Contoh negosiasi
Contoh negosiasi

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli Beserta Proses, Tahapan Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli Beserta Proses, Tahapan Dan Contohnya– Negosiasi merupakan bentuk dari interaksi sosial pada pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling meyelesaikan suatu tujuan yang bertentangan dan berbeda.

Pengertian Negosiasi

Kegiatan negosiasi merupakan proses saat kedua belah pihak melakukan negosiasi untuk mencapai tujaun yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang memiliki kepentingan dengan elmen-elemn kompetisi dan kerjasama. Serta termasuk yang ada didalamnya, suatu tindakan yang dilakukan saat melakukan mengosiasi, untuk mempengaruhi atau kerjasama dengan orang lain dengan memiliki tujuan tertentu.

Pengertian Negosiasi Menurut Ahli

Menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Contoh

Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya saat Inggris dalam perang besar yang memakan banyak biaya atau sengketa Pulau Sipadan-Ligitan – pulau yang berada di perbatasan  Indonesia dengan Malaysia – antara Indonesia dengan Malaysia.

Contoh negosiasi
Contoh negosiasi

Proses Dalam Negosiasi

  1. Pihak-pihak yang mempunyai program atau pihak pertama melakukan penyampaian dengan memakai kalimat yang santun, jelas, dan terinci.
  2. Pihak dari mitra bicara menyanggah mitra bicara dengan tetap menghargai maksud pihak pertama.
  3. Pemilik kegitan (program) mengemukakan argumentasi dengan memakai kalimat yang santun dan meyakinkan mitra bicara dengan disertai alasan yang logis.
  4. Terjadi pembahasan dan kesepakatan untuk terlaksananya program negosiasi.

Kemampuan Dasar Bernegosiasi

Hal yang sangat berpengaruh dalam kegiatan negosiasi adalah filosofi yang menginformasikan bahwa dari masing-masing pihak yang terlibat. Proses ini adalah kesepakatan dasar kita bahwa “semua orang menang”, filsafat ini menjadi dasar setiap melakukan negosiasi. Kunci untuk mengembangkan filsafat supaya “semua orang senang” ialah dengan memperhitungkan semua aspek negosiasi dari semua sudut pandang (pihak lain dan pihak negosiator).

  • Keterampilan – keterampilan dasar

Berikut ini, adalah keterampilan -keterampilan dasar dalam bernegosiasi :

  1. Ketajaman pikiran / kelihaian
  2. Sabar
  3. Kemampuan beradaptasi
  4. Daya tahan
  5. Kemampuan bersosialisasi
  6. Konsentrasi
  7. Kemampuan berartikulasi
  8. Memiliki selera humor

Tahanpan Dalam Beregosiasi

  • 1Persiapan dan perencanaan

Diharapkan pada tahap ini dapat memutuskan apa yang dimau dan kanapa. Proses mengumpulkan data sangat diperlukan agar dapat mendukung posisi kita. Dengan menyampaikan argumen dalam proses mendukung posisi kita harus dengan bijaksana. Selain itu juga kita harus tahu keinginan pihak lain, apa dan kenapa.

loading...
  • Definisi peraturan

Pada proses ini kita harus menentukan garis besar dan aturan-aturan untuk melakukan proses negosiasi, siapa yang akan menjadi bagian dari negosiasi dan masalaj apa yang akan kita negosiasikan.

  • Penjelasan dan pembenaran

Dalam masing-masing pihak harus/dapat mengutarakan apa yang diinginkan. Kita dapat memberikan dokumentasu yang diperlukan untuk mendukung posisi kita.

  • Tawar menawar dan penyelesaian masalah

Pada proses ini kita melakukan penmencarian solusi. Dari kedua belah pihak diharapkan saling fokus pada masalah dan kepentingan bukan pada orang atau posisi. Untuk mendapatkan titik temu

  • Penutupan dan implementasi

Pada tahap yang ini atau tahap terakhir dari proses negosiasi. Segala sesuatu yang diputuskan bersama hendaknya difrmalkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Dokumen yang sudah disepakati
  2. Meneliti kembali pon-poin utama untuk menghindari salah pengertian
  3. Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan
  4. Buatlah secara tertulis
    Kedua pihak harus membaca dan menandatangani untuk memperoleh kesepakatan atas apa yang dirundingkan

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli Beserta Proses, Tahapan Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Gurupendidikan.Com 😀