“Reporter” Pengertian & ( Tujuan – Fungsi – Syarat – Tugas )

Posted on

“Reporter” Pengertian & ( Tujuan – Fungsi – Syarat – Tugas )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai reporter yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, fungsi, syarat, dan tugas, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Reporter

Repoter ialah salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita “news gathering” dilapangan dan melaporkannya ke pada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, atau pun secara lisan bila laporannya disampaikan melalui media elektronik radio atau televisi. Hasil kerja repoter, baik merupakan naskah tulisan ataupun lisan, umumnya harus melalui penyutingan redaktur atau produser berita sebelum bisa disiarkan kepada publik.

Tujuan Dan Fungsi Reporter

Adapun tujuan dan fungsi reporter yang diantaranya yaitu:

  • Mengungkap latar belakang berita “background information”.
  • Menjelaskan keterkaitan berita satu dengan berita lainnya.
  • Menggali persoalan dibalik peristiwa dan berita.
  • Membuka cakrawala pemahaman yang lebih luas dari pembaca/khalayak.
  • Lebih mengungkap aspek why dan who.

Syarat Utama Seorang Reporter

Adapun syarat utama seorang reporter yang diantaranya yaitu:

  • Vitalis.
  • Menguasai ilmu komunikasi.
  • Menaati berbagai regulasi jurnalistik.

Tugas Repoter

Melihat tugas repoter yang begitu mulia yakni salah satunya mencari informasi untuk mengungkapkan suatu kebenaran. Dalam hal ini tugas seorang repoter ialah sangat penting. Hal ini mengapa demikain??? Karena seorang reporter ialah orang sangat dibutuhkan ketika kita akan memberitakan suatu informasi kepada khalayak. Ialah seorang yang mencari berita, tap reporter bagaimana berita itu dapat diketahui kebenarannya.

loading...

Dari informasi yang diperoleh para reporter, lalu diolah menjadi sebuah produk berita yang layak dikonsumsi khalayak. Sumber dari segala berita berasal dari masyarakat yang kemudian dikumpulkan, dihimpun dan dirangkum menjadi satu oleh reporter yang kemudian disebarluaskan kembail ke masyarakat. Tanpa disadari reporter ialah penghubung antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, dengan memberikan berbagai informasi yang bermanfaat.

Demikianlah pembahasan mengenai “Reporter” Pengertian & ( Tujuan – Fungsi – Syarat – Tugas ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this