Pengertian, Fungsi Dan 6 Protocol WAN (Wide Area network) Beserta Kelebihan & Kekurangannya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi Dan 6 Protocol WAN (Wide Area network) Beserta Kelebihan & Kekurangannya Secara Lengkap – Mendengar kata WAN sudah tidak asing lagi bagi yang mengambil jurusan komputer atau bidang IT, tapi tidak semua nya mengetahui apa itu WAN. Untuk mengetahui apa itu WAN. marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

WAN

Pengertian WAN (Wide Area network)

WAN (Wide Area network) ialah sebuah jaringan komputer yang mencakup area lokasi yang lebih luas, dengan melibatkan kesatuan komputer yang lebih banyak. Dengan ini sudah jelas berbeda dengan PAN, MAN atau mungkin LAN yang dibatasi dengan ruangan dan bangunan. WAN tidak dibatasi dengan suatu ruangan maupun bangunan namun cakupannya bisa antar benua.
WAN akan mampu mengkoneksikan para pengguna-pengguna sebuah jaringan dalam daerah jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan membuat para Technical IT bisa melakukan sharing resource antar negara bahkan antar benua.

Fungsi WAN (Wide Area Network)

  • Untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dan jaringan MAN menjadi satu jaringan.
  • Untuk membantu mempercepat suatu proses berbagi data atau sharing file.
  • Untuk mempercepat dan mempermudah sebuah arus komunikasi dan informasi.
  • Untuk update data antar perusahaan atau kantor bisa dilakukan setiap saat.
  • Untuk menghemat biaya operasional.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

Jenis Protocol WAN (Wide Area Network)

1. Point-to-Point protocol (PPP)
Protokol PPP ialah suatu protokol standar yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah koneksi antara router ke router atau antara suatu host ke dalam jaringan dalam media WAN Synchronous ataupun Asynchronous.

loading...

2. Serial Line Internet Protocol (SLIP)
SLIP ialah pendahulu dari PPP yang banyak digunakan untuk membangun koneksi serial Point-to-Point yang menggunakan suatu protokol komunikasi TCP/IP.

3. High-level Data Link Control (HDLC)
Protokol layer data link ini ialah suatu protokol ciptaan Cisco System, jadi penggunaan protokol ini hanya ketika suatu jalur WAN digunakan oleh dua buah perangkat router Cisco saja. jika perangkat selain produk Cisco yang ingin digunakan, maka protokol yang digunakan ialah PPP yang merupakan protokol standar.

4. X.25/LAPB
X.25 ialah sebuah standar buatan organisasi standardisasi ITU-T yang menjabarkan cara koneksi antara perangkat DTE (Data Terminal Equipment) dengan DCE (Data Communication Equipment) yang memungkinkan suatu perangkat-perangkat komputer bisa saling berkomunikasi. Kelebihan dari X.25 ini ialah suatu kemampuannya untuk mendeteksi error yang sangat tinggi. Maka dari itu, suatu protokol komunikasi ini banyak digunakan dalam media WAN analog yang tingkat error-nya tinggi.

5. Frame Relay
Frame relay ialah suatu protokol yang khusus digunakan untuk membuat sebuah koneksi WAN jenis Packet-Switched dengan performa yang tinggi. WAN protokol ini bisa digunakan di atas berbagai macam interface jaringan. Karena untuk mendukung suatu performanya yang hebat ini, frame relay membutuhkan media WAN yang berkecepatan tinggi, reliabel, dan bebas dari error.

6. Asynchronous Transfer Mode (ATM)
ATM ialah sebuah protokol standar internasional untuk jaringan cell relay, di mana berbagai macam servis misalnya seperti suara, video, dan data digandeng bersamaan dengan menggunakan sebuah cell-cell yang berukuran tetap. Protokol ATM banyak digunakan untuk memaksimalkan suatu penggunaan media WAN berkecepatan sangat tinggi seperti Synchronous Optical Network (SONET).

Kelebihan WAN (Wide Area Network) :

  • Dapat Berbagi suatu informasi/file melalui area yang sangat besar.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini bisa menggunakan data yang sama.
  • Memiliki sebuah sistem jaringan yang besar/luas yang sehingga bisa menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Jika terkoneksi dengan sebuah jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di laksanakan secara cepat.
  • Dapat berbagi resources dengan kone workstations.

Kekurangan WAN (Wide Area Network) :

  • Pada Biaya operasionalnya sangat mahal.
  • Dalam hal sebuah settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu pada alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi suatu pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap ancaman dari hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Itulah ulsan tentang Pengertian, Fungsi Dan 6 Protocol WAN (Wide Area network) Beserta Kelebihan & Kekurangannya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


No ratings yet.

Please rate this