√ Sosiologi : Pengertian Umum dan Tinjauan Para Ahli

Diposting pada

Gurupendidikan.comSosiologi adalah salah satu ilmu sosial yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat. Dapat pula dikatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari berkaitan dengan masyarakat dan manusia. Sosiologi bertujuan untuk mempelajari masyarakat serta perilaku sosialnya.

Secara etimologis, sosiologi terdiri atas dua kata yang berasalh dari bahasa latin yakni socious (masyarakat) dan logos (berbincang atau berbicara). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah disiplin ilmu yang berbicara mengenai kehidupan manusia yang memiliki peranan sebagai makhluk sosial.

pengertian sosiologi

Jika dipelajari secara luas, ilmu sosiologi tak hanya mengkaji terkait dengan kehidupan manusia saja, lebih dari itu keilmuan tersebut juga mempelajari tentang relasi / hubungan, kepentingan, serta budaya. Obyek dari kajian sosiologi adalah masyarakat yang berfokus pada beberapa hal, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Interaksi (hubungan timbal balik) yang terjadi antara sesama manusia
  • Hubungan antara anggota masyarakat (individu) dengan masyarakat
  • Proses yang berlangsung dari adanya korelasi (hubungan) yang terdapat di dalam cakupan lingkungan masyarakat.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

  1. Pitirim Sorikin

Pitirim Sorikin adalah seorang seorang ilmuwan Rusia yang lahir pada tahun 1889 dan memperoleh pendidikan di Universitas St Petersburg.

Pitirim Sorikim mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi) dengan gejala lainnya (non-sosial).

  1. Rouceke dan Warren

Rouceke dan Warren adalah dua orang Sosiolog Amerika yang bertemu dan akhirnya menjalin persahabatan dan memiliki kebiasaan yang sama, yaitu rajin menulis artikel di beberapa surat kabar Amerika di era 1940-1948.

Rouceke dan Warren mengatakan bahwa sosologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan kelompok-kelompok. Lalu mereka menjelaskan

Sociology is the study of human beings in their group relationship. As such, it studies interaction within between groups of people. These group may be as two people talking on a street corner or as large as the crowd at as rose bowl game or the people of a nation. Like any science, it attempts to describe its subject matter to point out uniformities of occurrence as are found to exist.

Mereka menyimpulkan bahwa sosiologi merupakan bagian dari ilmu-ilmu sosial.

  1. Mayor Polak

Mayor Polak mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan manusa, manusia denga kelompok, kelompok denga kelompok, baik formil, materil, baik statis maupun dinamis.

Dari definisi tersebut, Mayor Polak ingin menjelaskan bahwa sosiologi tidak mempelajari apa yang diharuskan atau apa yang diharapkan, tetapi mempelajari apa yang ada dan yang selanjutnya menjadi bahan untuk bertindak dan berusaha.

  1. Bierens de Haan

Bierens de Haan adalah seorang ilmuwan Belanda.

Bierens de Haan mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat.

  1. Malcolm Waters

Malcolm Waters mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu disiplin akademik yang mapan, karena dua hal yaitu tradisi teori yang luas dan usaha keras metodologinya. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi memiliki konotasi yag sangat luas.

  1. L. Laeyendecker mengatakan bahwa sosiologi adalah pemikiran sistematis tentang kehidupan bersama manusia, dan merupakan gejala sosial. Sosiologi bukan saja berkaitan dengan gagasan-gagasan, nilai-nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat, tetapi juga struktur ekonomi dan sosial, pembagian kekuasaan dan stratifikasi sosial. Sifat dan isi sosiologi sangat mencerminkan sifat masyarakat dari ilmu itu dipelajari.

    7. Emile Durkheim
    Emile Durkheim mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

    8. William Kornblum
    William Kornblum mengatakan bahwa sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

    9. Allan Jhonson
    Allan Jhonson mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

    10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
    William dan Mayer berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

    11. J. A. A Von Dom dan C. J. Lammers
    Von Dom dan Lammers mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

    12. Max Weber
    Max Weber mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

    13. Paul B. Horton
    Paul B. Horton berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

    14. Herbert Spenser
    Menurut Herbert Spenser, sosiologi adalah ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan atau suatu sistem.

    15. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
    Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

    16. Soejono Sukamto
    Soejono Sukamto mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

    17. Soerjono Soekanto
    Soerjono Soekanto mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum.

Baca Juga :