Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Endogen Beserta Dampaknya Terlengkap

Posted on

Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Endogen Beserta Dampaknya Terlengkap – Tenaga Endogen biasa disebut juga dengan tenaga tektonik. Tenaga ini mempunyai sifat membentuk dan membangun. Tenaga endogen terdiri dari gempa bumi, vulkanisme, dan proses diatropisme. Untuk lebih jelas nya marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

tenaga endogen

Pengertian Tenaga Endogen

Tenaga Endogen ialah suatu tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen ini mampu menggerakan kerak bumi, baik kerak benua ataupun kerak samudra. Tenaga endogen mempunyai sifat membangun karna mampu membentuk suatu lipatan dan patahan pada kerak bumi yang sehingga muncul pegunungan dan perbukitan. Tenaga endogen disebabkan dari sebuah energi panas dari mantel dan kerak bumi. Energi panas ini berasal dari suatu pembusukan dan disintegrasi unsur radioaktif dan dari diferensiasi gravitasi dalam mantel. Beberapa proses endogen sangat penting dan berperan dalam evolusi bentuk tanah. Tenaga Endogen ini meliputi, tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

Macam-Macam Tenaga Endogen

1. Tektonisme
Tektonisme adalah suatu tenaga dari dalam bumi yang menimbulkan suatu patahan (fault), dislokasi (perubahan letak), dan lipatan (fold) batuan kerak bumi. patahan/sesar dan dislokasi kerak bumi yang menyebabkan terbentuk nya graben/sleng dan horst. Lipatan batuan kerak bumi ini menyebabkan terbentuk punggung lipatan (antiklinal), lembah lipatan (sinklinal), depresi, dan elevasi. Tektonisme ini sangat berkaitan dengan diatorpisme, yakni suatu proses perubahan bentuk muka bumi seperti terbentuknya gunung, plato, serta lipatan dan retakan batuan. Tenaga tektonisme ini yang menyebabkan gerak naik dan turun lapisan batuan kerak bumi ini dibedakan menjadi 2, yakni :

  • Gerak Epirogenesa, adalah suatu gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan meliputi wilayah yang sangat luas. gerak epirogenesa ini dibedakan menjadi gerak epirogenesa positif dan epirogenesa negatif.
  • Gerak Orogenesa, adalah gerak tenaga tektonik yang relatif cepat dan meliputi suatu wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa akan membentuk pegunungan, seperti pegunungan, Gerak orogenesa ini menimbulkan lipatan, patahan, dan retakan batuan.

2. Vulkanisme
Vulaknisme ini berarti gejala kegunung apian. Vulkanisme adalah suatu gejala alam yang berkaitan dengan suatu penyusupan magma pada kerak bumi (litosfer). Magma ialah batuan cair pijar dan bertempratur sangat tinggi dalam bumi. Aktivitas magma ini disebabkan suhu dan tekanan magma yang tinggi didalam bumi serta bisa menimbulkan retakan dan pergeseran kerak bumi.

loading...

3. Gempa Bumi
Gempa Bumi adalah suatu getaran atau guncangan dipermukaan bumi yang disebabkan oleh sebuah gelombang seismik dari pusat gempa. gempa sering terjadi akibat suatu tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan suatu aktivitas magma didalam bumi.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

Dampak Tenaga Endogen

1.Dampak Positif Tenaga Endogen

  • Dalam Pertanian, akan menyuburkan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, teh, kopi, kina, dan lain sebagainya
  • Bisa dijadikan kawasan tangkapan air hujan yang menjadi sumber air bagi sungai-sungai.
  • Dapat menjadi Pusat pembangkit tenaga air (PLTA).
  • Dapat menjadi habitat hewan-hewan, khususnya pada hewan liat karena daerah pegunungan pada umumnya tertutup oleh hutan.
  • Dapat menyediakan hasil-hasil hutan karena pegunungan sangat cocok untuk tempat hidupnya pohon-pohon yang membentuk hutan.

2. Dampak Negatif Tenaga Endogen

  • Lereng-lereng pada suatu pegunungan yang terbentuk oleh tenaga endogen ada berbetuk yang curam dan ada pula yang lebih pandai. Lereng-lereng yang curam ini mengalami erosi tinggi yang sehingga tidak baik dijadikan lahan pertanian.
  • Daerah-Daerah pegunungan ini sering terjadi longsor yang banyak menimbulkan sebuah kerugian baik materi ataupun korban jiwa, terutama pada musim hujan.
  • Membuat jalan di daerah suatu pegunungan memerlukan biaya yang sangat besar karena jalan menjadi bertambah bila dibandingkan dengan jalan yang dibuat lurus seperti didaerah dataran.
  • Pada saat terjadinya Gempa bumi dan peletusan gunung api sering mengakibatkan banyak korban jiwa maupun harta.

Tenaga endogen mempunyai dampak positif maupun dampak negatif. karna semua kejadian itu punya kelebihan dan kekurangannya.

itulah ulasan tentang Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Endogen Beserta Dampaknya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


No ratings yet.

Please rate this