Surat Pribadi – Pengertian, Macam, Ciri, Cara, Bagian, Contohnya

Diposting pada

Surat Pribadi – Pengertian, Macam, Ciri, Cara, Bagian, Contohnya : Ialah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi juga disebut dengan surat prive. Orang menulis surat pribadi karena adanya pergaulan sehari-hari. Dari pergaulan itu akhirnya muncul suatu ide yang mendorong untuk menulis surat pribadi.


surat-pribadi

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi merupakan jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang biasanya ditulis dengan secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan suatu bahasa yang tidak baku.


Secara garis besar, sebenarnya surat pribadi tidak mempunyai peraturan yang mengikat. Surat pribadi bisa ditulis menurut selera masing-masing penulis. meskipun begitu,dalam etika dan penggunaan bahasa yang sopan tentu saja harus tetap diperhatikan sesuai latar belakang dan kepada siapa surat itu akan ditujukan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : BPUPKI : Pengertian, Anggota, Tugas, Sidang, Dan Tujuan Beserta Sejarahnya Lengkap


Macam-macam Surat Pribadi

Berdasarkan isi dan sifatnya, surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  • Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, misalnya surat perkenalan, surat antarkerabat, surat kepada teman, surat kepada orang tua dan
  • Surat pribadi yang isinya bersifat setengah resmi atau ada hubungannya dengan kedinasan, misalnya surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk kerja, surat tidak masuk sekolah, surat izin cuti

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Surat pribadi mempunyai ciri-ciri nya yaitu sebagai berikut :

  • Tidak mempunyai kop surat
  • Tidak mempunyai nomor surat
  • Salam pembuka maupun penutup sangat beragam dan lebih bersifat santai, non formal
  • Dalam penggunaan bahasa bebas (tidak baku) sesuai keinginan sih penulis
  • Format surat bebas

Cara Menulis Surat Pribadi

Agar dapat menulis surat pribadi dengan baik dan benar, kita harus menggunakan beberapa pedoman menulis surat pribadi, seperti berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah Lahirnya Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara


  • Tidak menggunakan kop
  • Penulisan tanggal surat memakai nama tempat atau
  • Tidak menggunakan nomor surat
  • Menggunakan salam penutup “Hormat saya,”.
  • Tidak menggunakan tembusan.
  • Dapat ditulis pada kartu pos, warkat pos atau surat

Bagian-Bagian Surat Pribadi

Jakarta, 7 April 2016

Dian Lestari
Jl. Jendral Sudirman No.14 I/I
kupang, Tanjung Karang
Bandar Lampung

Salam Persahabatan,

Halo Dian, bagaimana kabar kamu ? Aku berharap semoga kamu baik-baik saja ya ! Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.


Eh, Ian, tahun depan aku mau ke rumah nenekku yang ada di Bandar Lampung. Jadi aku bisa mampir sekalian kerumah kamu. Boleh kan aku main ke rumah kamu? Pasti boleh lah, soalnya aku kangen berat dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho Ian, aku cuma bercanda ko. Ian, gmana foto kenangan kita, masih disimpan nggak? Soalnya punya aku hilang nggak tau kemana.


Ian, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Ian. Aku tunggu lho balesan suratnya!

Dari temanmu

Ttd.

Bunga


1. Alamat dan tempat tanggal PembuatanSurat

Bagian ini menjelaskan posisi serta waktu ditulisnya surat. Lihat contoh:
Kotaraja, 21 Maret 2007

Dian Lestari
Jl. Jendral Sudirman No.14 I/I
kupang, Tanjung Karang
Bandar Lampung


2. Salam Pembuka

Salam pembuka ialah sapaan seseorang sebelum menulis surat. Anda bisa menggunakan kalimat seperti dalam contoh di atas ( Salam persahabatan) atau dengan salam yang lain seperti:

  • Asalamualaikum
  • Salam manis
  • salam sejahtera
  • dan lain sebagainnya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Isi Trikora ( Tri Komando Rakyat ) : Tujuan, Latar Belakang, Sejarah Awal Hingga Akhir


3.Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka bisa berupa pertanyaan mengenai kabar, kesehatan, keadaan atau sekedar basa-basi.

Contohnya:
“Halo Dian, bagaimana kabar kamu ? Aku berharap semoga kamu baik-baik saja ya ! Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja”


4. Paragraf Isi

Paragraf ini berisi inti atau tujuan dibuatnya surat. meskipun yang anda tulis ialah surat pribad,bagian ini tetap harus anda tulis jelas dan mudah dimengerti.Hal ini bertujuan supaya pesan anda bisa tersampaikan dengan baik pula:


“Eh, Ian, tahun depan aku mau ke rumah nenekku yang ada di Bandar Lampung. Jadi aku bisa mampir sekalian kerumah kamu. Boleh kan aku main ke rumah kamu? Pasti boleh lah, soalnya aku kangen berat dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho Ian, aku cuma bercanda ko. Ian, gmana foto kenangan kita, masih disimpan nggak? Soalnya punya aku hilang nggak tau kemana.”


5. Paragraf Penutup

Paragraf penutup digunakan untuk mengakhiri isi surat. Biasanya paragraf ini berisi permohonan maaf, mohon diri, harapan dan sebagainya.
Ian, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Ian. Aku tunggu lho balesan suratnya!


Contoh Surat Pribadi

Dibawah ini ada beberapa contoh dari surat pribadi silahkan kamu simak selengkapnya :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : VOC : Sejarah, Hak Istimewa VOC, Kebijakan, Tujuan, Dan Latar Belakang


Surat pribadi kepada teman

Semarang, 20 Agustus 2014

Sahabatku,  
Agus Prayitno
Di Pandanaran
Asalamualaikum


Hai agus, bagaiamana kabarmu? Bagaimana kabarmu gus ? Semoga selalu sehat dan sejahtera? Rasanya sudah lama sekali kita tidak berjumpa. Tak terasa sudah empat tahun sejak kamu dan keluargamu pindah ke semarang tak pernah kudengar bagaimana berita kabarmu. Aku berharap kamu senantiasa berada didalam perlindungan Tuhan di manapun kamu berada. Akhir bulan ini keluarga besarku berencana pergi ke rumah saudara di semarang. Doakan aku semoga aku bisa ikut dalam ro


mbongan dan sekalian aku mampir ke rumahmu untuk silaturahmi.

Jangan lupa ya gus beritahu aku alamat lengkap rumahmu di semarang.

Gus, sekian dulu, ya suratku ini !Sampaikan salamku untuk ayah dan ibumu gus.

Temanmu

Setiawan Ahmad


Surat pribadi kepada sahabat,

Ungaran, 20 Mei 2013

Sahabatku
Galuh Permani
Di Ungaran
Salam persahabatan,


Hai, apa kabarmu ? Bagaimana keadaanmu disana ? Semoga senantiasa sehat serta bahagia ? Apa kamu masih memelihara hamster ? Aku sangat rindu candaanmu lo Luh ? Kamu pasti sekarang sudah tambah cantik ya Luh ?


Galuh, sahabat karibku. Sejak kita berdua terpisah karena kepindahan keluargamu, berbagai hal telah terjadi di sini di kota tempat kita menghabiskan masa kecil. Sekarang kota ini sudah jauh berbeda dari saat kita kecil dulu, Ya kota ini sangat pesat berkembang. Taman dan lapangan yang dulu menjadi tempat bermain teman-teman kita sekarang sudah berganti menjadi bangunan-bangunan tinggi. Gedung bertingkat yang berfungsi menjadi mall atau tempat berbelanja.


Luh, sekian dulu, ya suratku ini !Sampaikan salamku untuk ayah dan ibumu gus. Dan jangan lupa segera membalasnya ya. Segera kutunggu kabarmu !

Sampai jumpa.

Sahabatmu,


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pembacaan Teks Proklamasi 17 Agustus 1945