17 Definisi, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Dan Perkembangannya

Diposting pada

Pengertian-Teknologi

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan istilah ‘teknologi’ dalam bahasa Inggris: technology telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidak umum dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada penggambaran atau seni terapan penilaian. Istilah ini sering dikaitkan dengan pendidikan teknis, seperti Massachusetts Institute of Technology (didirikan pada tahun 1861).


Istilah technology mulai menonjol pada abad ke-20 bersama dengan berlalunya Kedua Revolusi Industri. Memahami perubahan technology pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai oleh Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman, Technik, menjadi technology . Dalam bahasa-bahasa Eropa Jerman dan lain-lain, ada perbedaan antara Technik dan Technologie, yang nihil dalam bahasa Inggris, sebagai istilah umumnya diterjemahkan sebagai technology.


Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).


Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.


Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan Aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pemasaran Global Dan Contoh, Manfaat Serta Konsepnya


Sejarah Teknologi

Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)

Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.

Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.

Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.


Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal!

  • 3000 SM
    Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
    Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.

  • 2900 SM
    Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno
    Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.


  • 500 SM
    Serat Papyrus digunakan sebagai kertas
    Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.


  • 105 M
    Bangsa Cina menemukan Kertas
    Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem Cap.


Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )

  1. Tahun 1455
    Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.

  2. Tahun 1830
    Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.


  3. Tahun 1837
    Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.


  4. Tahun 1861
    Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang.


  5. Tahun 1876
    Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.


  6. Tahun 1877
    a. Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
    b. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.


  7. Tahun 1899
    Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.


  8. Tahun 1923
    Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.


  9. Tahun 1940
    Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.


  10. Tahun 1945
    Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.


  11. Tahun 1946
    Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.


  12. Tahun 1948
    Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.


  13. Tahun 1957
    – Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.
    – USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.


  14. Tahun 1962
    Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.


  15. Tahun 1969
    Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps.


  16. Tahun 1972
    Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama


  17. Tahun 1973 – 1990
    Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.


  18. Tahun 1991- Sekarang
    Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Teknologi Informasi Dan Komunikasi – Sejarah, Pengertian, Manfaat, Dampak, Pengelompokan, Komponen, Pendidikan, Klasifikasi


Teknologi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Read Bain (1937)
    Mengatakan bahwa teknologi ini pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

  2. Menurut Naisbit (2002)
    Naisbitt (2002) mengutip pemahaman tentang teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.


  3. Menurut Miarso (2007)
    Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.


  4. Menurut Ursula Franklin (1989)
    Teknologi sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.


  5. Menurut Capra (2004)
    Teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literatur Yunani disebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang berarti wacana seni.


  6. Menurut Djoyohadikusumo (1994)
    Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.


  7. Menurut Sardar (1987)
    Teknologi merupakan sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka ini akan menyebabkan banyak masalah tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.


  8. Menurut Rogers (1994)
    Teknologi adalah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.


  9. Menurut Poerbahawadja Harahap
    Penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.


  10. Menurut Toynbee (2004)
    Teknologi adalah karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia, di mana ia membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih dari itu. Selanjutnya dinyatakan oleh Toynbee, bahwa teknologi dapat mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.


  11. Menurut Manuel Castells (2004)
    Teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.


  12. Menurut Elul (dalam Miarso, 2007)
    Teknologi adalah pemimpin secara keseluruhan dan memiliki metode rasional – karakteristik khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.


  13. Menurut Saliman (1993)
    Mengatakan bahwa teknologi adalah sesuatu ilmu pengetahuan dan pengembangan industri.


  14. Menurut Sudarsono (1993)
    Teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri


  15. Menurut Merriam Webster
    Menyatakan bahwa teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.


  16. Kamus Besar Bahasa Indonesia
    Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu pengetahuan ilmu terapan. Dan mean keseluruhan untuk menyediakan barang yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan bahwa kamus Indonesia yang besar.


  17. Menurut Wikipedia
    Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi merupakan sebuah entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpad melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai – nilai tertentu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teknologi Imformasi – Maafaat, Dasar, Konsep, Pengelompokan, Para Ahli


Macam dan Jenis Teknologi

Teknologi bagi kita merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat dan kerajinan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alamnya. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani technologfa (xexvoAoyia) – TECHNE (xexvn), ‘kerajinan’ dan-Logia (-Aoyia), studi tentang sesuatu, atau cabang pengetahuan dari suatu disiplin. Teknologi juga dapat diartikan benda-benda yang berguna bagi manusia, seperti mesin, tetapi dapat juga mencakup hal yang lebih luas, termasuk sistem, metode organisasi, dan teknik. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau spesifik: contoh-contoh mencakup “teknologi konstruksi”, “teknologi medis”, atau “state-of-the-art teknologi”


Kita menggunakan teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan yang prasejarah kemampuan untuk mengendalikan api sehingga dapat mengolah makanan dan penemuan roda membantu manusia dalam perjalanan di dalam dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, mengatasi hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan bebas pada skala global atau luas. Namun, tidak semua teknologi ini telah digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata yang semakin meningkat kekuatan destruktif telah berkembang sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.


Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekitarnya dalam beberapa cara. Dalam masyarakat, teknologi telah membantu mengembangkan ekonomi yang lebih maju (termasuk ekonomi global saat ini). Tetapi banyak proses-proses teknologi juga menghasilkan produk yang tidak diinginkan atau mengakibatkan sesuatu hal, contohnya polusi, dan menguras sumber daya alam, dengan merusak bumi dan lingkungannya. Berbagai implementasi teknologi mempengaruhi nilai-nilai masyarakat dan teknologi baru sering menimbulkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Contohnya meliputi munculnya gagasan tentang efisiensi dalam hal produktivitas manusia, istilah yang awalnya hanya berlaku bagi mesin, dan tantangan dari norma-norma tradisional.


ada beberapa macam jenis teknolgi diantara lain sebagai berikut :

  • Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah system yang menggunakan sarana teknis untuk mengirimkan informasi ataupun data dari satu tempat menuju ke tempat lain, atau dari satu orang ke orang lain. Komunikasi digunakan untuk beragam tujuan antara lain digunakan untuk menyampaikan ide atau pendapat, saling bertukar informasi, dan mengekspresikan emosi dan juga perasaan.

Manusia menggunakan alat komunikasi misalnya telepon, computer, email, fax, ataupun alat pesan teks agar dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, lalu bisnis guna memfasilitasi aliran informasi di tempat kerja, untuk membantu dalam pengambbilan berbagai keputusan, untuk melayani kebutuhhan pelnggan dan juga permintaan, untuk mempromosikan produk ataupun jasa terbaru kepada konsumen yan telah ditargetkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.


  • Teknologi Kontruksi

Teknologi Kontruksi

Teknologi kontruksi adalah studi mengenai metode canggih serta peralatan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah struktur. Kontruksi dapat membangun dua jenis struktur. Pertama struktur bangunan dan juga struktur teknik berat. Kontruksi menggunakan berbagai tindakan teknologi agar dapat mendirikan struktur di tempat manapun.

Penggunaan alat-alat teknologi kontruksi seperti traktor berat dalam mempersiapkan tanah, software desain computer untuk menciptakan desain struktur pada computer dalam format 3D, dengan menggunakan berbagai teknologi kontruksi untuk melampirkan struktur serta menginstal utilitas sudah membantu dalam memajukan kedua bangunan tempat tinggal maupun bangunan komersial masa kini.


  • Teknologi Medis

Teknologi Medis

Teknolog medis adalah jenis teknologi yang digunakan untuk memperluan serta meningkatkan kehidupan manusia. Teknologi medis dapat mengurangirasa sakit dan cedera pasien. Di negara-negara maju sudah mendapatkan keuntungan dari penggunaan berbagai teknologi medis dalam system perawatan mereka.

Adanya teknologi medis juga menjadi salah satu alasan mengaa orang di negara maju lebih sehat dibandingkan orang-orang di negara berkembang. Yang mana teknologi medis dapat digunakan untuk mendiagnosa infeksi,  mengobati penyakit, dan juda untuk membuat penelitian tentang penyakit yang mempengaruhi manusia.


  • Teknologi Informasi

Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah seperangkat alat perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan beragam informasI. Alat teknologi informasi dapat membantu dalam memberikan orang-orang informasi yang tepat pada waktu yang cepat. Pekerja dalam organisasi dapt menggunakan teknologi informasi untuk menyelesaikan beragam tugas mulai dari mentransfer informasi yang memfasilitasi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, meningkatkan layanan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Dalam era informasi saat ini, sangat penting untuk mengelola system informasi guna memastikan akurasi dan efisiensi informasi tersebut. System informasi manjemen melibatkan perencanaan,pengembangan, manajemen, dan juga penggunaan alat-alat teknologi informasi guna membantu pekerja dan  orang-orang dalam melakukan seluruh tugas yang berhubungan dengan pengolahan infformasi dan juga manajemen.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Bioteknologi Dengan Teknologi Plasmid


Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, telah menyempit hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi yang digunakan untuk tujuan damai; pengembangan lebih intens senjata telah terjadi sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.


Dampak teknologi dan masyarakat sekitar dalam banyak cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global saat ini) dan telah memungkinkan peningkatan gratis. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak diinginkan, yang disebut polusi, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.


Berbagai aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai masyarakat dan teknologi baru seringkali menimbulkan pertanyaan etis baru. Misalnya, gagasan luas efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, istilah yang di Hosono dan Ryuichi Sakamoto hanya menyangkut mesin, contoh-contoh lain yang menantang norma-norma tradisional.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Faktor Kebutuhan Manusia – Pengertian, Mempengaruhi, Macam, Pendapatan, Teknologi, Alat Pemuas


Ilmu, rekayasa, dan teknologi

Perbedaan antara ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi tidak selalu jelas. Ilmu adalah investigasi penalaran atau ilmu tentang fenomena, ditujukan untuk menemukan prinsip-prinsip yang melekat dalam unsur-unsur dunia fenomenal dengan menggunakan teknik formal metode ilmiah. Teknologi tidak selalu merupakan hasil dari ilmu pengetahuan belaka, karena teknologi harus memenuhi persyaratan seperti utilitas, kegunaan dan keamanan.


Rekayasa adalah proses berorientasi tujuan dari perancangan dan pembuatan peralatan dan sistem untuk mengeksploitasi fenomena alam dalam konteks praktis bagi manusia, seringkali (tetapi tidak selalu) menggunakan hasil dan teknik dari ilmu pengetahuan. Pengembangan teknologi dapat digambarkan dalam banyak domain pengetahuan, termasuk pengetahuan ilmiah, teknik, matematika, linguistika, dan sejarah, untuk mencapai hasil praktis.


Teknologi seringkali merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa – meskipun teknologi sebagai aktivitas manusia sering mendahului kedua domain tersebut. Sebagai contoh, ilmu pengetahuan bisa mempelajari aliran elektron dalam konduktor listrik, dengan menggunakan peralatan, dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Pengetahuan yang baru ditemukan ini kemudian dapat digunakan oleh para insinyur, dan teknisi untuk menciptakan peralatan dan mesin-mesin baru, seperti semikonduktor, komputer, dan bentuk lain dari teknologi canggih lainnya. Dalam perspektif hari ini, para ilmuwan dan insinyur dapat keduanya dianggap sebagai “teknolog”; Domain ketiga sering dianggap sebagai salah satu untuk keperluan penelitian dan referensi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Aplikasi Bioteknologi Modern – Pengertian, Genetika, kedokteran, pertanian, peternakan, limbah, Biokimia, Virologi, Biologi sel


Kemajuan Teknologi

Hal ini tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Alih-alih sederhana, ke dunia menghebohkan.

Sebenarnya, teknologi telah ada sejak zaman dahulu, zaman Romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara dramatis, dan terus berkembang saat ini. Sampai membuat objek, teknik yang dapat membantu orang dalam pelaksanaan sesuatu yang lebih efisien, dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Mobil nasional telah membuat inovasi untuk Indonesia. Selain itu, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal untuk kebutuhan nelayan.


Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :

  • Kemajuan teknologi netral
  • Terjadi ketika tingkat pengeluaran (output) meraih pendapatan yang lebih tinggi dengan kuantitas dan kombinasi faktor (input) yang sama.
  • Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
  • Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas, banyak ditandai dengan peningkatan pesat dalam teknologi hemat tenaga kerja dalam memproduksi segala sesuatu dari kacang untuk sepeda ke jembatan.
  • Modal hemat kemajuan teknologi
  • Sebuah fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang dimaksudkan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Perubahan Iklim – Faktor, Kalsifikasi, Sifat, Dampak, geologis, Pergeseran, Teknologi, Global Warming


Contoh Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi mempunyai banyak macam jenisnya, beberapa macam bentuk teknologi informasi dalam pembelajaran yaitu:

  • Laptop/Notebook
    Laptop/notebook adalah perangkat canggih yang fungsinya sama dengan kmputer tetapi bentuknya praktis dapat dilihat dan dibawa kemana-mana karena bobotnya ringan, bentuknya ramping dan daya listriknya menggunakan baterai charger, sehingga bisa digunakan tanpa harus menolokkan ke steker.
  • Deskbook
    Deskbook adalah perangkat sejenis computer dengan bentuknya jauh lebih praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan diatas meja tanpa memakan banyak tempat. Namun, alat ini masih menggunakna sumber listrik steker karena belum dilengkapi dengan baterai charger.
  • Personal Digital Assistant (PDA)
    PDA adalah perangkat sejenis computer, tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku, walaupun begitu, PDA memiliki fungsi yang hamper sama dengan computer yang dapat mengolah data.
  • Kamus Elektronik
    Kamus elektronik adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan antar bahasa.
  • MP4 Player
    MP4 Player adalah perangkat yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video, music dan game.
  • MP3 Player
    MP3 Player adalah perangkat yang dapat menyimpan data hanya saja MP3 ini tidak dapat digunakan untuk memutar video dan game, hanya dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
  • Flashdisk
    Flashdisk adalah media penyimpanan data portable yang berbentuk Universal Serial Bus. Ukurannya sangat kecil dan bobotnya sangat ringan, tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah besar.
  • Komputer
    Komputer adalah perangkat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan lain wwwaktu.
  • Internet
    Internet adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung yang menjangkau seluruh dunia.