Unsur Sistem Akuntansi – Pengertian, Kriteria, Perbedaan, Komponen, Rancangan

Diposting pada

Unsur Sistem Akuntansi – Pengertian, Kriteria, Perbedaan, Komponen, Rancangan : Unsur yang terdapat suatu sistem akuntansi saling berkaitan satu sama lainnya, sehingga dapat dilakukan pengolahan data mulai dari awal transaksi hingga dengan pelaporan yang bisa dijadikan sebagai informasi akuntansi.


Unsur Sistem Akuntansi

Pengertian Sistem Akutansi

Fungsi utama dalam sistem akuntansi ialah mendorong seoptimal mungkin agar sistem tersebut dapat menghasilkan berbagi informasi akuntansi yang terstruktur yakni tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya.


Unsur yang terdapat suatu sistem akuntansi saling berkaitan satu sama lainnya, sehingga dapat dilakukan pengolahan data mulai dari awal transaksi hingga dengan pelaporan yang bisa dijadikan sebagai informasi akuntansi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


Unsur pokok dalam sistem akuntansi ialah formulir catatan yang terdiri dari jurnal, buku besar, buku pembantu dan laporan yang di hasilkan. Dalam suatu sistem akuntansi terdapat unsur-unsur pokok seperti yang dikemukan oleh Mulyadi dalam bukunya sistem akuntansi.


Kriteria Sistem Akutansi

Dari definisi ini pengertian umum kriteria sistem akutansi adalah sebagai berikut:


  1. Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur

Unsur-unsur suatu sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil yang terdiri pula kelompok unsur yang membentuk subsistem tersebut.


  1. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian yang terpadu sistem yang bersangkutan

Unsur-unsur sistem berhubungan erat satu dengan lainnya dan sifat serta kerja sama antarunsur sistem mempunyai bentuk tertentu.


  1. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem

Setiap sistem mempunyai tujuan tertentu.

  1. Suatu sistim merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar


Unsur Sistem Akuntansi

Dalam unsur sistem akuntansi sebagai berikut :


  • Formulir
  • Jurnal
  • Buku besar
  • Buku pembantu
  • Laporan

Dari kelima unsur sistem akuntansi menurut Mulyadi tersebut unsur sistem akuntansi pokok ialah sebagai berikut penjelasannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


  • Formulir

    Merupakan dokumen yang digunakan untuk merekam terjadinya transaksi, dengan formulir ini data yang bersangkutan dengan transaksi yang direkam pertama kali dijadikan dasar dalam pencatatan.


  • Jurnal

    Merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas data keuangan dan data lainnya. Dalam jurnal ini pula terdapat kegiatan peringkasan data, yang hasil peringkasannya kemudian di-posting ke rekening yang bersangkutan dalam buku besar.


  • Buku Besar ( general ledger )

    Terdiri dari rekening-rekening yang digunakan untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Rekening buku besar ini disatu pihak dapat dipandang sebagai wadah untuk menggolongkan data keuangan di pihak lain dapat dipandang pula sebagai sumber informasi keuangan untuk penyajian laporan keuangan.


  • Buku Pembantu ( Susbsidiary Ledger )

    Terdiri dari rekening-rekening pembantu yang merinci data keuangan yang tercantum dalam rekening tertentu dalam buku besar. Buku besar dan buku pembantu merupakan catatan akuntansi akhir yang berarti tidak ada catatan akuntansi lain lagi sesudah data akuntansi diringkas dan digolongkan dalam rekening buku besar dan buku pembantu.


  • Laporan

    Merupakan hasil akhir proses akuntansi yang berupa neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan laba ditahan, laporan harga pokok produksi, laporan biaya pemasaran, laporan harga pokok penjualan, daftar umur piutang, daftar utang yang akan dibayar dan daftar saldo persediaan yang lambat penjualannya.


Perbedaan Sistem Dan Prosedur

Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan. Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.


Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa suatu sistem terdiri dari jaringan prosedur, sedangkan prosedur merupakan urutan kegiatan klerikal untuk mencatat informasi dalam formulir, jurnal dan buku besar (menulis, menggandakan, menghitung, memberi kode, mendaftar, memilih, memindahkan dan membandingkan).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


Sistem Suatu struktur terpadu berupa sumber fisik dan komponen lainnya untuk mengubah data menjadi informasi akuntansi, dengan tujuan memberikan informasi yang berguna bagi berbagai pemakai.


Komponen Utama Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah satu sistem informasi di antara berbagai sistem informasi yang digunakan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan. Setiap sistem informasi terdiri dari blok-blok bangunan yang membentuk sistem tersebut. Komponen bangunan sistem informasi terdiri dari enam blok yaitu:


  • Blok Masukan( input blok )

Adalah data yang dimasukkan ke dalam sistem informasi beserta metode dan media yang digunakan untuk menangkap dan memasukkan data tersebut ke dlm sistem.


  • Blok Model

Terdiri dari logico mathematical models yg mengolah masukan dan data yang disimpan, dengan berbagai macam cara untuk memproduksi keluaran (dapat mengkombinasikan unsur-unsur data menjadi suatu laporan ringkas ) misalnya:

laba = pendapatan – biaya


  • Blok Keluaran (output blok)

Berupa informasi yang bermutu dan dokumen untuk semua tingkat manajemen dan semua pemakai informasi baik intern maupun ekstern. Keluaran ini merupakan faktor utama yang menentukan blok-blok lain dalam suatu sistem informasi, jika keluaran tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi, perancangan blok masukan, model, teknologi, basis data dan pengendalian tidak ada manfaatnya.


  • Blok Teknologi

Menangkap masukan, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan menyampaikan keluaran, serta mengendalikan seluruh sistem.


  • Blok Basis data

Merupakan tempat untuk menyimpan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi.


  • Blok Pengendalian

Untuk melindungi semua sistem informasi dari bencana dan ancaman, seperti bencana alam, api, kecurangan, kegagalan sistem, kesalahan dan penggelapan, penyadapan, ketidak efisienan, sabotase, dan kejahatan.


Rancangan Sistem Akuntansi

Beberapa cara yang dirancang untuk menjamin perlindungan dan kelancaran jalannya sistem informasi adalah:


  1. Penggunaan sisitem pengelolaan catatan
  2. Penerapan pengendalian akuntansi
  3. Pengembangan rancangan induk sistem informasi
  4. Pembuatan rencana darurat apabila sistem informasi gagal
  5. Penerapan prosedur seleksi karyawan

  6. Pembuatan dokumentasi lengkap ttg sistem informasi yg digunakan perusahaan
  7. Perlindungan dari bncn api dan putusnya aliran listrik
  8. Membuat sistem penunjang unt mengantisipasi kegagalan sistem inf yg digunakandan membuat tempat penyimpanan data diluar presh sbg cadangan
  9. Membuat prosedur dan penggunaan alat-alat pengamanan serta pengendalian akses kedalam sistem informasi

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun