Klasifikasi Keanekaragaman Hayati Lengkap

Posted on

Klasifikasi Keanekaragaman Hayati

Klasifikasi Keanekaragaman Hayati Lengkap –  Sejak dulu manusia sudah mempunyai keinginan untuk lebih mengenal dan memanfaatkan keanekaragaman hayati untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

klasifikasi keanekaragama hayati
klasifikasi keanekaragama hayati

Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi disebut tasksonomi.
Tujuan dan Manfaat tasksonomi adalah sebagai berikut :

Tujuan : iyalah untuk ingin mempelajari hewan ataupun tumbuhan sebagai objek study dapat lebih mudah menentukan kelompok hewan ataupun tumbuhannya.

Manfaat

  1. Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat lebih dimanfaatkan.
  2. untuk mempelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati.
  3. untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan yang lainnya.

Klasifikasi Tasksonomi dibagu dalam beberapa tingkah yaitu :

  1. Kingdom.
  2. Filum atau divisi(keluarga besar).
  3. Kelas.
  4. Ordo(Bangsa).
  5. Famili(Suku).
  6. Genus(Marga).
  7. Spesies(Jenis).

Kingdom.

kingdom merupakan tingkat takson teringgi yang membagi makhluk hidup menjadi 6 golongan pokok yaitu ;

  1. Archbacteria.
  2. Eubacteria.
  3. Protista.
  4. Jamur.
  5. Tumbuhan.
  6. Hewan.

Filum atau divisi.

www.gurupendidikan.com/ kingdom dibagi menjadi filum-filum(untuk hewan) dan divisi-divisi (untuk Tumbuhan)

Untuk hewan,kategori ini terdiri atas semua hewan yang memiliki prinsip dasar sama yaitu :

  1. Homo Sapiens(manusia) dan Chanos chanos (bandeng), memiliki bentuk dan habitat berbeda , tetapi prinsip dasarnya sama yaitu memiliki tulang belakang(vertebrae)
  2. Filum Arthoropoda terdiri dari berbagai hewan dengan bentuk tubuh berbeda, tetapi prinsip dasarnya sama yaitu kakinya terdiri atas segmen-segmen yang memiliki persendian.

KELAS

Divisi dibagi menjadi kelas-kelas menurut ciri-ciri yang masih umum. Pada kelompok hewan , kelas terdiri dari semua hewan yang berbentuk atas adanya perbedaan sekunder dari prinsip dasar dasar filumnya.

ORDO (Bangsa)

Ordo membagi kelas kedalam ciri yang lebih khusus lagi, misalkan subkelas Magnoliidae dibagi lagi antara lain menjadi ordo Magnoliales dan ordo Ranunculales. Pada hewan, kategori ini terdiri dari semua hewan yang mengacu pada pelaksanaan dari prinsip-prinsip kelas.

Famili (Suku)

Dari Ordo kemudian Ke Famili , anggota-anggota semakin memiliki ciri khusus yang sama serta perbedaannya yang semakin kecil. Kategori ini mencakup semua organisasi yang genus-genusnya dianggap berasal dari nenek moyang yang sama.

Genus (Marga)

Dari Famili kemudian dibagi lagi menjadi Genus, contoh Terong dan Tomat terlihat berbeda , tetapi dimasukan ke dalam satu genus yang sama yaitu Solanum. Kategori ini mencakup sema jenis yang menunjukan persamaan struktur alat reproduksinya.

Spesies (Jenis)

Nama Latin Tomat iyalah Solanum lycopersicum dan Terong memiliki nama latin yaitu Solanum Melongena, spesies ini menunjukan nama individunya , bukan nama golongannya.

kategori ini mencakup semua individu yang memiliki sifat yang sama, baik dalam hal morfologi , anatomi maupun fisiologi. Makhluk hidup yang satu spesies memiliki jumlah serta susunan kromosan yang sama . jika sesama individu satu spesies kawin , maka akan dihasilkan keturunan yang fertil.

Prinsip lain yang perlu diketahui adalah tentang Sistem klasifikasi menurut Linnaeus berian yaitu , penggunaan dua kata untuk pemberian nama khusus, nama genus dan spesies dari suatu makhluk hidup.

Demikian Penjelasan tentang Klasifikasi Keanekaragaman Hayati Lengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂