Faktor Kebutuhan Manusia – Pengertian, Mempengaruhi, Macam, Pendapatan, Teknologi, Alat Pemuas

Diposting pada

Faktor Kebutuhan Manusia – Pengertian, Mempengaruhi, Macam, Pendapatan, Teknologi, Alat Pemuas : Bila satu kebutuhan telah terpenuhi, kebutuhan yang lain pun akan muncul. Hal seperti ini mengapa demikian ?? karena sifat kebutuhan manusia ialah tidak terbatas. Yang pada dasarnya manusia tidak pernah puas.


Kebutuhan Tidak Terbatas

Pengertian Kebutuhan Manusia

Sebagai manusia kita pastinya memiliki kebutuhan, bila satu kebutuhan telah terpenuhi, kebutuhan yang lain pun akan muncul. Hal seperti ini mengapa demikian ?? karena sifat kebutuhan manusia ialah tidak terbatas. Yang pada dasarnya manusia tidak pernah puas.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 7 Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli


Konsep yang demikian sudah dijelaskan oleh para pemikir mazhab klasik seperti Adam Smith. Yang menurutnya setiap kegiatan ekonomi masyarakat didorong oleh prinsip-prinsip mendahulukan kepentingan ( kebutuhan ) diri sendiri.


Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Untuk kebutuhan pada manusia sendiri terus meningkat dan berubah karena berbagai macam faktor yang diantaranya yaitu :


Faktor Usia

Pastinya anda masih ingat apa kebutuhan ketika anda masih bayi. Ketika baru lahir kebutuhan kita yang utama ialah susu dan popok bayi. Pada saat menginjak usia empat bulan kita sudah membutuhkan makanan lumat seperti bubur. Beberapa bulan kemudian kita sudah makan makanan yang lebih bervariasi. Setelah masuk usia sekolah, anda membutuhkan pendidikan formal. Mulai dari SD, SMP dan SMA.


Selama masa sekolah kebutuhan anda juga bertambah seperti :

  • Alat-alat tulis
  • Buku pelajaran
  • Transportasi
  • Dan sebagainya

Demikian pula ketika anda menikah dan berkeluarga, kebutuhan anda terus bertambah. Hal ini menunjukkan jenis atau jumlah kebutuhan selalu meningkat seiring perkembangan usia.


Faktor Pendidikan

Kebutuhan manusia juga berkembang seiring dengan tingkat pendidikannya. Ketika anda duduk di bangku SD. Kebutuhan anda tentu tidak sebanyak ketika anda duduk di bengku SMP. Misalnya untuk alat-alat sekolah, ketika di SD buku yang anda perlukan tidak sebanyak ketika di SMP. Ketika di SMA seperti sekarang, kebutuhan buku anda lebih banyak lagi. Itu baru dalam hal peralatan sekolah.


Faktor Teknologi

Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan. Sekarang anda sudah biasa melihat orang berbicara lewat telpon sambil jalan-jalan. Ini merupakan akibat dari perkembangan teknologi kemonikasi yang menghasilkan handphone ( telpon genggam ). Dengan memiliki handpone orang menjadi lebih mudah berkomunikasi, lebih gaya dan tidak dianggap tidak mengerti teknologi.


Orang pun meras bahwa handpone ialah kebutuhan yang tidak kalah penting dari makanan atau pakaian, maka tidak jarang anda melihat orang yang selalu berganti-ganti handpone demi mengikuti perkembangan teknologi tersebut.


Faktor Pendapatan

Cobalah kita perhatikan orang-orang yang berada disekitar tempat kita berada, tentunya bisa membedakan mana yang memiliki pendapatan tinggi dan mana yang memiliki pendapatan rendah. Apakah kebutuhan mereka berbeda ?? Coba perhatikan, mengapa tetangga anda ada yang menggunakan mobil ketika berpergian sementara ada pula yang hanya mengayuh sepeda.


Dengan demikian membuktikan bahwa tinggi rendahnya pendapatan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan. Mungkin tetangga anda hanya mengayuh sepeda itu kelak akan berganti sepeda motor ketika pendapatannya meningkat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli Dunia


Faktor Jumlah Penduduk

Kebutuhan akan semakin besar seiring dengan pertambahan penduduk. Hal ini tentu mudah bagi anda pahami. Dan perhatikanlah keluarga anda, setiap anggota keluarga pasti memiliki kebutuhan sendiri. misalnya anda membutuhkan makanan untuk tiga kali sehari, tiga pasang baju seragam, dua pasang sepatu dan seterusnya. Hal ini semakin banyak jumlah anggota keluarga maka semakin besar pula beragam kebutuhannya.


Demikian pula dalam lingkup yang lebih luas seperti negara, ini dapat anda lihat dari besarnya anggaran pendapatan dan belanja negara ( APBN ) yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.


Faktor Iklan Atau Promosi Produk

Dalam kehidupan modern, kebutuhan manusia juga banyak dipengaruhi oleh perkembangan produk-produk baru dan promosi produk melalui berbagai media massa. Sebagai contoh, sering kita membeli suatu produk hanya karena iklan produk tersebut sering muncul di televise. Iklan memang dirancang untuk memengaruhi persepsi konsumen bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pada calon konsumen.


Human Needs

Macam – Macam Kebutuhan Manusia

Berikut Ini Merupakan Macam – Macam Kebutuhan Manusia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli


Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan

Kebutuhan menurut intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat penting suatu kebutuhan. Macammacam kebutuhan menurut intensitasnya yaitu:


  1. Kebutuhan Primer

    Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar. Menurut ILO (International Labour Organization) bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin.


    Kebutuhan pokok ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lainnya seperti transportasi, persediaan air minum, rasa aman, dan sebagainya.


  2. Kebutuhan Sekunder

    Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya,


    yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi, kulkas, sepeda motor, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.


  3. Kebutuhan Tersier

    Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan berlian, rumah mewah, mobil mewah, dan lain-lain.


Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

Pembagian kebutuhan atas dasar waktu pemenuhannya dibagi menjadi:


  1. Kebutuhan Sekarang

    Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda-tunda lagi agar manusia tidak mendapat kesulitan. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang sedang dahaga, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya. Contoh lain keadaan negara yang aman dan stabil merupakan kebutuhan sekarang, agar rakyat Indonesia dapat membangun negeri ini.


  2. Kebutuhan akan Datang

    Kebutuhan akan datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi pada hari esok. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, tidak akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Contohnya, tabungan. Seseorang yang menabung, berarti ia memenuhi kebutuhan yang akan datang.


  3. Kebutuhan yang Tidak Terduga

    Kebutuhan ini muncul jika sesuatu terjadi secara tidak terduga, yang sifatnya insidentil. Contohnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu periksa ke dokter.


  4. Kebutuhan Sepanjang Waktu

    Kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Contohnya, belajar menuntut ilmu.


  5. Kebutuhan Menurut Sifatnya

    Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan manusia dibagi menjadi:


    1. Kebutuhan Jasmani

      Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini meliputi seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan misalnya kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah, dan lain-lain.


    2. Kebutuhan Rohani

      Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani. Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasakan secara langsung.


      Jika kebutuhan ini terpenuhi manusia merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira. Contohnya, mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, dan lain-lain.


Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan

Pembagian kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan, dibagi menjadi:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Definisi Hukuman Mati Menurut Para Ahli Didunia


  1. Kebutuhan Individu

    Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kepuasaan pribadi (perorangan). Contohnya, sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian meliputi seragam, sepatu, buku, pensil, dan lain-lain.


  2. Kebutuhan Sosial

    Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Contohnya, jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan lain-lain.


Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Berikut Ini Merupakan Alat Pemuas Kebutuhan Manusia.


Dari Segi Cara Memperolehnya

  1. Barang ekonomi

    Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu yang biasanya berupa uang. Misalnya, untuk memperoleh makanan kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Uang tersebut adalah sebuah pengorbanan.


  2. Barang bebas

    Barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan yang tersedia hampir tidak terbatas sehingga untuk memperolehnya kita tidak membutuhkan pengorbanan dan dapat mengambilnya begitu saja di alam. Misalnya, udara untuk bernapas, pasir di padang pasir, dan es di kutub.


  3. Barang illith

    Barang illith adalah barang yang dibutuhkan tapi jika barang ini melebihi dari yang dibutuhkan justru akan merugikan dan berbahaya. Misalnya, air dan api.


Dari Segi Cara Penggunaan

  1. Barang konsumsi

    Barang konsumsi adalah barang siap pakai karena manfaatnya langsung dapat diambil. Misalnya, makanan, minuman, dan pakaian.


  2. Barang produksi

    Barang produksi adalah barang yang berguna untuk menghasilkan barang yang lain. Barang produksi merupakan istilah lain dari barang modal. Misalnya, mesin jahit dan radio.


Dari Segi Hubungan dengan Barang Lain


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : stilah Hukum (Advokat) Di Indonesia Secara Lengkap


  1. Barang Substitusi

    Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang fungsinya dapat menggantikan barang lain atau dapat saling menggantikan. Contohnya, gas dapat menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar.


  2. Barang Komplementer

    Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat apabila dipakai bersama-sama dengan benda yang lain. Misalnya, mobil dengan bensin, jarum dengan benang, dan kompor dengan minyak tanah.


Dari Segi Proses Pembuatan

  1. Barang Mentah (bahan baku)

    Barang mentah adalah bahan dasar untuk membuat barang lain. Barang ini sama sekali belum mengalami proses pengolahan. Misalnya, kapas, kayu, dan hasil tambang.


  2. Barang Setengah Jadi

    Barang setengah jadi adalah barang yang telah melalui proses pengolahan, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan karena belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk membuat pakaian, besi untuk untuk membuat pisau, dan terigu untuk membuat kue.


  3. Barang jadi

    Barang jadi merupakan produk akhir yang telah melalui proses pengolahan dari bahan baku menjadi bahan setengah jadi sampai menjadi barang yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pasar Modal : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis Beserta Manfaatnya Secara Lengkap