Pengertian Pemasaran Global Dan Contoh, Manfaat Serta Konsepnya

Diposting pada

Pengertian Pemasaran Global

Pemasaran global merupakan pemasaran secara teratur di seluruh dunia. Peluang pasar selalu terbuka untuk semua pelaku bisnis, termasuk pasar ekspor. Yang penting adalah berkreasi dan ingin berinovasi dalam mengembangkan pasar. Pengusaha yang kuat tentu saja tidak mudah tenggelam oleh perubahan dalam tantangan bisnis meskipun tantangan yang datang semakin berat.

Bagi pebisnis sejati, kesulitan sebenarnya adalah cambuk yang membangkitkan antusiasme untuk menyelesaikannya sehingga bisnis dapat tumbuh dan berkembang. Karakter seperti itu juga nampaknya melekat dalam serangkaian manajer perusahaan di Indonesia yang juga bisa dilihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya memang super.

pemasaran global dan contohnya


Pengertian Pemasaran Global Menurut Para Ahli

  • Philip Kotler & Kevin Lane Keller : 2008

Pemasaran Global merupakan proses untuk memfokuskan bermacam sumber daya (SDM, modal uang atau aset fisik) serta bermacam tujuan dari organisasi perusahaan lainnya untuk menggapai ancaman pasar global dan mendapatkan kesempatan di pasar global.

  • Wikipedia

Pemasaran global merupakan pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.

Manfaat Pasar Global

Ada 2 manfaat yaitu:

  1. Mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
  2. Untuk bertahan hidup.
  • Orientasi Manajemen
  1. Etnosentris
  2. Polisentris
  3. Regiosentris
  4. Geosentris

Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global

Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan menghambat.

  • Hal yang mendorong meliputi : – kebutuhan dan keinginan pasar – teknologi – peningkatan transportasi – kualitas biaya – perdamaian global – pertumbuhan ekonomi dunia – mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global.
  • Hal-hal yang menghambat : – perbedaan pasar – kecurangan manajemen – budaya organisasi – kontrol nasional.

Konsep Pemasaran Global

  • Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan

Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan di mana manusia merasa mereka tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, tetapi telah diukir dan diukir dalam kondisi manusia. Keinginan adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung oleh kemampuan dan kemauan untuk membelinya. Keinginan menjadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Perbedaan ini dapat menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; Kebutuhan yang ada Pemasar memengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat produk yang sesuai, menarik, terjangkau, dan mudah diperoleh oleh pelanggan yang dituju.

  • Produk

Produk Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya produk fisik tidak terletak pada kehalusannya tetapi pada layanan yang dapat diberikannya. Karena itu, dalam membuat suatu produk harus memperhatikan produk dan layanan fisik yang diberikan oleh produk tersebut.

  • Nilai, Biaya, dan Kepuasan

Nilai, Biaya dan Nilai Kepuasan adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberikan kepuasan total tertinggi. Nilai dari setiap produk sebenarnya tergantung pada seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk yang ideal, ini termasuk harga.

  • Pertukaran, Transaksi dan Hubungan

Pertukaran, Transaksi dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia dan nilai suatu produk untuk manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran muncul ketika orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran adalah proses dan bukan peristiwa sesaat. Setiap pihak dikatakan sebagai pertukaran jika mereka bernegosiasi dan mengarah pada kesepakatan. Jika kesepakatan tercapai, itu disebut transaksi. Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk transaksi yang lancar, hubungan dan kepercayaan yang baik antara pelanggan, distributor, distributor, dan pemasok akan membangun kelompok ekonomi, teknis, dan sosial ikan yang kuat bersama mitra mereka. Jadi transaksi tidak perlu dinegosiasikan kapan saja, tetapi sudah menjadi rutin. Ini dapat dicapai dengan menjanjikan dan memberikan kualitas produk yang berkelanjutan, layanan dan harga yang wajar.

  • Pasar

Pasar Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu dan bersedia serta mampu berpartisipasi dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan tersebut. Istilah pasar untuk menunjukkan sejumlah pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi pada suatu produk.

  • Pemasaran dan Pemasar

Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam kaitannya dengan pasar, pemasaran berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan ingin menawarkan sesuatu yang bernilai kepadanya. Jika satu pihak lebih aktif dalam mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.


Contoh Perusahaan Indonesia Yang Berhasil Pada Pasar Global

  • Bio Farma

Perusahaan yang berbasis di sektor farmasi dan pencegahan penyakit ini harus menjadi kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN ini termasuk dalam 30 perusahaan farmasi di dunia yang dapat mengekspor vaksin ke 131 negara. Bio Farma memang tergantung pada pasar global dalam proses produksinya, dengan 65% produknya diekspor ke berbagai negara.

Sudah aktif selama 124 tahun, perusahaan global ini terus berinovasi di bidang vaksin. Pada 2015, Bio Farma diberi izin oleh WHO (World Health Organization) untuk mengekspor vaksin Pentavalent di seluruh dunia. Vaksin ini agak inovatif, karena merupakan kombinasi dari enam vaksin dasar seperti difteri, polio, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan juga Haemophylus influenza B. Dengan temuan ini, imunisasi yang dilakukan pada bayi tidak perlu sebanyak 9 kali seperti biasa, tetapi hanya perlu 3 kali.

  • Sido Muncul

Perusahaan yang berawal dari industri jamu rumahan di Semarang pada tahun 1951 telah menyentuh pasar ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa dan bahkan Afrika. Sido Muncul membawa 250 produk unggulan ke pasar global, dan telah berhasil menjadi merek terkenal oleh komunitas global. Perusahaan ini memiliki proses panjang dalam memperluas pasar, di mana negara-negara lain masih memandang sebelah mata di hadapan obat-obatan herbal. Tetapi tantangan ini dapat dikelola dengan membangun pabrik dengan standar internasional untuk suplemen makanan dan Sido Muncul melalui kategori ini.

Baca juga:

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pemasaran Global Dan Contoh, Manfaat Serta Konsepnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Co.Id