Pengertian-Prakarya-dan-Kewirausahaan Terlengkap

Materi Prakarya dan Kewirausahaan

Pengertian Prakarya

Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja.  prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Satu-satunya penggunanya mungkin si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang penting bentuk dasarnya saja.

Harga sebuah prakarya ditentukan sangat subyektif sebab belum tahu potensi pasarnya. Prakarya memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.

Pengertian-Prakarya-dan-Kewirausahaan Terlengkap


prakarya itu berasal dari istilah pra serta karya, pra mempunyai makna belum sedangkan karya iyalah hasil kerja. prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi atau masih dalam bahan mentah , prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe.

Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh karena itu belum ada penggunanya ataupun konsumennya. Satu-satunya penggunanya iyalah si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian karena yang penting bentuk dasarnya saja . Harga sebuah prakarya ditentukan oleh subyektif    sebab belum tahu potensi dasar pada pasarnya.


Prakarya memiliki pengertian adalah Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, ataupun keterampilan tangan. bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas serta mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.


Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja. prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Satu-satunya penggunanya mungkin si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang penting bentuk dasarnya saja. Harga sebuah prakarya ditentukan sangat subyektif sebab belum tahu potensi pasarnya.

arti pengolahan Prakarya ialah membuat atau menciptakan , Pada dasaranya prinsip kerja pengolahan prakarya iyalah mengubah bahan mentah menjadi produksi hasil dengan mencampur atau  memodivikasi  bahan  tersebut,


Manfaat pendidikan teknologi pengolah iyalah sebagai pelatih rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari hari , pengolah telah dilakukan oleh pendahulu bangsa dengan teknologi tradisi yang sederhana tetapi telah menunjukan konsep pengolahan yang aplikabel, Prakarya pengolah melatih perserta akan rasa sebar maupun berfikir praktis serta kedepan.


Pengertian Kewirausahaan

Wirausaha berasal dari istilah Wira serta Usaha, wira yang berarti berani, utama, mulia atau sendiri, sedangkan Usaha iyalah kegiatan. Wirausaha itu dapat diartikan iyalah sebagai hal-hal yang menyangkut keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan secara mandiri. Kegiatan untuk dapat menemukan sampai mewujudkan peluang menjadi usaha yang dapat menghasilkan itu disebut proses kewirausahaan.


Kewirausahaan diidentikan dengan ialah entrepreneurship. Kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan adanya kreativitas serta inovasi dalam memahami suatu peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu dapat terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba ataupun nilai untuk jangka waktu yang lama. Definisi lain iyalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif serta berperilaku inovatif yang dijadikan dasar dalam kewirausahaan , sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat serta proses dalam menghadapi tantangan hidup(Soeparman Soemahamidjaja 1977:2)


Kreatif serta inovatif ialah kunci utama dari kewirausahaan, Kreativitas ialah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru ataupun hubungan-hubungan baru antar unsur, data, variabel  yang sudah   ada sebelumnya.

Kewirausahaan pertama dipopulerkan di Perancis sejak tahun 1990, Kewirausahaan diidentikan dengan entrepreneurship. Kewirausahaan dapat didefinisikan proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam memahami peluang, mengorganisasi sumber- sumber, mengelola sehingga peluang itu terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba atau nilai untuk jangka waktu yang lama.


Pengertian Wirausaha ialah pelaku dari kewirausahaan, yang berarti orang yang memiliki kreativitas serta inovatif sehingga mampu menggali serta menemukan peluang serta mewujudkan menjadi usaha  yang menghasilkan nilai  atau   laba.


Pengertian Prakarya dan Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Defenisi dari berbagai para ahli diambil dalam Buang dan Murni (2006), Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional (2010) Mutis (1995), dan Alnedral (2006) dengan paparan sebagai berikut :

  • Richard Cantillon (1734)
    Wirausaha ialah seorang yang sanggup menghadapi resiko dan ketidakpastian karena mereka memproduksi barang dengan biaya tertentu dan menjual kembali barang tersebut dengan harga tertentu.
  • Jean Baptise Say (1803)
    Seorang wirausaha yang sukses mesti mempunyai sifat pengambil keputusan yang bijaksana, ketekunan dan pengetahuan yang cukup tentang alam bisnis, selain kemahiran dalam aspek pengawasan dan administrasi.
  • Richard T Ely dan H Hess (1893)
    Wirausaha ialah seorang yang memplaning, mengorganisasi dan mengelola keuntungan sebuah perusahaan di samping menghadapi ketidakpastian dan resiko.
  • Frederick Larrington. (1922)
    Bidang kewirausahaan yang sukses dapat direalisasi dalam bentuk bisnis sendiri, perkongsian, perusahaa, koperasi dan persatuan.
  • Joseph Schumpeter (1934)
    Peranan bidang kewirausahaan ialah membentuk kembali kaedah produksi yang telah diciptakan dan memproses produk yang lama menurut cara baru, apakah dengan mengunakan bahan mentah yang baru atau mengorganisasikan kembali proses produksi.
  • David MC Clelland (1961)
    Tingkah laku wirausaha yang sukses ialah mengambil resiko, tegas, energik, bertanggung jawab, dapat membuat keputusan yang rasional, dapat memprediksi masa depan dan mempunyai kemahiran organisasi.
  • Harbison (1965)
    Wirausaha adalah antara individu yang terlibat dalam mengiatkan inovasi.( entrepreneurs are among the prime movers of innovation).
  • Peter F. Drucker (1974)
    Wirausaha harus menukarkan ide yang sudah lapuk atau sumber daya yang telah ada kepada sesuatu yang diperlukan pada masa depan. Peranan utama wirausahaan dalam sebuah perusahaan ialah menghasilkan keupayaan bisnis hari ini untuk memenuhi keperluan bisnis masa depan.
  • Albert Shapero (1975)
    Wirausaha ialah orang yang berinisiatif dan dapat mengorganisasi atau mengorganisasikan kembali mekanisme ekonomi untuk mewujudkan sumber dan situasi yang lebih praktikal serta sanggup menghadapi resiko atau kegagalan.
  • Karl Vesper (1980)
    Peranan kewirausahaan adalah berbeda jika dikaji dari perspektif yang berbeda. Ahli ekonomi menganggap wirausaha sebagai orang yang membawa sumber daya, buruh, bahan dan asset lain untuk digabungkan bersama supaya menjadi sesuatu yang lebih bernilai daripada sebelumnya, disamping memperkenalkan perubahan, inovasi dan susunan baru. Ahli phisikologi pula menganggap wirausaha sebagai seseorang yang dipandu oleh sesuatu daya atau tekanan untuk mencapai atau menyempurnakan sesuatu atau mengelak dari peraturan yang ditetapkan orang lain. Ahli politik yang mementingkan keuntungan akan menganggap wirausaha sebagai seseorang yang efektif sedangkan bagi seorang politikus yang lain menganggap wirausaha ialah seseorang yang sukar diawasi dan suka berbelit-belit.
  • Ronstadt (1984)
    Menjelaskan , walaupun setiap individu memberi definisi kewirausahaan yang berbeda, ia menggambarkan suatu sifat dasar kewirausahaan jika dilihat secara menyeluruh.

Contoh Prakarya dan Kewirausahaan

Prakarya dan kewirausahaan merupakan salah satu mata peljaran dikelas XII, dan pada bab kali ini membahas tentng modifikasi makanan tradisional, karena banyak masyarakat di Indonesia yang sudah tidak lagi meminati makanan khas di Indonesia dikarenakan makanan tradisional dianggap sudah kuno dan tidak ada modifikasinya.


Kelompok kami memilih membuat jajanan khas daerah semarang, dari sekian banyak jajnan tradisional semarang kami memilih untuk membuat ” Tahu bakso” yang dimodifikasi dengan campuran bayam. kami memilih jajanan ini karena bahan yang digunakan mudah didapat, cara pembuatannya mudah serta bergizi untuk dikonsumsi.

Sasaran pembeli yang ditentukan yaitu dilingkungan sekolah, sehingga kami membuatnya dalam bentuk jajanan yang enak dan ringan.


A. Proses Produksi

A. Proses Produksi

  • Bahan
    Tahu
    Daging ayam
    Bayam
    Garam
    Ladaku
    Bawang putih
    Bawang daun
    Minyak
    Air
    Tepung tapioca
    telur


  • Alat
    Blender
    Baskom
    Wajan
    Panci


  • Cara pembuatan
    1.cincang ayam, campurkan dengan bayam, bawang putih, daun bawang, garam, ladaku, dan gula.Kemudian blender sampai jadi satu.
    2.Campur adonan dengan tepung tapioca dan telur, aduk rata.
    3.Kemudian, belah tahu, buang isinya, ganti isi dengan bakso.
    4.Panaskan air, tunggu mendidih, rebus sampai tahu bakso mengapung.
    5.Angkat dan tiriskan, bisa langsung dimakan. Atau bisa juga digoreng.

B.Pemasaran

Sasaran produk “Tahu Bakso Bayam”  yaitu siswa-siswi dan guru SMAN 1 Belik.


C.Penjualan

Proses penjualan yang kami lakukan yaitu dengan berkeliling SMA N 1 Belik.


D.Laporan keuangan

  • Tahu Bakso Bayam
    Modal yang dikeluarkan
NO BAHAN – BAHAN JUMLAH
1 Daging  @ Rp.10.000 Rp. 10.000,-
2 Tepung tapioka @ Rp.1.000 Rp.   1.000,-
3 Bawang teropong  @ Rp.1.000 Rp.   1.000,-
4 Telor @ Rp.1.500 Rp.   1.500,-
5 Tahu @ Rp. 7.000 Rp.   7.000,-
6 Plastic @ Rp.3.500 Rp.   3.500,-
7 Saos @ Rp.2.000 Rp.   2.000,-
8 Merica bubuk @ Rp.1.000 Rp.   1.000,-
9 Minyak goreng @ Rp. 3.000 Rp.   3.000,-
Jumlah Rp. 30.000,-
  • Harga produk
    Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 1.500/porsi (1 porsi berisi 2 tahu bakso )
Bakso tahu bayam yang terjual habis adalah 34 porsi @ Rp. 1.500 Rp. 51.000,-
Modal awal yang dikeluarkan Rp. 30.000,-
Keuntungan penjualan Rp. 21.000,-

E.Hasil dan pembahasan

Dari kegiatan wirausaha yag telah kami lakukan kami memilih menjual bakso tahu yang dimodifikasi dengan adonan  baksonya dicampur dengan bayam. Dan dari hasil penjualan, kami mendapatkan keuntungan dan pengalaman berjualan yang dapat dijadikan latihan untuk berwirausaha.


F.Dokumentasi

Dokumentasi dari kegiatan yang kami laksanakan sebagaimana terlampir.


Contoh Praktek Lainnya Prakarya dan Kewirausahaan

Latar Belakang

Wirausaha merupalan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual, atau menyewakan suatu produk barang atau jasa.

Dalam hal ini Kewirausahaan yang kami lakukan adalah memproduksi COMEL dan BANANA HITS  untuk mempelajari Kewirausahaan dengan menggunakan analisis SWOT serta membangun sikap mandiri dan kerjasama dalam bidang kewirausahaan.

 

Tujuan

Mengenali Analisis SWOT dalam mempasarkan produk barang yang diproduksi dan pembuatan barang.

 

Produk yang dipasarkan

  • Comel(Coklat Karamel)

Puding susu coklat dengan fla caramel yang wah

  • Banana Hits

Pisang 40 hari yang dilapisi Dark coklat dan ditaburi permen warna-warni + chocochips

 

Alasan Pembuatan Produk

  • Karena alat dan bahannya sangat mudah dicari
  • Pembuatannya tidak repot dan gampang deh
  • Karena pada tidak tahu apa yang ingin dipasarkan lagi

 

Alat dan Bahan

Pembuatan COMEL (Coklat Karamel)

Alat:

  • Panci
  • Centong dan sendok makan
  • Gelas ukur / Gelas sedang
  • Gunting
  • Kemasan

Bahan:

  • Punding susu coklat nutrijell
  • Fla Naan caramel
  • Air

 

Pembuatan Banana Hits

Alat:

  • Panci kecil
  • Centong
  • Tusuk Lidi
  • Sendok
  • Piring
  • Pisau
  • Kemasan

Bahan:

  • Dark Coklat
  • Permen kecil Warna-warni
  • Pisang 40 hari
  • Chocochips

 

Rincihan Biaya

NO Yang Di Beli Jumlah barang Harga

Satuan

Harga
1 Dark Coklat 1 13.000 13.000
2 Chocochip 1 9.000 9.000
3 Pisang 40 hari 2 10.000 20.000
4 Tusuk Lidi 1 4.500 4.500
5 Permen Warna 1 5.000 5.000
6 Kemasan(1) 1/20 4.500 4.500
7 Puding nutrijell 1 11.500 11.500
8 Fla Naan 1 17.500 17.500
9 Kemasan(2) 2/40 5.000 10.000
10 Pita 1m 2.500 2.500

JUMLAH      :      97.500

Modal                            : 14.000/org

Modal keseluruhan     : 14.000 x 8 = 112.000

Sisa                                 : 112.000 – 97.500 = 14.500

 

Harga Jual Comel         (40): 2000 x 40=   80.000

Harga Jual Banana Hits       (20): 3000 x 20=   60.000

Total  Jual                                      :                       140.000

Total Balik Modal                 : 140.000 – 97.500

: 42.500 + 14.500

: 57.000 : 8 = 7.125/org

 

Analisis SWOT

Strenght:

  • Bahan mudah di dapat
  • Pembuatan tak begitu sulit
  • Higenis dan cocok buat penggemar manis
  • Kemasannya menarik

Weakness:

  • Tidak cocok untuk penkonsumsi yang menderita Diabetes dan kecing manis
  • Membuat gigi cepat berlubang

Opertunities

  • Banyak Peminat yang membeli
  • Lagi musim musimnya makanan unik
  • Penjualan di tempat strategis
  • Bisa dijajakan dan murah

Treath:

  • Banyak pesaing yang berjualan didaerah yang strategis
  • Pasokan barang terlalu sedikit

 

Kesimpulan

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa Kegiatan kewirausahaan  yang dilakukan untuk membuktikan bahwa hidup  itu butuh perjuangan.

 

Saran

Dalam memasarkan produk kita harus menarik perhatian pembeli dengan membuat kemasan produk yang unik dan menganalisis SWOT nya.


Semoga Bermanfaat Para Sahabat Guru Pendidikan 🙂