Istilah-Istilah Internet

Diposting pada

Pengertian Internet

Secara harfiahnya, internet ( interconnected-networking) adalah rangkaian komputer yang terhubung pada beberapa rangkaian. Dimana Internet (huruf ‘I’ besar) adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global serta menggunakan TCP atau IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar itu dinamakan Internet. Dan Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini disebut internetworking.

Internet-adalah

Atau dengan kata lain, definisi internet ialah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan antara orang-orang dan komputer-komputer di dunia , melalui telepon, satelit serta sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang saling terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi mulai dari (text, gambar, audio, video, dan sebagainya) untuk dapat dikirim serta dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar ialah Transmision Control Protocol serta internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP atau IP.

Baca Juga : Pengertian Internet – Komponen, Bentuk, Manfaat, Sejarah, Positif, Negatif, Para Ahli


Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian internet menurut para ahli, sebagai berikut:


  1. Berdasarkan keterangan dari Harjono (2009)

Internet ialah kumpulan dari sejumlah komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dan yang lainnya. Agar komputer bisa saling terhubung dan berinteraksi, dibutuhkan suatu media untuk mengerjakan hal tersebut. Media yang dipakai dapat berupa kabel atau serat optik, satelit, atau sambungan telepon.


  1. Berdasarkan keterangan dari Oetomo (2002)

Internet adalah singkatan dari international network, yaitu sebuah jaringan komputer raksasa yang terdiri dari sejumlah jaringan kecil yang saling terhubung antara satu dengan lainnya.


Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) emutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk Arpanet. Program email ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada diluar amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakti Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirim email dari Rayal Signals and radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANEt membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Elis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 france telecom menciptakan gebrakan dengan meliuncurkan telepon televise perama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan makin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmission control protocol atau TCP dan internet protocol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di Negara-negara Belanda, Inggris, Denmark, Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat dijaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang sudah ada melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen Dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah, ketika tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan tahun yang sama muncul istilah Surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Baca Juga : Internet – Pengertian, Positif, Negatif, Keunggulan, Kelemahan, Kegunaan, Manfaat, Para Ahli


Manfaat Internet

Para pakar teknologi terus mengembangkan internet sebab internet memiliki tidak sedikit manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ialah manfaat internet:


1. Manfaat Internet dalam Dunia Bisnis

Dengan adanya internet, kesempatan bisnis untuk setiap kalangan masyarakat tersingkap semakin lebar. Bahkan, semakin tidak sedikit toko daring yang memungkinkan seseorang untuk memasarkan suatu barang atau jasa tanpa modal tidak banyak pun.

Yang perlu dilaksanakan hanya mengunggah potret produk yang dipasarkan yang dilengkapi dengan kiat-kiat jitu dalam bidang pemasaran.

Toko daring ini pun mempermudah para pelanggan untuk mengerjakan transaksi. Kini dengan internet, Anda dapat mendapatkan barang yang hendak dibeli tanpa mesti pergi ke sebuah tempat.


2. Manfaat Internet guna Belajar

Ilmu pengetahuan di era internet ini semakin gampang untuk diakses. Bahkan, Anda bisa mempelajari bahasa apa saja yang diharapkan tanpa mengekor kursus.

Hanya bermodalkan ponsel pintar atau laptop dan media sosial, Anda telah dapat mempelajari sekian banyak hal.

Apabila Anda hendak mendapatkan tuntunan belajar tanpa mesti pergi terbit rumah, usahakanlah untuk mendaftar ruang belajar belajar secara daring.


3. Manfaat Internet sebagai Hiburan

Ternyata, internet tidak melulu dapat dipakai untuk berbisnis dan belajar, tetapi pun untuk sarana hiburan.

Ada tidak sedikit sekali website yang bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan film atau video favorit, laksana YouTube dan Netflix. Anda pun dapat berinteraksi dengan sesama pemakai internet di sekian banyak belahan dunia melewati Facebook, Instagram, dan Twitter.

Ketika merasa bosan, Anda pun dapat mengunduh software permainan daring. Permainan ini memungkinkan Anda guna bermain seraya berinteraksi dengan sesama pemain lainnya.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN AKSES INTERNET.

  • UNIT KOMPUTER : komputer sangat berperan baik dalam kecepatan akses, dikarenakan didalamnya terdapat harddisk, RAM, processor. Bila harddisk dengan berkecepatan rendah, maka kecepatan akses pun ikut rendah. Begitu pula RAM serta processor.
  • MODEM
    Modem punya kecepatan yang berbeda-beda.
  • JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK AKSES INTERNET
    untuk akses internet kita bisa gunakan line telepon, CDMA, GPRS, & Satelit. Yang masing-masing punya kecepatan berbeda serta danyang paling rendah adalah line telepon.
  • BESAR BANDWITCH
    bandwitch adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
  • Jumlah Pengguna yang mengakses server bersamaan
    Akses internet pada jam-jam tertentu kadang akan sangat lamban, yang disebabkan penggunaan internet secara bersamaan.

Baca Juga : Pengertian Jaringan Komputer


Istilah-istilah dalam Akses Internet

Berikut ini ialah istilah-istilah yang sering digunakan pada berbagai layanan di internet.

  • INTERNET SERVICE PROVIDER.
    Perusahaan yang menyediakan suatu jasa layanan koneksi di Internet.
  • MODEM.
    Modem ialah  perangkat komunikasi data yang digunakan untuk dapat mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini ialah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.
  • AKSES DIAL-UP. Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.
  • APLIKASI WEB BROWSER.
    Perangkat lunak yang dipergunakan untuk dapat menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. contoh web browser ialah  Internet Explorer.
  • AOL.
    American Online ialah layanan komersial yang dapat menyediakan browser Internetnya sendiri.
  • ARPA.
    Advanced Research Project Agency ialah lembaga pemerintah yang membiayai penelitian ARPANET yang menjadi DARPA pada 77an.
  • ASCII.
    Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.
  • BACKBONE.
    Backbone ialah jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi pada sistem jaringan komputer
  • BANDWITH. Bandwith ialah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, serta komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau pun Hertz.
  • BBS.
    Bulletin Board System ialah sistem yang dapat memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui komputer, sehingga dapat mengambil atau mengirim file ataupun meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir mirip dengan internet.
  • BITNET.
    Because It’s Time Network ialah jaringan yang bukan TCP atau IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa ada kemampuan akses ke internet.
  • BPS.
    Bit Per Second ialah satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data antar komputer dengan yang lain.
  • BROWSING.
    Browsing ialah metode untuk menjelajahi dunia internet.
  • CLIENT-SERVER.
    Client-Server ialah suatu bentuk arsitektur, dimana client ialah yang menerima layanan , dan yang akan menampilkan antarmuka pemakai serta menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server ialah perangkat yang dapat menyediakan serta bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).
  • CIX.
    Commercial Internet Exchange ialah konsorsium perusahaan swasta yang melayani internet.
  • CU-SEE ME.
    Cu-SeeMe ialah aplikasi yang memungkinkan koferensi video.
  • DOMAIN NAME.
    Domain name ialah bagian yang membentuk IP address.
  • DOWNLOAD.
    Download ialah  aktifitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam layanan di dunia internet.
    Data-data yang dapat diambil diantaranya ialah bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan sebagainya.
  • EDUCOM.
    EDUCOM ialah konsorsium institusi pendidikan yang bersifat nonprofit yang dapat membantu memperkenalkan suatu akses informasi eletronik serta manajemennya ke organisasi pendidikan
  • HTTP.
    Sebuah metode ataupun protokol untuk men-download file ke dalam komputer. Protokol ini berbasis hypertext.
  • HYPERLINK.
    Hyperlink ialah link atau sambungan ke sumber lain, biasanya digunakan untuk membangun sebuah web.
  • HYPERTEXT.
    Hypertext ialah dokumen online yang terdiri atas tulisan serta  gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya.
  • INTERNET DEVICE.
    Internet device ialah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim data serta menerima e-mail, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, handphone dan internet-TV.
  • IP ADDRESS. Alat numerik unik dari sebuah komputer di internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.
  • HTML.
    Format dokumen yang digunakan pada world wide web. HTML merujuk pada suatu tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dalam dokumen lain di internet.
  • INTERNET SHARING PC.
    Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data, serta koneksi internet yang dapat diakses oleh user lain yang terhubung ke jaringan.
  • INTRANET.
    Intranet ialah sumber daya informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi ataupun perusahaan dengan menggunakkan jarigan komputer yang ada.
  • KBIT/S (Kilobits per second).
    Ukuran untuk transfer data ataupun kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan sekitar 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data didalam suatu jaringan (Satu kilobit= 1000 bit).
  • LOG IN.
    Log in ialah proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
  • LOG OUT.
    Log out ialah  keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.
  • MAILING LIST. Mailing list adalah sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. 1 pesan dari pesan seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
  • MULTIMEDIA.
    Multimedia ialah suatu PC, sistem dokumen, dan sebagainya yang mengombinasikan teks, grafik, suara, film, ataupun media lain.
  • SEARCH ENGINE. Search engine ialah sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs-situs lain.
  • SITUS. Situs ialah sebuah komputer yang terhubung oleh internet serta menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroups, e-mail, ataupun halaman web.
  • WAP (Wireless Application Protocol). WAP ialah standart protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan oleh handphone). WAP berbasis pada standart internet serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency, serta keterbatasan bandwith, serta keterbasan perangkat wireless. Desain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya sudah menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip sekali dengan HTML, hanya saja lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan seperti diatas.
  • WEB SERVER. Web server ialah perangkat keras serta perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan serta mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web.
  • WEBSITE. Website ialah suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server web. Sebuah server web dapat berisikan lebih dari satu situs.
  • WEBCAM. Webcam ialah kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera dapat digunakan untuk merekan clip video yang dapat dikirimkan melalui e-mail ataupun untuk mentransmisikan gambar secara langsung diinternet untuk keperluan video conferencing.
  • ZIP.
    ZIP ialah format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS serta windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu serta dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file)

Baca Juga : Operations Support System (OSS) adalah


Fasilitas-Fasilitas Yang Ada Pada Internet

Internet juga dikenal sebagai Net yakni jaringan komputer terbesar didunia. Jaringan komputer pada dasarnya adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan sehingga saling berinteraksi dan bertukar informasi secara bersama-sama. Menurut konsep, jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada didalamnya dapat saling berhubungan dan berbagi sumberdaya informasi seperti printer dan perangkat penyimpan data, seperti TV atau radio yang menghubungkan stasiun tv dan radio.

Internet adalah teknologi komunikasi baru yang mempengaruhi kehidupan manusia dalam suatu skala yang sama pentingnya dengan telepon ataupun televisi. Bila kita memakai telepon untuk melakukan panggilan dengan orang lain yang berbeda tempat, jika kita menulis surat menggunakan telepon atau pos agar terkirim ke orang yang kita tuju, jika kita sedang melakukan bisnis apapun bentuknya, maka internet dapat mengubah keseluruhan pandangan dunia kita secara radikal. Internet bisa mengubah/mengalihkan semua kegiatan manusia kedalam bentuk internet.

Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh internet mulai sejak awal mula diciptakan internet hingga sekarang sangat banyak dan sudah dirasakan oleh semua pengguna internet diseluruh dunia. Namun itu masih fasilitas dulu hingga saat ini, karena internet semakin berkembang dan terus berkembang sehingga dapat dipastikan aka nada fasilitas-fasilitas baru yang akan didapatkan dari internet. Fasilitas-fasilitas dari internet yang saat ini bisa dirasakan pengguna internet adalah sebagai berikut :


  • World Wide Web (WWW)

Disingkat web, adalah bagian yang paling menarik dari internet, melalui web kita bisa mengakses informasi tidak hanya berupa teks tetapi juga gambar-gambar , suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses WEB dibutuhkan software yang disebut browser atau penjelajah web. Browser yang tersedia saat ini dari awal hingga sekarang seperti netscape communicator, safari, internet explorer, google chrome, mozila firefox dan masih banyak browser lainnya yang memiliki fungsi yang sama yaitu menjelajah web.


  • Electronic Mail (E-Mail)

Disingkat e-mail yakni merupakan surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima email dari dank e pengguna internet diseluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos fasilitas email jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim email ke teman yang berada didalam atau luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit, bahkan saat ini hanya dalam hitungan detik. Untuk menerima atau mengirim email kita tetap membutuhkan alat penjelajah web atau browser sebagai penjelajah situs penyedia email di internet.

Penyedia jasa email pertama kali adalah Yahoo! dan sampai saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa email dengan berbagai macam fitur yang disediakan seperti yahoomail, gmail, aim mail, hotmail, GMX mail, easy mail, hushmail, myrealbox, dan masih banyak lagi, dan tidak jarang saat ini email yang memiliki server yang disediakan oleh kampus (email akademi) tempat belajar ataupun instansi tempat bekerja.


  • Telnet

Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi informasi yang ada di komputer tersebut. Dengan semakin berkembangnya internet maka semakin berkembangpula penggunaan telnet. Untuk dapat mengakses telnet,biasanya (dan seharusnya) kita memiliki sebuah account atau login di komputer yang di tuju.Dan login tersebut disertai password (kata kunci) sebagai verivikasi atau sebagai legalisasi dari account yang kita masukkan,dan account tersebut di berikan oleh sang administrator atau lembaga yang memiliki server yang dapat di-TELNET.


  • File Transfer Protocol (FTP)

FTP memungkinkan kita mengirim atau menerima data maupun file dari satu komputer ke komputer lain tanpa batasan tempat. Proses mengirim file agar bisa diterima oleh pengguna internet lain disebut Upload sedangkan proses menerima file (data) disebut dengan Download. Saat ini sudah banyak situs penyedia jasa FTP yang member kemudahan kita dalam berbagi file seperti Dropbox, skydrive, Googledrive, 4shared, zippyshare dan masih banyak lagi.


  • Gopher

Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.

Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien.

Gopher merupakan pendahulu dari Web, perbedaannya adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melaiinkan hanya bisa menampilkan teks oleh sebab itu gopher mulai ditinggalkan oleh para pengguna internet saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, namun protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.


  • Internet Relay Chat (IRC)

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.

Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).

 Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap


  • E-commerce (Transaksi Elektronik)

Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce. Saat ini perkembangan e-commerce memang sangat pesat, hal ini dikarenakan pengguna internet yang mampu melihat peluang bisnis dari internet sehingga mendapatkan penghasilan dari internet. Semua transaksi yang dilakukan di internet (perdagangan) disebut e-commerce.

Semua bentuk yang dijual melalui internet itulah produk e-commerce, bisa berupa produk secara fisik bisa pula berupa jasa pelayanan seperti jasa pembuatan website dan orang yang membuat website memasang tarif untuk setiap website yang dibuatnya. Situs e-commerce saat ini sudah menjamur di internet, dan pengguna internet juga sudah banyak yang menggunakan e-commerce sebagai transaksi jual beli.

Keuntungan yang didapat dari e-commerce ini adalah cepat, hemat biaya, bisa membeli produk luar negeri tanpa harus keluar negeri namun kekurangan dari e-commerce yang saat ini masih banyak terjadi adalah penipuan, maka sebagai pengguna internet khususnya e-commerce harus jeli untuk memilih situs mana yang benar-benar e-commerce dengan melihat bukti-bukti nyata.

Situs e-commerce saat ini sangat banyak seperti Amazon.com, lazada.co.id, ebay, tokobagus, dan masih banyak lagi situs e-commerce yang terpampang di internet.


  • Remote Login

Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di reotokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network).


  • E-Banking

Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya.

Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.


  • E-Government

Istilah ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan maraknya pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan. Walaupun namanya e-governmet, tapi jangan dibayangkan ini adalah sistem pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih diartikan secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau turis.


  • E-Learning

Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik (seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.

Semua proses belajar-mengajar hanya dilakukan di depan sebuah komputer yang terhubung ke jaringan internet, dan semua fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah sekolah dapat tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar monitor komputer. Materi pelajaran pun dapat diperoleh secara langsung dalam bentuk file-fileyang dapatdi-download, sedangkan interaksiantara guru dan siswa dalambentuk pemberian tugas dapat dilakukan secara lebih intensif dalam bentuk forum diskusi dan email.

Pemanfaatan e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial dengan berkurangnya biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya dapat dikurangi, namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet. Dari sisi penyelenggara, biaya pengadaane-Learning sendiri dapat direduksi,disamping jumlahpeserta didikyang dapat ditampung jauh melebihi yang dapat ditangani oleh metode konvensional dalam kondisi geografis yang lebih luas.

Namun, dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, penerapan e-Learning, khususnya di Indonesia masih menyimpan masalah, antara lain pada keterbatasan akses internet serta kurangnya pemahaman masyarakat akan teknologi internet. e-Learning juga kurang cocok untuk digunakan pada level pendidikan dasar dan menengah, khususnya karena kendala sosialisasi. Seperti kita ketahui, tujuan kegiatan belajar-mengajar di sekolah bukan hanya untuk menimba ilmu pengetahuan, melainkan juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya maupun lingkungan di luar rumah. Hal semacam ini tidak bisa didapati dalam sekolah maya via e-Learning. Disamping itu, sistem belajar jarak jauh sangatmensyaratkan kemandirian, sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tinggi maupun kursus.


  • Search Engine

Yang paling popular saat ini adalah mesin pencari. Siapa yang tidak kenal mesin pencari? Mesin pencari dikembangkan setelah melihat banyaknya situs-situs yang memiliki informasi yang berbeda, maka selain browser sebagai penjelajah web, maka ada juga search engine sebagai pencari informasi di internet. Search engine yang paling terkenal adalah google, nama yang sudah tidak asing lagi sehingga semua orang pasti mengetahui minimal pernah mendengar nama ini.

Search engine yang didirikan pada tahun 1998 ini dibuat karena melihat begitu maraknya situs situs yang memiliki informasi yang berbeda. Selain itu, masih banyak lagi search engine seperti yahoo, bing, ask, wow, infospace, aol search, yandex dan masih banyak lagi.


  • Game Online

Perkembangan internet semakin digunakan untuk berbagai macam hal, maka tidak salah jika hampir semua kegiatan manusia akan beralih ke internet. Game online adalah teknologi daripada genre, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama daripada pola tertentu gameplay . game online yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , biasanya pada internet . Salah satu keuntungan dari game online adalah kemampuan untuk terhubung ke permainan multiplayer , meskipun single-player game online yang cukup umum juga. Keuntungan kedua dari game online adalah bahwa persentase besar dari permainan tidak memerlukan pembayaran. Juga ketiga yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan berbagai jenis permainan untuk semua jenis pemain game

 Game online yang kini marak di dunia juga telah marak di Indonesia sejak 10 tahun terakhir. Kuatnya jaringan internet dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memainkan game dengan orang lain melalui media internet, itulah mengapa disebut dengan game online. Game online membuat orang-orang akan memainkan game secara online dan meninggalkan game yang biasa dimainkan seperti playstation dan lain-lain. Anak-anak akan lebih pintar menggunakan teknologi komputer dengan kelihaian tangan saat memainkan game, namun dampak buruk dari game online juga berpengaruh besar kepada prilaku anak-anak. Saat ini situs penyedia game online sudah sangat banyak seperti games.co.id, permainanonline.com, travian, 3dd game dan masih banyak lagi.


  • Jejaring social dan media social

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Lebih mudahnya, jejaring sosial adalah sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain.

Jejaring social memungkinkan pengguna internet untuk saling bertukar informasi pribadi, baik secara sengaja untuk membagikan informasi ataupun dicari tahu sendiri informasinya oleh pengguna internet yang lain. Jejaring social bisa berisi informasi teks, gambar pribadi, moto, kegiatan, pekerjaan, dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kehidupan orang-orang sebagai pengguna jejaring social masuk kedalam unsure jejaring social.

Jejaring social saat inipun sudah tidak bisa dibatasi, sangat banyak karena semakin maraknya jejaring social dari tahun ketahun. Jejaring social yang paling popular saat ini seperti facebook, twitter, path, google+, ask fm, hingga jejaring social perangkat mobile seperti bbm, line, kakaotalk, we chat dan lain-lain juga masuk kedalam kategori jejaring social menggunakan media internet.


  • Direktori

Direktori adalah attribut dari file yang berbentuk direktori. informasi – informasi mengenai lokasi dari suatu file. informasi lebih dominan berkaitan dengan penyimpanan file. direktori ini merupakan sejenis dari suatu file yang dimiliki oleh sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin dan tak terbatas di sistem operasi komputer, dan dianggap manusia sebagai tempat untuk menempatkan suatu file data maupun dokumen – dokumen.

Sebuah direktori terdapat komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada).

Suatu Direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori.


  • Forum Diskus

Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik menggunakan via  web. kelebihan forum diskusi yaitu user tidak perlu mendaftar dan memiliki akun dalam forum diskusi tersebut. Contoh fasilitasnya yaitu www.kaskus.com


  • Blog

merupakan situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Untuk membuat blog, setiap orang harus mendaftar ke situs web yang menyidiakan layanan blog, misalnya www.blogger.com., www.wordpress.com, www.blogdetik.com dan lain-lain.


  • Multimedia Streaming

merupakan fasilitas internet yang menayangkan file-file multimedia secara langsung (online). Melalui fasilitas ini, setiap user dapat mendengarkan lagu atau menonton video melalui web browser. Contoh situs web yang menyediakan fasilitas ini yaitu www.youtube.com.


  • Video Call dan Sms Melalui Internet

Menelpon dan mengirim sms bisa dilakukan melalui internet, ini akan mengurangi biaya pulsa anda hanya menggunakan paket data internet. Situs penyedia panggilan dan sms melalui internet seperti www.send-free-sms.netfirms.com, http://email.2sms.ru/sms.php , skype, dan facebook.


  • E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)

E-card atau greetings card adalah fasilitas pengiriman kartu ucapan di internet yang berfungsi sebagaimana layaknya kartu ucapan melalui jasa pos. beberapa situs menyediakan fasilitas ini secara gratis, bahkan ada situs yang menkhususkan diri pada jasa pelayanan E-Card. Berbagai bentuk kartu ucapan yang disediakan, mulai dari ucapan selamat atas moment paling penting hingga sapaan humor dalam bentuk gambar animasi. Beberapa situs tersebut adalah regards.com, bluemontain.com, astaga.com/ecard, e-card.com, indocenter.com dan masih banyak lagi situs e-card global dan nasional.


Dampak Internet

Perkembangan internet yang cepat dan pemakaiannya yang masif pasti membawa akibat tersendiri baik dalam segi ekonomi, sosial, dan budaya. Berikut ialah dampak dari pemakaian internet.

Baca Juga : √ Kenakalan Remaja : Pengertian, Ciri, Contoh, Penyebab Dan Solusinya


1. Dampak Positif Internet

Internet mempunyai pelbagai manfaat positif diantaranya merupakan:

  1. Internet seperti suatu perpustakaan tanpa batas. Segala informasi yang hendak Anda dapatkan terdapat di internet dan bisa diakses dengan mudah.
  2. Informasi yang terdapat pun berbagai ragam, mulai dari berita terkini, resep masakan, informasi seputar kesehatan, berita olahraga, dan masih tidak sedikit lagi. Semua hak itu berada dalam cengkeraman Anda.
  3. Di kurikulum yang baru ini, pelajar dituntut guna dapat aktif menggali informasi berhubungan tugas yang diserahkan oleh guru. Internet sangat menolong para pelajar itu dalam menuntaskan tugas.
  4. Jika kita merasa bosan, namun tidak bisa pergi ke sebuah tempat rekreasi atau pusat perbelanjaan, internet bisa menyediakan sekian banyak macam hiburan yang dapat mengenyahkan rasa jenuh.
  5. Melalui software tertentu yang dapat didownload secara gratis, kita dapat menyaksikan film, memperhatikan musik, bahkan menyimak novel. Bagi mendapatkan seluruh hal tersebut, koneksi internet Anda mesti stabil.
  6. Penggunaan internet, khususnya sosial media dapat menolong Anda guna berbisnis dengan lebih efektif. Bahkan, kita tidak butuh repot untuk mencarter ruko guna menjajakan dagangan.
  7. Cukup dengan memasang potret produk yang kita jual, konsumen bakal datang dengan sendirinya.
  8. Internet dapat mempermudah komunikasi seakan-akan jarak bukanlah sebuah masalah yang besar. Contohnya, Anda bisa mengirim surat elektronik untuk kerabat yang sedang sedang di luar negeri dalam hitungan detik.
  9. Beberapa software bahkan memfasilitasi Anda guna mengirim pesan secara instan seakan-akan sedang mengobrol secara langsung.

2. Dampak Negatif Internet

Selain akibat positif, internet pun dapat memberikan akibat buruk untuk pemakainya. Berikut ialah dampak negatif dari internet.

  1. Internet yang gampang diakses oleh siapa saja dengan latar belakang sosial apa saja menyebabkan timbulnya cyber bullying.
  2. Pengguna internet yang tidak bertanggung jawab dengan mudahnya mendiskreditkan pihak tertentu tanpa memikirkan akibatnya.
  3. Internet tidak melulu menyediakan informasi yang berfungsi tetapi pun konten negatif, laksana tayangan yang mengindikasikan kekerasan dan pornografi. Ironisnya, urusan negatif laksana ini bisa diakses oleh siapa saja, tergolong anak-anak.
  4. Hoax atau berita palsu gampang beredar di jejaring sosial. Dan, dengan kemudahan tombol “share” yang memungkinkan sebuah konten dapat diberikan membuat berita palsu ini semakin tersebar luas.
  5. Apakah kita gemar melakukan pembelian barang secara daring? Anda butuh berhati-hati karena dapat saja menjadi korban penipuan. Hal ini terjadi sebab data diri seseorang dapat dicopet atau dipalsukan oleh seorang hacker.
  6. Di samping itu, mengerjakan transaksi secara daring menciptakan Anda tidak bisa bertemu secara langsung dengan pihak penjaja serta menyaksikan kualitas barang sampai-sampai berpotensi terhadap terjadinya tindak penipuan.
  7. Kecanggihan internet bisa menghipnotis siapa saja, sampai-sampai Anda barangkali akan lupa masa-masa dan bahkan menjadi seorang yang antisosial. Mata Anda melulu akan terpaku pada layar ponsel tanpa mempedulikan lingkungan sekitar.