Pengertian Akomodasi – Bentuk, Tujuan, Karakteristik, Bidang, Contohnya

Diposting pada

Pengertian Akomodasi – Bentuk, Tujuan, Karakteristik, Bidang, Contohnya : Pegertian Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan, sehingga pihak lawan tidak akan kehilangan kepribadiannya.


Akomodasi

Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi menurut Gillin adalah suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses hubungan-hubungan sosial yang sama artinya dengan pengertian adaptasi yang dipergunakan oleh pakar-pakar biologi untuk menunjuk pada suatu proses dimana makhluk hidup menyesuaikan dirinya dengan alam sekitarnya.


Akomodasi dimaksudkan sebagai suatu proses dimana orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia yang mula-mula bertentangan, setelah itu mencoba untuk saling mengadakan penyesuaian diri dalam mengatasi ketegangan-ketegangan.


Pegertian Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan, sehingga pihak lawan tidak akan kehilangan kepribadiannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Macam, Rumus Dan Contoh Soal


Macam Macam Bentuk Akomodasi

  • Koersi (coercion)

Koersi adalah proses akomodasi yang proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksaan ataupun menggunakan kekerasan. Koersi terjadi umumnya disebabkan adanya perbedaan derajat kedudukan yang jauh berbeda antara kedua pihak dalam struktur sosial. Salah satu contohnya adalah sengketa tahah antara orang kaya dengan orang miskin.


  • Kompromi (compromise) 

Kompromi adalah proses akomodasi yang membuat kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan atau ekspektasi mereka sehingga sumber ketegangan berkurang agar masalah ataupun konflik dapat terselesaikan.


  • Arbitrasi (arbitration)

Arbitrasi adalah proses akomodasi yang dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga sehingga menjadi penengah pertikaian diantara kedua belah pihak yang berkonflik.


  • Mediasi (mediation)

Mediasi adalah proses akomodasi yang merupakan penyelesaian pertikaian antara dua kelompok atau lebih yang kedua belah pihak tidak sanggup mencapai kesepakatan sehingga kedua belah pihak yang berkonflik menghadirkan pihak  ketiga agar konflik terselesaikan.


Mediasi berbeda dengan arbitrasi karena dalam mediasi, pihak ketiga tidak berhak mengambil keputusan atau dengan kata lain bersifat netral sedangkan dalam arbitrasi, pihak ketiga dapat mengambil sebuah keputusan apabila terjadi kebuntuan sehingga tidak netral.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Archimides : Pengertian, Bunyi, Rumus Dan Contoh Soalnya


  • Konsiliasi (conciliation)

Konsiliasi adalah usaha untuk mempertemukan pihak pihak yang berkonflik menggunakan perwakilan perwakilan dari kedua pihak sehingga mereka dapat mencapai persetujuan bersama dengan kepala yang lebih tenang. Contoh kasus yang paling nyata terjadi di Aceh yaitu GAM atau gerakan Aceh Merdeka.


  • Toleransi (tolerance)

Toleransi adalah bentuk akomodasi yang paling acuh dari yang lain. Toleransi adalah bentuk akomodasi yang berusaha menghindari konflik sedapat mungkin, contohnya adalah toleransi dalam beragama.


  • Stale Mate

Stale mate adalah bentuk akomodasi yang terjadi antara pihak pihak yang memiliki kedudukan ataupun kekuatan yang sama besarnya sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya.


Hal ini terjadi dikarenakan adanya pertimbangan apabila konflik berlanjut kepada perseteruan ataupun kontak negatif maka, akan terjadi kehancuran pada kedua pihak.


  • Ajudikasi (adjudication)

Ajudikasi adalah bentuk akomodasi dengan menggunakan jalan hukum yaitu pengadilan. Masing masing pihak sepakat untuk membawa masalah tersebut ke meja peradilan.


  • Segregasi (segregation)

Segregasi adalah masing-masing pihak yang bertikai memisahkan diri dan saling menghindar dalam rangka mengurangi ketegangan.


  • Eliminasi (elimination)

Eliminasi adalah pengunduran diri salah satu pihak yang bersengketa karena mengalah. Subjugation atau domination adalah pihak yang memiliki kekuatan besar meminta pihak lain menaatinya.


  • Keputusan mayoritas (mayority rule)

Keputusan mayoritas (mayority rule) adalah keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak. Minority consent adalah golongan minoritas yang tidak merasa dikalahkan masih dapat dilakukan kegiatan bersama.


  • Konvenrsi

Konvenrsi adalah penyelesaian pertikaian dimana salah satu pihak bersedia mengalah dan mau menerima syarat yang diajukan pihak lain.


  • Gencatan senjata (cease fire)

Gencatan senjata (cease fire) adalah penangguhan permunasan pada waktu tertentu karena menunggu jalan keluar dengan baik.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Newton 1, 2, 3 : Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soal


Tujuan Akomodasi

  • Tujuan akomodasi untuk mengurangi pertentangan antara orang peroragan atau kelompok-kelompok manusia sebagai akibat perbedaan paham. Dalam hal ini akomodasi bertujuan untuk menghasilkan suatu sintesa antara kedua pendapat tersebut, sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pola yang baru.

  • Tujuan akomodasi mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu atau secara temporer.
  • Tujuan akomodasi untuk memungkinkan terjadinya kerja sama antara kelompok-kelompok sosial yang hidupnya terpisah sebagai akibat faktor-faktor sosial psikologi dan kebudayaan, seperti yang dijumpai pada masyarakat yang mengenal sistem berkasta.

  • Tujuan akomodasi mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, misalnya lewat perkawinan campuran atau asimilasi dalam arti luas.

Tidak selamanya suatu akomodasi sebagai proses akan berhasil sepenuhnya. Terciptanya stabilitas dalam beberapa bidang, dimungkinkan benih-benih pertentangan dalam bidang-bidang lainnya masih tertinggal, yang tidak diperhitungkan oleh usaha-usaha akomodasi yang terdahulu.


Benih-benih pertentangan yang bersifat laten (seperti prasangka kepada seseorang), sewaktu-waktu akan menimbulkan pertentangan baru. Dalam keadaan demikian, penting di dalam proses akomodasi memperkuat cita-cita dan sikap serta kebiasaan-kebiasaan di masa-masa lalu yang telah terbukti mampu mengurangi bibit-bibit pertentangan.


Dengan demikian akomodasi bagi pihak-pihak tertentu dirasakan menguntungkan, sebaliknya akomdasi agak menekan bagi pihak lain akibat campur tangannya kekusaan-kekuasaan tertentu di dalam masyarakat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Kepler 1 2 3 : Sejarah, Bunyi, Fungsi, Rumus Dan Contoh Soal Lengkap


Karakteristik Akomodasi

  • Akomodasi adalah hasil alami dari konflik. Jika tidak ada konflik, tidak akan ada kebutuhan akomodasi
  • Akomodasi adalah universal
  • Akomodasi merupakan proses yang berkesinambungan
  • Akomodasi adalah campuran dari cinta dan kebencian
  • Bentuk-Bentuk Akomodasi

Penjelasan Akomodasi Dalam Berbagai Macam Bidang

Istilah akomodasi juga sering digunakan dalam berbagai macam bidang dan tentunya memiliki arti yang berbeda-beda, diantaranya seperti:


Bidang Parawisata

Dalam bidang parawisata akomodasi merupakan suatu tempat yang dapat digunakan untuk menginap, misalnya seperti hotel, villa, motel, kamar dan lain-lain. Pada umunya jika kita pergi berwisata menggunakan aden travel, maka akomodasi diartikan sebuah tempat penginapan yang disediakan oleh penyedia jasa ketika anda dalam perjalanan dan berlibur.


Agar dapat membandingkan hotel dengan jenis akomodasi yang lain, biasanya akomodasi dalam dunia pariwisata sangat identik dengan penginapan. Intinya tempat yang dapat dijadikan sebagai hunian sementara saat seseorang atau keluarga bepergian untuk liburan, berwisata dan lain-lain.


Istilah akomodasi pada bidang parawisata biasanya sering digunakan oleh agen travel. Fasilitas dari akomodasi yang disediakan biasanaya tergantung dengan kebutuhan pelanggan atau terdapat paket-paket tertentu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Ohm : Pengertian, Bunyi, Rumus Dan Contoh Soal


Bidang Pendidikan

Akomodasi dapat membantu anak-anak mempelajari materi yang sama dan memenuhi harapan yang sama dengan teman sekelas mereka. Jika seorang siswa memiliki masalah membaca, misalnya,


dia mungkin mendengarkan rekaman audio dari sebuah teks. Ada berbagai jenis akomodasi kelas, termasuk presentasi (seperti mendengarkan rekaman audio teks) dan pengaturan (seperti di mana seorang siswa duduk).


Pengujian akomodasi bisa berbeda dari yang digunakan untuk instruksi. Misalnya, menggunakan pemeriksa ejaan mungkin membantu siswa dengan kesulitan menulis mencatat selama kelas tetapi tidak akan sesuai selama tes ejaan mingguan.


Namun, siswa ini mungkin mendapat manfaat dari memiliki waktu ekstra untuk menyelesaikan tes ejaan atau menggunakan teknologi pengetikan jika tindakan fisik menulis sulit.


Contoh akomodasi di lingkungan sekolah yang perlu diketahui adalah ajudikasi. Jenis akomodasi ini adalah akomodasi yang dilakukan melalui proses pengadilan. Konflik yang dialami dua pihak dilaporkan ke pengadilan agar konflik tersebut bisa terselesaikan secara baik melalui jalur hukum.


Bidang Psikologi

Dalam bidang psikologi istilah akomodasi bisa diartikan sebagai proses adaptasi seseorang atau manusia. Dalam bidang psikologi, akomodasi biasanya juga diartikan sebagai suatu proses yang menggambarkan prilaku setiap orang dan struktur mentalnya yang mengalami proses modifikasi, dengan tujuan supaya bisa melakukan adaptasi dengan lingkungannya.


Akomodasi tidak hanya terjadi pada anak-anak; orang dewasa juga mengalami hal ini. Ketika pengalaman memperkenalkan informasi atau informasi baru yang bertentangan dengan skema yang ada, Anda harus mengakomodasi pembelajaran baru ini untuk memastikan bahwa apa yang ada di dalam kepala Anda sesuai dengan apa yang ada di luar di dunia nyata.


Meniru adalah bagian penting dari proses belajar, tetapi mengembangkan rasa diri yang stabil juga penting. Ini ditujukan kepada semua orang tanpa terkecuali. Kadang kita melakukan sesuatu itu tanpa memikirkan masalah atau hal yang akan terjadi di kemudian hari.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :  Hukum Hooke : Pengertian, Aplikasi, Bunyi, Rumus Dan Contoh Soal


Bidang Kesehatan

Berbagai macam manfaat pasien telah dikaitkan dengan akomodasi rumah sakit. Penelitian eksplorasi ini menguji pola akomodasi nonverbal dalam interaksi perawatan kesehatan dan menyelidiki dampak dari


pelatihan keterampilan komunikasi dan kesesuaian jender pada perilaku akomodasi nonverbal. Sebagian besar tidak signifikan dalam hal perilaku akomodasi antara interaksi pelatihan keterampilan pra dan pasca-komunikasi.


Dalam bidang kesehatan akomodasi dapat berkaitan dengan indra penglihatan, atau lebih jelasnya merupakan proses kemampuan yang dimiliki oleh daya optik. Otot-otot pada siliaris mata yang beradaptasi terhadap objek


penglihatan dengan cara mengubah panjang dari fokus lensa mata, supaya bisa mendapatkan fokus terhadap citra objek yang dekat maupun jauh secara jelas pada retina mata.


Untuk memulai, perilaku komunikasi yang diamati antara dokter dan pasien sangat dipengaruhi oleh norma-norma yang melekat pada peran masing-masing.


Bidang Komunikasi

Akomodasi Komunikasi merupakan sebuah kemampuan untuk menyesuaikan, memodifikasi, atau mengatur perilaku seseorang ketika merespons komunikasi atau perilaku orang lain. Akomodasi lebih sering dilakukan secara tidak sadar. Manusia cenderung memiliki asumsi-asumsi kognitif internal sebagai pedoman yang kita gunakan ketika kita berbicara dengan orang lain.


Akan tetapi karena kita memiliki kultur yang berbeda dengan orang lain, bisa jadi asumsi kebudayaan yang kita bawa juga tidak sepenuhnya dapat mengakomodasi harapan dari lawan bicara kita.


Dalam bidang komunikasi akomodasi dapat diartikan sebagai proses komunikasi, atau proses penyesuaian cara untuk berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, dengan tujuan supaya dapat berkomunikasi dengan baik.


Proses penyesuaian ini biasanya terjadi atas dasar bahasa ataupun watak yang berbeda. Proses komunikasi dapat menjadi lebih efektif jika memiliki latar belakang yang sama, misalnya seperti latar belakang bahasa, watak, adat isiadat dan lain-lain. Akomodasi Komunikasi banyak didasari oleh asumsi-asumsi yang ada di dalam Teori Identitas Sosial.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :√ Jaringan Ikat : Pengertian, Materi Lengkap, Fungsi, Komponen Dan Jenisnya