Pengertian Data PTI – Fungsi, Sifat, Proses, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Data PTI – Fungsi, Sifat, Proses, Para Ahli : Data merupakan kumpulan fakta dari suatu obyek tertentu. Umumnya, fakta dari suatu obyek itu tidak terhitung jumlahnya.


Pengertian Data

Pengertian Data

Data merupakan kumpulan fakta dari suatu obyek tertentu. Umumnya, fakta dari suatu obyek itu tidak terhitung jumlahnya, maka dari itu hanya data yang dibutuhkan saja yang akan diproses oleh komputer. Fakta-fakta ini dibutuhkan dalam suatu system untuk menghasilkan informasi yang akurat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Informasi


Pengertian Data Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian data menurut para ahli.

  • Slamet Riyadi

Menurut Slamet Riyadi data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atu lambang-lambang.


  • Kuswadi dan E.Mutiara

Data menurut Kuswadi dan E.Mutiara adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan dapat berupa angka, lambnag atau sifat.


  • Kristanto

Menurut Kristanto, Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastia n tentang suatu keadaan dan kejadian.


  • Zulkifli A.M

Pengertian data menurut Zulkifli A.M adalah suatu keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum diolah.


  • Nuzulla Agustina

Definisi data menurut Nuzulla Agustina adalah keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik tabel, gambar, lambang, kata, huruf, yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.


  • Arikunto

Menurut Arikunto, data didefinisikan sebagai semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


  • Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno, data adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.


  • Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Menurutnya data adalah bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuntitas, fakta, tindakan benda dsb.


  • Anhar

Anhar mendefinisikan data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.


Fungsi Data

Data memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Untuk membuat keputusan,
  • Sebagai dasar suatu perencanaan,
  • Sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas, dan
  • Sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Sifat – sifat Data

Data berdasarkan pada sifatnya dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu dikotomi, diskrit, dan kontinum.

  • Data dikotomi

merupakan data yang bersifat pilah satu sama lain, misalnya suku, agama, jenis kelamin, pendidikan, dan lain sebagainya.


  • Data diskrit

merupakan data yang proses pengumpulan datanya dijalankan dengan cara menghitung atau membilang. Seperti, jumlah anak, jumlah penduduk, jumlah kematian dan sebagainya.


  • Data kontinum

merupakan data pengumpulan datanya didapatkan dengan cara mengukur denga alat ukur yang memakai skala tertentu. Seperti misalnya, Suhu, berat, bakat, kecerdasan, dan lainnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


Proses Pengelolahan Data

Proses pengelolahan data terbagi menjadi 3 tahapan , yang disebut dengan siklus pengelolahan data(Dara Processing Cycle) , yaitu :


1.Input : iyalah proses pemasukan data ke dalam komputer melalu Device input.
2.Processing , iyalah proses pengolahan data yang sudah di inputkan , yang dilakukan oleh process divice yang berupa proses perhitungan , perbandingan , pengendalaian , maupun pencarian di penyimpan(stored) komputer.
3.Output, Dilakukan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Output Devices) yang akan berupa informasi.


komponen -komponen yang terdapat dalam :

Input devices

  1. keyboard.
  2. microphone
  3. camera digital
  4. video input
  5. mouse.

Proseccing device

Prosessor adalah pusat dari pengendalian komputer , yang terdiri
CU (Control Unit) iyalah komponen yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer , mulai dari input sampai output.ALU (Arithmetic Logic Unit) iyalah bagian dari processor yang secara khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dan lain lain) serta data logika (perbandingan).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


Memori : Suatu media penyimpanan data, intruksi atau hasil pada komputer. Satuan ukur dalam memory adalah byte. Memori terdiri dari 2 macam yaitu :


ROM (Read Only Memory), iyalaha memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah maupun dihapus serta sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindah ke RAM.


Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang walaupun tidak ada aliran listrik yang biasa disebut  NonVolatile.
Ada beberapa macam ROM, diantaranya :


PROM (Programable ROM), ROM yang bisa diprogram kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram kembali.
RPROM (Re-Progamable ROM), iyalah perkembangan dari PROM dimana bisa dilakukan perubahan berulangkali sesuai dengan keinginan pengguna.
EPROM (Erasable Program ROM),iyalah ROM yang dapat dihapus dan program kembali menggunakan sinar ultraviolet.


EEPROM (Electricallt Erasable Program ROM),iyalah ROM yang dapat dihapus dan diubah programnya dengan menggunakan teknik elektrik.
Random Access Memory (RAM),iyalah memori yang dapat di access secara random (acak), yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah sementara waktu.
Data yang ada di RAM akan hilang jika tidak dialiri oleh aliran listrik yang biasa disebut Volatile.Tujuan RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.


Ada 2 tipe dari RAM :

DRAM,
tipe RAM iyalah yang menyimpan setiap bit data pada kapasitor yang terpisah dalam sebuah IC. Keuntungan dari DRAM adalah memori ini secara struktural sangat sederhana, untuk setiap bitnya menghendaki sebuah kapasitor, sehingga mampu menyimpan data dengan kepadatan data yang sangat tinggi.


CACHE.
Cache merupakan suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, mekanisme untuk mempercepat transfer data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan di akses, maka akses akan menjadi lebih cepat.


Output device
Perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, bisa berupa hardcopy (hasil print out / kertas), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.

  1. Printer.
  2. Display device.
  3. Audio Output Device.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun