Peranan Tumbuhan – Pengertian, Manfaat, Obat, Membersihkan, Melindungi, Bahan Baku, Pemanasan Global

Diposting pada

Peranan Tumbuhan – Pengertian, Manfaat, Obat, Membersihkan, Melindungi, Bahan Baku, Pemanasan Global : Tumbuhan ialah salah satu makhluk hidup yang dapat menentukan keberadaan makhluk hidup lainnya.


Peranan Tumbuhan Bagi Kehidupan

Pengertian Tumbuhan

Tumbuhan ialah salah satu makhluk hidup yang dapat menentukan keberadaan makhluk hidup lainnya. Seperti yang telah kita ketahui tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Makanan yang dibuat tumbuhan digunakan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari dan untuk tumbuh dan berkembang.


Baca Juga Yang Berhubungan : Hidrolisis Garam : Pengertian, Macam, Dan Rumus, Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap


Sedangkan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung sangat tergantung kepada tumbuhan.


Sekarang para ahli anatomi tumbuhan mengetahui bahwa tumbuhan memiliki sifat totipotensi yaitu suatu kemampuan setiap sel untuk tumbuh menjadi sebuah individu baru. Pengetahuan tentang totipotensi ini kemudian dimanfaatkan oleh para ahli untuk melakukan perbanyakan tumbuhan dengan teknik kultur jaringan.


Teknik kultur jaringan merupakan cara perbanyakan tumbuhan dalam waktu yang singat dengan hasil yang banyak. Teknik kultur jaringan dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kekurangan pangan untuk masyarakat.


Peranan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini merupakan peranan penting tumbuhan dalam kehidupan manusia dan sekitarnya :


Tumbuhan Membersihkan Udara

Telah disampaikan sebelumnya, jika tumbuhan dapat membantu menyerap gas karbondioksida dan merubahnya menjadi oksigen untuk dilepaskan kembali ke udara.


Tumbuhan dapat membersihkan udara yang kotor, yang mana disebabkan oleh polusi udara asap kendaraan bermotor, asap rokok, gas-gas jahat yang meliputi nitrogen, amonia, sulfur dioksida dan ozon dan menyaring debu atau kotoran di udara, mengikatnya pada daun dan ranting.


Tumbuhan Membuat lingkungan Sejuk

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang patut Anda syukuri adalah membuat lingkungan sejuk dan tetap sehat. Temperatur udara yang tinggi akibat reaksi pemanasan global di Los Angeles mencapai 6°F dan dengan ditanamnya berbagai macam tumbuhan, sedikit demi sedikit udara menjadi lebih sejuk dan segar. Udara yang tercemar oleh polusi dapat dijernihkan kembali oleh hembusan angin yang menyentuh dedaunan.


Tumbuhan Bisa Dikonsumsi

Manfaat tumbuhan bagi manusia utamanya, tidak lain adalah untuk dikonsumsi. Tumbuhan merupakan sumber protein nabati, sumber karbohidrat, lemak, vitamin, serat dan berbagai senyawa aktif lainnya yang dibutuhkan oleh manusia untuk tetap hidup dengan raga yang sehat. Mengkonsumsi tumbuhan dari berbagai jenis tumbuhan yang ada tentunya jauh lebih baik dan sehat dibandingkan dengan tidak melakukannya sama sekali.


Tumbuhan, baik yang memiliki daun maupun yang tidak memiliki daun dapat diolah dengan berbagai resep, menjadikannya sebuah kombinasi makanan yang lezat dan bergizi. Tumbuhan menjadi komponen yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, dengan mengkonsumsi banyak makanan yang berserat, pencernaan lebih lancar, kulit jauh lebih sehat dan cantik dan permasalahan rambut pun teratasi.


Tumbuhan Melindungi Dari Sinar Matahari

Tumbuhan bisa menjadi payung, dikala Anda merasa panas atau berlindung dikala Anda kehujanan. Sinar matahari dan air hujan, keduanya tidak baik untuk kesehatan, terutama jika kadar yang didapatkannya tinggi.


Sinar matahari dapat merusak rambut dan kulit bahkan menyebabkan kanker kulit, sedangkan air hujan dapat membuat tubuh demam, flu dan kedinginan. Maka dari itu, biasakanlah diri Anda untuk menanam tumbuhan dengan berbagai jenis dan manfaat di pekarangan rumah Anda.


Baca Juga Yang Berhubungan : Hukum Ohm : Pengertian, Bunyi, Dan Rumus Serta Contoh Soalnya Lengkap


Tumbuhan Bisa Membawa Kehidupan

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang perlu selalu Anda ingat adalah tumbuhan membawa kehidupan. Coba Anda bayangkan jika tidak ada tumbuhan di dalam kehidupan manusia?, manusia akan mudah terserang penyakit karena diabetes, obesitas dan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kurangnya konsumsi tumbuhan.


Tumbuhan membawa kehidupan, bagi manusia maupun hewan yang membutuhkan tumbuhan sebagai pasokan makanan mereka. Tidak ada tumbuhan, maka tidak akan ada rantai makanan yang berjalan.


The Role of Plants

Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan ( Bagi Manusia )

Berikut ini manfaat tumbuhan bagi kehidupan khususnya bagi manusia antara lain yaitu :


  • Pohon jati dan eboni sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena kayunya unggul untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bangunan, mebel, kapal laut, jembatan dan sebagainya.

  • Biji Ginkgo biloba berfungsi untuk menajamkan daya ingat, para pakar farmasi menemukan bahwa di dalam biji Ginkgo terkandung sejenis zat dapat menajamkan konsentrasi seseorang, sehingga informasi yang masuk ke otak dapat diingat dengan mudah.

Manfaat Tumbuhan ( Bagi Kemajuan Sains, Teknologi Dan Lingkungan )

Berikut ini beberapa manfaat tumbuhan bagi kemajuan sains, teknologi dan lingkungan masyarakat yaitu :


  • Sifat totipotensi tumbuhan dimanfaatkan pada teknik kultur jaringan, sehingga dapat dihasilkan tumbuhan dalam waktu yang singkat dan dalam jumlah yang banyak.

  • Eceng gondok akan menjadi gulma bila terjadi eutrofikasi akan tetapi batangnya yang dikeringkan, disamak dan dianyam dapat digunakan untuk membuat barang-barang seperti tas, tikar, mebel dan tirai. Hal ini menyebabkan lingkungan terbebas dari gulma selain itu membuka lapangan kerja baru.

  • Melalui teknik radiasi dan induksi zat kimia kolkisin pada biji, jumlah kromosom tubuh digandakan sehingga ukuran tubuh akan melebihi ukuran normal sehingga dapat dihasilkan buah-buahan yang berukuran besar dan tidak berbiji.

  • Tanaman tagetes menghasilkan senyawa tiofen yang aman bagi manusia, tetapi racun bagi hama sehingga dapat mengekstrak tiofen dari daun, batang, akar dan bunganya dapat diperoleh ekstrak insektisida, nematisida dan fungisida.

  • Sel-sel tubuh tumbuhan mengandung sitoplasma yang bersifat elektrolit sehingga dengan mengekstrak kulit buah dan sisa potongan sayuran kemudian ekstrak tersebut dihubungkan dengan elektroda ke alat-alat yang menggunakan energi rendan dapat dijadikan sebagai sumber energi alternative rendah.

Peranan Tanaman Sebagai Bahan Pangan, Sandang, Papan

Tanaman sebagai Bahan Pangan, didefinisikan sebagai segala jenis tanaman yang dapat menghasilkan karbohidrat, protein bahkan mineral dan vitamin. Macam-macam tanaman tersebut, antara lain:


Baca Juga Yang Berhubungan: Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Macam, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Lengkap


  • Serealia, seperti: Padi (Oryzasativa) sebagai makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Gandum ( Triticumspp), dan Sorghum (Sorghum bicolor)
  • Biji-bijian, seperti: Kacang tanah (Arashishypogeae), Kedelai (Glycine max), Kacang hijau (Phaseolus vulgaris)

  • Umbi-umbian, seperti:Ubi jalar (Ipomaebatatas), Talas (Colocasiaesculenta), Singkong (Manihotesculenta), Kentang (Salanumtuberasum), Ganyong (Cansaedulis)
  • Tanaman lainnya, seperti:Tanaman sukun (Artocarpusaltilis), Tanaman sagu (Metroxylon sp.)

Tanaman sebagai Bahan Sandang

Tanaman sebagai bahan sandang yaitu tanaman yang menghasilkan serat yang berpotensi untuk diolah menjadi pakaian. Tanaman tersebut, antara lain:


  1. Kapas ( Gossypium sp.)
  2. Linen (Linumusitatissimum)
  3. Kenaf (Hibiscus cannabinus L)

Tanaman sebagai Bahan Papan

Dimana batang tanaman digunakan sebagai bahan pembuatan rumah maupun perabotnya. Tanaman tersebut, antara lain:


  1. Pohon Kelapa (Cocusnucifera)
  2. Jati (Tectonagrandis)
  3. Randu (Ceibapentandra)
  4. Sengon (Albizziafalcata)
  5. Bambu (Bambusa sp.)
  6. Pohon Mindi (Meliaazedarach)

role of Pants

Tanaman Sebagai Obat

Tanaman obat adalah jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dipergunakan untuk penyembuhan maupun mencegah berbagai penyakit, mengandung zat aktif yang bias mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki kandungan efek resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati. Macam-macam tanaman obat, antara lain:


Baca Juga Yang Berhubungan : Jangka Sorong : Cara Menghitung, Membaca, Menggunakan, Contoh Soal, Fungsi, Jenis dan Gambarnya


  • Jahe(ZingiberofficinaleRosc.)
  • Kencur(Kaempferiagalanga L.)
  • Kunyit(Curcuma domestica Val.)
  • Lengkuas(LanguasgalangaL.Stunzt)
  • Temugiring(Curcuma heynaena Val.)
  • Lempuyang(Zingiberzerumbet)

Tanaman Sebagai Bahan Baku Industri

Lateks dari tanaman karet dapat digunakan dalam industry otomotif pembuatan ban kendaraan, pulp dari kulit kayu beberapa tumbuhan sebagai bahan baku kertas, dan CPO (Crude Palm Oil)  yang dihasilkan dari tanaman kelapa sawit.


  • Biodiesel dan Bioetanol

Tanaman yang paling umum dikenal sebagai bahan bakar alternatif adalah penggunaan tanaman Jarak Pagar (Jathropa Curcas) dapat menghasilkan 1 liter solar. Juga Singkong Genderuwo, yang merupakan bahan bakar bio-etanol pengganti minyak tanah, merupakan tanaman yang tidak dapat dikonsumsi karena zat patinya beracun. Selain itu juga fermentasi jagung yang dapat dijadikan minyak.


  • Sebagai Rekreasi

Keindahan alam yang tercipta akibat adanya tanaman di sekeliling kita akan membantu kita untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran dari segala kesibukan yang kita hadapi


Tanaman Sebagai Paru – Paru Dunia

Dengan terjadinya sirkulasi unsur di udara melalui tumbuhan, maka udara di sekitar area tumbuhnya tanaman akan semakin bersih dan menciptakan suasana segar bagi yang berada di sekitarnya. Selain itu kemampuan tanaman dalam menyimpan air, dapat membantu apabila terjadi kekurangan air saat kemarau.


Peran Tanaman Terhadap Perubahan Pemanasan Global

Isu pemanasan global telah menjadi wabah yang sangat merisaukan dalam kehidupan makhluk hidup di dunia. Fenomena ini menjadi pembahasan yang sangat serius baik secara Nasional maupun Internasional. Para Kepala Negara dari berbagai belahan dunia telah mengadakan berbagai konferensi yang berkaitan dengan penyelamatan dunia dari bahaya ancaman pemanasan global, salah satunya dengan gerakan penanaman pohon.


Hal itu diungkapkan karena tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di dunia.  Menyerap CO2 dan menghasilkan O2 adalah peran paling penting tumbuhan dalam mengurangi pemanasan global. Selain itu tumbuhan juga menahan air hujan agar  air hujan tidak langsung  mengalir ke sungai. Coba perhatikan sehabis hujan, ditiap daun akan ada titik-titik air hujan yang tertahan oleh  pohon.


Seandainya satu daun menahan 100cc air hujan, satu pohon menahan lebih 20 L air maka berapa air hujan yang ditahan oleh hutan dengan luas kurang lebih 1000 Ha dengan jutaan pohon? Air hujan yang ditahan itu sebagian dijatuhkan ke bumi secara perlahan  sehingga lebih banyak air yang meresap ke tanah,


sebagian lagi akan menguap kembali sehingga perbedaan curah hujan antara musim kemarau dan musim hujan tidak terlalu mencolok dan drastis seperti  jaman sekarang setelah hutan di seluruh nusantara dibabat dan dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.


Menurut sebagian kalangan, tumbuhan memiliki peran yang penting untuk mencegah meluasnya pemanasan global, karena  selain menyerap CO2 dan menghasilkan O2, tumbuhan juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, diantaranya:


  • memperbanyak kadar oksigen sehingga tidak terlalu banyak karbon dioksida yang terbuang ke atmosfer,
  • mencegah erosi, banjir, dan tanah longsor,
  • menjadi sumber pangan, baik bagi manusia maupun hewan disekitarnya.

Baca Juga Yang Berhubungan : Tabel Periodik Unsur Kimia : Pengertian, Makalah, Sistem Dan Gambar

DAFTAR PUSTAKA
Peran Tanaman-Tumbuhan bagi Manusia. Anak Agronomy.2 Februari 2013.Web.19 Agustus 2014.<http:///www.anakagronomy.com/2013/02/peran-tanaman-tanaman-bagi-manusia.html>
Pengertian Tanaman Pangan dan Macam. Mentari-Dunia.12 April 2013.Web.20 Agustus 2014.<(http:///mentari-dunia.blogspot.com/2013/04/pengertian-tanaman-pangan-dan-macam.html)>
Pengertian Tanaman Obat dan Jenis.Pengertian Tanaman Obat.29 Oktober 2012.Web.20 Agustus 2014.<(http:///pengertiantanamanobat.blogspot.com/2012/10/pengertian-tanaman-obat-jenis-dan.html)>
Tanaman Obat Keluarga. Wikepedia.Web.20 Agustus 2014.<(http:///id.wikipedia.org/wiki/Tanaman_obat_keluarga)>
Bahan Bakar Minyak dari Tumbuhan. Koran Anak Indonesia.14 Juli 2008.Web.20 Agustus 2014.<(http:///bocah.info/index.php?option=com_content&task=view&id=549&Itemid=40)>
Tumbuhan Sandang. Farid Aswan.5 Juli 2012.Web.20 Agustus 2014.<(http:///faridaswan.wordpress.com/2012/07/05/tugas-ttt-tumbuhan-sandang/)>