6 Pengertian Patriotisme Dan Nasionalisme Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Patriotisme

Pengertian patriotisme dan nasionalisme beserta contohnya– Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban untuk bangsa. Patriotisme berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang berarti bahwa sifat kepahlawanan atau pahlawan hidup. Pengorbanan ini dapat berupa harta atau jiwa.

Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme dipahami bahwa menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara untuk mewujudkan konsep identitas bersama untuk sekelompok orang yang memiliki tujuan atau cita-cita dalam menerjemahkan kepentingan nasional dan nasionalisme juga membela rasa ingin tahu negaranya, baik internal maupun eksternal.

Kaum nasionalis menganggap negara oleh beberapa “kebenaran politik” (legitimasi politik). Romantisme berasal dari teori “identitas budaya”, menganggap perdebatan dalam budaya politik, kebenaran liberalisme berasal dari kehendak rakyat, atau gabungan kedua teori.

Nasionalisme obligasi tumbuh di masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi ketika manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tidak bergerak dari sana. Pada saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk membela negara, di mana mereka tinggal dan tergantung.

Ikatan ini juga muncul juga di dunia hewan ketika ada ancaman dari orang asing yang ingin menyerang atau menaklukkan suatu negara. Namun, jika suasana aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, akan berhenti kekuatan ini.

loading...
Pengertian patriotisme dan nasionalisme
Pengertian patriotisme dan nasionalisme

Dalam zaman modern ini, nasionalisme merujuk pada praktek politik dan tentara, yang didasarkan pada nasionalisme etnis dan agama, seperti yang dinyatakan di bawah ini. Ilmuwan politik biasanya berkonsentrasi penyelidikan mereka kepada nasionalisme yang ekstrem seperti Nazisme, pengasingan dan sebagainya.

Beberapa Bentuk Dari Nasionalisme Beserta Contohnya

  • Nasionalisme kewarganegaraan adalah sejenis nasionalisme di mana negara memperoleh partisipasi aktif dari kebenaran politik dari rakyatnya, “kehendak rakyat”; “representasi politik”. Teori ini awalnya dibangun oleh Jean-Jacques Rousseau dan subjek penulisan.
  • Nasionalisme etnis adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya atau asal etnis orang. Dibangun oleh Johann Gottfried von Herder.
  • Nasionalisme identitas adalah identitas yang kuat dari nasionalisme etnis dimana negara memperoleh kebenaran politik semulajadi (“organik”) hasil dari bangsa atau ras; menurut semangat romantisme. Nasionalisme romantis tergantung pada manifestasi budaya etnis yang mempertahankan idealisme romantis; kisah tradisi yang telah dirancang dengan konsep nasionalisme romantik.
  • Nasionalisme Budaya adalah jenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama-sama daripada “keturunan alami” seperti warna kulit, ras dan sebagainya. Contoh: Yang terbaik ialah rakyat Tionghoa yang menganggap negara adalah berdasarkan kepada budaya. Unsur ras telah dibelakangkan di mana golongan Manchu serta ras-ras minoritas lain masih dianggap sebagai rakyat negara Tiongkok.
  • Nasionalisme kenegaraan ialah variasi nasionalisme kebangsaan nasionalisme, selalu dikombinasikan dengan nasionalisme etnis. Perasaan nasionalis yang kuat bahwa mengingat keutamaan menangani hak dan kebebasan yang lebih universal.
  • Nasionalisme agama adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama. Namun demikian, nasionalisme etnik biasanya dicampur dengan nasionalisme keagamaan. Contoh: Di Irlandia semangat nasionalisme bersumber dari persamaan agama mereka yaitu Katolik; nasionalisme di India seperti yang diamalkan oleh pengikut partai BJP bersumber dari agama Hindu.

Demikian Penjelasan Tentang 6 Pengertian Patriotisme Dan Nasionalisme Beserta Contohnya Semoga Bermnafaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀


No ratings yet.

Please rate this