Jaringan Parenkim – Pengertian, Sifat, Asal, Struktur, Bentuk, Letak, Fungsi, Macam, Peristiwa, Contoh

Diposting pada

Jaringan Parenkim – Pengertian, Sifat, Asal, Struktur, Bentuk, Letak, Fungsi, Macam, Peristiwa, Contoh : Jaringan parenkim (jaringan dasar) adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel hidup, dengan struktur morfologi dan fisiologis yang bervariasi dan masih melakukan semua kegiatan proses fisiologis.


Pengertian Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim (jaringan dasar) adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel hidup, dengan struktur morfologi dan fisiologis yang bervariasi dan masih melakukan semua kegiatan proses fisiologis. Meskipun morfologi struktur dan fisiologi bervariasi, namun secara umum dapat dinyatakan bahwa sifat -sifat parenkim yang sama.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Ciri-Ciri Makhluk Hidup Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya


Sel-sel parenkim adalah sel berdinding tipis yang membentuk struktur dalam banyak tanaman non kayu termasuk batang, akar, dan daun. Dikenal untuk membentuk parenkim korteks, atau pengisi utama, batang, lapisan dalam sel dalam daun, bahan endosperm yang feed benih tumbuh, dan bubur buah.


Jaringan sering disebut sebagai tanah parenkim jaringan, yang berarti bahwa di hampir setiap bagian dari tanaman akan berada di sana sebagai jaringan parenkim dari jaringan dasar, di mana jaringan lain yang terkandung di dalamnya. Filogenetis, jaringan parenkim dapat dianggap sebagai jaringan di mana pabrik persiapan siswa. Karena jika kita melihat tanaman primitif, satu-satunya badan yang terdiri dari sel-sel parenkim. Jadi menurut parenkim pengertian diatas sebagai jaringan dasar (jaringan pemula), dan dengan asumsi bahwa ada jaringan dewasa tanaman yang lebih tinggi yang berasal dari jaringan parenkim.


Jaringan parenkim terbentuk dari sel-sel parenkim, sehingga dapat dikatakan bahwa sel-sel parenkim itu adalah massa (sel) tersebar luas di semua organ tanaman. Jaringan parenkim adalah jaringan heterogen, seperti yang terjadi hubungan antara sel-sel parenkim yang memperpanjang jaringan parenkim biasanya hadir dalam empulur batang dan kortikal, akar, daun mesofil, jaringan fotosintesis, daun daging dan kacang dan endosperm dalam buah. Tubuh utama asal parenkim berkembang dari meristem dasar, sedangkan pertumbuhan pembuluh tubuh dan gabus kambium sekunder, bahkan dari felogen. Peran parenkim dalam proses penutupan luka (regenerasi).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 6 Macam Dan Pengertian Simbiosis Beserta Contohnya


Fungsi jaringan parenkim
Fungsi jaringan parenkim

Sifat Sel Parenkim

  1. Selnya hidup dan berdinding tipis serta berukuran besar
  2. Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak terlalu padat
  3. Berbentuk segi enam
  4. Memiliki banyak vakuola
  5. Mampu bersifat meristematik

Asal Parenkim

  • Dari meristem apikal batang/akar, kambium, felogen. Plastida di dalam sel-sel penyusun jaringan parenkim : leukoplas, kloroplas, kromoplas.
  • Parenkim merupakan tempat utama berlangungnya aktifitas tumbuhan yang penting, misal : fotosintesa, respirasi, penimbunan zat-zat makanan cadangan, sekresi, ekskresi dan bentuk aktifitas tersebut tergantung pada protoplas sel-sel penyusunnya.
  • Sel parenkim yang terdapat pada jaringan xilem dan fluem memegang peranan penting pada gerak/transport bahan makanan pada buluh tapis.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Ohm : Pengertian, bunyi, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap


Struktur dan Isi Sel

Struktur internal parenkim bervariasi sesuai dengan fungsinya.

Contoh: sel parenkim yang berperan dalm fotosintesis, kloroplas dan membentuk jaringan yang mengandung klorenkim (dalam mesofil daun, batang korteks, empulur). Sel parenkim mungkin memainkan cadangan makanan toko peran dalam bentuk:


  1. Solusi dalam vakuola: gula larut dan senyawa N di akar vulgaris Beta.
  2. Cairan dalam plasma: protein dan minyak di endosperm biji Ricinus communis.
  3. Kristal: dalm endosperm pati, kotiledon, umbi-umbian, buah.

Sel parenkim dapat digunakan untuk menyimpan air, misalnya di pabrik-pabrik. Banyak sel parenkim mengandung tanin dan vakuolanya.


Bentuk dan Susunan Sel

Sel parenkim umunya berbentuk isodiametris, tetapi ada bentuk-bentuk lain, yaitu:

  1. Prismatik atau silinder parenkim memanjang yang terdapat dalam daun palisade mesofil dikotil
  2. Bercabang-cabang, misalnya: bintang parenkim / aktinenkim sp daun canna mesofil.
  3. Parenkim dengan ruang yang besar antara sel misalnya aerenkim pada tanaman air mengapung alat (Eichornia crassiper).
  4. Parenkim dengan bentuk tidak teratur dan banyak ruang antar sel, ditemukan dalam mesofil daun (parenkim parenkim spons atau busa).

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Gerak Melingkar Beraturan : Pengertian, Ciri, Besaran dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap


Letak Jaringan

Jaringan parenkim terletak hampir semua organ tumbuhan seperti:

  1. Pada batang dan akar
  2. Pada empelur batang
  3. Dalam daun (mesofil)
  4. Daging buah
  5. Pada endosperma (jaringan sel yang menyimpan cadangan makanan)

Fungsi Parenkim

  1. Sebagai jaringan penyimpan makanan cadangan.
  2. Sebagai tempat melakukan proses pembuatan zat makanan.
  3. Dapat melakukan proses pengangkutan (yang ada di dekat xilem).
  4. Mampu melakukan proses pernafasan karena banyaknya ruang antar sel.
  5. Dapat sebagai jaringan penyimpan air, karena vakuola sel yang besar pada Xerophyta (sukulen) sel besar, dinding tipis, sitoplasma seperti selaput tipis, tanpa / sedikit kloroplas, vakuola besar.
  6. Dapat berfungsi sebagai jaringan penguat karena sifatnya yang turgosen dan telah mengalami lignifikasi; di daerah xilem sekunder

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Fluida Dinamis : Pengertian, Jenis Aliran, Ciri Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Lengkap


Macam – macam Parenkim

  • Parenkim Asimilasi

Biasanya terletak di bagian tepi suatu organ, misalnya pada daun, batang yang berwarna hijau, dan buah. Di dalam selnya terdapat kloroplas, yang berperan penting sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

  • Parenkim Penimbun

Biasanya terletak di bagian dalam tubuh, misalnya: pada empulur batang, umbi akaL umbi lapis, akar rimpang (rizoma), atau biji. Di dalam sel-selnya terdapat cadangan makanan yang berupa gula, tepung, lemak atau protein.


  • Parenkim Air

Terdapat pada tumbuhan yang hidup di daerah panas (xerofit) untuk menghadapi masa kering, misalnya pada tumbuhan kaktus dan lidah buaya.

  • Parenkim Udara

Ruang antar selnva besar, sel- sel penyusunnya bulat sebagai alat pengapung di air, misalnya parenkim pada tangkai daun tumbuhan enceng gondok.


Macam-macam Parenkim Menurut Bentuknya:

  • Parenkim palisade

Bentuk silindris/prismatis memanjang. Terdapat pada palisade tumbuhan dicotyledoneae pada umumnya.

  • Parenkim bunga karang/spons parenkim

Bentuk tidak teratur, banyak ruang antar sel. Terdapat pada mesofil tumbuhan Monocotyledoneae dan spons parenkim Dicotyledoneae.


  • Parenkim bintang/aktinenkim

Sel parenkim mempunyai lengan- lengan sehingga r.a.s banyak dan besar- besar fungsi untuk menyimpan udara. Menurut fungsi disebut aerenkim. Misal : pada Canna sp, Juncus.

  • Parenkim dengan ruang antar sel yang besar, disebut aerenkim

Terdapat pada alat pengapung tumbuhan air. Misal : Eichhornia crassipes.


  • Parenkim lipatan

Sel parenkim dengan dinding sel melipat-lipat ke arah dalam dan di dalam sel banyak mengandung kloroplast dapat melakukan fotosintesa menurut fungsi termasuk parenkim asimilasi. Misal : pada Pinus merkusii (daun) Oryza sativa, Bambusa sp.

Selain adanya noktah-noktah yang ternyata berkaitan dengan pertumbuhan sel-sel muda sel-sel dewasa, di antara sel-sel tersebut terjadi pula ruang antar sel.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Induksi Elektromagnetik : Pengertian, Penerapan, dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap


Peristiwa Terbentuknya Antar Ruang Sel Parenkim

Schizogen (sisogen)

Apabila sel-sel saling menjauhkan diri sehingga terbentuk ruangan di antara sel-selnya.

Lysigen (lisigen)

Apabila tejadinya karena terdapat dinding sel/beserta isinya yang mengalami pelarutan.


Rhexigen (reksigen)

Apabila terjadinya disebabkan karena adanya robekan /kerusakan pada dinding selnya hal ini karena adanya pertumbuhan di sekitarnya.

Schizolyzigen (skisolisigen)

Apabila terjadinya mula-mula sel-selmya saling menjauhkan diri dan kemudian ada sel-sel yang mengalami pelarutan. Di dalam ruang antar sel terdapat udara yang berfungsi untuk pertukaran gas yang diperlukan oleh protoplas.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Macam, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Lengkap