat singgah kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun mengangkut dan menurunkan penumpang.

Prasarana Transportasi Di Udara

Prasarana untuk transportasi udara di bandar udara atau lebih sering disebut dengan bandara. Bandara merupakan suatu fasilitas untuk pesawat terbang lepas landas maupun untuk mendarat, bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai “Transportasi” Pengertian & ( Fungsi – Manfaat – Ruang Lingkup – Contoh – Prasarana ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this