Lembaga Ekonomi – Pengertian, Bagian, Struktur, Ciri, Tujuan, Unsur, Fungsi, Contoh

Diposting pada

Lembaga Ekonomi – Pengertian, Bagian, Struktur, Ciri, Tujuan, Unsur, Fungsi, Contoh : Lembaga ekonomi adalah suatu lembaga yang memiliki kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Atau definisi dari lembaga ekonomi yang lainnya yaitu suatu lembaga yang mengatasi berbagai masalah mengenai cara produksi, pendistribusian atau pelayanan suatu jasa yang di perlukan oleh masyarakat supaya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi.


lembaga-ekonomi

Pengertian Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan sebuah lembaga yang melakukan di suatu bidang ekonomi demi terpenuhinya dalam kebutuhan ekonomi masyarakat. Lembaga ekonomi ini lahir sebagai usaha manusia dalam menyesuaikan dirinya dengan alam dalam untuk memenuhi kebutuhan hidup yang berkaitan dengan suatu pengaturan bidang-bidang ekonomi dalam rangka untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan 6 Macam Lembaga Agama Beserta Contohnya Terlengkap


Bagianbagian Lembaga Ekonomi

  1. Produksi

Ini merupakan kegiatan yang dapat menghasilkan produk atau jasa yang di perlukan oleh konsumen, dengan tujuan untuk mencari keuntungan biasanya laba.

  • Ekstraktif yaitu produksi yang mengambil secara langsung dari alam, tanpa mengubah bentuk dan sifat barang tersebut.

  • Agraris yaitu kegiatan mengolah tanah untuk ditanami tanaman atau tumbuhan yang nantinya akan menghasilkan sesuatu misalnya seperti buah, sayur, kayu dan lain sebagainya.
  • Industri yaitu produksi yang mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.
  • Perdagangan yaitu kegiatan yang bergerak di bidang jual-beli barang atau jual-beli jasa.
  • Jasa yaitu produksi dengan cara menyediakan layanan yang di butuhkan oleh konsumen.

  1. Konsumsi/konsumen

Konsumen atau pembeli yaitu orang yang memakai produk atau jasa yang di perjual-belikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau kebutuhan sehari-harinya.


  1. Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang yang di produksi kepada pembeli atau konsumen, yang mendistribusikan barang biasanya disebut dengan agen atau sering disebut juga dengan penyalur barang. Sedangkan pemasaran kegiatan yang menjual barang hasil produksi atau jasa kepada konsumen.


Struktur Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi dapat diklarifikasikan sebagai berikut :

  1. Sektor Agraris

Sektor agraris pada dasarnya dapat digolongkan melalui : tahap-tahap dari yang sederhana, transisi, dan modern. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat.


  1. Sektor Industri

Sektor industri di tandai dengan kegiatan profuksi barang. Sektor ini membutuhkan lembaga ekonomi yang semakin kompleks bagaikan rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling bergantung dalam satu system.


  1. Sektor Perdagangan

Sektor perdagangan merupakan aktifitas penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Sektor ini mengembangkan tatanan social untuk menjalin hubungan antara pembeli dan penjual. Disektor ini, diatur cara memperoleh keuntungan, cara pembelian baik kontan maupun kredit, dan memupuk semangat kewira swastaan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Fungsi, Tipe, Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli Dan Contohnya


Ciri-Ciri Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi mempunyai sebuah ciri-ciri yakni sebagai pedoman dalam hidup supaya dalam menjalankan suatu sistem ekonomi teratur dengan ada nya sebuah lembaga ekonomi.


Tujuan Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi memiliki suatu tujuan yakni Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga ekonomi yakni untuk terpenuhinya sebuah kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup pada masyarakat.


Unsur-Unsur Lembaga Ekonomi

  • Pola perilaku : dalam suatu unsur lembaga ekonomi akan menimbulkan suatu pola prilaku yakni efisiensi, penghematan,profesionalisme, dan mencari sebuah keuntungan.
  • Budaya simbolis : suatu budaya simbolis yakni merk dagang, hak paten, slogan , lagu komersial

  • Budaya manfaat : toko, pabrik,pasar, kantor, balngko, formulir.
  • Kode spesialisasi : dalam unsur yang ke 4 ini yakni kontrak, lesensi, kontrak monopoli, akte perusahaan
  • Ideologi : dalam unsur yang kelima ini yakni antara lain liberalisme, tanggungjawab ,manajerial, kebebasan berusaha, hak buruh.

Fungsi Lembaga Ekonomi

  • Berfungsi untuk memberi suatu pedoman dalam mendapatkan bahan pangan
  • Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman dalam melakukan suatu pertukaran barang/barter
  • Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman tentang harga jual beli barang
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman dalam memakai tenaga kerja
  • Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman tentang cara pengupahan
  • Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman tentang cara suatu pemutusan hubungan kerja
  • dan fungsi yang terakhir untuk memberi suatu identitas bagi masyarakat.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Lembaga Negara Indonesia Serta Lembaga Berdasarkan Hirarki


Contoh Lembaga Ekonomi

Adapun contoh dari lembaga ekonomi, diantara nya yaitu :

Lembaga keuangan

adalah lembaga yang usaha utamanya dalam bidang keuangan seperti menyediakan (memfasilitasi) modal dari pihak yang memiliki dana kepada pihak yang membutuhkan dana dan di bidang jasa lalu lintas pembayaran. Lembaga keuangan atau sering disebut sebagai lembaga intermediasai, berdasarkan kemampuannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung maka dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu lembaga keuangan bank (depository financial institution) dan lembaga keuangan non bank (non depository financial institution).


BUMN

merupakan Badan Usaha Milik Negara uang sumber modalnya sebagian besar berasal dari Negara.

Koperasi

adalah sekumpulan orang atau badan hukum yang mempunyai visi yang sama yaitu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya

Dan masih banyak lagi contoh lembaga ekonomi yang lainnya seperti misalnya: kementrian keuangan, kementrian perdagangan, kementrian negara koperasi dan UKM, pasar dan lain sebagainya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Dan Jenis Beserta Contohnya Secara Lengkap.