√ Pembentukan Identitas Nasional Menurut Para Ahli Dan Unsurnya

Diposting pada

Pembentukan Identitas Nasional

Kata identitas yang memiliki arti ciri-ciri, jati diri, atau tanda-tanda yang ada pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan orang lain, sebagai contoh bendera dan jugalagu kebangsaan setiap negara akan berbeda dengan negara lain. Sedangkan dalam triminoligi antropologi kata “identitias” memiliki arti sebagai sifat yang khas yang menerangkan yang sesuai dengan kesadaran diri sendiri, kelompok, golongan, komunitas atau negara lain.

Kata “nasional” berarti identitas yang melekat pada kelompok yang lebih besar yang diikat kesamaan, baik fisik seperti budaya, agama dan juga bahasa ataupun non fisik contohnya keinginan, cita-cita serta tujuan. Oleh karna itu identitas nasional bisa diartikan bahwa pada hakekatnya ialah manifestasi nilai budaya yang bumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan bangsa dan ciri khas itulah bangsa akan berbeda dengan bangsa lainnya.

 

Apa yang dimaksud dengan Identitas Nasional?


Identitas Nasional Menurut Para Ahli

  • Menurut Koenta Wibisono (2005) Identitas Nasional merupakan “ manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa (nasion) dengan ciri khasnya, yang membuat berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya”.
  • Menurut Dean A. Mix dan Sandra M. Hawley Nation-state adalah suatu bangsa yang mempunyai bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan teritorial pemerintah yang sah, pengakuan bangsa lain, dan sebagainya.
  • Menurut Koerniatmante Soepraptowiro secara hukum peraturan tentang kewarganegaraan merupakan suatu konsekuensi lnagsung dari perkembangan nasionalisme.
  • Berger Dalam bukunya yang berjudul “The Capitalis Revolution” ideologi kapitalislah yang akan menguasai dunia serta mengubah masyarakat satu persatu menjadi sistem internasional yang menentukan nasib bangsa-bangsa dibidang sosial, politik, dan kebudayaan.
  • Toyanbee Ciri khas suatu bangsa yang ialah lokal genius dalam menghadapi tantangan dan respon. Jika tantangan besar sementara respon kecil maka bangsa tersebut akan punah. Namun apabila tantangan kecil sementara respon besar maka bangsa tersebut akan berkembang menjadi bangsa yang kreatif.

Unsur Identitas Nasional

Identitas Nasional merupakan suatu jati diri suatu bangsa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Identitas nasional Indonesia terbentuk oleh beragam unsur, fisik dan juga non fisik. Salah satunya yang melekat pada bangsa Indonesia ialah sebutan suatu bangsa yang majemuk. Kemajumukan dari bangsa Indonesia ini tercermin pada bhineka Tunggal Ika yang ada pada simbol nasional Burung Garuda dengan lima simbol yang mewakili sila-sila pada dasar negara yaitu Pancasila. Kemajemukan ini adalah perpaduan dari bermacam-macam unsur yang menjadi inti indentitas Indonesia. Yakni Sejarah, Agama, Kebudayaan, Suku dan Bangsa.


Sejarah

Sejarah mencatat, sebelum menjadi negara atau bangsa (nation state), Nusantara pernah mengalami kejayaan yang gemilang. Dua kerjaan bersar yakni Majapahit dan Sriwijaya yang dikenal sebagai pusat dari kekuasaan di Nusantara yang memiliki pengaruh menembus batas teritorial, dimana kedua kerajaan ini berdiri. Semangat juang masyarakat Nusantara dalam mengusir penjajah dari tanah kelahirannya, sudah menjadi ciri khas tersendiri untuk cikal bakal bangsa Indonesia yang selanjutnya akan menjadi salah satu unsur pembentukan identitas nasionalnya sebagai bangsa yang tidak mudah menyerah. Ini tercermin pada konstitusi Indonesia dimana Pembukaan UUD 1945 secara khusus menyatakan bahwa dukungan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan setiap bangsa di dunia.


Kebudayaan

Budaya atau kebudayaan yang menjadi unsur-unsur identitas nasional memiliki tiga unsur untama, yakni akal budi, pengetahuan dan peradaban. Akal budi bangsa Indonesia terlihat pada keramahan serta kesantunan orang Indonesia yang sudah dikenal di dunia. Selanjutnya ialah unsur indentitas pengetahuan bisa kita lihat dari kekayaan penampilan bansa Indonesia sebagai bangsa maritim, dari berbagai bangunan candi yang beraneka ragam dan kapal pinisi merupakan unsur indentitas pengetahuan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain di dunia. Adapun unsur identitas peradabannnya terlihat pada dasar negara yaitu Pancasila yang menunjukan kekuatan atas nilai-nilai yang sangat majemuk.


Suku Bangsa

Kemajemukan ialah salah satu bentuk identitas bangsa Indonesia. Labih dari itu, kemajemukan yang bersifat alamiah, tradisi bangsa Indonesia untuk dapat hidup bersama dalam keberagaman adalah suatu unsur utama pembentukan identitas yang perlu dikembangkan serta dilestarikan. Kemajemukan alamiah inilah yang tercermin pada bangsa Indonesia yang ada didalam ribuan suku, budaya dan bahasa, dan ini merupakan gambaran bahwa bangsa ini adalah kesatuan atas keberagaman yang secara simbolik diperlihatkan dalam Bhenika Tunggal Ika.


Agama

Keragaman agama dan keyakinan merupakan identitas lain dari kemajemukan alamiah bangsa Indonesia. Begitu pentingnya keberadaan keragaman unsur agama dan keyakinan ini, para pendiri bangsa Indonesia menjadikannya unsur paling penting dalam konstitusi negara, sebagai upaya wajib negara untuk melindungi rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang harus tetap dipelihara dan disyukuri bangsa Indonesia. Para perumus dasar negara Pancasila telah bersepakat agar menempatkan dasar spiritualitas Nusantara ini dalam urutan pertama dari kelima sila Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah kewajiban bangsa Indonesia untuk beragama secara berkebudayaan yaitu suatu sikap dan perilaku beragama yang menjunjung prinsip-prinsip toleransi.


Bahasa

Bahasa Indonesia adalah unsur lain pembentuk identitas nasional bangsa Indo­nesia. Keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dijamin oleh konsti­tusi negara, UUD 1945. Ribuan pulau, etnis dan keragaman budaya dan keyakinan dapat dipersatukan dengan adanya bahasa Indonesia, yang sebelumnya merupakan bahasa pengantar (lingua franca), bahasa transaksi perdagangan dan pergaulan, masyarakat yang mendiami kepulauan yang tersebar di seluruh Nusantara.

 

Baca Juga :  9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap
Baca Juga :  Pengertian Dan Sifat Kebudayaan Terlengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pembentukan Identitas Nasional Menurut Para Ahli Dan Unsurnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com