Latar Belakang Masalah – Pengertian, Permasalahan, Cara, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Latar Belakang Masalah – Pengertian, Permasalahan, Cara, Contoh, Para Ahli : Adalah menceritakan hal hal yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul penelitiannya. Dalam latar belakang masalah ini, peneliti seolah-olah sebagai detektif yang sedang mengamati situasi lingkungan tempat kejadian perkara.


"Latar Belakang" Pengertian & ( Cara Membuat - Contoh )

Pengertian Latar Belakang Masalah

adalah menceritakan hal hal yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul penelitiannya. Dalam latar belakang masalah ini, peneliti seolah-olah sebagai detektif yang sedang mengamati situasi lingkungan tempat kejadian perkara. Untuk memunculkan berbagai alasan mengapa memilih judul tersebut, maka seorang peneliti dalam hal ini dapat mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, akan tetapi belum efektif pada pelaksanaannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah Pramuka Di Indonesia Dan Dunia TERLENGKAP


Latar belakang Masalah dapat juga mengacu pada krisis ideologi, ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan dan keamanan. Latar belakang ditutup dengan kalimat kunci yang menekankan pentingnya masalah tersebut untuk segera diteliti dan dampaknya jika penelitian itu ditunda-tunda untuk tidak diteliti.


Yang menjadi pertanyaan, berapa halaman jumlah latar belakang masalah ?. Jawabannya yaitu proporsional, tergantung jumlah halaman seluruh proposal penelitian atau laporan penelitian.


Perlu digaris bawahi bahwa jangan sampai latar belakang masalah yang ada pada proposal atau yang ada pada Bab 1 pada laporan penelitian jumlahnya lebih banyak dari bab-bab lainnya, kecuali bab terakhir, yaitu kesimpulan dan saran.


Beberapa hal yang terdapat dalam latar belakang ialah:

  • Kondisi ideal mencakup keadaan yang dicita-citakan atau diharapkan terjadi, kondisi ideal ini biasa dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
  • Kondisi aktual merupakan kondisi yang terjadi saat ini, biasa menceritakan perbedaan situasi antara kondisi saat ini dengan kondisi yang dicita-citakan terjadi.

  • Solusi merupakan saran singkat atau penawaran penyelsaian terhadap masalah yang dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan.

Selain itu, latar belakang bisa pula mengandung perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan mengenai topik yang sama sebelumnya.


Pengertian Latar Belakang Masalah Menurut Para Ahli

Drs. Tatang M. Amirin

Menyusun Rencana Penelitian, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1995).Secara ringkas masalah yang biasa diangkat menjadi topik penelitian yang baik itu seharusnya memenuhi kriteria sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah BPUPKI


1. Masalah tersebut jika diteliti akan mempunyai arti penting baik bagi perkembangan ilmu maupun bagi kehidupan sehari-hari
2. Kesimpulan penelitian mempunyai daya simpul yang cukup lama, artinya dapat digeneralisasikan bukan cuma saat penelitian dilakukan, melainkana sesudahnya.
3. Masalah tersebut memiliki daya tarikkuat baik bagi peneliti pribadi maupun masyarakat.
4. Secara operasional masalah tersebut bisa diteliti (baik dari sudut prosedural, metodologi, maupun dari sudut ketersediaan datanya dilapangan).


Drs. Hariwijaya, Triton PB. Ssi. Msi.

Pedoman Penulisan Skirpsi Dan Tesis, (Nyutran: Tugu Publisher, 2005).
Dalam pembuatan skripsi, tahap ini adalah kegiatan mencari sebanyak-banyaknya permasalahan.


Rumusan permasalahan berdasarkan pada masalah pokok yang terdapat pada bagian latar belakang masalah. Masalah-masalah yang hendak dikemukakan pada bagian ini dirumuskan dalam kalimat pertanyaan yang singkat dan sederhana.


Batasan masalah mempunyai kaitan dengan rumusan masalah. Belum tentu masalah-masalah yang telah didentifikasikan dapat diteliti. Keterbatasan mahasiswa memungkinkan masalah yang telah diidentifikasi itu tidak dapat diteliti semuanya namun hanya sebagian saja. Bahasa lain batasan ini adalah ruang lingkup.


Bila anda memiliki keterbatasan dalam waktu, pemikiran, data dan biaya, maka ruang lingkup yang anda miliki akan sempit. Manfaat lain dari ruang lingkup yang sempit adalah kupasan materi nantinya sangat rapat sehingga tidak akan kerepotan dalam mempetahankannya didepan dewan penguji.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah PPKI


P. Joko Subagyo SH.

Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek, ( Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004). Menurut Joko Subagyo, dalam menentukan rumusan masalah, sebaiknya kita memperhatikan ketentuan-ketentuan dibawah ini:


1. Dirumuskan dalam bentuk pertanyaan.
2. Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana.
3. Rumusan masalah harus singkat, padat, dan tidak menimbulkan kerancauan dalam pengertian.
4. Mencerminkan keinginan penulis dalam melakukan penelitian.
5. Tidak mempersulit dalam pencarian data lapangan.
6. Rumusan masalah dapat dipakai sebagai rumusan hipotesa.
7. Rumusan masalah dapat direfleksikan kedalam judul.


Drs. Sumadi Surya Brataba MA, Eds, Ph. D.

Metodelogi Penelitian, ( Jakarta: CV. Rajawali, 1983). Menurut Sumadi, rumusan maslah adalah hal yang penting dalam penelitian, karena akan menjadi panutan dalam penelitian, berikut ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan dalam menentukan rumusan masalah.


1. Dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya.
2. Rumusan masalah harus padat dan jelas isinya.
3. Memberi petunjuk tentang mungkinnya mengumpulkan data guna menjawab pertanyaaan yang terkandung dalam rumusan masalah itu.


Purnomo Setiady Akbar. Mpd, dan DR. Husaini Usman. Mpd.

Metodelogi Penelitian Sosial, ( Jakarta: Bumi Aksara, 1996). Rumusan masalah ialah suatu usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan penelitian apa saja yang spesifik dan perlu dijawab. Rumusan masalah meurut keterangan dari buku ini di bedakan menjadi 3, yaitu deskriptif, komparatif dan asosiatif.


Permasalahan Dalam Penelitian

Seorang peneliti sebelum menentukan bagaimana penelitian bisa dilakukan, terlebih dahulu harus menentukan masalah apa saja yang bisa diteliti. Masalah penelitian bisa didefinisikan sebagai pernyataan yang mempermasalahkan suatu variable atau hubungan antara variable pada suatu fenomena.Sedangkan variable didefinisikan sebagai perbedaan antara sesuatu dengan yang lain.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :  105 Nama Tarian Daerah Tradisional Di Indonesia Beserta Gambar Dan Asalnya


Masalah penelitian ini akan menentukan kwalitas penelitian yang akan dilakukan. Baik buruknya penelitian seseorang tergantung bagaimana seorang peneliti tersebut dapat mengidentifikasikan penelitian sebaik-baiknya.


Menentukan masalah peneltian terkadang sulit, hal itu dikarenakan kurang faham akan permasalahan tersebut. Untuk menentukan permasalahan penelitian terlebih dahulu harus memahami sumber masalah.Sumber masalah tersebut bisa berasal dari manusia, program, dan fenomena di sekitar.


Terkadang kesalahan yang terjadi dalam penelitian adalah berangkat dari paradigma yang salah.Penelitian yang yang benar adalah dimulai dengan mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang ada.Barulah setelah mendapatkan masalah yang jelas, penelitian di lakukan.


Banyak di antara kita –terutama mahasiswa- ketika melakukan penelitian ilmiah, memulai dengan cara yang salah, yaitu menentukan judul baru kemudian menentukan permasalahan. Sebenarnya hal itu bukan permasalahan pokok, tetapi paradigma seperti ini perlu dibenarkan.


Cara Membuat Latar Belakang Masalah

Banyak hal yang ada dalam latar belakang yaitu:

Keadaan Ideal

Meliputi kondisi yang dicita-citakan atau diinginkan terjadi, keadaan ideal ini umum dituangkan berbentuk misi serta visi yang ingin dicapai.


Keadaan Aktual

Keadaan yang berlangsung sekarang ini, umum bercerita ketidaksamaan kondisi pada keadaan sekarang ini dengan keadaan yang dicita-citakan berlangsung.

Jalan Keluar

Anjuran singkat atau penawaran penyelesaian pada permasalahan yang dihadapi sebelumnya mengambil langkah selanjutnya ke pokok bahasan. Diluar itu latar belakang dapatlah memiliki kandungan perbandingan serta penyempurnaan atas tulisan tentang tema yang sama terlebih dulu.


Terangkan Masalahnya

Bikin susunan latar belakang permasalahan, anda dapat membuatnya dari hal yang umum dahulu lalu baru hal yang khusus atau demikian sebaliknya anda dahulukan yang khusus lalu yang umum.


Contoh Latar Belakang Masalah Dalam Satu Makalah

Berikut ialah latar belakang dalam satu makalah yang berjudul alat komunikasi :

Latar Belakang

Alat komunikasi telah dikenal mulai sejak jaman dulu, bahkan juga mulai sejak jaman pra histori pun alat komunikasi telah ada. Ketika itu manusia cuma mengetahui alat komunikasi dengan symbol atau gerakan/bahasa isyarat untuk mengemukakan suatu hal.


Bila menginginkan lakukan komunikasi dengan yang beda tempat serta memiliki jarak yang lumayan jauh, pada waktu itu orang kirim kurir pembawa pesan yang memanglah mesti sangatlah terpercaya untuk mengemukakan pesan seorang.


Yang kemudian jaman berkembang serta manusia mulai mengetahui bahasa serta tulisan, yang lalu pada jaman ini dikenal dengan jaman histori. Pada jaman ini alat komunikasi berkembang lagi terkecuali symbol serta gerakan isyarat, manusia muali dapat menulis serta berbahasa tambah baik lagi, hingga bisa lakukan komunikasi tambah baik juga, serta bisa menulis surat lalu kirimnya pada orang yang menginginkan diberi pesan.


Lalu jaman makin berkembang sampai saat ini perubahan itu diiringi juga oleh perubahan teknologi yang saat ini semakin mutakhir saja, termasuk juga alat untuk berkomunikasi. Pada jaman globalisasi ini sudah lahir beragam jenis alat komunikasi, terkecuali surat yang lebih dahulu ada, kemudian telephone serta saat ini juga dikenal telephone genggam (handphone) yang kerap dimaksud dengan ponsel.


Bahkan juga aktivitas surat menyurat lewat kantor pos juga saat ini telah mulai menyusut bersamaan karenanya adfa email serta bermuculannya jejaring social seperti facebook, twitter, balckberry, whatsapp, serta ada banyak lagi. Saat ini manusia makin dimudahkan untuk lakukan komunikasi baik dengan yang berjarak dekat maupun dengan yang berjarak jauh. Sampai lalu nampak arti kalau teknologi ini mendekatkan yang jauh.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : BPUPKI : Pengertian, Anggota, Tugas, Sidang, Dan Tujuan Beserta Sejarahnya Lengkap