Pengertian Kelenjar Getah Bening Beserta Ciri Dan Penyebabnya

Posted on

Kelenjar Getah Bening

Kelanjar gatah bening merupakan sebagian dari sistem pertahanan tubuh manusia. Tubuh manusia mempunyai sekitar 600 kelenjar getah bening, tetapi hanya did daerah submandibular (bagain bawah rahang bawah; sub: bawah;mandibula:rahang bawah), lipat paha tau ketiak yang reraba normal pada orang yang memiliki kondisi sehat.

Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel yang membentuk pertahanan tubuh, serta merupakan kondisi penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh limfe akan mengalir ke arah kelenjar getah bening agar dari lokasi kelenjar getah bening akan dilihat aliran pembuluh limfe yang melewatinya.

Sebab dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang bisa membawa antigen (mikroba, zat asing) serta mempunyai sel pertahanan tubuh maka jika ada antigen yang dapat menginfeksi maka kelenjar fetah bening bisa membuat sel-sel pertahanan tubuh yang banyak untuk dapat mengatasi antigen itu sehingga kelenjar getah bening membesar.

Kelenjar Getah Bening
Kelenjar Getah Bening

Pembesaran tersebut dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari kenlenjar getah bening tersebut, seperti limfosit, histiosit, sel plasma, monosit, serta limfosit, atau disebabkan datangnya sel-sel peradangan untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening (limfadenitis), infiltrasi (masuknya) sel genas atau adanya timbunan dari penyakit metabolit makrofaga( gaucher disease).

Dengan kita mengetahui lokasi pembesaran kelenjar getah bening maka bisa mengarahkan kepada lokasi kemungkinan terjadinya infeksi.

Penyebab kelenjar getah bening

Beberapa sebab yang menyebabkan kelenjar getah bening yang tergolong langka/jarang, diantaranya sebagai berikut:

  • Rematoid artritis

Hampir sama dengan penyakit lupus, tetapi kondisi ini yang di serang oleh sistem kekebalan tubuh hanyalah jaringan yang melapisi sendi. Sehingga penderita menjadi susah bergerak serta merasakan gangguan pada tulang serta tulang rawan.

  • Campak

Campak merupakan kondisi yang mengakibatkan kulit penderitanya termunculan (bintik-bintik khas) berwarna merah ataupun coklat.

  • Lupus

Penyakit lupus merupakan kondisi saat kekebalan tubuh berbalik menyerang persendian, kulit, sel darah, serta organ sehingga yang mengalaminya akan merasakan nyeri, ruam pada kulit, serta rasa lelah.

Yang mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening yang masuk dalam golongan mematikan, yaitu:

  1. Benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit dan terasa keras saat disentuh.
  2. Benjolan bertumbuh makin besar secara perlahan-lahan.

Kondisi berbahaya yang menyebab pembengkakan kelenjar aialah infeksi darah. Seseorang yang menderita infeksi darah akan terlihat sangat lemas. Dan juga akan mengalami demam yang akan memburuk dan juga disertai tubuh yang terasa menggigil. Infeksi ini diakibatkan oleh serangan bakteri dan seseorang yang mengalaminya harus secepatnya diberiperawatan dirumah sakit.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kelenjar Getah Bening Beserta Ciri Dan Penyebabnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀