Propana Dan Butana

Diposting pada

Perbedaan Propana Dan Butana

Untuk sekarang ini kita akan melihat perbedaan butana dan propana, kami akan memulai dengan melihat sifat-sifat butana. Meskipun propana lebih populer, butana terus digunakan sebagai sumber bahan bakar. Hal ini digunakan sebagai bahan bakar di kompor, korek api dan bahkan di semprotan aerosol sebagai propelan. Selain itu, butana lebih murah dari pada propana, tapi relatif, lebih sulit untuk digunakan, sehingga tidak sangat umum tersedia dan tidak banyak gadget, perangkat dirancang untuk digunakan dengan butana sebagai sumber bahan bakarnya. Propana Dan Butana

Namun anda harus mengetahui bahwa butana lebih efisien daripada propana bila digunakan sebagai bahan bakar. Jika volume yang sama dari butana dan propana dibakar pada suhu di atas titik beku, butana akan berakhir menyediakan 12% energi lebih dari propana. Dengan demikian, butana bisa menjadi pilihan yang lebih disukai saat ini tersedia dalam jumlah yang memadai karena merupakan energi yang efisien dan juga memiliki keuntungan dari harga yang lebih murah.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi – Definisi, Posisi, Pembentukan, Komponen, Tujuan, Tugas, Manfaat, Para Ahli

Dalam hal ini tidak seperti butana, propana tersedia lebih mudah dalam tangki portabel kecil dan digunakan secara luas untuk rumah pemanasan. Hal ini digunakan sebagai bahan bakar dibarbeque gas, lentera dan kompor berkemah. Mobil berjalan di liquefied petroleum gas atau LPG yang dibuat dengan mencampur propana dengan bahan bakar lain seperti butilena, propilena atau butana.

Yang ketika bahan bakar harus disimpan untuk waktu yang lama, propana ialah pilihan yang lebih baik dari butana. Ia menyimpan dengan baik dalam kondisi cuaca variabel dan bahkan dibawah suhu beku tidak akan mempengaruhi kondisi penyimpanan propana karena propetriesnya.

Ketika orang perlu untuk pergi berkemah, hiking atau mendaki gunung, terutama dalam cuaca dingin, propana lebih disukai daripada butana sebagai bahan bakar untuk memasak. Karena gas propana tidak berbau, kebocoran lebih sulit untuk dideteksi. Untuk alasan ini, Ethanethiol dicampur dengan propana sehingga kebocoran dapat dengan mudah dideteksi.


Ringkasan Perbedaan Antara Propana dan Butana

  1. Kedua propana dan butana dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk peralatan pemanas dan mesin kendaraan.
  2. Propana dan butana berbagi kesamaan karena keduanya berasal dari minyak bumi. Oleh-produk yang mereka hasilkan ketika dibakar juga sama: karbon dioksida, air, karbon monoksida, dan jelaga.
  3. Propana lebih banyak digunakan daripada butana. Kebanyakan peralatan pemanas dan mesin dapat dilengkapi dengan tangki propana.
  4. Butana lebih murah daripada propana, tapi tidak mungkin agar kompatibel dengan peralatan pemanas umum atau mesin.
  5. Propana memiliki titik didih rendah dibandingkan dengan butana. Juga, propana dapat disimpan dalam tangki tekanan tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menjelajah ke lingkungan yang tidak bersahabat.

Baca Juga : Komponen Darah – Plasma, Fungsi, Tugas, Merah, Putih, Trombosit, Proses


Persamaan Propana dan Butana

Kedua gas berasal dari minyak bumi, namun memiliki struktur kimia yang berbeda.

Propana dan butana terbakar pada suhu yang sama dan keduanya melepaskan air dan karbon dioksida sebagai produk limbah.

Ketika pada proses pembakaran jumlah oksigen yang tersedia terbatas, maka jelaga dan karbon monoksida juga akan dihasilkan.

Dalam beberapa kasus, kedua gas bisa digunakan saling menggantikan meskipun konsumen harus berhati-hati sebelum melakukannya.

Persamaan lain dari propana dan butana adalah sama-sama mudah terbakar, memiliki stabilitas normal, resiko bahaya kesehatan ringan, dan tidak ada pertimbangan khusus seperti reaksi yang tidak biasa bila dicampur dengan air.


Karakteristik Propana

Propana banyak digunakan di Amerika Utara sebagai bahan bakar untuk pemanas rumah dan juga tersedia dalam tangki portabel yang lebih kecil. Propana yang dicampur dengan sejumlah kecil zat lain seperti butilena, propilena, dan butana dapat digunakan sebagai bahan bakar mobil yang dikenal sebagai liquefied petroleum gas (LPG).

Gas ini tidak berbau sehingga sering dicampur dengan ethanethiol yang memiliki bau yang kuat sehingga mudah dideteksi jika terjadi kebocoran. Jika harus disimpan untuk waktu yang lama atau dalam kondisi cuaca yang berubah, propana biasanya merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan butana. Propana relatif mudah untuk dicairkan dan dikompres dan memiliki titik didih -42 derajat celcius. Propana dengan mudah dapat disimpan di hampir semua lingkungan karena suhu di bawah titik beku tidak akan mempengaruhi karakteristiknya.


Karakteristik Butana

Butana merupakan gas yang populer digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai keperluan, aerosol juga menggunakan butana sebagai propelan. Meskipun umumnya lebih murah daripada propana, butana relatif lebih jarang digunakan sehingga tidak semua alat kompatibel.

Baca Juga : Cagar Alam Dan Suaka Margasatwa

Gas ini memiliki titik didih di sekitar titik beku ari 0 derajat celsius sehingga tidak efektif digunakan pada kondisi suhu yang sangat rendah. Dibawah titik didihnya, butana tetap cair sehingga tidak terdapat perubahan tekanan untuk memaksa gas keluar dari wadahnya. Salah satu keuntungan butana ialah tingginya efisiensi bakarnya, apabila volume yang sam dari kedua gas “propana dan butana” dibakar pada suhu di atas titik beku, butana akan memberikan sekitar 12% lebih banyak energi.


Bahan Bakar Campuran

Propana dan butana sering digabungkan dalam bahan bakar campuran, yang menyediakan beberapa keunggulan masing-masing. Campuran tersebut populer untuk kompor kemah pada khususnya. Karena propana memiliki titik didih yang lebih rendah, dapat digunakan untuk memaksa butana keluar dari wadah, bahkan pada suhu sama dengan atau di bawah titik beku. Propana murni membutuhkan wadah stainless yang kuat untuk menahannya di bawah tekanan, menggabungkan dengan butana berarti bahwa tekanan bisa lebih rendah, dan kontainer ringan, yang penting untuk berkemah dan backpackers.


Propana Berasal dari Gas Alam atau Minyak Bumi

Propana adalah gas yang kaya energi, C3H8. Propana adalah salah satu gas minyak bumi cair (LP-gas atau LPG) yang ditemukan bercampur di gas alam dan minyak bumi. Propana dan gas cair lainnya, termasuk etana dan butana, dipisahkan dari gas alam di pusat pengolahan gas alam, atau dari kilang minyak mentah. Jumlah propana yang dihasilkan dari gas alam dan dari minyak bumi kurang lebih sama.

Propana alami berbentuk sebagai gas. Namun, pada tekanan tinggi atau suhu yang lebih rendah, gas ini menjadi cairan. Karena propana 270 kali lebih kompak sebagai cairan daripada gas, propana diangkut dan disimpan dalam bentuk cair. Propana menjadi gas lagi ketika katup dibuka untuk melepaskannya dari wadah bertekanan-nya. Ketika kembali ke tekanan normal, propana menjadi gas sehingga kita dapat menggunakannya.


Liquefied Petroleum Gas Ditemukan pada Tahun 1912

Liquefied Petroleum Gas adalah campuran dari propana, etana, butana, dan gas lainnya yang dihasilkan di pusat pengolahan gas alam dan kilang minyak.

LP-gas ditemukan pada tahun 1912 ketika seorang ilmuwan AS, Dr Walter Snelling, menemukan bahwa gas ini dapat diubah menjadi cairan dan disimpan di bawah tekanan moderat. Industri LP-gas dimulai tak lama sebelum Perang Dunia I ketika terjadi masalah dalam proses distribusi gas alam. Salah satu bagian dari pipa di satu tempat pemrosesan gas alam berada di tempat yang dingin, dan dingin yang menyebabkan banyaknya cairan terbentuk di dalam pipa, terkadang menghambat aliran di seluruh pipa.

Segera, para insinyur menemukan solusi: dibangunlah fasilitas untuk mendinginkan dan meng-kompres gas alam, dan memisahkan gas yang bisa diubah menjadi cairan (termasuk propana dan butana).


Demikianlah artikel dari gurupendidikan.co.id mengenai Propana Dan Butana : Pengertian, Perbedaan, Persamaan, Karakteristik, Bahan Bakar dan Gas Ditemukan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.