“Penokohan Dalam Novel” Pengertian & ( Macam – Jenis – Cara Penggambaran )

Posted on

“Penokohan Dalam Novel” Pengertian & ( Macam – Jenis – Cara Penggambaran )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini ialah mengenai penokohan dalam novel. Banyak orang yang menjadi sukses karena dia berhasil menulis cerita dalam bentuk novel.

"Penokohan Dalam Novel" Pengertian & ( Macam - Jenis - Cara Penggambaran )

Misalnya J.K Rowling, sang penulis buku populer Harry Potter yang dinobatkan sebagai salah satu seorang wanita terkaya di dunia berkat karya-karyanya tersebut.

Untuk di Indoensia sendiri banyak penulis Novel yang berhasil misalnya Putu Wijaya, Pramoedya, Dewi Lestari dan lain- lain. Keberhasilan mereka dalam menulis novel harus kalian jadikan pemicu untuk terus semangat dalam berkarya.

Sebagai langkah awal, kali harus banyak membaca karya-karya yang sudah ada. Nah agar lebih memahami dan mengerti mengenai penokohan dalam novel kalau begitu simak saja ulasan dibawah ini.

loading...

Pengertian Penokohan

Penokohan merupakan salah satu unsur intrinsik karya sastra di samping tema, sudut pandang, amanat alur dan latar/setting. Penokohan ialah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Sementara tokoh ialah orang/pelaku yang berperan dalam cerita.

Macam-Macam Penokohan

Berdasarkan peranannya dalam suatu cerita, tokoh dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • Tokoh Protagonis
    Merupakan tokoh yang mendukung cerita, biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama yang dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh jenis ini biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca/pendengar.
  • Tokoh Antagonis
    Merupakan tokoh menjadi penentang cerita, biasanya ada satu atau dua figur tokoh yang menentang cerita, tokoh jenis ini berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca dan pendengar.
  • Tokoh Tritagonis
    Merupakan tokoh pembangu (penengah) baik untuk tokoh protagonis maupun antagonis.

Jenis Penggambaran Tokoh

Untuk menggambarkan sifat atau karakter seorang tokoh pengarang menggunakan dua teknik. Dua teknik tersebut ialah sebagai berikut:

  • Teknik analitik
    Merupakan karakter/sifat tokoh cerita diceritakan secara langsung oleh pengarang.
  • Teknik Dramatik
    Merupakan karakter/sifat tokoh dikemukakan melalui penggambaran tertentu, misalnya fisik dan perilaku tokoh, lingkungan kehidupan, dialek bahasa, jalan pikiran dan lewat gambaran tokoh lain.

Cara Penggambaran Watak Tokoh

Bagaimana cara menentukan sifat-sifat tokoh cerita?? Sebenarnya tidak terlalu sulit, namun kita memerlukan kejelian dalam menemukan sifat-sifat tokoh tersebut. Sifat-sifat tokoh diungkapkan dalam kata sifat, seperti baik hati, malas, jahat, pandai, rajin, pelit, teliti dan sebagainya.

Sifat-sifat tersebut dapat diungkapkan langsung oleh penulis (pencerita) atau melalui perkataan tokoh-tokoh lain. Bila kita tidak menemukan sifat tokoh dinyatakan melalui perkataan pencerita atau tokoh-tokoh lain, sifat dapat juga ditentukan dari tindakan-tindakan tokoh tersebut dalam cerita.

Demikianlah pembahasan mengenai “Penokohan Dalam Novel” Pengertian & ( Macam – Jenis – Cara Penggambaran ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this