14 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

14 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap – Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang mengungkapkan sebuah perasaan dan  suatu pikiran dari penyair secara imajinatif, tersusun, serta disusun dengan mengonsentrasikan sebuah kekuatan bahasa dengan sebuah struktur fisik dan struktur batinnya. Agar lebih meyakinkan untuk para pembaca tentang definisi tentang pajak. Disini akan mengulas definisi pajak menurut para ahli secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak definisi yang ada dibawah berikut.

Puisi

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

1. H.B. Jassin
Menurut H.B. Jassin mendefinisikan bahwa puisi ialah suatu pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung suatu fikiran-fikiran dan sebuah tanggapan-tanggapan.

2. Ralph Waldo Emerson
Menurut Ralph Waldo Emerson mendefinisikan bahwa puisi yaitu sebuah pengajaran sebanyak mungkin dengan kata-kata yang lebih sedikit.

3. Waluyo
Menurut Waluyo mendefinisikan bahwa puisi yaitu suatu karya sastra dengan gaya bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberikan irama dengan suara bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias (imajinatif).

4. Edwin Arlington Robinson
Menurut Edwin Arlington Robinson mendefiniskan bahwa puisi yaitu suatu bahasa yang akan disampaikan sesuatu yang tidak hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.

5. Muhammad Hj. Salleh
Menurut Muhammad Hj. Salleh mendefinisikan bahwa puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya. Dalam hal ini semua kekentalan itu, maka puisi sesudah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.

loading...

6. Usman Awang
Menurut Usman Awang mendefiniskan bahwa puisi yaitu bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari suatu ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

7. SastraSudjiman
Menurut definisi SastraSudjiman mengungkapkan bahwa puisi yaitu suatu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, matra, rima, serta sesuatu dalam penyusunan larik dan bait.

8. Watt-Dunton
Menurut Watt-Dunton mendefiniskan bahwa puisi yaitu suatu ekpresi yang kongkret dan yang sifatnya artistik dari sebuah pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

9. Ralph Waldo Emerson
Menurut Ralph Waldo Emerson mendefinisikan bahwa puisi yaitu dalam cara mengajarkan sebanyak banyak nya dengan kata-kata sedikit mungkin.

10. Herman J. Waluyo
Menurut Herman J. Waluyo mendefinisikan bahwa puisi yaitu suatu bentuk karya sastra yang mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan sih penyair dengan secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.

11. Djoko Pradopo
Menurut Djoko Pradopo mendefinisikan bahwa puisi yaitu suatu hasil kegiatan pemadatan, yakni suatu proses penciptaan dengan cara menangkap sebuah kesan-kesan lalu memadatkannya (kondensasi).

12 Pradopo
Menurut Pradopo mendefiniskan bahwa puisi yakni sebuah kegiatan yang sifatnya pencurahan jiwa yang padat, dan yang bersifat sugestif dan asosiatif.

13. John Keats
Menurut John Keats mendefinisikan bahwa puisi yaitu suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak memiliki narasi.

14. Putu Arya Tirtawirya

Menurut Putu Arya Tirtawirya mengungkapkan bahwa puisi ialah suatu ungkapan secara implicit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada suatu makna konotatif.

Puisi merupakan salah satu seni sastra yang mengungkapkan sebuah perasaan, dan pemikiran oleh si penyair.

Itulah ulasan tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermnafaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih 🙂