Pengertian Internet – Komponen, Bentuk, Manfaat, Sejarah, Positif, Negatif, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Internet – Komponen, Bentuk, Manfaat, Sejarah, Positif, Negatif, Para Ahli : Secara umun internet ialah sebuah jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu system.


pengertian internet dan intranet

Pengertian Internet

Secara umun internet ialah sebuah jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu system. Sedangakan internet secara khusus ialah suatu jaringan komputer yang terbesar didunia karena dapat menghubungkan seluruh jaringan computer yang ada di seluruh penjuru dunia ini. Dan sedangkan untuk jaringan ialah cara untuk dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga setiap komputer yang ada didalamnya dapat saling berhubungan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi dan Jenis Sistem Operasi Terlengkap


Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui pengertian internet secara ilmiah, maka baiknya kita menyimak pendapat para ahli tentang pengertian internet, dan berikut adalah kutipan dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian dari internet:


  1. Menurut Lani Sidharta (1996)

    walaupun secara fisikInternet adalah interkoneksi antar jaringan komputernamun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi,dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multi media yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis,hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.


  2. Drew Heywood (1996)

    sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United StatesDepartment of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.


  3. Khoe yao tung,

    yang menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.


  4. strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8)

    Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.


  5. O`Brien (2003, p10)

    Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.


  6. Allan (2005, p12)

    internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikanprotokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) danTransmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhanamengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.


  7. Onno W. Purbo

    menjelaskan bahwa Internet dengan berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005, p7).


  8. wahana komputer (2005, p4)

    Internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global, melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).


  9. YUHEFIZAR

    Internet dan Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suaramaupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.


  10. Mac Bride

    yang diterjemahkan oleh Sugeng mendefinisikan internet sebagai berikut: Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer, melalui sambungan telepon umum maupun pribadi (pemerintah maupun swasta). (Mac Bride, 1997:1).


  11. John December

    internet didefinisikan sebagai berikut: Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang bekerja sama secara global mendistribusikan pertukaran informasi melalui protokol TCP/IP. (John December, 1997:27)


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Perbedaan Batch ,Online, Real time Processing Method


Komponen Penyusun Internet

  • www ( world wide web )

    www ialah system server internet yang mendukung aplikasi hypertext untuk mengakses beberpa protocol internet antar muka. Hamper semua protocol yang ada di internet dapat diakses melalui web termasuk seperti Email, Telnet, FTP dan Usenet News.


  • Email

    Email atau surat elektronik merupakan layanan yang dapat memudahkan atau membantu dalam pengiriman pesan atau berkas melalui email dapat diterima dalam waktu hitungan detik saja.


  • Telnet

    Merupakan suatu program untuk login ke computer lain internet sehingga bisa mengakses database online seperti katalog perpustakaan, layanan chatting dan masih banyak lagi. Untul telnet ini ke komputer lain yang perlu untuk diketahui alamat komputer tersebut, untuk alamat tersebut berupa kata seperti mail, uns, ac, id atau bisa berupa angka seperti 202.158.48.243


  • FTP ( File Transfer Protokol )

    Merupakan metode yang dapat digunakan untuk mentranfer file dari satu komputer k kekomputer yang lain di internet. Situs FTP ini berisi buku ( e-book ), artikel softwer, game, gambar dan semua file yang ada dikomputer dapat ditranfer melalui FTP.


  • Usnet News

    Merupakan system diskusi yang dimana jutaan computer saling bertukar informasi dalam banyak topic. Perbedaan utama antara usnet news dan mailing list ialah bahwa usenet messege yang disimpan di computer pusat “ server ” dan user harus terhubung ke computer tersebut untuk dapat membaca atau mendowload pesan dikirim ke mailbox tiap-tiap anggota.


  • Mailing List

    Salah satu keuntungan yang bisa diambil dari internet ialah kesempatan saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan email. Internet ini ialah tempat yang sangat luas bagi komunitas diskusi dengan topic tertentu didistribusikan lewat email. Suatu wadah untuk mengumpulkan email-email dalam komunitas tertentu ialah dengan cara maling list ini.


  • Teknologi Transmisi

    Jaringan broadcast : memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.Jaringan point-to-point : terdiri dari beberapa hubungan pasangan individu dari mesin-mesin.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap


Bentuk Dan Ukuran Jaringan Komputer

  • LAN ( Lokal Area Network )

    Suatu jaringan yang mempunyai satu jaringan local yang berada dalam satu lokasi fisik yang sama yang dapat menghubungkan computer dengan computer yang lainnya dengan menggunakan kabel yang terhubung ke perangkat yang digunakan bersama. Pada jaringan ini memungkinkan pemakai dapat menggunakan printer dan alat penyimpanan secara bersamaan, menggunakan program dan saling berkirim pesan atau email kesatu atau lebih pengguna komputer dalam kantor kecil yang sama.


  • MAN ( Metropolitan Area Network )

    Ini adalah versi Lan yang berukuran lebih besar dan mencakup seperti kantor-kantor dalam perusahaan yang berdekatan atau sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.


  • WAN ( Wide Area Network )

    Pada jaringan computer yang satu ini dapat mencakup geografis yang sangat luas, seringkali mencakup sebuah Negara atau sebuah benua.


Manfaat Internet

Secara umum banyak manfaat yang dapat diperoleh bila seorang memiliki akses ke internet. Berikut ini bagian dari apa yang telah tersedia di internet antara lain :

  • Informasi untuk kehidupan pribadi
    Yang diantaranya Kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, dan social
  • Informasi untuk kehidupan professional/pekerja
    Yang diantaranya seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komiditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan berbagai forum komunikasi.

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk intranet, seperti antara lain :

  • Aplikasi browser seperti internet exploler, opra, Mozilla firefox, netscape
  • Perangkat jaringan
  • Protocol TCP/IP
  • Komputer server
  • Komputer client
  • Bahasa pemrograman seperti html, php, mysql, dan lain-lain
  • Perangkat bantu pengembang
    Yang perlu diketahu sebagai tambahan dalam intranet bila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat diakses jaringan luar ( internet ) ialah firewall dan router ( internet ini akan menjadi ekstranet ).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Volatile dan Non Volatile Memory Terlengkap


Sejarah Internet

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA – ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).


Tujuan semula dari proyek ARPANET sebenarnya hanya terbatas pada keperluan militer saja, pada waktu itu sistem jaringan komputer yang dibuat untuk menghubungkan komputer pada daerah/wilayah vital.


ARPANET pada tahun 1969 awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja diantaranya yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah menjadi jaringan secara terpadu. Lalu pada bulan Oktober 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum dan tidak lama kemudian berkembang sangat pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan dalam mengaturnya.


Maka ARPANET di pecah menjadi dua bagian yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil dalam keperluan non-militer. Seiring waktu gabungan antara kedua jaringan tersebut dikenal masyarakat luas dengan nama DARPA Internet dan kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet yang seperti sekarang ini kita kenal. Istilah internet pertama kali digunakan pada tahun 1982 dengan perkembangan name server yang memungkinkan para pengguna dapat terhubung kepada suatu host tertentu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi dan Pengertian Jaringan Terlengkap


Dampak Positif Dan Negatif  Internet

Berikut ini merupakan Dampak Positif Dan Negatif  dari Internet

Dampak Positif 

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web  jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.


3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain

6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.


Dampak Negatif

  • Pornografi

Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen˜browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.


  • Violence and Gore

Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.


  • Penipuan

Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.


  • Carding

Karena sifatnya yang langsung, cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.


  • Perjudian

Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Informasi