Adaptasi – Pengertian, Tujuan, Jenis, Manusia, Tingkah Laku, Hewan, Tumbuhan, Para Ahli

Diposting pada

Adaptasi – Pengertian, Tujuan, Jenis, Manusia, Tingkah Laku, Hewan, Tumbuhan, Para Ahli : Adaptasi merupakan suatu kemampuan dari makhluk hidup untuk bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, dengan suatu tujuan untuk bertahan hidup.


adaptasi

Pengertian Adaptasi

Adaptasi merupakan suatu kemampuan dari makhluk hidup untuk bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, dengan suatu tujuan untuk bertahan hidup. Selain itu adaptasi juga adalah suatu cara yang dilakukan organisme (makhluk hidup) agar bisa mengatasi tekanan dari lingkungannya dengan suatu tujuan agar mempertahankan hidup.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sel Tumbuhan : Jenis, Bagian, Gambar Dan Fungsinya Lengkap


Tumbuhan akan berubah atau menyesuaikan keadaan organ – organnya untuk melangsungkan proses metabolisme. Sebagai contoh , tumbuhan memanjat akan merubah atau menyesuaikan bentuk dan keadaan organ – organnya seperti batang , akar dan daunnya untuk memperoleh radiasi matahari yang lebih banyak . Akibatnya , tumbuhan tersebut dapat mencari tempat – tempat yang terbuka atau yang lebih tinggi dengan cara memanjat atau melingkar – lingkar pada apa saja yang memungkinkan untuk dipanjat atau dilingkarinya .


Pengertian Adaptasi Menurut Para Ahli

  • Soemarwoto (1983)

menjelaskan bahwa makhluk hidupndalam batas tertentu mempunyai kelenturan .Kelenturan ini memungkinkan makhluk hidup itu menyesuaikan diri dengan lingkungannya . Penyesuaian diri itu secara umum disebut adaptasi . Kemampuan adaptasi mempunyai nilai untuk kelangsungan hidup . Makin besar kemampuan adaptasi , makin besar kementakan (kebolehjadian) kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup . Dengan kemampuan adaptasi yang besar , suatu jenis makhluk hidup dapat menempati suatu habitat yang beraneka ragam .


  • Wallace dan Srb (1963) serta Ismail (1984)

suatu organisme akan bereaksi terhadap perubahan lingkungan alam yang diterimanya . Usaha untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan disebut adaptasi . Dengan demikian , adaptasi dapat dimaknai sebagai suatu perubahan dalam populasi akibat kegiatan masing – masing individu yang menyusunnya , untuk menyesuaikan diri terhadap setiap tambahan dan perubahan lingkungan yang diberikan . Dalam rangka menyesuaikan diri tersebut biasanya terjadi perubahan dalam kegiatan fisiologis dan juga dapat dilihat pada penyesuaian organ – organnya .


  • Daubenmire (1959) dan Wilsie (1962)

juga menyatakan bahwa keistimewaan suatu organisme atau organ – organnya dalam menyesuaikan diri dengan habitatnya disebut adaptasi . Lebih lanjut Wilsie (1962) mengemukakan bahwa adaptasi merupakan sifat yang dimiliki setiap organisme yang berguna untuk kelanjutan kehidupannya dalam kondisi lingkungan di habitatnya .


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Jaringan Pada Hewan : Jenis, Fungsi, Letak, Gambar Dan Contohnya


Tujuan Adaptasi

Selain itu adaptasi juga mempunyai tujuan, yaitu sebagai berikut :

  • Untuk melindungi diri dari musuh maupun pemangsa yang lainnya.
  • Untuk bisa mendapatkan makanan.
  • Untuk bisa bertahan hidup.

Jenis-Jenis Adaptasi Melalui Proses Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati . Contoh adaptasi fisiologi antara lain :


a . Pada Manusia

  • Misalnya orang yang hidup di daerah yang tercemar dengan limbah domestik alam , tubuhnya berkembang kekebalan terhadap infeksi muntah berak . Mereka mandi dan berkumur dengan air tercemar dan bahkan meminum air tercemar tersebut . Tetapi mereka tidak menjadi sakit .

  • Contoh lainnya , Seseorang yang tinggal di dataran rendah jika pindah ke dataran tinggi maka terjadi perubahan pada pembentukan butir-butir darah yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena di dataran tinggi kekurangan oksigen, sedangkan sel darah merah berguna mengikat oksigen, sehingga pembentukan sel darah merah harus lebih banyak supaya oksigen yang di butuhkan tercukupi.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian, Ciri, Dan Macam Serta Fungsinya Lengkap


b . Pada Hewan

  • Herbivora, mempunyai enzim khusus yaitu selulose yang berguna untuk mencerna makanan yang berupa tumbuhan
  • Hewan Teredo navalis, yaitu hewan sebangsa kerang pengebor menghaslikan enzim tertentu yang menyebabkan kayu menjadi lapuk (rusak) hidup di air laut
  • Ikan yang hidup di air berkadar garam tinggi mengeluarkan urine yang lebih pekat dari pada ikan yang hidup di air tawar

Jenis-Jenis Adaptasi Melalui Proses Morfologi

Apa yang dimaksud dengan adaptasi morfologi ? Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar . Contohnya :


a . Pada Manusia

  • Misalnya orang Eskimo yang hidup di Kutub Utara (Arktik) yang dingin mempunyaibentuk tubuh yang pendek dan kekar . Bentuk yang demikian mempunyai nisbah luas permukaan tubuh terhadap volume tubuhnya adalah kecil . Dengan nilai nisbah yang kecil itu , panas badan yang hilang dari tubuh dapat dikurangi . Sebaliknya , orang suku Masai di daerah yang panas di Afrika mempunyai tubuh yang tinggi dan langsing sehingga panas badan dapat dengan mudah dilepaskan dari dalam tubuh .

b . Pada Hewan

  • Burung

Adaptasi morfologi pada paruh dan kaki burung Berbagai macam bentuk paruh pada burung sesuai dengan jenis makanannya :

1) Paruh Itik, Bentuk paruh itik disesuaikan dengan jenis makanannya yang lain. Bentuk seperti sisir yang berguna untuk menyaring makanan dari dalam air dan Lumpur. Contoh : ikan dan katak

2) Paruh burung Pelikan, Pangkal paruh bentuk seperti sisir, fungsinya untuk menyaring makanan berupa alga dan udang atau ikan kecil.

3) Paruh burung Kolibri, Paruhnya berbentuk kecil, runcing, panjang yang disesuaikan untuk menghisap madu

4) Paruh burung Nuri, Bentuk paruh burung nuri pendek dan kuat, sesuai dengan makanannya yang berupa biji-bijian.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Induksi Elektromagnetik : Pengertian, Penerapan, dan Rumus Beserta Contoh Soalnya


c. Pada Tumbuhan

  • Tumbuhan Darat

Xerofit adalah tumbuhan yang hidup di daerah atau lingkungan yang kering (kekurangan air) misal : kaktus. Adaptasi morfologinya sebagai berikut:

1) Akar panjang untuk menyerap air
2) Daunnya berbulu, bentuk kecil-kecil kadang berubah menjadi duri dan sisik
3) Kulit luar daun tebal , mempunyai lapisan lilin yang tebal , mempunyai sedikit stomata untuk mengurangi penguapan
4) Batang menyimpan cadangan air


  • Tumbuhan Air dan Lembab

Hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di dalam air , misalnya : ganggang dan teratai Hidrofit adalah tumbuhan yang hidup pada lingkungan lembab , misalnya : tumbuhan paku.


  • Tumbuhan hidrofit dan higrofi

Tumbuhan hidrofit dan higrofit adaptasi morfologinya sebagai berikut:

1) Mempunyai daun lebar dan tipis
2) Mempunyai lapisan lilin yang tipis
3) Mempunyai banyak stomata
4) Sering melakukan gutasi


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Newton 1, 2, 3 : Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soal


Adaptasi Bersifat Tingkah Laku / Kelakuan

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya . Contoh adaptasi tingkah laku adalah :


a . Pada Manusia

  • Orang belajar tentang bahaya dan dengan kelakuannya ia berucaha menghindari bahaya tersebut . Adaptasi kelauan terjadi dimana – mana , di kota , di desa , dan pada orang primitif yang ada di hutan . Misalnya , untuk menhindari diri terhadap bahaya kelaparan , orang mengadaptasikan dirinya terhadap persedian makanan . Waktu musin panen padi , mereka makan beras . Lambat laun semakin menyusutnya persediaan beras dalam musim paceklik , mereka akan makan singkong .

  • Contoh lainnya , masyarakat nelayan yang tinggal di tepi pantai , akan membangun rumahnya dengan bentuk yang tahan terhadap tiupan angin dan/atau ombak yang tinggi .

b . Pada Hewan

  • Bunglon dengan mudah merubah warna kulitnya untuk mengelabui musuh
  • Paus secara berkala muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen dalam proses pernapasan
  • Kuda laut melindungi telurnya dakam kantung khusus hewan jantan
  • Ular berpura – pura mati untukmencegah musuh

c . Pada Tumbuhan

  • Tumbuhan yang hidup di daerah kering beradaptasi dengan menggugurkan daunnya pada musil kemarau.

Maladaptasi

Lingkungan selalu berubah – ubah . Kadang perubahan terjadi dengan cepat , kadang pula lambat . Perubahan besar yang terjadi dengan cepat mudah terlihat dan orang selalu berusaha mengadaptasikan dirinya terhadap perubahan tersebut . Tetapi terkadang usaga tersebut tidak selaluberhasil . Perubahan yang terjadi sedikit – demi sedikit secara perlahan sukar untuk terlihat . Dan akibatnya adaptasi tidak terjadi .


Dapat juga orang enggan untuk melakukan adaptasi . Adaptasi yang tidak berhasil , menghasilkan sifat yang tidak sesuai dengan lingkungan . Demikian pula tidak adanya adaptasi meninggalkan sifat yang tidak sesuai lagi . Sifat yang tidak sesuai itu disebut maladaptasi. Maladaptasi mengurangi kementakan untuk kelangsungan hidup . Hal ini banyak terjadi pada manusia dalam kaitannya bertetangga dan bermasyarakat .


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Kepler 1 2 3 : Sejarah, Bunyi, Fungsi, Rumus Dan Contoh Soal Lengkap