Teknik Negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya

Posted on

Negosiasi merupakan bentuk dari interaksi sosial pada saat pihak-pihak yang ikut terlibat dalam usaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan juga bertentangan.

Berikut ini adalah beberapa  cara atau taktik yang perlu kita ketahui dalam melakukan negosiasi yang umum dipakai.

Teknik Melakukan Negosiasi

Cara atau taktik mempunyai beberapa tujuan. Taktik akan membantu agar melihat permasalahan sebenarnya yang sedang diperdebatkan di meja perundingan. Taktik juga bisa menguraikan kemandekan. Serta, bisa membantu agar menlihat serta melindungi diri dari kebohongan negosiator. Dibawah ini adalah sembilan strategi dalam bernegosiasi yang bisa dipakai dan juga dihindari :

  • Mengeryit ( The Wince )

Taktik tersebut dikenal sebagai istilah Terkejut ( Flinch ) yang merupakan sebuah reaksi negatif terhadap tawaran seseorang. Dengan arti lain, bertindak terkejut pada saat negosiasi yang dilakukan pihak negosiator berjalan dengan keinginan pihak lain.

  • Berdiam ( The Silence )

Bila Anda tidak suka dengan apa kata seseorang, atau bila Anda baru saja membuat sebuah tawaran dan Anda sedang menunggu jawaban, diam juga dapat menjadi sebuah pilihan terbaik untuk Anda. Kebanyakan dari orang tidak dapat bertahan dalam kesunyian yang panjang ( ” Dead Air Time” ). Mereka akan menjadi tidak nyaman bila ada percakapan untuk mengisi kekosongan antara Anda dan pihak lain. Biasanya pihak lain akan merespon dengan konsesi atau memberikan kelonggaran.

loading...
  • Ikan Haring Merah ( Red Herring )

Istilah kata ini diambil dari sebuah kompetisi yang cukup tua di Inggris, Berburu Rubah ( Fox Hunting Competition ). Didalam sebuah kompetisi ini, tim lawan akan menyeret serta membaui jejak rubah ke lain arah dengan ikan. Sehingga, anjing lawan akan tertipu atau terkecoh dan akan kehilangan jejak. Sama dengan saat negosiator membawa “ikan amis” atau isu lain ke meja perundingan untuk mengalihkan perhatian dari isu urama yang dibahas.

Contoh proses negosiasi
Contoh proses negosiasi
  • Kelakuan Menghina ( Outrageous Behaviour )

Semua bentuk prilaku umumnya dianggap kurang bermoral serta tidak bisa diterima oleh lingkungan, dengan tujuan memaksa pihak lain untuk menyutujui. Seperti pihak manajemen muak dengan tuntutan yang dianggap tidak dapat masuk diakal dan terpaksa menandatangani kontrak dengan air mata lalu membuangnya dengan cara ganas dan dramatis seolah-olah diliput oleh media. Tujuan dari taktik tersebut ialah untuk menggertak orang-orang yang ada atau terlibat dalam negosiasi.

  • Yang Tertulis ( The Written Word )

Merupakan suatu persyaratan yang ditulis dalam perjanjian yang tidak bisa diganggu gugat. Perjanjian, sewa guna usaha (leasing), ataupun harga diatas pahatan batu serta sekarang di kertas (uang) merupakan contoh-contoh yang tertulis.

  • Pertukaran ( The Trade-off )

Taktik ini dipakai sebagai tawar-menawar. Pertukaran hanya menawarkan konsesi, sampai seluruh pihak setuju dengan syarat-syarat. Sebenarnya, taktik tersebut digunakan untuk kompromi.

  • Ultimatum ( The Ultimatum )

Pemakaian ultimatum terkadang (seldom) efektif sebagai taktik pembuka dalam bernegosiasi. Tetapi, sesuatu saat dalam negosiasi yang panjang saat Anda merasa perlu memakai taktik tersebut.

  • Berjalan Keluar ( Walking Out )

Pada beberapa keadaan, berjalan keluar bisa dipakai sebagai strategi untuk memberikan tekanan pada pihak lain.

  • Kemampuan untuk Mengatakan “Tidak” ( The Ability to Say “No” )

Taktik memang peran yang begitu penting dalam segala macam strategi negosiasi dan cara menyampaikan car tepat. Pertama serta yang paling dasar untuk mempelajari taktik ini ialah apa pun jika mengatakan ‘tidak’ secara langsung, diterjemahkan oleh pihak lain sebagai ‘ya’.

Proses Negosiasi dan lobi

Ada dua bentuk advokasi yaitu, formal serta informal. Bentuk formalnya ialah negosiasi, sedangkan bentuk informalnya disebut dengan kata lobi. Proses lobi tidak terkait dengan waktu dan tempat, dan bisa dilakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, sedangkan negosiasi tidak terkait dengan waktu dan tempat.

Demikian Penjelasan Tentang Teknik negosiasi Dan Lobi Dalam Komunikasi Bisnis Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀


No ratings yet.

Please rate this