Pengertian Gestur – Jenis, Bagian, Kategori, Macam, Ilustrator

Diposting pada

Pengertian Gestur – Jenis, Bagian, Kategori, Macam, Ilustrator : Gestur ialah sebuah gerakan anggota badan atau tubuh, terutama yang dibuat untuk menekankan pidato.


Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi

Pengertian Gestur

Gestur merupakan suatu bentuk komunikasi nonverbal yang dimana tindakan tubuh terlihat mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu, baik di tempat pembicaraan atau bersama-sama dan secara paralel dengan kata-kata yang dicapkan, yang pada mulanya gestur dikaitkan dengan sebuah pidato.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Bentuk-Bentuk Struktur Sosial Secara Lengkap


Gestur ialah sebuah gerakan anggota badan atau tubuh, terutama yang dibuat untuk menekankan pidato. Yang selanjutnya istilah gestur digunakan dalam kehidupan sehari-hari, gestur termasuk gerakan tangan, wajah atau bagian lain dari tubuh.


Gestur berbeda dari komunikasi nonverbal fisik yang tidak mengkomunikasikan pesan tertentu, seperti menampilkan ekspresi murni, proksemik atau menampilkan perhatian bersama. Gestur memungkinkan indivisu untuk berkomunikasi berbagai perasaan dan pikiran dari penghinaan dan permusuhan sampai persetujuan dan kasih sayang, sering bersama-sama dengan bahasa tubuh selain kata-kata yang diucapkan.


Pengertian Bahasa Gestur

Bahasa gestur ialah bahasa yang bukan pola suara secara akustik, menggunakan komunikasi manual dan bahasa tubuh untuk menyampaikan makna. Hal ini dapat melibatkan secara bersamaan menggabungkan bentuk tangan, orientasi dan gerakan tangan, lengan atau tubuh dan ekspresi wajah polos menungkapkan pikiran pembicara.


Untuk kategori yang paling akrab gerakan yang disebut dengan emblem atau yang disebut dengan gerakan. Ini ialah konvensional, gerakan budaya khusus yang dapat digunakan sebagai pengganti kata-kata, seperti handwave digunakan di Amerika Serikat untuk “halo” dan “selamat tinggal”.


Kategori luas lagi gerakan meliputi orang-gerakan spontan yang digunakan ketika kita berbicara, gerakan ini dikoordinasikan dengan pidato. Bahasa gestural seperti American Sign Language, bahasa gestural, American Sign Language atau ASL ialah bahasa gestural. Ini ialah cara untuk menandatangani surat-surat A-S-L.


Gestur memainkan peran utama dalam berbagai aspek kehidupan manusia, isyrat mungkin universal tidak ada laporan dari masyarakat yang tidak gestur. Gestur ialah bagian penting dari percakapan sehari-hari seperti chatting, menjelaskan rute atau negosiasi harga pasar, mereka dimana-mana. Gestur telah didokumentasikan dalam seni seperti lukisan di vas Yunani, Miniatur India dan lukisan Eropa.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Fase Perkembangan Kepribadian Beserta Penjelasannya


Jenis-jenis pesan non verbal

Ada beberapa jenis pesan non verbal yaitu:


a. Pesan Kinesik

Pesan kinesik merupakan pesan yang menggunakan gerakan tubuh yang berarti. Pesan ini terdiri dari tiga komponen utama berikut ini.


  • Pesan Fasial

Pesan ini menggunakan air muka untuk menyampaikan makna tertentu. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa wajah dapat menyampaikan paling sedikit sepuluh kelompok makna: kebahagiaan, rasa terkejut, ketakutan, kemarahan kesedihan, kemuakan, pengecaman, minat, ketakjuban, dan tekad.


b. Pesan Gestural

Menunjukkan gerakan sebagian anggota badan seperti mata dan tangan untuk mengkomunikasikan berbagai makna. Pesan ini berfungsi untuk mengungkapkan:


  1. Mendorong atau membatasi
  2. Menyesuaikan atau mempertentangkan
  3. Responsif atau tak responsif
  4. Perasaan positif atau negatif
  5. Memperhatikan atau tidak memperhatikan
  6. Melancarkan atau tidak reseptif
  7. Menyetujui atau menolak

c. Pesan Postural

Berkaitan dengan keseluruhan anggota badan. Tiga makna yang dapat disampaikan postur adalah sebagai berikut:


  • Immediacy

Merupakan ungkapan kesukaan atau ketidaksukaan terhadap individu yang lain. Postur yang condong kearah lawan bicara menunjukkan kesukaan atau penilaian positif.


  • Power

Mengungkapkan status yang tinggi pada diri komunikator.


  • Responsiveness

Individu mengkomunikasikannya bila ia bereaksi secara emosional pada lingkungan, baik positif maupun negatif.


d. Pesan Artifaktual

Pesan ini diungkapkan melalui penampilan seperti pakaian, kosmetik, dan lain-lain. Umumnya pakaian dipergunakan untuk menyampaikan identitas yang berarti menunjukkan kepada orang lain bagaimana kita dan bagaimana memperlakukan kita. Selain itu pakaian berguna untuk mengungkapkan perasaan. Misalnya, pakaian berwarna hitam yang berarti duka cita dan formalitas, sandal untuk situasi informal, dan batik untuk situasi formal.


e. Pesan Sentuhan dan Bau-Bauhan

Berbagai pesan atau perasaan dapat disampaikan melalui sentuhan, tetapi paling sering dikomunikasikan antara lain tanpa perhatian, kasih sayang, takut, marah dan bercanda. Bau-bauan telah digunakan manusia untuk berkomunikasi secara sadar maupun tidak sadar. Saat ini banyak orang mencoba menggunakan bau-bauan seperti parfum untuk menyampaikan pesan.


Bagian – Bagian Tubuh Yang Menggunakan Bahasa Tubuh

Bagian-bagian tubuh yang langsung berhubungan dengan bahasa tubuh:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Macam Lembaga Pendidikan Beserta 6 Fungsinya Secara Lengkap


a. Kepala

Bagian tubuh ini biasa digunakan untuk menegaskan (gerakan mengangguk) atau menolak (gerakan menggeleng) informasi yang diberikan. Pola-pola gerakan kepala tertentu juga biasa digunakan untuk menunjukkan minat atau ketertarikan pada apa yang sedang di bicarakan orang lain.


b. Wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang paling banyak mengirimkan pesan tersembunyi. Bagian ini dapat menunjukkan emosi seseorang. Mata adalah salah satu bagian wajah yang paling menarik dibahas dalam hubungannya dengan bahasa tubuh karena melalui mata Anda dapat berkomunikasi secara intens dengan orang lain. Menatap mata kekasih Anda dengan lembut misalnya, menunjukkan betapa Anda sangat memperhatikannya.


c. Pundak

Bagian tubuh ini biasa digunakan untuk menunjukkan ketidaktertarikan seseorang pada pembicaraan rekannya (gerakan mengangkat bahu atau memiringkan bahu ke arah samping).


d. Lengan

Bagian tubuh ini biasa digunakan untuk menngekspresikan emosi, juga biasa digunakan untuk membuat pemiliknya terlihat lebih berkuasa (berkacak pinggang). Menyilangkan lengan umumnya digunakan untuk menunjukkan ketidaksenangan sementara merenggangkan lengan mengekspresikan emosi yang kuat (baik emosi yang positif maupun negatif).


e. Tangan

Bagian tubuh ini sering digunakan dengan berbagai tujuan yaitu: untuk mengekspresikan emosi, untuk menunjukkan persahabatan (berjabat tangan), dan untuk menunjukkan ketidaksenangan (menyentuh bagian tertentu dari tubuh sendiri).


f. Kaki

Arah kaki penting untuk menilai sikap seseorang terhadap mitra bicaranya. Mengarahkan kaki kepada mitra bicara menunjukkan minat pada apa yang sedang dibicarakan. Posisi kaki juga dapat menunjukkan kekuasaan dari orang yang memilikinya (mengangkangkan kaki) atau menunjukkan kekuatan dari orang yang bersangkutan (berdiri dengan kaki merapat). Orang-orang yang berkaki bengkok atau berbentuk huruf U cenderung terlihat muda, naif dan cengeng.


Dapat disimpulkan bahwa bagian-bagian tubuh yang diuraikan di atas memiliki bahasa tubuh tersendiri pada saat berkomunikasi. Biasanya bagian-bagian tubuh tersebut mengikuti apa yang kita komunikasikan dengan lawan bicara kita dan sangat sering digunakan pada saat berkomunikasi.


Kita dapat mengetahui lawan bicara kita berkata jujur dan tidak, nyaman dan tidak, ataupun faham dan tidak melalui bahasa tubuhnya pada saat berkomunikasi. Jadi, tanpa diungkapkanpun kita sudah dapat membacanya melalui bahasa tubuh yang dikeluarkannya.


SPEECH

Kategori Gesture

Ekman dan Friesen mengkategorikan gesture (gerak tubuh) sebagai berikut :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 9 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap


Emblem

Emblem merupakan terjemahan pesan non verbal yang melukiskan suatu makna bagi suatu kelompok sosial.


Ilustrator

Ilustrator merupakan tanda-tanda non verbal dalam komunikasi. Tanda ini merupakan gerakan anggota tubuh yang menjelaskan atau menunjukkan sesuatu. Beberapa bentuk-bentuk yang harus diperhatikan didalam ilustrator adalah sebagai berikut:


  1. Batons adalah suatu gerakan yang menunjukkan suatu tekanan tertentu pada suatu pesan yang disampaikan.
  2. Ideograps adalah gerakan yang membuat peta atau mengarahkan pikiran. Penampilan wajah sangat bergantung terhadap orang yang menggapi atau menafsirkannya.
  3. Deitic movements adalah gerakan untuk menunjukkan sesuatu.
  4. Apatial movements adalah gerakan yang melukiskan besar kecilnya ruangan.

  5. Kinetographs adalah gerakan yang menggambarkan tindakan fisik.

  6. Rhytmic movements adalah gerakan yang menunjukkan suatu irama tertentu.
  7. Pictographs adalah gerakan yang menggambarkan sesuatu di udara.
  8. Emblematic movements adalah gerakan yang menggambarkan suatu pernyataan verbal tertentu.

Batasan antara setiap bentuk ilustrator seperti uraian di atas biasanya kurang jelas karena seseorang tidak selalu menggunakann satu bentuk, tetapi beberapa bentuk non verbal sekaligus dalam berkomunikasi.


Adaptor

Adaptor merupakan gerakan anggota tubuh yang bersifat spesifik. Gerakan ini berfungsi menyebarkan atau membagi ketegangan anggota tubuh. Ada beberapa jenis adaptor antara lain:


  •  Self adaptor. Misalnya menggaruk kepala untuk menunjukkan kebingungan.
  • Alter adaptor merupakan gerakan adaptor yang diarahkan kepada orang lain. Misalnya mengusap-usap kepala orang lain sebagai tanda kasih sayang.

  • Obyek adaptor merupakan gerakan adaptor yang diarahkan kepada obyek tertentu. Gerakan adaptor sebenarnya gerakan seseorang yang menggambarkan perilaku ikonik dan intrinsik yang kadang-kadang secara sadar dilakukan pada dirinya sendiri; kecuali untuk orang lain maka adaptor bertujuan menumbuhkan interaksi dan komunikasi.


Regulator

Regulator merupakan gerakan yang berfungsi mengarahkan, mengawasi, mengkoordinasi interaksi sesama. Contoh, kita menggunakan kontak mata sebagai memperhatikan orang lain. Regulator merupakan tanda utama yang bersifat interaktif, bentuknya ikonik dan intrinsik.


Affect Display

Perilaku affect display selalu menggambarkan perasaan dan emosi. Wajah merupakan media yang paling digunakan untuk menunjukkan reaksi terhadap pesan yang direspons. Bentuk affect display bersifat intrinsik yang digunakan untuk fungsi interaktif dan informasi.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa gesture memiliki berbagai macam kategori-kategori gerakan untuk membedakan maksud dari gerakan-gerakan yang kita keluarkan pada saat berkomunikasi agar lawan bicara kita dapat merespon dengan baik maksud dan tujuan kita.


Macam-Macam Gesture

Menurut peneliti ada beberapa macam-macam gesture yaitu:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kemajemukan Berdasarkan Ras Beserta Penjelasannya


Gesture dengan Telapak Tangan

Tangan adalah organ yang sangat ekspresif. Kita menggunakannya untuk mendukung gaya bicara kita, atau bahkan menggantikannya.


Gesture dengan Tangan dan Lengan

Menggosok telapak tangan adalah cara berkomunikasi secara non verbal guna menyatakan pengharapan yang positif. Kecepatan seseorang menggosok-gosokkan telapak tangan memberi isyarat tentang siapa yang diharapkan mendapat hasil yang positif. Misalnya, Anda ingin membeli rumah dan Anda pergi mengunjungi agen real estete.


Setelah memberitahu tipe rumah yang Anda cari, si agen menggosokkan tangannya dengan cepat dan berkata, “Saya mempunyai tempat yang paling cocok untuk Anda!”. Ia mengisyaratkan bahwa ia mengharapkan hasilnya akan memuaskan Anda.


Tetapi bagaimana perasaan Anda jika ia menggosokkan tangannya perlahan dan mengatakan ia memiliki tempat yang ideal?. Ia akan tampak licik atau berbelit-belit dan akan memberi Anda perasaan bahwa hasilnya nanti akan menguntungkan dirinya dan bukan Anda.


Gesture dengan Tangan di Wajah

Sisi yang penting disini bukanlah untuk menafsirkan berbagai model isyarat tangan di wajah secara khusus, namun juga menyelidiki sekumpulan isyarat lain yang dapat membantu Anda untuk menegaskan kecurangan akan adanya ketidakjujuran atau kebohongan.


Gesture dengan Mata

Mata biasanya dinyatakan sebagai jendela dari jiwa seseorang. Ia dapat menyatakan secara akurat sebagian besar sinyal komunikasi manusia, sesuai dengan gerakan bola mata secara bebas dan menjadi fokus utama tubuh manusia.


Ketika seseorang senang, matanya akan melebar sebanyak empat kali. Sebaliknya, mata akan berubah menyerupai manik- manik ketika seseorang dalam keadaan marah atau curiga.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 8 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Terlengkap