Pengertian Informasi – Ciri, Jenis, Sumber, Kualitas, Tujuan, Manfaat, Komponen, Perubahan, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Informasi – Ciri, Jenis, Sumber, Kualitas, Tujuan, Manfaat, Komponen, Perubahan, Contoh, Para Ahli : Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang sangat berguna untuk membuat keputusan. Informasi berguna untuk pembuat keputusan karena informasi menurunkan ketidakpastian pada data, karena berdasarkan informasi itu para pengelola dapat mengetahui kondisi obyektif . Informasi tersebut iyalah hasil pengolahan data atau fakta yang dikumpulkan dengan metode tertentu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 43 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan )

Pengertian informasi

Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang sangat berguna untuk membuat keputusan. Informasi berguna untuk pembuat keputusan karena informasi menurunkan ketidakpastian pada data, karena berdasarkan informasi itu para pengelola dapat mengetahui kondisi obyektif . Informasi tersebut iyalah hasil pengolahan data atau fakta yang dikumpulkan dengan metode tertentu.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar/ berita tentang sesuatu.

  2. Menurut Burch and StarterInformasi adalah pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.

  3. Menurut  The Liang Gie,informasi atau keterangan adalah rangkaian perkataan, kalimat, gambar, atau tanda tulis lainnya yang mengandung pengertian buah pikiran atau pengetahuan apapun yang dapat dipergunakan oleh pimpinan organisasi untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan yang ada.

  4. Menurut situs Wikipedia, informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

  5. Secara etimologi, informasi berasal dari bahasa Perancis kuno informacion(1387) yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Informasi juga dapat diartikan sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

  6. Dijelaskan oleh George R. Terry, Ph. D.bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.

  7. Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

  8. Menurut Joner H. Sugian, informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal, dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam dalam sejumlah media.

  9. Menurut Kenneth C. Laudon, informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.

  10. Menurut Anton M. Moeliono, informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.

  11. Menurut Robert G. Murdick, informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/ diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/ penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau sebuah keputusan.

  12. Menurut Kusrini, informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

  13. Menurut MC Leot, informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.

  14. Menurut Firmanzah, informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

  15. Menurut Jeremy Pope, informasi adalah kekuasaan, semakin banyak orang memiliki informasi, pembagian kekeuasaan akan semakin luas.

  16. Raymond Mc.leod Informasi ialah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini ataupun mendatang .

  17. Tata Sutabri, S.Kom., MM iyalah  data yang telah diklasifikasikan ataupun diolah serta diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan sebuah keputusan.

  18. Jogiyanto HM., (1999: 692), “ Informasi didefinisikan iyalah  sebagai hasil dari suatu pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian  yang nyata  yang digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan”

  19. Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi iyalah sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

  20. George H. Bodnar, (2000: 1), “Informasi iyalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat”
  21. Lani Sidharta (1995: 28), “Informasi iyalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat suatu keputusan”

  22. Anton M. Meliono (1990: 331), “Informasi iyalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut iyalah untuk menghasilkan sebuah keputusan”

  23. Gordon B. Davis (1991: 28), “Informasi iyalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”

  24. (Wikipedia – Indonesia) Informasi iyalah hasil dari pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

  25. Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.

  26. Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.

  27. Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Bisnis : Pengertian, Ruang Lingkup, Asas, Contoh, Dan Fungsinya


Ciri ciri informasi

yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) yaitu:

  1. Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya.
  2. Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan.
  3. Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan.
  4. Lengkap, artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lembaga Pendidikan : Pengertian, Macam Dan 6 Fungsi Lengkap


Jenis jenis informasi

  1. Absolute Information, merupakan “pohonnya” informasi yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut.
  2. Substitusional Information, jenis informasi yang merujuk pada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi. Dalam pengertian ini informasi kadang kala diganti dengan istilah komunikasi.

  3. Philosophic information, jenis informasi yang berkaitan dengan konsep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.
  4. Subjective information, jenis informasi yang berkaitandengan perasaan dan informasi manusia. Kehadiran infomasi ini bergantung pada orang yang menyajikannya.
  5. Objective information, jenis informasi yang merujuk pada karakter logis informasi informasi tertentu.
  6. Cultural information, informasi yang memberikan tekanan pada dimensi cultural.

Contoh informasi

  • Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018 yaitu di kota Jakarta dan Palembang.
  • Cina berhasil menjadi juara umum ASIAN GAMES 2018 dengan 132 medali emas.
  • Harga ayam potong adalah 40 ribu rupiah per kilonya.
  • Kenaikan harga BBM adalah Rp 500 per liter untuk jenis pertamax.
  • Mahasiswa sekolah tinggi memulai perkuliahan pada tanggal 4 september 2018.

  • Minuman jus wortel kaya akan vitamin A
  • Pembangunan jalan akan dilakukan pada bulan Oktober 2018 sepanjang 2 kilometer.
  • Harga laptop smartphone terbaru dengan harga diatas 2 juta.
  • Harga sayuran merangkak naik sekitar 500 rupiah per sayurannya.
  • Harga satu kilogram telur adalah 22.000 per kilonya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Seni Teater : Pengertian, Sejarah, Contoh, Gambar, Ciri, Jenis


Sumber Data atau Informasi

Sumber data di dapat dari :

  1. Lingkungan kerja
  2. Lembaga pendidikan.
  3. Media massa.
  4. Instansi pemerintah
  5. Masyarakat

Cara Mendapatkan Data Atau Informasi

  1. Hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya
  2. Data yang telah lewat dengan memperhatikan trend dan taksiran di masa datang
  3. Mengambil dari pusat data seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data Informasi Pertanian (Pusdatin)
  4. Media elektronik seperti televisi, radio, dan internet
  5. Media cetak seperti buku, majalah, karya ilmiah, koran, proposal, dan profil pu
  6. Forum seperti seminar, pelatihan, dan pendidikan

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Seni Rupa Murni Dan Terapan : Pengertian, Jenis , Gambar Dan 10 Contohnya [Lengkap]


Kualitas Informasi

Kualitas informasi ditentukan oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut :

  1. Keakuratan dan teruji kebenarannya.
    Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan serta tidak menyesatkan.


  2. Kesempurnaan informasi
    Informasi disajikan dengan lengkap tanpa pengurangan, penambahan, serta pengubahan.


  3. Tepat waktu
    Infomasi harus disajikan secara tepat waktu, karena menjadi dasar dalam pengambilan sebuah keputusan.


  4. Relevansi
    Informasi akan memiliki nilai manfaat yang tinggi, jika Informasi tersebut dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan.


  5. Mudah dan murah
    Apabila cara serta biaya untuk memperoleh informasi sulit serta mahal, maka orang menjadi tidak berminat untuk memperolehnya, atau akan mencari alternatif substitusinya (Budi Sutedjo Dharma Oetomo).


  6. Kualitas suatu informasi tergantung dari tiga hal, yaitu :

    Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
    Tepat pada waktunya, berarti informasi yang diterima tidak boleh terlambat.
    Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat dari pemakainya.


Tujuan klasifikasi data atau informasi:

  1. Melindungi perjanjian kontrak (informasi) dengan mitra bisnis atau konsumennya.
  2. Memberikan pengamanan yang sesuai, sehingga menghemat sumber daya organisasi dan membuat pengelolaan informasi menjadi efisien dan efektif.
  3. Membantu meningkatkan kualitas data/ informasi yang digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

Manfaat Data atau Informasi

Data atau Informasi memiliki manfaat yaitu:

  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan organisasi.
  2. Mengurangi resiko kesalahan dalam pengambilan keputusan.
  3. Menggambarkan kondisi yang terjadi masa kini.
  4. Memberi gambaran trend atau kecenderungan di masa depan.
  5. Mengurangi ketidak pastian kondisi karena adanya kesimpangsiuran fenomena.
  6. Menjadi dasar bagi pemecahan masalah cepat.

  7. Menghasilkan arus kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
  8. Meningkatkan citra pesitif perusahaan.
  9. Menambah relasi.
  10. Meningkatkan kepercayaan pemegang saham.
  11. Memberi arahan bagi promosi yang lebih jelas.
  12. Menjadi dasar pertanggung jawaban atas segala tindakan yang sudah diambil.
  13. Memberikan bukti, bukan kesan, isu, atau opini dari pihak lain.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : VOC : Sejarah, Hak Istimewa, Kebijakan, Tujuan, Dan Latar Belakang VOC


Komponen komponen Informasi

Komponen-komponen informasi meliputi:

  1. Root of Information, yaitu komponen inti dati informasi berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama.
  2. Bar of Information, yaitu merupakan badan/batangnya dari informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi inti dapat diketahui secara utuh. Contoh : headline surat kabar agar pembaca jelas maka harus membaca informasi selanjutnya.

  3. Branch of Information, yaitu informasi dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami. Misalnya, ketika kita membaca glosarium atau indeks ketika membaca sebuah buku.
  4. Stick of information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk dari informasi ini biasanya berbentuk pengayaan pengetahuan, kedudukannya hanya sebagai pelengkap, terhadapa informasi yang ada.

  5. Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro namun sangat dibutuhkan, sehingga diwaktu mendatang informasi ini akan berkembang dan dicari orang, misalnya informasi tentang multiple intelligence, hypoteaching, kurikulum masa depan, pembelajaran abad ke 21, dan lain-lain.

  6. Leaf of Information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan konidisi dan situasi ketika informasi itu mucul ke permukaan, seperti informasi tentang prakiraan cuaca, prakiraan kemarau panjang, prakiraan gempa atau gerhana matahari/bulan.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Rumus Kerucut : Volume Luas Permukaan, Tinggi, Dan Gambar


Perubahan Data Menjadi Informasi

Pemrosesan data (Inggris: data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi.


Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama,pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran.Pada saat ini kegiatan Data Processing sudah semakin luas, baik yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Rumus Kerucut : Volume Luas Permukaan, Tinggi, Dan Gambar