Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Diposting pada

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan pegangan seorang guru dalam menajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh seorang guru untuk membantu dalam mengajar supaya selesai dengan Kompetensi Dasar Standar Kompetensi pada hari itu. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Hakikat RPP Menurut Ahli

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan ataupun lebih. RPP brekembang dari silabus untuk lebih mengarahkan kegiatan pembelajaran sperta didik untuk mencapai Kompetensi Dasar.

Baca Juga : Pembelajaran Kooperatif

Dan selanjutnya menurut Permandikbud 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, yang pertama dalam pembelajaran menurut standar proses merupakan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan dalam penyusunan suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP merupakan sebuah rencana pembelajaran yang dikembangkan dengan rinci dari materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Meurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolahan Dasar, RPP merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan dengan rinci dari materi pokok ataupun tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif,memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Setiap pedidik pada pendidikan berkewajiban menyusun RPP dengan lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, efisien, menyenangkan, menantang, inspiratif, motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup untuk prakarsa,  kreativitas, serta kemandirian yang sesuai bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Baca Juga : Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Ahli Beserta Prinsipnya


Prinsip-pirinsip Pengembangan RPP

Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  1. RPP adalah arti dari ide kurikulum bedasarkan siklus yang dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam rencangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP berkembang sesuai dengan yang telah dinyatakan oleh silabus konsidi pada pendidikan baik kemampuan awal persertaa didik, motivasi belajar,potensi, minat, bakat, gaya belajar, serta kemampuan emosi.
  3. RPP harus mendorong dan berpartisipaso secara aktif dalam peserta didik.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 agar dapat menghasilkan peserta didik yang tak berhenti belajar dan mandiri.
  5. RPP harus dapat mengembangkan budaya baca dan menulis terhadap peserta didik.
  6. Kegiatan belajar dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi dalam bentuk tulisan.
  7. RPP memiliki ranacangan program pemberian umpan balik positif, remedi, penguatan, umpan balik, serta pengayaan.
  8. RPP dibuat dengan memperhatikan keterpaduan dan keterkaitan antara KD dan KI, materi pembelajaran, penilaian, sumber belajar, serta kegiatan belajar dalam keutuhan pengalaman belajar.
    RPP dibuat dengan pertimbangan pernerapan teknologi komunikasi dan informasi dengan terintegarasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan kondisi dan situasi.

Komponen dan sistematika RPP

Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implemenatasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran, RPP paling sedikit memuat:

  1. Tujuan pembelajaranMateri pembelajaran
  2. Metode pembelajaran
  3. Sumber belajar
  4. Penilaian

Baca Juga : Resolusi Konflik – Model, Manfaat, Kelemahan, Kelebihan, Pembelajaran, Tujuan, Para Ahli


Langkah-langkah Mengembangkan RPP

Pengembangan RPP disusun dengan mengakomondasikan pembelajaran tematik atau RPP tematik. RPP tematik meripakan suatu rencana pembelajaran tematik terpadu yang telah dikembangkan dengan terinci dari subuah tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik yaitu:

  1. Mengkaji silabus tematik
  2. Mengidentifikasi materi pembelajaran
  3. Menentukan tujuan
  4. Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
  5. Penjabaran jenis penilaian
  6. Menentukan alokasi waktu
  7. Menentukan sumber belajar.

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sedikitnya  ada dua fungsi RPP dalam KTSP  kedua fungsi tersebut adalah


  • Fungsi Perencanaan

Fungsi perencanaan RPP dalam KTSP adalah bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang.


  • Fungsi Pelaksanaan

Dalam pengembangan KTSP, rencana pelaksanaan pembelajaran harus disusun secara sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam  situasi pembelajaran yang actual. Dengan demikian, rencana pelaksanaan pembelajaran berfungsi untuk mengafektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan.


Manfaat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Adapun manfaat rencana pelaksanaan pembelajaran antara lain:
  2. Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
  3. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang     terlibat   dalam kegiatan.
  4. Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun siswanya.
  5. Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambatan kerjanya.
  6. Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
  7. Perencanaan pembelajaran dibuat untuk menghemat waktu, tenaga, alat, dan biaya.

Cara Pengembangaan RPP

Cara pengembangan RPP dalam garis besar dapat mengikuti langkah – langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi kolom identitas.
  2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan.
  3. Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta indicator yang akan digunakan yang telah disusun yang terdapat pada silabus.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetesi dan kompetensi dasar, serta indikator yang telah ditentukan.
  5. Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang ada pada silabus.
  6. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan.
  7. Merumuskan langkah – langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
  8. Menentukan sumber belajar yang digunakan.
  9. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan tehnik penskoran.

Baca Juga : Analisis SWOT


Efektivitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Setiap orang memiliki arti yag berbeda dalam memaknai efektifitas, sesuai sudut pandang dan kepentingan masing – masing. Hal tersebut diakui oleh Chung dan Magingson ( 1981), “efektiviness means different to different people. “ Dalam kamus besar bahasa Indonesia (1990 : 219) dikemukakan bahwa efektif berarti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya), manjur atau mujaraf, dapat membawa hasil. Jadi efektivitas adalah adanya kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Efektivitas adalah bagaimana suatu organisasi berhasil mendapatkan dan memanfaatkan sumber daya dalam usaha mewujudkan tujuan operasional.

Dari uraian diatas, dapat dikemukakan bahwa efektivitas berkaitan dengan terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan, terbentuknya kompetensi, ketepatan waktu, dan adanya partisipasi aktif dari anggota. Dengan demikian efektivitas RPP berarti bagaimana program tersebut berhasil melaksanakan semua tugas pokok pembelajaran, menggalang partisipasi masyarakat, mendapatkan serta memanfaatkan sumber belajar untuk menyukseskan implementasi KTSP.


Komponen RPP


Mengkaji Komponen RPP

  • Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar kompetensi pada dasarnya merupakan kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu. Kompetensi dasar merupakan sejumlah ke-mampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi. Standar kompetensi dan kompe-tensi dasar ini berlaku secara nasional, ditetapkan oleh BSNP. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran    sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan  memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi;
  2. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  3. Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

Baca Juga : Pengertian Daur Ulang, Jenis dan serta Contohnya


Langkah – langkah Yang Patut Dilakukan Guru dalam Penyusunan RPP

Adapun langkah yang patut dilaksanakan oleh guru dalam penyusunan RPP adalah:

  1. Ambilah satu unit pembelajaran (dalam Silabus) yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
  2. Tulis standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam unit tersebut.
  3. Tentukan indicator untuk mencapai kompetensi dasar tersebut.
  4. Rumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapaidalam pembelajaran tersebut.
  5. Tentukan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  6. Pilihlah metode pembelajaran yang dapat mendukung tujuan pembelajaran.
  7. Susunan langkah – langkah kegiatan pembelajaran pada setiap satuan rumusan pembelajaran, yang bisa dikelompokkan menjadi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
  8. Jika alokasi waktu untuk mencapai satu kompetensi dasar lebih dari dua jam pelajaran, bagilah langkah – langkah pembelajaran menjadi lebih dari satu kali pertemuan
  9. Sebutkan sumber/ media belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  10. Tentukan tehnik penilaian, bentuk dan contoh instrumenspenilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasaratau tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

Baca Juga : 7 Subjek Hukum Internasional : Teori, Pengertian, Perkembangan, Sumber Hukum


Format  RPP

     Ada beberapa alternative format rencana pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bisa dikembangkan. Format yang dipilih guru sangat bergantung pada sifat materi pembelajaran dan selera atau kehendak kurikulumyang sedang berlaku. Yang penting adalah ketika memutuskan penggunaan format tertentu harus dilakukan secara sadar dan rasional.

      Berikut ini dicantumkan format RPP yang biasa digunakan oleh Guru:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

Satuan Pendidikan                         :…………………

Mata Pelajaran                               :…………………

Kelas/ Semester                              :…………………..

Standar Kompetensi                        :…………………….

Kompetensi Dasar                           :…………………..

Indikator                                         :………………….

Alokasi Waktu                                 :…………×……Menit (….Pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

    ………………………………………………………….

  1. Materi Pembelajaran

    ………………………………………………………….

  1. Metode Pembelajaran

    …………………………………………………………..

  1. Langkah – Langkah Kegiatan  Pembelajaran

    Pertemuan 1

    Kegiatan Awal ( Dilengkapi dengan alokasi waktu)

    …………………………………………………………..

    Kegiatan Inti  ( Dilengkapi dengan alokasi waktu)

    …………………………………………………………..

    Kegiatan Penutup ( Dilengkapi dengan alokasi waktu)

    …………………………………………………………..

   Pertemuan 2

   ……………………………………………………………

   Dan seterusnya

  1. Sumber Belajar

   ……………………………………………………………

  1. Penilaian

   Tehnik

   ……………………………………………………………

   Bentuk Instrumen

   …………………………………………………………….

   Contoh Instrumenn ( soal / tugas)

   Ditambah Kunci Jawaban

Mengetahui,                                                        ……………..,………..

Kepala Sekolah                                                  Guru Mata Pelajaran

……………………                                               …………………….

Demikianlah artikel dari gurupendidikan.co.id mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : Pengertian, Hakikat, Prinsip, Komponen, Fungsi, Manfaat, Cara, Efektivitas, dan Formatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.