WHO adalah

Diposting pada

Gagasan pembentukan otoritas internasional untuk mengabaikan masalah kesehatan masyarakat dimulai dengan perumusan aturan hukum internasional pada akhir abad ke-20 ke-19 dan awal. Sudah pada tanggal 9 Desember 1907, konvensi disimpulkan di Roma untuk pembentukan Kantor Kesehatan Masyarakat Internasional oleh pemerintah Britania Raya, Belgia, Brasil, Spanyol, Amerika Serikat, Perancis, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Swiss dan Mesir. Organisasi ini terdiri dari perwakilan para pihak penandatangan.

who-adalah

Pengertian WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan PBB yang mengkoordinasikan masalah-masalah kesehatan masyarakat internasional. Ini mengatur upaya-upaya internasional untuk memantau wabah penyakit menular, dan telah bekerja untuk memerangi wabah sindrom pernafasan akut parah flu babi dan AIDS.  WHO juga mendorong pengembangan dan distribusi vaksin, obat-obatan dan alat-alat untuk memerangi penyakit.


Sejarah Lahirnya WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) didirikan pada tahun 1948 sebagai badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa. Berpusat di Jenewa, Swiss. Dengan anggotanya yang hampir mencapai dua ratus negara, Organisasi ini mempromosikan tindakan kesehatan masyarakat seperti air minum yang aman, sanitasi yang baik, imunisasi terhadap penyakit mungkin, pengurangan kelaparan dan pengendalian kelahiran.  Ini adalah hal yang WHO diwarisi daripendahulunya, Organisasi Kesehatan Liga Bangsa-Bangsa.  Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan PBB pertama dan satu kunci inisiatif.


Tujuan Didirikannya WHO

Di seluruh dunia, isu-isu seperti kelaparan, tunawisma dan penyakit menjalankan merajalela.  Masalah ini terutama hadir di negara-negara Dunia Ketiga seperti Afrika, di mana orang tidak mampu menghidupi diri sendiri atau membawa perbaikan pada gaya hidup mereka.  Organisasi Kesehatan Dunia adalah badan khusus yang menangani masalah ini. Hal ini didukung dalam upayanya oleh lebih dari 190 negara.  Melalui WHO, dunia adalah menyajikan sebuah front bersatu dalam berjuang untuk kesehatan manusia.


Organisasi ini melaksanakan program-program berskala dunia untuk mencegah dan melenyapkan penyakit. Tetapi, misi WHO melangkah lebih jauh dari sekedar pengobatan terhadap penyakit jasmani.. Tujuannya adalah “pencapaian tingkat kesehatan yang tertinggi untuk seluruh umat manusia di dunia”, dimana kesehatan didefinisikan sebagai “kesejahteraan yang seutuhnya baik fisik, mental maupun sosial.”


Fungsi WHO

Untuk mengatasi masalah seperti kelaparan, sanitasi dan penyakit, WHO adalah salah satu organisasi di dunia pengumpulan fakta. WHO tidak melakukan penelitian sendiri tetapi mendorong penelitian independen di arena biomedis dan kesehatan di seluruh dunia.  Organisasi ini bekerja dengan lebih dari 500 pusat bekerja sama internasional untuk mengumpulkan dan mempublikasikan penelitian ini.  WHO mengatur konferensi medis internasional dan mengkoordinasikan pertukaran peneliti dan tenaga medis yang melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk mempromosikan tujuan organisasi.


Struktur Organisasi WHO

WHO telah memiliki 193 negara anggota, termasuk semua negara anggota PBB kecuali Liechtenstein, dan dua negara non-anggota PBB, Niue dan Kepulauan Cook. Non-negara wilayah negara anggota PBB dapat bergabung sebagai Anggota Associate (dengan informasi lengkap tetapi partisipasi terbatas dan hak suara) jika disetujui oleh suara Dewan: Puerto Rico dan Tokelau yang Anggota Asosiasi. Perusahaan berikut diberi status pengamat: Palestina (seorang pengamat PBB), Kota Vatikan (keadaan pengamat non-anggota PBB), Order of Malta (PBB pengamat) dan China Taipei (sebuah delegasi diundang).


Negara-negara Anggota WHO menunjuk delegasi ke Majelis Kesehatan Dunia, WHO pengambilan keputusan tertinggi tubuh. Semua negara anggota PBB berhak atas keanggotaan WHO, dan, menurut situs web WHO, “Negara lain dapat diterima sebagai anggota saat aplikasi mereka telah disetujui dengan suara mayoritas sederhana dari Majelis Kesehatan Dunia.”


WHO Majelis umumnya bertemu pada bulan Mei setiap tahun. Selain penunjukan Direktur Jenderal setiap lima tahun, Majelis mempertimbangkan kebijakan keuangan Organisasi dan ulasan dan menyetujui anggaran program yang diusulkan. Majelis memilih 34 anggota, secara teknis berkualitas di bidang kesehatan, kepada Dewan Eksekutif untuk jangka waktu tiga tahun. Fungsi utama Dewan Komisaris adalah untuk melaksanakan keputusan dan kebijakan dari Majelis, untuk menasihati dan untuk mempermudah pekerjaan secara umum.


WHO dibiayai oleh kontribusi dari negara-negara anggota dan dari donor. Dalam beberapa tahun terakhir, kerja WHO telah melibatkan peningkatan kerjasama dengan badan eksternal, ada saat ini sekitar 80 kemitraan dengan LSM dan industri farmasi, serta dengan yayasan seperti Bill dan Melinda Gates Foundation dan Rockefeller Foundation. Kontribusi sukarela untuk WHO dari nasional dan lokal, yayasan pemerintah dan LSM, organisasi PBB lainnya, dan sektor swasta, sekarang melebihi dinilai dari kontribusi (iuran) dari 193 negara anggota.


Anggota WHO

CountryRegion NumberRegion Name
Afghanistan7EMRO
Albania9EURO
Algeria1AFRO
Andorra8EURO
Angola1AFRO
Antigua And Barbuda4PAHO
Argentina4PAHO
Armenia9EURO
Australia13WPRO
Austria8EURO
Azerbaijan9EURO
Bahamas4PAHO
Bahrain6EMRO
Bangladesh12SEARO
Barbados4PAHO
Belarus10EURO
Belgium8EURO
Belize4PAHO
Benin1AFRO
Bhutan12SEARO
Bolivia5PAHO
Bosnia and Herzegovina9EURO
Botswana2AFRO
Brazil4PAHO
Brunei Darussalam13WPRO
Bulgaria9EURO
Burkina Faso1AFRO
Burundi2AFRO
Cambodia14WPRO
Cameroon1AFRO
Canada3PAHO
Cape Verde1AFRO
Central African Republic2AFRO
Chad1AFRO
Chile4PAHO
China14WPRO
Colombia4PAHO
Comoros1AFRO
Congo2AFRO
Cook Islands14WPRO
Costa Rica4PAHO
Côte d’Ivoire2AFRO
Croatia8EURO
Cuba3PAHO
Cyprus6EURO
Czech Republic8EURO
Democratic Peoples Republic of Korea12SEARO
Democratic Republic of the Congo2AFRO
Denmark8EURO
Djibouti7EMRO
Dominica4PAHO
Dominican Republic4PAHO
E
Ecuador5PAHO
Egypt7EMRO
El Salvador4PAHO
Equatorial Guinea1AFRO
Eritrea2AFRO
Estonia10EURO
Ethiopia2AFRO
Fiji14WPRO
Finland8EURO
France8EURO
Gabon1AFRO
Gambia1AFRO
Georgia9EURO
Germany8EURO
Ghana1AFRO
Greece8EURO
Grenada4PAHO
Guatemala5PAHO
Guinea1AFRO
Guinea-Bissau1AFRO
Guyana4PAHO
Haiti5PAHO
Honduras4PAHO
Hungary10EURO
Iceland8EURO
India12SEARO
Indonesia11SEARO
Iran, Islamic Republic of6EMRO
Iraq7EMRO
Ireland8EURO
Israel8EURO
Italy8EURO
Jamaica4PAHO
Japan13WPRO
Jordan6EMRO
Kazakhstan10EURO
Kenya2AFRO
Kiribati14WPRO
Korea, Republic of14WPRO
Kuwait6EMRO
Kyrgyzstan9EURO
Lao People’s Democratic Republic14WPRO
Latvia10EURO
Lebanon6EMRO
Lesotho2AFRO
Liberia1AFRO
Libya6EMRO
Lithuania10EURO
Luxembourg8EURO
Macedonia, the former Yugoslav Republic of9EURO
Madagascar1AFRO
Malawi2AFRO
Malaysia14WPRO
Maldives12SEARO
Mali1AFRO
Malta8EURO
Marshall Islands14WPRO
Mauritania1AFRO
Mauritius1AFRO
Mexico4PAHO
Micronesia, Federated States of14WPRO
Moldova, Republic of10EURO
Monaco8EURO
Mongolia14WPRO
MontenegroEURO
Morocco7EMRO
Mozambique2AFRO
Myanmar12SEARO
Namibia2AFRO
Nauru14WPRO
Nepal12SEARO
Netherlands8EURO
New Zealand13WPRO
Nicaragua5PAHO
Niger1AFRO
Nigeria1AFRO
Niue14WPRO
Norway8EURO
Oman6EMRO
Pakistan7EMRO
Palau14WPRO
Panama4PAHO
Papua New Guinea14WPRO
Paraguay4PAHO
Peru5PAHO
Philippines14WPRO
Poland9EURO
Portugal8EURO
Qatar6EMRO
Romania9EURO
Russian Federation10EURO
Rwanda2AFRO
Saint Kitts and Nevis4PAHO
Saint Lucia4PAHO
Saint Vincent and the Grenadines4PAHO
Samoa14WPRO
San Marino8EURO
Sao Tome And Principe1AFRO
Saudi Arabia6EMRO
Senegal1AFRO
SerbiaEURO
Seychelles1AFRO
Sierra Leone1AFRO
Singapore13WPRO
Slovakia9EURO
Slovenia8EURO
Somalia7EMRO
Solomon Islands14WPRO
South Africa2AFRO
Spain8EURO
Sri Lanka11SEARO
Sudan7EMRO
South Sudan7EMRO
Suriname4PAHO
Swaziland2AFRO
Sweden8EURO
Switzerland8EURO
Syrian Arab Republic6EMRO
Tanzania, United Republic of2AFRO
Tajikistan9EURO
Thailand11SEARO
Timor-Leste11SEARO
Togo1AFRO
Tonga14WPRO
Trinidad and Tobago4PAHO
Tunisia6EMRO
Turkey9EURO
Turkmenistan9EURO
Tuvalu14WPRO
Uganda2AFRO
Ukraine10EURO
United Arab Emirates6EMRO
United Kingdom8EURO
United States of America3PAHO
Uruguay4PAHO
Uzbekistan9EURO
Vanuatu14WPRO
Venezuela4PAHO
Viet Nam14WPRO
Yemen7EMRO
Zambia2AFRO
Zimbabwe2AFRO

Kegiatan WHO

Selain mengatur usaha-usaha internasional untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, seperti SARS , malaria , tuberkulosis , flu babi dan AIDS , WHO juga mensponsori program-program yang bertujuan mencegah dan mengobati penyakit-penyakit seperti contoh-contoh tadi. WHO mendukung perkembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif, diagnosa penyakit dan kelainan, dan obat-obatan. Setelah sekitar dua dekade (dua puluhan tahun) melawan variola , pada 1980 WHO menyatakan musnahnya penyakit cacar (variola) penyakit pertama dalam sejarah yang dimusnahkan dengan usaha manusia.


WHO menargetkan untuk memusnahkan polio dalam kurun waktu beberapa tahun lagi. Organisasi ini sudah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk Zimbabwe (dari 3 Oktober 2006), dengan standar internasional.


Ditambah lagi dalam tugasnya memusnahkan penyakit, WHO juga melaksanakan berbagai kampanye yang berhubungan dengan kesehatan — contohnya, untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran di seluruh dunia dan berusaha mengurangi penggunaan tembakau . Para ahli bertemu di kantor pusat WHO di Jenewa pada bulan Februari 2007 dan melaporkan bahwa usaha mereka pada perkembangan vaksin influenza yang pandemik telah mencapai kemajuan yang bagus.


Lebih dari 40 percobaan klinik (clinical trial) telah selesai atau sedang berlangsung. Kebanyakan difokuskan pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan, setelah menyelesaikan analisis keamanan pada orang dewasa, telah memulai percobaan klinik pada orang lanjut usia dan anak-anak. Sejauh ini semua vaksin aman dan dapat ditoleransi tubuh (diterima tubuh) pada semua tingkat usia.


Geografi dan Organisasi

Organisasi Kesehatan Dunia fungsi di seluruh dunia.  rumah kantor organisasi itu di Jenewa, tetapi diwakili oleh lebih dari 190 negara, atau anggota.  Anggota-anggota PBB termasuk hampir semua negara, bersama dengan dua anggota non-PBB.  sidang umum organisasi itu bertemu sekali dalam setahun untuk menunjuk pemimpin dan mempertimbangkan kebijakan keuangan untuk tahun yang akan datang. WHO dibiayai oleh negara-negara anggotanya, donor swasta dan kemitraan sektor swasta.


Peranan WHO Dalam Menangani Masalah Kesehatan di Dunia

Selain mengkoordinasikan upaya-upaya internasional untuk mengendalikan wabah penyakit menular, seperti SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS WHO juga mensponsori program-program untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut. WHO mendukung pengembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif, diagnostik farmasi, dan obat-obatan. Setelah lebih dari dua dekade cacar pertempuran, WHO pada tahun 1980 menyatakan bahwa penyakit itu telah diberantas – penyakit pertama dalam sejarah untuk dihilangkan dengan usaha manusia.


WHO bertujuan untuk memberantas polio dalam beberapa tahun mendatang. Organisasi ini telah disahkan resmi pertama di dunia HIV / AIDS Toolkit untuk Zimbabwe (dari 3 Oktober 2006), menjadikannya sebagai standar internasional.


Selain bekerja dalam membasmi penyakit, WHO juga melakukan kampanye yang terkait dengan kesehatan berbagai – misalnya, untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran di seluruh dunia dan untuk mencegah penggunaan tembakau. Para ahli bertemu di markas WHO di Jenewa pada bulan Februari, 2007, dan melaporkan bahwa pekerjaan mereka pada pengembangan vaksin pandemi influenza telah mencapai kemajuan yang menggembirakan. Lebih dari 40 uji klinis telah selesai atau sedang berlangsung. Sebagian besar berfokus pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan, setelah menyelesaikan analisa keamanan pada orang dewasa, telah memulai uji klinis pada orang tua dan anak-anak. Semua vaksin sejauh ini tampaknya aman dan ditoleransi dengan baik pada semua kelompok umur diuji.


WHO juga mempromosikan pengembangan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan terjemahan seperti Bukti Jaringan Informasi Kebijakan-EVIPNet. WHO dan kantor regionalnya bekerja untuk mengembangkan kebijakan daerah penelitian selama satu kesehatan-yang pertama adalah Kantor Wilayah untuk PAHO Amerika / AMRO yang telah Kebijakan pada Riset untuk Kesehatan disetujui pada bulan September 2009 oleh 49 Dewan Mengarahkan Dokumen CD 49,10.


WHO juga melakukan penelitian kesehatan pada penyakit menular, kondisi non-menular dan cedera, misalnya, memanjang studi tentang penuaan untuk menentukan apakah tahun tambahan kami hidup dalam kesehatan yang baik atau miskin, dan, apakah medan elektromagnetik sekitarnya ponsel memiliki dampakpada kesehatan. Beberapa pekerjaan ini dapat kontroversial, seperti yang digambarkan oleh April,, 2003 bersama WHO / FAO laporan, yang merekomendasikan gula yang harus membentuk tidak lebih dari 10% dari diet sehat.


Laporan ini menyebabkan lobi oleh industri gula terhadap rekomendasi, yang WHO / FAO direspon oleh termasuk dalam laporan pernyataan “The Konsultasi mengakui bahwa tujuan penduduk untuk bebas gula kurang dari 10% dari total energi kontroversial”, tetapi juga berdiri oleh rekomendasi berdasarkan analisa sendiri studi ilmiah.


Suite Organisasi Kesehatan Dunia penelitian kesehatan bekerja untuk memberikan kesehatan yang diperlukan dan bukti kesejahteraan melalui berbagai platform pengumpulan data, termasuk Badan Kesehatan Dunia Survey mencakup 308.000 responden berusia 18 + tahun dan 81.000 berusia 50 + tahun dari 70 negara dan Studi Global Aging dan Dewasa Kesehatan (SAGE) mencakup lebih dari 50.000 orang usia 50 + di hampir 23 negara.


Dunia Kesehatan Mental Survei, WHO Kualitas Hidup Instrumen, WHO Cacat Penilaian Timbangan memberikan bimbingan untuk pengumpulan data di bidang kesehatan lain dan daerah yang terkait dengan kesehatan. upaya kolaboratif antara WHO dan badan-badan lainnya, seperti Kesehatan Metrik Network dan International Rumah Tangga Survei Jaringan, melayani fungsi normatif menetapkan standar penelitian yang tinggi.


Baca Juga :