Pengertian Wiraswasta – Perbedaan, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Wiraswasta – Perbedaan, Contoh, Para Ahli : Wiraswasta adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk memberikan nilai tambah untuk produk yang memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan.


Pengertian Wiraswasta

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk memberikan nilai tambah untuk produk yang memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan. Nilai tambah yang memiliki sifat baru dan belum pernah ada atau belum dilakukan oleh siapapun sebelumnya. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut sebagai pengusaha.


Pengusaha juga sering disebut sebagai inovator, karena kegiatan yang dilakukan adalah sesuatu yang sama sekali baru dan asli. Namun, kegiatan wiraswasta sering berhubungan dengan kegiatan usaha kecil dan independen. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Jika aktivitas bisnis tidak menghasilkan nilai tambah baru, tidak persis melakukan aktivitas kewirausahaan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

  • Menurut Sumahawijaya [1980]

    Wiraswasta memuat sifat keberanian, kebajikan, cita-cita dan semangat yang berasal dari kekuatan sendiri.


  • Menurut Suryo [1986]

    Mengatakan bahwa Wiraswasta adalah orang yang memiliki sifat independen, berpandangan jauh, kreatif, inovatif, ulet dan bersedia untuk mengambil risiko dalam manajemen bisnis dan kegiatan yang mengarah pada kesuksesan.


  • Menurut Suhadi [1985]

    Berargumen bahwa wiraswasta meliputi sejumlah karakteristik seperti percaya pada diri sendiri, cakrawala yang luas ke depan, memiliki ketangguhan mental, gesit dalam mencoba.


  • Menurut Daoed Yoesoef (1981:78)

    Wiraswasta merupakan dipimpin usaha, baik secara teknis dan / atau ekonomis dengan aspek fungsional seperti: telah, mengurus, mengambil tantangan ketidakpastian, bisnis baru mempe-lopori, penemu (inovator) atau peniru (imitator); dengan cara mengejar keuntungan maksimum dan manfaat serta membawa bisnis untuk kemajuan, perluasan, pengembangan, melalui kepemimpinan ekonomi untuk meningkatkan prestise, kebebasan, kekuasaan dan kehormatan serta kelangsungan usaha.


  • Haryati Subadio

    Diri adalah contoh dari seorang pria saleh yang mampu berdiri di atas kemampuan sendiri, tidak hanya di sektor swasta tetapi juga di sektor Negara.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Siklus Hidup Produk Terlengkap


  • Sudjoko

    Wiraswasta adalah mereka yang memiliki dan masih memiliki nilai-nilai kemanusiaan perintis, pelopor, pejuang kemerdekaan, pejuang kemajuan.


  • Suharsono Sagir

    Pengusaha yang aset utama adalah ketekunan yang didasarkan pada sikap optimistis, bisnis kreatif dan lakukan sebagai pendiri pertama dengan keberanian untuk menanggung risiko berdasarkan perhitungan dan perencanaan yang tepat.


  • Fadel Muhammad

    Wiraswasta adalah orang-orang yang fokus pada peluang daripada risiko.


  • Djatmiko

    Wiraswasta adalah tindakan manusia yang bisa mengkoordinasikan sumber daya alam, energi, manusia dan peralatan-Tannya menjadi benda-benda dan jasa ekonomi.


  • Soesarsono Wijandi

    Wiraswasta bukanlah teladan dalam usaha partikelir (Swasta), tetapi sifat keberanian, kebajikan, cita-cita dan semangat yang berasal dari kekuatan sendiri, dari kemajuan tentara, baik di pemerintahan pengerjaan maupuin dalam kegiatan apapun di luar pemerintah dalam arti bahwa Sese keberhasilan dasar.


  • Buchari Alama

    Wiraswasta adalah seseorang yang memiliki pribadi yang besar, produktif, ACTION-tan Kratif melaksanakan rencana tersebut berasal dari ide itu sendiri, dan kemudian memperluas kegiatannya dengan penggunaan orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Perbedaan Wirausaha Dan Wiraswast

Jadi perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta terletak pada suatu bentuk gerak usaha dari perwujudan sikap itu sendiri. Jelas bahwa wirausaha merupakan suatu bentuk usaha sendiri dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru untuk mengolah bahan baku baru.


Sedangkan wiraswasta merupakan suatu sikap mental yang berani berdiri diatas kekuatan sendiri untuk menciptakan pekerjaan sendiri, mencari nafkah dan berkarir dengan sikap mandiri tanpa mendapat bantuan dari instansi pemerintah maupun instansi sosial.


Contoh Usaha Wiraswasta

Sebenarnya ada banyak sekali contoh usaha wiraswasta yang banyak dijalankan oleh masyarakat. Beberapa contoh usaha wiraswasta adalah sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Rumus Kerucut : Volume Luas Permukaan, Tinggi, Dan Gambar


  1. Menjual Jasa

Ada beberapa jenis jasa yang banyak dicari oleh konsumen, baik secara online maupun offline. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha jasa yang banyak ditawarkan oleh pelaku wiraswasta:

  • Jasa laundry
  • Jasa mencuci mobil/ motor
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa membuat video
  • Jasa edit gambar
  • Dan lain-lain

  1. Menjual Barang

Para pelaku wiraswasta umumnya melakukan kegiatan berniaga atau menjual suatu barang tertentu kepada konsumen. Beberapa contoh usaha niaga diantaranya: