√ Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Diposting pada

√ Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

 

Pertumbuhan primer adalah pertumbuahn dasar yang bisa terjadi disebabkan oleh aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem. Jaringan meristem primer tersebut ada pada daerah titik tumbuhan primer yakni di bagian ujung akan serta ujung batang. Pada jaringan meristem ada bagian yang aktof membelah. Sesudah proses perkecambahan, tumbuhan akan mengalami pertumbuhan serta perkembangan lebih lanjut.

 

Tumbuhan tersebut akan membentuk batang, serta daun. Pada ujung barang serta ujung akar akan tumbuh memanjang disebabkan aktivitas sel meristematis. Proses tersebut merupakan pertumbuhan primer. Sel-sel meristem juga bisa berdiferentasi menjadi sel-sel yang mempunyai struktur serta fungsi khusus. Tiga sistem jaringan primer yang terbentuk yaitu:

  1. Prokambium merupakan lapisan pada bagian dalam yang selanjutnya akan berkembang menjadi silinder pusat, yakni xilem dan floem.
  2. Protoderm merupakan lapisan paling luar yang akan membentuk jaringan epidermis.
  3. Meristem dasar yang berkembang akan menjadi jaringan dasar lalu mengisi lapisan korteks pada bagian akar di antara epidermis dan stele.

Apa arti pertumbuhan primer?

Ujung Akar

Sel-sel meristem pada ujung akar akan mengalami pertumbuhan yang awalnya akan membentuk struktur akar. Bagian yang sangat cepat tumbuh ada pada belakang ujung akar. Pada bagian tersebut ada daerah titik tumbuh yang meliputi bagian pembelahan sel, bagian pemanjangan serta bagian pendewasaan.

Bagian pemanjangan yang ada setelah bagian pembelahan

Pada bagian tersebut perkembangan sel-sel mengakibatkan pertambahan ukuran pada tumbuhan.

Bagian diferensiasi

Sel-sel di daerah tersebut mengalami diferensiasi berubah menjadi sel-sel yang memiliki fungsi khusus.

Contoh

  1. Ujung pada akar
  2. Bagian diferensiasi
  3. Bagian pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang disebabkan adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yang ada pada tumbuhan. Sesudah meristem primer membentuk jaringan permanen, lalu meristem sekunder mengalami pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan ini hanya terjadi pada jenis tumbuhan dikotil, yaitu pembentukan kambium yang terbentuk dari kolenlim atau parenkim.

Di awal pertumbuhan, kambium hanya ada pada jaringan ikat pembuluh yang disebut dengan kambium intravaskuler. Bila sel kambium membelah ke arah luar, akan membentuksel floem, dan sebaliknya bila sel kambium membelah ke arah dalam akan membentuk Xilem. Xilem dan floem yang terbentuk dari sebuah aktivitas kambium disebut dengan xilem sekunder dan floem sekunder.

Pada saat tumbuhan mengalami perkembangan dan semakin menua maka pertumbuhan dari jaringan kambium akan berubah semakin besar. Saat jaringan semakin membesar maka pada bagian terluar pada jaringan parenkim sendiri akan berubah menjadi kulit kayu.

Contoh

  • Bagian tumbuhan dikotil, jaringan maristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus.
  • Bagian tumbuhan monokotil, cuma sebagian yang mengalami pertumbuhan sekunder (pertambahan diameter batang) yaitu kelompok palem-paleman.

 

Baca Juga :  √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian, Ciri, Dan Macam Serta Fungsinya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian Jaringan Pada Hewan Dan Tumbuhan (Termasuk Manusia) Dalam Biologi

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com